Rekomendasi Spesial, 10 Kegiatan Akhir Tahun Untukmu!


Jehan  December 14, 2022  0 Comment

Tahun sudah mau berganti dan kamu belum punya rencana untuk akhir tahun ini? Ikuti tips dari GoTravelly yuk. Kali ini ada rekomendasi beberapa kegiatan akhir tahun yang akan membuat bulan Desembermu semakin berwarna loh. Mau tahu apa saja kegiatan yang bisa kamu lakukan sebelum bulan Januari datang? Yuk, simak artikel di bawah ini!

Rekomendasi Kegiatan Akhir Tahun:

1. Buat Jadwal untuk Self Care

self care
unsplash.com

Setahun ini kamu sudah banyak bekerja keras. Bahkan, seringkali lupa dan mengabaikan dirimu sendiri. Oleh karena itu, akhir tahun ini sempatkanlah meluangkan waktu khusus untuk memperhatikan dirimu dengan lebih. Tak ada salahnya bukan? Kamu bisa memulainya sekarang juga!

Apabila kamu bingung bagaimana cara yang tepat untuk Self care, mulailah dengan memikirkan apa hobi sederhanamu. Pikirkan kebiasaan lama yang sudah lama kamu tinggalkan karena sibuk dengan rutinitas kehidupan.

Jika kamu tak yakin dengan hobi, pikirkanlah kegiatan sederhana yang bisa membuatmu merasa senang. Membaca buku atau melakukan perawatan tubuh di rumah itu akan menyenangkan! Ingat, goals dari kegiatan kali ini adalah mengisi ulang energi baik untuk dirimu! Self care is a must!

2. Buat Tulisan untuk Rasa Syukur

catatan akhir tahun
unsplash.com

Sebelum mengakhiri waktu di tahun ini, coba tulislah sebuah catatan kecil tentang momen yang telah terjadi dan kamu syukuri di tahun ini. Kamu bisa mengingat kembali apa yang telah kamu lewati dalam beberapa waktu belakangan ini.

Mungkin memori yang telah terlewati tak semuanya baik, namun dalam proses menuliskannya kamu bisa menjadikannya sebagai catatan merefleksi dirimu. Tulis dengan gaya sederhana, kamu bisa menuliskannya dalam bentuk daftar atau menambahkan sebuah foto dan gambar-gambar agar lebih menyenangkan. Kamu bisa mengkreasikan apapun di dalam catatan rasa syukurmu!

Baca juga :  10 Tips Travelling Bersama Orang Tua

3. Merapikan Rumah

merapikan rumah kegiatan akhir tahun
unsplash.com

Setiap hari seringkali berkegiatan di luar rumah, nah sekarang coba lihat kembali rumahmu. Apa yang lebih menyenangkan dari pada beristirahat di ruang yang terlihat rapi, bukan? Yuk, mulai bersih-bersih dan merapikan rumah.

Kamu bisa memulainya dari ruang tidurmu lalu dapur dan ruang keluarga. Tidak hanya soal membersihkannya dengan sapu atau mengepel saja. Kamu bisa mendekorasi ulang komponen pada ruang-ruang yang ada di rumahmu. Tentunya, suasana baru akan membuka semangat untuk tahun baru!

4. Declutter Pakaian

declutter pakaian rekomendasi kegiatan akhir tahun
unsplash.com

Declutter Clothes atau merapikan pakaian adalah kegiatan yang menyenangkan loh! Dilansir dari Utah University dalam sebuah artikel Mental Health Education-nya mengatakan bahwa declutter adalah salah satu kegiatan yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Di antaranya adalah meningkatkan suasana hati menjadi semakin baik, membuat kita menjadi lebih fokus dengan membongkar dan merapikan baju. Tidak hanya itu saja, kamu akan dibuat lebih produktif.

Kamu bisa memulai kegiatan ini dengan mengatur tujuan dari declutter, seperti akan menyumbangkan baju yang masih layak pada orang lain. Berbagi akan sangat menyenangkan, bukan?

Jadi, saat membongkar lemari baju, kamu bisa memilahnya sesuai kategori yang telah kamu tentukan sebelumnya. Sebenarnya declutter tidak hanya untuk baju saja, kamu bisa merapikan isi lemarimu lainnya juga ya.

5. Buat Rencana Tahun Depan

rencana tahun depan
unsplash.com

Menuliskan sebuah rencana untuk kehidupan selanjutnya adalah hal yang baik untuk dilakukan oleh siapa pun. Mungkin nantinya saat menjalani hari-hari ke depan kamu akan berhadapan dengan situasi yang tak menentu, bahkan sangat mungkin juga tidak sesuai dengan rencana.

Tapi, itu bukanlah suatu masalah! Karena sesungguhnya membuat rencana hidup untuk tahun ke depan akan membawa kita semakin dekat dengan impian kita. Catatan itu bisa menjadi pengingat kita setiap saat. Kamu bisa menuliskan keinginanmu dengan mempertimbangkan impian hidup yang kamu inginkan.

