Pentol Gemes : Bakso Isi yang Cocok jadi Sahabat Ngunyahmu!

kuliner di surabaya

serlievidia | Sightseeing
Malang, Jawa Timur, Indonesia | halal
02 Aug 2018


Pentol Gemes : Bakso Isi yang Cocok jadi Sahabat Ngunyahmu!

Salah satu kuliner yang terkenal khas Malang adalah bakso. Banyak pengusaha bakso yang berlomba –lomba untuk melakukan inovasi sebaik dan seunik mungkin agar menarik perhatian para foodhunter. Mulai dari bakso mercon atau beldeg atau setan yang identik dengan bakso isian campuran daging dan cabe. Biasanya bakso jenis ini memiliki beberapa level kepedasan. Ada juga bakso isi urat, keju, sum-sum, bakso bakar dan masih banyak lagi. Umumnya, bakso berkuah dan dimakan bersama mie kuning, mie putih, tahu goreng, tahu putih, somay dan gorengan. Namun akhir-akhir ini muncul ide bakso yang dijadikan camilan tanpa pendamping isiannya.  Di Jawa Timur, bakso saja (tanpa ditemani apa-apa) ini disebut pentol.

Beberapa hari yang lalu, saya tertarik untuk mencicipi jajanan pentol. Akhirnya saya memutuskan untuk langsung datang ke stan Pentol Gemes yang berada di Jl. Mondoroko No. 114, tepatnya di teras Indomaret sebelah utara SPBU Mondoroko, Singosari. Stan Pentol Gemes ini berada di wilayah Kabupaten Malang. Namun masih cukup mudah diakses karena terletak di tepi Jalan Raya Malang-Surabaya. Jika kalian dari arah Kota Malang, kalian cukup menuju ke utara (arah Surabaya). Sekitar 450 meter setelah SMK Negeri 1 Singosari, kalian akan melewati SPBU Mondoroko dan tepat di utaranya terdapat Indomaret di sebelah kiri jalan. Namun jika kalian dari arah Surabaya, melewati jalan utama Surabaya-Malang. Setelah rel  kereta api Singosari, sekitar 600 meter terdapat supermarket. Dan stan Pentol Gemes hanya berjarak 200 meter dan terletak di sebelah kanan jalan. Karena terletak di tepi Jalan Raya Malang-Surabaya, cocok dijadikan tempat bersinggah saat perjalanan melewati Malang.

Stan Pentol Gemas di Teras Indomaret Mondoroko

 

Stan Pentol Gemas Tampak Depan

Melihat daftar menunya, cukup variatif dan sangat terjangkau karena berkisar antara Rp.500 hingga Rp.2000 saja untuk setiap bakso. Secara umum, menu Pentol Gemas dibedakan menjadi tiga, yaitu menu tidak pedas, menu reguler, dan menu pedas. Untuk menu tidak pedas, terdapat dua paket menu yang terdiri dari beberapa bakso dan sudah ditentukan isinya apa saja. Untuk menu tidak pedas terdapat dua paket, yaitu Paket Melting yang di dalamnya terdapat sekitar 3 bakso besar dengan isian berbeda: urat, keju, telur, 2 bakso kecil lalu di atasnya diberi topping saus keju mayo, mayonaise, dan keju parut. Harga dari Paket Melting adalah Rp.10.000. Paket menu tidak pedas lainnya adalah Paket BBQ, yang terdiri dari 3 bakso besar (urat, keju, telur) dan 2 bakso berukuran kecil. Di atasnya diberi topping saus BBQ, Mayo, dan Katsuobushi. Katsuobushi sering ditemui di makanan Jepang, baik dijadikan topping atau sebagai bumbu dasar makanannya karena aromanya yang enak karena berbahan baku ikan. Berbentuk menyerupai serutan kayu halus. Uniknya, Katsuobushi ini pandai menari ketika disajikan di atas makanan yang panas, maka ia akan langsung bergerak-gerak Hal ini disebabkan oleh proses pembuatannya. Kalian dapat membeli Paket BBQ seharga Rp.10.000.

