Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

11 Makanan Khas Negara Oman, Gurihnya Bikin Nambah


sisil angelin  June 5, 2019  0 Comment

Pada kali ini kita akan membahas tentang makanan khas Oman. Negara Oman itu adalah suatu negara Arab yang memiliki letak posisi yang cukup strategis di teluk Persia serta berbagi perbatasan laut dengan negara Iran dan juga dengan negara Pakistan. Negara tersebut juga berbatasan dengan UEA (Uni Emirat Arab) di sisi bagian barat laut serta berbatasan dengan negara Arab Saudi di sisi bagian barat dan berbatasan dengan Yaman di sisi bagian Barat dayanya. Letaknya yang cukup strategis tersebut membuat  Oman menjadi memiliki budaya yang unik dengan berbagai jenis masakan tradisional yang luar biasa lezatnya, yakni mulai dari kurma dan juga kopi, hingga ke nasi dan juga daging panggang yang haruslah dicoba ketika suatu saat Anda berkunjung ke Oman. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan khas negara Oman yang bisa Anda cicipi ketika berwisata kuliner ke Oman.

Majboos

makanan khas oman
mag.eravel.com

Makboos yang atau juga disebut sebagai Kabsa dan juga Makboos, ialah hidangan nasi campur tradisional yang berasal dari tanah Arab dan sangat terkenal di jazirah arab, terutama di negara-negara teluk termasuk di  Oman juga. Hidangan tersebut terdiri dari beberapa bahan makanan berikut ini, yakni ada beras, biasanya jenis beras basmati, lalu sayuran, kemudian daging sapi atau daging kambing atau daging ayam dan dengan campuran rempah-rempah, yang disajikan dalam suatu piring yang besar, kemudian disantap secara bersama-sama. Kadang-kadang juga majboos ini akan disajikan juga dengan yoghurt atau salad hijau, dan juga roti tradisional serta saus tomat.

Shuwa

makanan khas oman
omanobserver.om

Shuwa itu berarti daging panggang dalam bahasa Arabnya. Shuwa ini termasuk sebagai hidangan favorit di Oman yang sering disiapkan untuk acara-acara khusus seperti pada saat momen Idul Fitri dan lain sebagainya. Proses memasak untuk hidangan Shuwa ini memerlukan waktu yang cukup lama. Bahkan, orang Oman biasanya sudah menyiapkan dagingnya sejak pada hari pertama Idul Fitri, dan lalu akan memakannya di hari yang kedua atau yang ketiga. Shuwa ini direndam dalam bumbu Oman, lalu dibungkus dengan daun pisang ataupun daun palem dan kemudian dimasukkan ke dalam oven pasir bawah tanah, di situlah Shuwa akan dimasak perlahan-lahan hingga selama satu sampai dua hari. Ini mungkin agak aneh kedengarannya, akan tetapi banyak yang menyebutkan bahwa daging Shuwa adalah merupakan salah satu hidangan yang termasuk paling lezat di dunia.

Roti Oman

Sebenarnya terdapat beberapa jenis roti Omani itu. Salah satunya ada yang khas dengan ukuran yang tebal dan mempunyai bentuk melingkar yang besar. Ada pula roti lainnya yang garing dan lebih tipis, dengan seukuran piring makan kecil melingkar. Sebagian besar orang di Oman biasa membuat roti mereka sendiri di rumah, dan ada roti yang juga populer di restoran untuk disajikan bersama hidangan makanan lainnya.

Tanggal

Pohon-pohon palem merupakan suatu perkebunan yang paling sering dilihat di sekitar Oman, yang memberi hasil kebun yang menggiurkan, dalam berbagai ukuran, dan juga warna, serta aneka tingkat kelembutan. Tanggal itu adalah salah satu makanan penting yang akan disajikan kepada setiap tamu yang datang sebagai bagian dari keramahan Oman yang luar biasa. Kadang-kadang juga dalam resep kuliner khas Oman akan digabungkan kurma kering dengan pasta wijen dan juga wijennya atau kelapa giling. Mereka juga menggunakan tanggal dalam menyiapkan berbagai jenis makanan hidangan penutup dan juga untuk permen khas Oman.

Kahwa

makanan khas oman
muscatwhere.blogspot.com

Kahwa itu berarti kopi, jika dalam bahasa Arab. Kahwa tersebut terkenal karena rasa dan juga teksturnya, juga tak lupa mengenai pemrosesannya juga sejak tumbuh, dipanen lalu dikeringkan dan kemudian disiapkan untuk dihidangkan. Omani kahwa biasanya akan dicampur dengan bubuk cardamon. Sama juga seperti tanggal, Kahwa itu adalah bagian penting dari keramahan Oman dan biasanya akan disajikan dengan Halwa Oman, yakni sejenis makanan hidangan penutup juga. Kebanyakan orang Oman minum kahwa hingga beberapa kali selama hari-hari mereka, dengan menyiapkan pot dan terkadang membawanya juga ketika mereka saling mengunjungi tetangga.

Meshkak

makanan khas oman
omanobserver.om

Meshkak atau juga yang dikenal sebagai kebab ini adalah merupakan daging sapi yang diasinkan, bisa dari daging kambing ataupun daging ayam yang dipanggang di atas stik, dan biasanya direndam dengan bumbu-bumbu dari beraneka rempah, terutama rempah  kari, dan lalu disajikan dengan roti Omani. Makanan meshkak ini adalah hidangan Omani yang spesial yang disiapkan di berbagai penjuru di seluruh negeri, terutama pada saat ada perayaan.

Halwa

makanan khas oman
juara.bolasport.com

Halwa itu berarti makanan hidangan penutup, kalau dalam bahasa Arab. Namun, Halwa itu juga adalah merupakan nama yang diberikan untuk permen Omani yang cukup populer juga. Halwa tersebut memiliki tekstur yang kuat dan yang lebih tebal jika dibandingkan dengan puding, dan meskipun Halwa itu berwarna coklat, namun tidak ada bahan makanan berupa cokelat yang dipergunakan dalam pembuatannya. Adapun bahan-bahan Omani Halwa itu terdiri antara lain terdiri dari gula, dan juga madu, kemudian ada juga air mawar, lalu telur, dan beberapa rempah-rempah serta kacang Omani. Halwa ini biasanya akan disajikan bersama dengan kahwa dan juga kurma. Orang Oman menyajikannya dalam suatu piring yang besar dengan adanya beberapa sendok yang diletakkan di sekitarnya supaya tamu dan pengunjung dapat berbagi rasa kelezatannya.

Omani Laban

makanan khas oman
y-oman.com

Laban itu berarti susu asam dalam bahasa Arabnya. The Omani Laban itu minuman khas Oman yang terbuat dari yoghurt dan juga buttermilk sebagai bahannya. Laban ini adalah minuman asin yang populer dan disajikan di berbagai tempat di Oman dan pada biasanya dibumbui juga dengan kapulaga, atau mint ataupun jinten.

Harees

Harees adalah merupakan hidangan tradisional Oman yang lainnya lagi yang biasanya dimasak untuk acara-acara yang khusus. Harees ini terbuat dari gandum yang dicampur dengan daging, jadi bentuknya akan semacam bubur gandum dan daging, dan juga biasanya disajikan dengan saus khusus.

Mashuai

makanan khas oman
theculturetrip.com

Mashuai itu adalah hidangan ikan khas Oman yang lezat. Bahan-bahannya terdiri dari ikan jenis kingfish yang dipanggang dengan saus lemon khusus yang akan terasa gurih, dengan diberi bumbu rempah khas tradisional Omani, hidangan ini sangat unik dan sebaiknya tidak boleh dilewatkan untuk dicicipi pada saat berkunjung ke negara Oman tersebut.

Kurma

makanan khas oman
idntimes.com

Kurma itu merupakan salah satu makanan yang penting yang disajikan kepada para tamu. Kurma tersebut seringkali menjadi simbol keramahan bagi orang Arab. Bahkan buah kurma itu sudah sangat melekat dan identik dengan dunia arab. Kadangkala penduduk Oman akan menyajikan kurma kering dengan pasta wijen ataupun kelapa giling, sebagai variasinya. Kurma tersebut juga dapat disajikan sebagai bagian pelengkap dalam berbagai jenis makanan hidangan penutup dan juga pada permen khas Oman.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai 11 makanan khas negara Oman.



Leave a Reply