Menyesap Kearifan Lokal 10 Pasar Terapung Terbaik di Dunia


Reni  March 17, 2019  0 Comment



Pasar terapung menjual berbagai macam barang yang tak kalah kualitasnya dengan pasar yang didaratan, harga yang tergolong murah juga menjadikan tempat ini favorit dikunjungi oleh banyak orang. Berbagai pasar terapung di dunia yang terkenal dikalangan traveller, bahkan pasar tersebut menjadi ikon wisata suatu daerah.
Apa itu pasar terapung? Pasar terapung merupakan sebutan untuk transaksi jual beli yang berlokasi tepat di atas perairan seperti sungai dan danau. Penjual dan pembeli berada pada masing-masing perahu kecil dan melakukan transaksi layaknya pasar yang ada di daratan. Hingga saat ini masih ada beberapa pasar terapung di dunia yang masih aktif, salah satunya di negara Indonesia.
Tidak hanya mendapatkan beragam barang yang murah dan berkualitas, anda juga akan disuguhkan sensasi serta pemandangan yang menarik saat melakukan transaksi tawar menawar dengan penjual di atas perahu. Nah, ada beberapa pasar terapung di dunia yang menakjubkan Yuk simak.

1. Pasar Terapung Vinh Long (Vietnam)

Pasar Terapung Vinh Long
photo via lotussiatravel.com


Pasar terapung yang satu ini berada di negara Vietnam tepatnya berlokasi di kawasan sungai Chien Co. Umumnya pasar terapung ini sudah mulai beroperasi sejak pukul 06.00 pagi, sama dengan ciri khas pasar terapung seluruh transaksi jual beli dilakukan di atas perahu. Menurut penduduk asli pasar Vinh Long merupakan pusat penjualan buah dan harga jual barang-barang disana juga tergolong murah. Pasar terapung Vinh Long juga menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan di Delta sungai Mekong.
Pasar ini sangat banyak dikunjungi oleh wisatawan baik yang datang dari luar negeri atau dalam negeri sendiri. Tidak hanya pusat penjualan buah, anda juga bisa membeli berbagai jenis barang lainnya seperti permen tradisional khas daerah setempat, jagung nasi renyah, atau ada juga olahan ikan segar saat berada di pasar Vinh Long.

Review wisata

Pentol Gemes : Bakso Isi Yang Cocok Jadi Sahabat Ngunyahmu!

Keblinger Rasa Bakso Killer Bulenak

2. Pasar Terapung Damnoen Saduak (Thailand)

Damnoen Saduak
photo via primaveratravelthai.com


Pasar terapung yang tak kalah terkenalnya berada di negara Thailand yakni berlokasi di distrik Damnoen Saduak. Itulah kenapa nama pasar ini bernama pasar apung Damnoen Saduak, untuk sampai ke daerah ini anda harus menempuh perjalanan selama 1.5 jam menggunakan mobil dari ibu kota Bangkok.
Saat berada di pasar ini para pembeli atau wisatawan mengemudikan sendiri perahu yang mereka sewa untuk menyusuri pasar apung. Pasar terapung Damonoen Saduak menjual berbagai jenis kebutuhan barang seperti buah-buahan, sayur, souvenir, dan makanan tradisional lainnya.
Ketika anda mengunjungi dan berbelanja di pasar terapung ini maka pastikan harus pandai melakukan tawar menawar harga. Kenapa? Karena harga barang yang dijual di pasar ini dua kali lipat lebih mahal dibandingkan dengan toko yang ada di Thailand. Namun sayangnya perkembangan zaman yang modern telah banyak masuk ke pasar terapung ini sehingga mulai menghilangkan nilai-nilai tradisionalnya.

3. Pasar Terapung Muara Kuin (Indonesia)

Terapung Muara Kuin
photo via kulinerindonesiaberagam.blogspot.com


Tidak hanya di negara tetangga seperti Vietnam dan Thailand, negara kita Indonesia juga masuk dalam daftar pasar terapung terbaik di dunia. Pasar apung ini berada di sungai Kuin atau dikenal juga dengan sebutan pasar apung Barito.
Aktivitas pasar terapung ini mulai berlangsung dari selesai subuh sampai dengan pukul 8 pagi. Jika anda berbelanja di pasar ini maka ada berbagai barang untuk kebutuhan sehari-hari seperti ikan segar, buah, bumbu-bumbu masak, dan berbagai jenis barang lainnya yang tersedia seperti pasar tradisional yang ada di daratan.
Untuk sampai di pasar terapung Muara Kuin anda bisa akan menempuh perjalanan selama 45 menit menggunakan perahu klotok dari Bandara yang ada di Banjarmasin.