Untuk menu pedas, terdapat beberapa jenis paket, yaitu Paket Chillici Mini dan Jumbo. Paket Mini Chillici terdiri dari 10 bakso kecil dan topping sambal yang pedas. Paket ini dapat dibeli dengan harga Rp.5.000 saja. Sedangkan Jumbo Chillici terdiri dari 20 bakso kecil dengan topping sambal dan dapat dibeli seharga Rp. 10.000

Paket pada menu pedas lainnya adalah Paket Gilsss dan Paket “B” aja. Paket Gilsss terdiri dari bakso isi urat, isi telur, isi keju, isi rawit, pentol kecil, tahu bakso kemudian dilumuri oleh sambal. Isian dari Paket “B” sama seperti Paket Gilsss, namun yang membedakan adalah sambalnya. Untuk paket “B” aja sambalnya campuran antara saus tomat, saus sambal dan bon cabe. Bagi kalian yang tidak terlalu suka pedas, lebih baik mengambil Paket “B” aja karena tidak terlalu pedas.

Bagi yang ingin memilih sendiri jenis bakso pilihan kalian dengan jumlah dan topping yang diinginkan, kalian bisa memilih menu reguler. Berikut adalah menu-menunya.

 

 

 

 

 

Beberapa jenis topping saus yang disediakan antara lain: saus sambal, saus tomat, mayonise, saus keju, dan saus BBQ. Sedangkan bakso atau pentolnya selalu disimpan di dalam panci panas sehingga selalu disajikan dengan hangat.

Aneka Saus Topping

Panci berisi bakso dan tahu bakso

Saya memutuskan untuk mencoba Paket BBQ dan Mini Chillici. Saya ingin mencoba menu yang pedas dan tidak pedas. Karena saya pribadi tidak terlalu suka makanan pedas. Mbak penjual bilang bahwa untuk topping katsuobushinya habis sehingga saya diganti oleh parutan keju. Wah sebenarnya sayang sekali, namun saya ke sana sudah sangat sore menjelang maghrib, jadi wajar jika sudah banyak yang habis. Dari segi packaging, yang saya suka dari Pentol Gemas ini adalah kehigenisannya terjaga. Karena dua pesanan saya dikemas dengan penutup. Kemasan Paket Mini Chillici berbeda dengan Paket BBQ. Paket Mini Chillici disajikan di dalam gelas plastik berdiameter cukup besar dan di atasnya ditutup oleh tutup plastik yang rapat. Sedangkan Paket BBQ disajikan di dalam mika tinggi dan distepler. Di dua kemasan tersebut, sudah terdapat logo dan kontak dari Pentol Gemes. Saya juga diberi tusuk untuk alat makannya.

Kemasan Mini Chillici

Dapat dilihat tampilan dari Mini Chillici. Tidak terlalu banyak karena banyak campuran dagingnya. Berbeda dengan bakso yang berbahan dasar aci. Apalagi ternyata rasanya enak sekali. Daging pada bakso lembut dan terasa. Saus sambalnya meski ada kecapnya, pedasnya tetap bikin saya nangis. Karena pada dasarnya saya tidak terlalu bisa memakan makanan pedas. Meski begitu, tetap membuat terus melahapnya.

 

Detail tampilan Mini Chillici

Menu Paket BBQ adalah menu yang paling saya favorikan, karena rasaya uenak! Meski tidak ada katsuobushinya, namun tidak rasa dagingnya yang kuat dan paduan topping yang ada membuatnya tetap lezat. Memakan dua menu tersebut membuat saya kenyang. Awalnya saya sedikit ragu dengan kemampuannya mengenyangkan. Namun karenaukuran bakso pada Paket BBQ mayoritas besar. Jadi meski sebagai cemilan, jajanan ini tetap bisa menjadi penunda rasa lapar yang bagus.

 

Detail kemasan dan Tampilan Paket BBQ

Menurut saya, Pentol Gemas ini cocok dijadikan jajanan pengganti lapar. Jika dilihat dari pelayanan, rasa, dan kemasan, saya merasa harga yang ditawarkan sangat terjangkau.Menurut saya, Pentol Gemas ini cocok dijadikan jajanan pengganti lapar.Apalagi stan Pentol Gemas berada di teras Indomaret yang besar. Sehingga disediakan kursi dan meja supermarket yang dapat digunakan untuk beristirahat dari perjalanan dan menikmati berbagai jajanan yang dijual di sana, termasuk jajanan Pentol Gemas ini. Mau jajanan streetfood enak dan kekinian tidak harus selalu di kota, karena ternyata di wilayah kabupaten pun ada.

 

 

Opening Hours
Buka setiap hari (pukul 11.30 - habis/ 20.30)
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY