10 Wisata Alam di Pakistan Pesonanya Mendebarkan Jiwa


prita  December 30, 2021  0 Comment

Pakistan mungkin menjadi salah satu Negara di kawasan Asia Selatan yang jarang dikunjungi oleh wisatawan. Meskipun begitu, ternyata Pakistan memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan. Khususnya wisata alamnya. Pakistan dikenal memiliki pegunungan yang tinggi serta lembah yang hijau juga subur. Tak hanya itu, Pakistan juga memiliki danau dan sungai yang indah dengan berbagai satwa liar yang hidup bebas disana. Nah, jika kamu tertarik berlibur ke Pakistan, jangan lupa berkunjung ke Wisata alam di Pakistan

1. Lembah Neelum

Lembah Neelum
apricottours.pk

Wisata alam di Pakistan yang pertama adalah Neelum Valley atau Lembah Neelum. Lembah Neelum ini memiliki panjang 144 kilometer yang memiliki bentuk seperti kupu-kupu. Lembah ini berada di wilayah Azad Kashmir yang berada di Utara dan kawasan Muzaffarabad di sisi timur.

Berkunjung ke lembah ini kamu akan dimanjakan dengan lembah sungai Neelam yang pemandangannya sangat indah. Tak hanya itu, bukit-bukit hijau yang menjulang tinggi di kedua sisi Sungai Neelam ini juga menjadi pemandangan yang sangat luar biasa. Sejumlah tempat wisata di Lembah Neelam bisa kamu temukan dengan mudah, seperti Sharda Fort, Athmuqam, Kutton Jagran, Neelum dan masih banyak lagi lainnya.

Glamping Seru Plus Camel Safari Di Perbatasan India Pakistan. Wajib Cobain!

Mampir Ke Lotus Temple Delhi, Cantiknya Bak Bunga Teratai

2. Lembah Hunza

Lembah Hunza
trangoadventure.com

Lembah Hunza menjadi wisata alam di Pakistan yang wajib kamu kunjungi selanjutnya. Lembah Hunza ini berada di sebuah pegunungan di kawasan Gilgit-Baltistan atau yang berada di sisi Utara – Barat Sungai Hunza.

Lembah Hunza ini berada di ketinggian 2.500 meter diatas permukaan laut dan memiliki tiga wilayah yaitu Hulu Hanza, Hilir Hunza dan Pusat Hunza. Kawasan Lembah Hunza ini juga menjadi salah satu destinasi wisata populer di Pakistan, pasalnya disini terdapat banyak tempat yang indah untuk dilihat, seperti Rakaposhi Base Camp, Gletser Hoper, Danau Atta Abad dan Khunjrab Pass.

3. Lembah Swat

Lembah Swat
tripadvisor.com

Wisata alam di Pakistan yang satu ini juga menawarkan pemandangan yang tak kalah menawan. Lembah Swat ini berada di Provinsi Khyber Pakhtunkhwa dan sering mendapat julukan sebagai Mini Switzerland of Pakistan.

Lembah Swat menawarkan segudang tempat wisata menarik untuk dikunjungi, seperti Lembah dan Danau Mahodand, Lembah Ushu dan Hutan Ushu, Malam Jaba, Swat dan Kallam Valley dan masih banyak tempat cantik lainnya di kawasan lembah ini yang bisa kamu kunjungi.

4. Lembah Kalash

Lembah Kalash
commons.wikimedia.org

Lembah Kalash juga bisa kamu jadikan sebagai tujuan wisata alam di Pakistan. Lembah cantik ini berada di Distrik Chitral, Pakistan yang tak hanya menawarkan keindahan alam namun juga memiliki latar belakang bersejarah yang penuh kontroversi.

Kelash merupakan peradaban dari Yunani yang sangat tua dan memiliki suku tertua yang beragama dan berbudaya sendiri bernama “The Kalash”. Lembah Kalash juga memiliki budaya yang unik dan sangat menarik utuk diulik. Masyarakat setempat tinggal di desa-desa kecil yang dibangun di sisi bukit. Desa-desa tersebut juga berada di tepi sungai dan masyarakat setempat biasanya membangun rumah mereka dengan kayu bulat berbentuk kasar. Masyarakat Kalash ini terkenal sangat ramah kepada pengunjung dan sangat ceria. Disini juga sering diadakan festival budaya seperti Festival Phoo, Festival Uchal dan Fesival Chomos.

