10 Pendakian di Mojokerto Dengan Panorama Alam Keren!


Fida  March 17, 2022  0 Comment

Mendaki tentu menjadi salah satu kegiatan seru sekaligus menantang yang bisa kamu coba. Menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi daerah pendakian juga menjadi hal menarik yang sayang untuk dilewatkan. Saat berkunjung ke Mojokerto, kamu dapat menjumpai beberapa daerah pendakian yang dikenal menawarkan panorama alam luar biasa. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 10 destinasi pendakian di Mojokerto yang sayang untuk kamu lewatkan.

1. Gunung Anjasmoro

gunung anjasmoro
gunung.id

Gunung Anjasmoro dikenal sebagai salah satu destinasi wisata pendakian di Mojokerto yang populer dan menarik untuk kamu kunjungi. Dengan ketinggian mencapai 2282 meter di atas permukaan laut, gunung ini memiliki Puncak yang memiliki sebutan Cemoro Sewu.

Pengunjung tidak tidak perlu ragu soal indahnya pemandangan alam yang ditawarkan. Selain memiliki pemandangan yang indah, suasana yang sejuk dan asri juga dapat kamu nikmati saat mendaki Gunung Anjasmoro. Gunung Anjasmoro sendiri memiliki lokasi yang meliputi Mojokerto, Jombang, dan juga Kota Batu Malang. Bagi kamu yang hobi melakukan perjalanan pendakian, tidak ada salahnya jika Gunung Anjasmoro menjadi tujuan bagi kamu untuk menghabiskan waktu berlibur.

GoTravelly

Vihara Buddha Tidur Mojokerto: Terbesar Di Indonesia!

Mengulik Peninggalan Majapahit Di Candi Brahu Mojokerto

2. Gunung Penanggungan

gunung penanggungan
radarmojokerto.jawapos.com

Tidak kalah populer dengan Gunung Anjasmoro, Gunung Penanggungan juga menjadi salah satu destinasi wisata pendakian di Mojokerto yang populer di kalangan wisatawan. Gunung Penanggungan dikenal merupakan gunung api aktif yang berlokasi di daerah Trawas, Mojokerto. Dengan ketinggian puncak mencapai 1653 meter diatas permukaan laut, pengunjung akan merasakan suasana sejuk dan asri saat berada di kawasan gunung ini.

Dari puncak Gunung Penanggungan, kamu dapat melihat indahnya panorama alam Gunung Arjuno Welirang, Gunung Anjasmoro, Gunung Bromo, dan Gunung Semeru, lengkap sekali bukan? Gunung ini dikenal memiliki dua jalur pendakian yang dapat kamu pilih yakni Jalur Tamiajeng dan Jalur Jolotundo.

3. Gunung Krapyak

gunung krapyak
kataomed.com

Saat ingin berlibur dengan mengunjungi salah satu destinasi pendakian di Mojokerto, kamu dapat memilih untuk datang ke Gunung Krapyak. Gunung Krapyak sangat cocok dikunjungi untuk pendaki pemula karena memiliki puncak yang tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan gunung lainnya, yakni sekitar 1300 meter di atas permukaan laut.

Kawasan Gunung Krapyak juga dilengkapi dengan fasilitas camping ground. Menyusuri kawasan pendakian ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per orang. Mendaki indahnya Gunung Krapyak tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba untuk menghabiskan waktu berlibur.

4. Watu Jengger

watu jengger
pinhome.id

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Watu Jengger. Ini dikenal sebagai salah satu destinasi pendakian di Mojokerto yang populer dan kekinian. Dengan memiliki ketinggian mencapai 1100 meter diatas permukaan laut, bukit ini tentu sangat cocok didaki oleh para pendaki pemula.

Watu Jengger juga dikenal memiliki banyak sekali spot menarik yang dapat dimanfaatkan untuk berfoto. Selain dimanjakan dengan indahnya pemandangan alam, pengunjung juga dapat merasakan suasana yang sejuk dan segar. Untuk datang dan menyusuri kawasan pendakian ini, pengunjung perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per orang. Saat berada di Mojokerto, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk mencoba mendaki puncak bukit Watu Jengger.

5. Gunung Semar Gondang

gunung semar gondang
kataomed.com

Rekomendasi destilasi pendakian di Mojokerto berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Gunung Semar Gondang. Gunung yang satu ini dapat dikunjungi di daerah Desa Dilem, Gondang, Mojokerto. Untuk datang dan menyusuri daerah pendakian ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000,- per orang.