4. Pasar Terapung Tonle Sap (Kamboja)

Tonle Sap
photo via YouTube


Salah satu pasar terapung di dunia yang juga menarik perhatian traveller ialah pasar apung yang berada di danau Tonle Sap. Tahukah anda pada tahun 1997 danau ini pernah dinobatkan sebagai kawasan ekologi oleh UNESCO. Saat anda mengunjungi lokasi ini maka anda akan banyak warga yang tinggal di rumah apung, jadi tidaklah hal yang mengherankan jika pasar terapung dibangun.
Pasar terapung Tonle Sap juga menjual berbagai jenis barang sama dengan pasar tradisional lainnya mulai dari makanan tradisional, souvenir, sayur, buah, dan juga makanan ternak. Waktu terbaik untuk datang berwisata ke tempat ini ialah pada bulan Maret atau April.

5. Pasar Terapung Punda Side Floating Market (Venezuela)

 Side Floating Market
photo via afar.com


Pasar apung ini sudah menjadi terkenal dikalangan wisatawan dan menjadi objek wisata yang wajib anda kunjungi saat berada di Venezuela. Berlokasi tepat di Punda Side, Curacao pasar apung ini menjual beragam barang seperti buah-buahan segar, ikan segar, rempah-rempah, dan sayuran.
Nah, pasar terapung ini berada di kawasan yang sama dengan jembatan Queen Juliana yang terkenal itu.

6. Pasar Terapung Nativitas (Mexico)

Nativitas
photo via trover.com


Istilah terkenal para traveller yang mengunjungi Mexico yaitu anda belum bisa dikatakan mengunjungi Mexico jika tidak datang ke Xochimilco. Terdapat pasar terapung Nativitas di atas sungai kuno Xachimilco dan pasar apung ini juga termasuk warisan dunia oleh UNESCO sehingga terawat dengan baik.
Saat mengunjungi pasar ini anda benar-benar akan merasakan kentalnya nuansa Mexico karena perahu-perahu yang ada di pasar tersebut dihias dengan cat cantik warna-warni. Tidak hanya berbelanja untuk oleh-oleh, anda juga bisa menyusuri dan menikmati keindahan sungai Xochimilco.

7. Pasar Terapung Lok Baitan (Indonesia)

Lok Baitan
photo via inews.id


Pasar terapung yang satu ini berlokasi di desa Lok Baitan, Kecamatan Sungai Tabuk, Kalimantan Selatan. Tidak jauh beda dengan pasar terapung di dunia lainnya, para pedagang menjual hasil kebun di atas perahu yang berada di atas sungai. Tahukah anda, pasar terapung ini ternyata sudah lama sekali ada yakni sejak era kesultanan Banjar.

8. Pasar Terapung Dal Lake (India)

Dal Lake
photo via Global Times


Sangat unik sekali pasar terapung yang ada di negara India ini hanya berlangsung selama dua jam saja. Barang yang dijual saat pasar berlangsung biasanya berupa sayur-sayuran yang tumbuh di danau tersebut, serta beberapa jenis barang lainnya. Shikara ialah sebutan untuk perahu kayu yang digunakan oleh pedagang.

9. Pasar Terapung Amphawa (Thailand)

Terapung Amphawa
photo via Depositphotos


Satu lagi pasar terapung di dunia yang berasal dari negara Thailand, meskipun tidak sebesar pasar apung Damnoen Saduak, tapi pasar ini juga banyak dikunjungi oleh penduduk lokal dan wisatawan. Pasar terapung ini berada di atas sungai Mae Khlong dan menjual makanan lokal seperti mir serta berbagai macam benda unik hasil kerajinan penduduk lokal.

10. Pasar Terapung Inle Lake (Myanmar)

Inle Lake
photo via luxurymyanmarrivercruises.com


Pasar terapung ini memang sedikit sulit untuk ditemukan karena lokasi pasar ini berputar pada lima lokasi seperti Nyaungshwe, Heho, Taunggyi, Minethauk, dan Shwenyaung. Pada masing-masing tempat tersebut melakukan transaksi pasar terapung setiap lima hari sekali. Anda bisa menemukan sayur mayur yang melimpah seperti tomat. Tidak hanya itu ada banyak barang lainnya yang bisa anda temukan saat berkunjung ke pasar terapung Inle Lake.



Leave a Reply