5. Lembah Kaghan

rekomendasi wisata alam pakistan
suitcasemag.com

Destinasi wisata alam di Pakistan yang satu ini juga layak untuk masuk dalam itinerary kamu. Lembah Kaghan ini berada di sisi timur laut Distrik Mansehra dan menjadi salah satu tempat wisata yang cukup populer bagi wisatawan mancanegara.

Lembah Kaghan ini berlokasi di di Pegunungan Himalaya yang lebih rendah dengan pemandangan alam yang sangat memanjakan mata. Kamu bisa menemukan resort paling menawan di dunia yang berlokasi di kawasan Hazara. Selain itu, ada banyak tempat indah dan menarik di kawasan lembah ini yang bisa kamu kunjungi. Misalnya seperti Naran, Shogan, Danau Saiful Muluk, Danau Lulu Sar dan masih banyak lagi lainnya.

6. Lembah Jhelum

Lembah Jhelum
vepakistan.com

Lembah Jhelum juga menjadi destinasi wisata alam di Pakistan yang kerap dikunjungi oleh wisatawan. Lembah yang berada di wilayah Azad Kashmir ini sangat ideal untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Disini kamu akan menemukan sungai yang melewati lembah dari timur ke barat diatara pegunungan hijau yang tinggi. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa menemukan lembah lagi bernama Lembah Leepa. Ditambah lagi dengan pemandangan sawah yang hijau nan subur di musim panas serta deretan rumah kayu khas Kashmir yang membuat pemandangannya semakin indah.

7. Shandur Pass

Shandur Pass
urbanduniya.com

Wisata alam di Pakistan yang wajib kamu kunjungi berikutnya adalah Shandur Pass. Shandur Pass merupakan sebuah dataran tertinggi di dunia dengan ketinggian yang mencapi 3.738 meter diatas permukaan laut yang berada di Antara Chitral dan Gilgit.

Shandur Pass terkenal dengan festival tahunan yang selalu di gelar pada musim panas, yaitu Festival Shandur. Kawasan ini umumnya tidak berpenghuni karena tertutup oleh salju pada musim dingin. Untuk menuju kesana, kamu bisa menggunakan jeep dari kota Chitral. Disarankan kamu berkunjung pada musim panas karena tempat ini akan ditutup pada musim dingin.

8. Rawalakot

Wisata Alam unggulan di Pakistan
historypak.com

Rawalakot merupakan sebuah kota yang berada di Azad Kashmir yang masuk dalam distrik Poonch. Kota ini sangat indah karena dikelilingi oleh bukit-bukit hijau yang alami, tak heran jika Rawalakot juga menjadi salah satu wisata alam di Pakistan.

Rawalakot berjarak sekitar 80 kilometer dari Rawalpindi dan Islamabad, yang menjadi titik kunjungan musim panas karena saat musim dingin kawasan ini sangat dingin. Banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi, seperti Toli Pir, Tatta Pani, Danau Banjosoa, Sudhngalli dan masih banyak lagi lainnya.

9. Bukit Murree

Wisata Alam Pakistan
urbanduniya.com

Murree Hill atau Bukit Murree menjadi destinasi wisata alam di Pakistan yang menawarkan pemandangan indah. Bukit ini merupakan stasiun bukit musim panas dan memiliki resort musim panas yang berada di Murree distrik Rawalpindi.

Bukit ini tentu menjadi destinasi populer saat musim panas untuk bisa menikmati pengalaman yang berbeda. Salah satu tempat wisata yang paling favorit di kawasan ini adalah Galliat yang memiliki panorama hijau yang sangat menawan. Selain itu, ada juga Dunga Gali, Bara Gali, Bukit Muskupuri, Nathia Gali dan Jalan Mall.

10. Ziarat

Wisata Alam di Pakistan
alpastravels.com

Wisata alam di Pakistan yang terakhir adalah Ziarat. Ziarat merupakan ibukota dari Kabupaten Ziarat, Balochistan. Kota ini memang menjadi tempat liburan yang cukup populer di Kawasan Balochistan dan hampir setiap perjalanan dari Karachi menuju Quetta berhenti di kota ini.

Ziarat memiliki persediaan air yang sangat bagus dengan pemandangan hutan berbukit yang menawan. Tak hanya itu, udara di Ziarat juga terkenal dingin meskipun pada musim panas. Tak heran jika kota ini menjadi destinasi favorit untuk menikmati alam Pakistan.



Leave a Reply