Gunung Semar Gondang juga dikenal cocok dipilih sebagai tujuan para pendaki pemula karena memiliki ketinggian mencapai 933 meter diatas permukaan laut. Ketinggian tersebut tentu dapat dikatakan tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan gunung lainnya. Destinasi wisata yang satu ini tentu sayang untuk kamu lewatkan saat datang ke Mojokerto.

6. Gunung Bekel

gunung bekel
manusialembah.com

Ada cukup banyak pilihan destinasi pendakian di Mojokerto yang menarik untuk didatangi, salah satunya adalah Gunung Bekel. Pernah mendengar sebutan gunung yang satu ini sebelumnya? Gunung Bekel merupakan salah satu destinasi pendakian yang dapat dilalui dari jalur Jolotundo. Gunung yang satu ini juga dikenal sebagai anak dari Gunung Penanggungan.

Dengan ketinggian mencapai 1238 meter diatas permukaan laut, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan yang ditawarkan dari puncak. Selain dapat bersantai dan menikmati sejuknya suasana yang ditawarkan, berfoto dengan panorama alam yang indah juga menjadi kegiatan seru yang dapat kamu coba. Selain daerah Mojokerto, gunung ini juga memiliki lokasi yang mencakup daerah Pasuruan.

7. Gunung Butak

gunung butak
surabaya.tribunnews.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Gunung Butak. Gunung yang satu ini memang sangat populer dan dikenal oleh masyarakat lokal hingga luar daerah. Gunung Butak juga dikenal sebagai salah satu destinasi pendakian di Mojokerto yang sayang untuk kamu lewatkan. Kamu dapat mengunjungi gunung ini di Dusun Blentreng, Desa Ngengat, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto.

Gunung ini cukup populer karena menawarkan keindahan alam yang sangat luar biasa. Kamu dapat menikmati indahnya lautan awan dari puncak Gunung Butak. Mendaki bersama teman maupun orang tersayang pernah menjadi pilihan tepat yang bisa kamu lakukan untuk menghabiskan waktu berlibur.

8. Gunung Welirang dan Arjuno

gunung welirang arjuno
travel.kompas.com

Tidak kalah populer dengan berbagai destinasi pendakian di Mojokerto lainnya, gunung Welirang dan Arjuno juga menjadi destinasi yang menarik untuk kamu kunjungi. Gunung yang kerap disebut gunung kembar ini memiliki ketinggian masing-masing yakni Gunung Welirang 3156 mdpl dan Gunung Arjuno 3339 mdpl.

Karena dikenal memiliki puncak yang cukup tinggi, maka diperlukan waktu kurang lebih 5 hingga 6 hari untuk mendaki. Pengunjung yang datang harus menyiapkan peralatan dan perbekalan selama mendaki di Gunung Welirang dan Arjuno. Rasa lelah selama perjalanan akan terbayar lunas saat tiba di puncak. Bagaimana, seru sekali bukan?

9. Gunung Puthuk Siwur

gunung puthuk siwur
hipwee.com

Destinasi pendakian di Mojokerto selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk kamu kunjungi adalah Gunung Puthuk Siwur. Gunung yang satu ini memiliki ketinggian mencapai 1429 meter di atas permukaan laut dan dikenal menawarkan panorama alam yang menakjubkan.

Penamaan Gnung Puthuk Siwur berasal dari bentuknya yang berbentuk Siwur atau dalam bahasa Jawa berarti gayung. Jalur yang mudah dilalui juga menjadikan Gunung ini sangat cocok dipilih untuk dikunjungi para pendaki pemula. Menarik sekali bukan?

10. Gunung Pundak

Pendakian di Mojokerto
backpackerjakarta.com

Bagi kamu yang ingin mengunjungi salah satu destinasi wisata pendakian di Mojokerto, tidak ada salahnya jika kamu datang ke Gunung Pundak. Gunung yang satu ini memiliki ketinggian mencapai 1585 meter di atas permukaan laut dan tentu sangat cocok untuk didaki oleh para pendaki pemula. Untuk dapat menuju ke puncak, pengunjung dapat melewati jalur pendakian Puthuk Siwur atau OWA Tahura R.A.Soejo.



Leave a Reply