Baca juga :  10 Tips Menyenangkan Saat Pesawat Delay Bikin Hepi Lagi!

6. Berkumpul Bersama Orang Tersayang

kumpul keluarga kegiatan akhir tahun
unsplash.com

Habiskan waktumu bersama orang tersayang! Apabila selama ini kamu terlalu sibuk dengan diri sendiri maka kali ini kamu harus meluangkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga, kekasih atau sahabat. Memanfaatkan waktu bersama orang-orang tersayang akan menambah energi positif yang baik untuk dirimu.

Saat berkumpul, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan seru. Tidak harus melakukan kegiatan dengan berwisata ke suatu tempat, melainkan kamu bisa mengisi kebersamaan dengan kegiatan di dalam rumah.

Coba rencanakan sebuah permainan yang bisa kamu mainkan bersama orang-orang tersayang. Hal yang paling berharga dalam kegiatan ini adalah kebersamaan. Jangan lupa, abadikan momen tersebut untuk mengenang waktu spesial bersama mereka ya!

9 Rekomendasi Festival Natal di Toronto

Panta Indrayanti Jogja yang Seru

7. Mencoba Resep Baru

memasak resep baru
unsplash.com

Kegiatan ini sangat mengasyikkan untuk dilakukan loh. Memasak, membuat kue atau meracik sebuah minuman dengan sebuah resep baru adalah hal yang seru. Selain akan menjadi pengalaman pertama karena mencoba sebuah resep, kamu pasti dibuat was-was dan penasaran dengan hasilnya.

Bereksperimen dengan hal baru akan memberi manfaat untuk lebih mengenal dirimu sendiri. Tidak hanya itu saja, kegiatan yang satu ini dapat kamu manfaatkan sebagai “me time” untukmu. Setelah hidangan telah jadi, jangan lupa tuk membagikannya pada orang terdekatmu. Tunggu komentar dari mereka tentang eksperimen barumu ini ya! Kamu tak perlu kecewa jika hasilnya kurang sesuai tapi jika ini menjadi resep terbaikmu, selamat!

8. Ambil Kursus untukmu!

kursus belajar
flickr.com

Selama ini, kamu sudah lama mengimpikan ingin belajar satu hal baru tidak? Jika iya, maka cobalah untuk memulainya sekarang. Kamu bisa mencoba kelas di bidang kesehatan, kesenian atau apa pun yang kamu inginkan.

Baca juga :  10 Tips Travelling Bersama Keluarga Agar liburan Lebih Mengasyikkan

Mengambil kelas atau sesi kursus sesuai dengan bidang yang kamu inginkan, tentu akan sangat menyenangkan. Tidak hanya belajar hal baru saja, ketika mengikuti kursus kamu akan bertemu dengan komunitas baru. Selain itu, kamu dapat mengeksplorasi lebih jauh lagi tentang dirimu sendiri. Mungkin saja dengan ikut sebuah kursus kamu bertemu dengan skil baru yang akan membawa keberuntungan?

9. Membuat Taman

berkebun di rumah
unsplash.com

Apa di rumahmu terdapat halaman depan atau belakang yang terbengkalai? Yuk, coba mulai memperhatikannya agar rumah semakin terlihat cantik di mata. Kamu bisa memanfaatkan tanah pekarangan tersebut dengan menjadikannya sebuah taman.

Tidak perlu sebuah taman yang besar, ukuran kecil saja itu juga sudah cukup. Pertama, kamu harus buat pertimbangkan tentang segala hal yang akan kamu lakukan untuk membuat taman. Buat catatan persiapanmu!

Kamu harus mempertimbangkan model taman seperti apa yang ingin kamu buat. Selain itu, kamu harus cari tahu dulu jenis tanaman apa saja yang cocok kamu letakkan di halaman. Jangan sampai, saat aktivitasmu sudah mulai padat lagi dengan pekerjaan, tanaman-tanamanmu menjadi kering karena tidak kamu perhatikan.

Setelah mencari tahu jenis tanaman, kamu bisa melanjutkannya dengan mempersiapkan peralatan serta komponen lainnya untuk mulai membuat taman. Bagaimana, asyik bukan rencana membuat berkebun di rumah?

10. Berkunjung ke Tempat Wisata

berwisata
unsplash.com

Kamu harus mengambil waktu untuk berlibur, buatlah rencana untuk menghabiskan waktu dengan berkunjung ke suatu lokasi wisata yang seru. Kamu tidak perlu bingung di mana lokasi berlibur yang pas untukmu karena GoTravelly punya banyak rekomendasi yang asyik dan seru khusus untukmu.

Selain destinasi liburan yang mengasyikkan, kamu juga bisa coba untuk mencicipi beragam kuliner yang super lezat. Jangan khawatir, GoTravelly juga punya banyak ulasan tempat yang pas untukmu dari banyak kota.



Leave a Reply