Kuliner

Sajian Khas Natal di Indonesia Hangatkan Suana Kebersamaan

Merayakan Natal bersama keluarga memang satu hal yang menyenangkan dan pastinya di tunggu-tunggu bagi umat kristiani yang merayakan. Natal adalah hari kelahiran Yesus sang Juru Selamat.

Setiap perayaan Natal biasanya keluarga dan teman-teman akan bertukar kado, ke Gereja, dan pastinya makan bersama di rumah ataupun di restoran. Nah, kalian tau gak di Indonesia juga menarik, karena biasanya kita menyiapkan beberapa menu yang lezat dan beberapa menu penutup mulut yang membuat kamu gak berhenti nguyah. Mau tau apa saja makanan khas natal di Indonesia? Simak artikel saya di bawah ini.

 

1. Ayam Rica-rica

resepmasakandapurarie.com

Kalo kamu orang Manado pastinya menu yang satu ini selalu ada di meja mu saat perayaan Natal. Ayam rica-rica ini memang sangat terkenal di Indonesia dan cita rasanya yang pedas gurih membuat nafsu makan naik. Makanya jangan heran kalo ayam rica-rica menjadi makanan yang ditunggu-tunggu saat Natal.

Ayam rica-rica yang memiliki rasa rempah-rempahnya yang menendang, akan lebih nikmat jika disantap dengan seporsi nasi hangat.

 

2. Kue Lepet

Flickr.com

Siapa sih yang gak tau Kue lepet? pasti kalo kalian cinta banget sama kuliner Indonesia, sudah cobain kue lepet. Kue Lepet ini sangat terkenal di Suku Batak dan menjadi camilan wajib yang disuguhkan saat natal. Untuk kamu yang belum tau kue lepet, sendiri terdiri dari tepung beras yang dicampur dengan kelapa parut, lalu di isi dengan gula merah dan di bungkus dengan daun pisang, selanjutnya di kukus sampai matang. 1 buah kue lepet siap disantap dengan 1 gelas teh hangat, pasti rasanya makyus banget kan?

 

3. Ayam Budu-budu

gurumassak.com

Di Indonesia ayam memang menjadi makanan pengganti kalkun saat natal. Karena biasanya di Luar Negeri mereka akan merayakan Natal dengan memasak Kalkun panggang. Berbeda di Indonesia ayam akan dijadikan makanan yang akan melengkapi perayaan Natal kalian guys.

Nah ayam budu-budu ini adalah makanan khas Makassar. Ayam ini biasanya dimasak dengan perasan jeruk nipis, jahe, air asam jawa, daun bawang, untuk pemilihan ayam nya kalian harus membeli ayam kampung. karena terkstur dan rasanya sangat berbeda. Ayam budu-budu akan sangat sempurna jika di nikmati dengan nasi putih dan secangkir soda. Gimana Ayam budu-budu akan menjadi menu pilihan kamu untuk Natal tahun ini?

 

4. Babi Guling

jasababigulingbali.blogspot.com

Babi Guling adalah salah satu makanan yang pastinya sering kamu temui di Bali. Menu yang satu ini memang enak banget guys. Pantas saja menu babi guling sellau ditunggu-tunggu saat perayaan natal. Biasanya yang merayakan natal dengan menu ini adalah daerah, Dayak, Batak, Minahasa, Toraja, dan masih banyak lagi guys.

Untuk kamu yang belum tau kenapa si disebut Babi Guling? karena cara memasaknya guys. Untuk memasak babi guling biasanya membutuhkan 1 ekor anak babi jantan ataupun betina, selanjutnya perut babi akan di isi dengan bumbu dan rempah-rempah, selanjutnya akan d panggang dengan cara diputar dan diguling-guling. makanya di sebut Babi Guling. Gimana Babi Guling emang enak banget kan dinikmati saat Natal? Kalau kamu kerepotan memasak babi guling, maka bisa beli di restoran-restoran besar yang menjual babi guling, jadi kamu gak perlu repot-repot masak babi guling guys.

 

5. Nastar

palembang.tribunnews.com

Setelah makan-makanan berat Nastar memang pas menjadi makanan penutup. Memang nastar menjadi satu kue yang manis untuk di suguhkan saat natal ataupun hari raya. Untuk nastar sendiri banyak sekali pilihan rasanya yaitu rasa nanas dan keju.

 

6. Ikan Kuah Kuning

resepnusantara.id

Satu mangkuk ikan kuah kuning memang sangat menggoda. Makanan yang satu ini juga menjadi makanan yang wajib dihidangkan saat Natal. Ikan kuah kuning ini adalah makanan khas Ambon, biasanya hidangan yang satu iini di santap dengan papeda yang kental dan pastinya perpaduan kuah dengan papeda sangat sempurna.

Ikan Kuah Kuning ini pas bangetkan jadi pilihan menu untuk perayaan Natal.

 

7. Kue Poporcis

giant.tours

Kue yang satu ini pas banget untuk kamu yang suka dengan kuliner yang berbau Belanda. Kue ini mirip dengan pancake dan dorayaki. Kue ini biasanya dimakan setelah makanan berat seperti sate, nasi, ataupun babi guling.

Kue Poporcis ini terdiri dai tepung terigu, labu kuning, lalu di panggang. Kebayangkan gimana enakna kue ini.

 

8. Klappertaart

ellaklappertaart.com

Kue yang manis satu ini menjadi kue yang selalu saya tunggu-tunggu saat natal. karena kue ini sangat enak dan lumer dimulut guys. Nah untuk kamu yang belum tau Klappertaart ini terdiri dari susu, tepung terigu, mentega, susu, dan biasanya di beri topping kismis+almond.  Satu gigitan Klappertaart memang sangat nikmat… apalagi jika dinikmati dengan secangkir wine.

 

Nah itulah beberapa menu yang wajib dihidangkan saat natal di Indonesia guys. Semoga natal tahun 2018 ini berkesan dan mejadi momen kumpul keluarga yang menyenangkan. Merry Christmas 🙂

2 Comments

  1. deddyhuang.com December 17, 2018
    • sisil angelin December 19, 2018

Join The Discussion