l1ke_2004 | Sightseeing
Medan, Sumatera Utara, Indonesia | Historical Places
23 Dec 2016


Berkunjung ke Graha Maria Annai Velangkanni
Berlibur ke Medan belum lengkap bila tidak singgah di Graha Maria Annai Velangkanni. Tempat ini terkenal karena ada mata air yang tiba-tiba muncul di bawah kaki patung Bunda Maria. Air ini dapat langsung di minum, ada yang bilang bahwa air ini dapat men

How to Get There

Graha Maria Annai Velangkanni ini terletak di Komplek Perumahan Taman Sakura Indah, jalan Sakura III no. 10, Tanjung Selamat, Medan Tuntungan, Sumatera Utara.

 

 

Dari Jalan Lintas Timur Sumatera, Pak Rudi, sopir yang saya gunakan, mengambil arah ke jalan Setiabudi setelah itu jalan Flamboyan. Di pertigaan jalan Flamboyan ambil jalan ke kanan masuk Komplek Perumahan Taman Sakuran Indah. Tak jauh dari sini kita sudah sampai di lokasi.

 

 

Dari luar kita akan menemukan gapura selamat datang seperti ini:

 

 

 

What to Do

Sekilas gedung ini terlihat seperti kuil atau vihara namun sebenarnya tempat ini merupakan gereja Katholik.

Bentuknya unik, lain dari gereja biasanya.

 

Pak Rudi menemani paman saya selama di Medan, beliau sekaligus bertugas menjadi guide kami.

Beliau bercerita bahwa bangunan utama gereja berbentuk menara yang terdiri dari dua tingkat.

Lantai dasar digunakan sebagai aula dan lantai atas dipakai sebagai ruang ibadah (gereja).

Kami berkeliling di lantai dasar terlebih dulu. Di bagian depan gedung utama Graha ini terdapat patung serta kolam air mancur dengan ornamen yang sangat unik.

 

 

Di sebelah kiri Graha terdapat Kapel Annai Velangkanni yang merupakan tempat doa harian. Ada juga kapel Santo  Yohanes Paulus II, di dalamnya kapel ini terdapat lukisan dinding yang begitu indah.

 

    

 

 

Lanjut menuju lantai atas, kami harus jalan kaki melewati tangga melingkar. Di bagian samping tangga melingkar ini terdapat tulisan doa Salam Maria dengan berbagai bahasa. Sungguh unik bukan.. Makin penasaran untuk melihat bagian atas nih.

 

 

Begitu memasuki gereja di lantai atas, saya terkagum-kagum melihat keindahan gereja ini. Banyak patung, ornamen dan lukisan yang sungguh indah dan kontras. Sayang sekali kami tidak sempat mengabadikan setiap detail yang ada di dalam ruangan gereja ini.

 

    

 

Oh iya, di gereja Graha Maria Annai Velangkanni ini, sosok Bunda Maria digambarkan sebagai seorang perempuan berjubah warna emas dan berkalungkan untaian bunga. Padahal di gereja Katholik lainnya, sosok Bunda Maria biasanya digambarkan sebagai seorang perempuan yang berjubah putih atau biru. Sepertinya khas India ya?

 

Keunikan lainnya terletak pada ornamen Perjamuan Kudus yang terletak di belakang altar. Biasanya Perjamuan Kudus digambarkan bahwa Tuham Yesus duduk di tengah meja panjang dan didampingi para rasul. Namun ornamen Perjamuan Kudus di Graha Maria Annai Velangkanni ini, Tuhan Yesus digambarkan duduk bersila di lantai dan para rasul pun duduk bersila berjajar di depan-Nya.

 

Di gereja ini juga terdapat 20 jendela yang mengisahkan peristiwa dalam hidup Yesus. Di bagian atas gedung utama ini terdapat menara tujuh tingkat yang melambangkan tujuh tingkatan surga, dan tiga buah kubah yang melambangkan surga tempat Allah Tri Tunggal bertahta.

Ternyata bangunan ini mulai dibangun pada bulan September 2001 dan baru selesai pada bulan Oktober 2005 lho. Sejak diresmikan pada tanggal 1 Oktober 2005, yang bertepatan dengan hari pembukaan Bulan Rosario, Graha ini didatangi banyak pengunjung dari dalam dan luar negeri.

 

 

Beberapa hari setelah peresmi Graha ini, terjadi suatu keajaiban yaitu munculnya sebuah mata air tepat di bawah kaki patung Bunda Maria. Air ini dipercaya dapat menyembuhkan segala penyakit.

 

 

Sejak saat itu, banyak orang datang berkunjung ke Graha ini untuk beribadah maupun sekedar minum atau membawa pulang air tersebut. Untuk memudahkan pengunjung mengambil air suci tersebut sudah disediakan area khusus. Kita dapat membawa pulang air suci ini dengan botol yang sudah disediakan.

 

      

 

Saya penasaran kenapa di sini banyak patung, ornamen, gaya arsitektur yang ternyata merupakan pengaruh kuat dari budaya India Tamil. Kenapa kok budaya India?

 

Menurut cerita yang beredar, gereja kecil ini dulu sempat terbakar. Sebelum terbakar, graha ini dibangun oleh seorang pendatang dari Tamil (India Selatan) yang menganut agama Katholik, bangunan ini dibuat dengan ciri arsitektur Indo-Moghul.

 

Graha Maria Annai Velangkanni di Medan ini didedikasikan untuk Bunda Maria Penyembuh yang dikenal sebagai Our Lady of Good Health.

Kata ‘Annai’ dalam bahasa Tamil mempunyai arti Bunda.  Sedangkan kata ‘Velangkanni’ merupakan nama sebuah desa di Tamil Nadu (India) yaitu Vailankanni, desa ini diyakini umat Katholik India, pernah menjadi tempat kemunculan Bunda Maria di abad ke-17. Velangkanni di India ini kemudian dikenal sebagai Lourdes di Timur.

 

Graha Maria Maria Annai Velangkanni tidak hanya dikunjungi oleh umat Katholik saja namun dibuka untuk umum, jadi semua orang dapat berkunjung ke tempat ini tanpa dipungut biaya.

Tips and Trick
  • Mengingat tempat ini sebenarnya merupakan tempat ibadah, disarankan tidak berbicara dengan nada keras atau membuat keramaian
  • Diharapkan berpakaian sopan dan menjaga etika 
  • Dilarang merusak atau mengotori lingkungan di tempat ini
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY