5 Oleh-oleh Khas Vietnam, Snack Hingga Kain Khas Vietnam


sisil angelin  November 14, 2018  2 Comments

Vietnam menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang mana semakin hari semakin ramai sekali dikunjungi oleh mereka wisatawan asing dan oleh oleh khas Vietnam banyak diburu wisatawan. Bukan hanya dari kawasan negara Asia Tenggara tapi juga dari negara belahan dunia lainnya. Hal ini dikarenakan Vietnam memiliki objek wisata yang memang sangat menarik minat dari mereka para wisatawan. Ada beberapa destinasi unggulan dari Vietnam yang sering kali dikunjungi misalnya adalah beberapa destinasi wisata yang ada di Ho Chi Minh yang ada di Hanou. Lalu ada juga Da Nang yang tak pernah sepi pengunjung dari wisatawan yang selalu ingin menikmati hal unik yang ada di negeri ini.

Karena Vietnam menjadi salah satu negara yang memiliki banyak sekali destinasi wisatanya, maka tentu saja negara ini memiliki oleh – oleh khas. Nah oleh – oleh khas vietnam ini harus anda bawa saat pulang liburan dari Vietnam. Negara yang memang memiliki banyak budaya dan sejarah ini juga sangat banyak memiliki variasi souvenir menarik yang bisa anda bawa pulang sebagai oleh – oleh khas Vietnam. Nah selain memiliki souvenir yang sangat berkaitan dengan budaya dan sejarah, Vietnam juga menyajikan beberapa souvenir berupa snack khas , karya seni, karya arsitektur hingga kain khas dari Vietnam.

Nah jika anda kebetulan berkunjung dan liburan ke Vietnam ada beberapa oleh – oleh yang bisa menarik perhatian anda saat disini. Dan selain itu, selain hanya membeli oleh – oleh anda juga masih bisa mengingat beberapa momen penting saat anda memutuskan untuk membelinya. Karena letak jiwa dari Vietnam sebenarnya ada dari produk souvenir mereka.Dan berikut adalah beberapa oleh – oleh khas Vietnam yang tidak boleh anda lewatkan saat ingin berbelanja.

1. Lotus Seed

Lotus Seed

thesmartlocal.com

Sebenarnya dimanapun tempat anda liburan tentu memiliki snack atau makanan ringan khasnya sendiri. Dan Vietnam memiliki cemilan atau snack khas dengan nama lotus Seed atau biasanya disebut dengan nama kacang teratai. Kacang teratai memiliki rasa yang tiada duanya. Ini adalah salah satu oleh – oleh khas Vietnam yang bisa anda beli dengan harga yang cukup murah sekitar 200 ribu rupiah per kilogramnya. Anda bisa membeli kacang ini bisa anda beli di pasar Ben Thanh. Jika anda bandingkan dengan kacang yang ada di Indonesia, sebenarnya kacang teratai ini memiliki rasa yang hampir mirip dengan kacang koro.

Visit Van Long Vietnam – Menikmati Alam Sampe Naik Sampan!

2. Teh Teratai

Teh Teratai

vovworld.vn

Jika anda ingin membeli oleh – oleh khas vietnam lain dalam bentuk satu hal yang bisa dikonsumsi maka anda bisa memilih teh teratai bisa menjadi salah satu pilihan. Ini adalah salah satu teh yang sudah menjadi oleh – oleh wajib dibawa saat dari Vietnam. Sebagai salah satu bunga nasional dari negara ini, teratai memang banyak digunakan dalam banyak hal. Selain kacangnya untuk snack, bunga teratai juga digunakan sebagai salah satu aroma dan rasa dari teh hijau yang dijual di Vietnam. Sebanyak 1500 bunga teratai digunakan untuk bisa menghasilkan setidaknya 1 kg dari teh teratai. Ini adalah salah satu alasan mengapa harga teh teratai di negara ini sangat mahal. Biasanya masyarakat menjualnya kisaran harga 5 juta VND hingga 8 juta VND.
Untuk rasa, sebenarnya ini adalah teh hijau yang kemudian dipadukan dengan aroma dari teratai sehingga akan memiliki aroma dan rasa yang agak mirip dengan vanila yang sangat manis sehingga efek yang akan dirasakan juga akan segar di mulut anda. Hal inilah yang membuat harganya sangat mahal, namun ini bukan masalah yang besar untuk mereka yang suka teh. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa toko di oleh – oleh khas Vietnam yang menjual dalam kemasan ekonomis sehingga anda bisa juga menikmatinya.

3. Produk Sulaman Tangan

toko oleh oleh terdekat

Bukalapak.com

Produk lain yang bisa menjadi oleh – oleh khas vietnam adalah produk sulaman tangan. Untuk anda yang menyukai kain atau jenis kerajinan yang berbahan basis kayu di Vietnam ada banyak sekali produk sulaman yang terbuat dari tangan yang bisa menjadi oleh – oleh. Produk ini biasanya dibuat dengan banyak bentuk mulai dari seprai, sarung bantal, selimut, celemek, taplak meja, sapu tangan, lingerie, dekorasi dan masih banyak lainnya.
Karena ada banyak sekali produk yang mereka buat, anda harus juga harus berhati – hati saat akan membeli produk yang tepat karena biasanya untuk bahan terbaik terbuat dari bahan linen atau katun. Sedangkan untuk desain yang paling banyak sekali dicari adalah mereka yang memiliki kualitas terbaik dan dengan desain naga raksasa atau kadang juga bunga teratai,. Namun tak jarang ada juga yang mencari desain pemandangan Danau Hoan Kiem.
Oleh – oleh satu ini memang sangat pas untuk diberikan kepada teman wanita, istri atau ibu atau bisa juga pada saudara wanita. Ada banyak sekali tempat yang bisa Anda kunjungi atau Anda rekomendasikan untuk bisa membeli souvenir ini. Mulai dari kawasan Hoan Kiem misalnya di Tan My design, Chi Vang, May Store dan masih banyak lainnya. Untuk hanya juga sangat beragam ada yang mulai dari harga 30 ribu VND hingga 180 ribu VND tergantung dengan variasi yang Anda pilih sebagai oleh – oleh.

4. Kertas Do

Kertas Do

english.vietnamnet.vn

Jika Anda ingin mencari kerajinan kertas dari kertas maka kertas Do a La Vietnam bisa menjadi pilihan Anda, Kertas ini terbuat dari tanaman liar dengan nama Rahamnoneuron balansae, ini adalah salah satu jenis kertas yang sudah digunakan sejak beratus tahun lalu. Selain itu, Anda juga bisa memburu beberapa produk kerajinan dari kertas Do yang ada di sekitar Old Quarter yang ada di Hanoi, terutama adalah di toko kerajinan. Produk yang Anda dapatkan disini juga sangat beragam mulai dari kartu pos, kartu ucapan hingga buku catatan dan buku tulis. Ini adalah oleh – oleh khas Vietnam yang bisa Anda bawa pulang dan bisa Anda berikan ke teman dekat Anda. Untuk bisa menemukan kertas Di ini Anda bisa mengunjungi beberapa lokasi Craft link yang ada di Dong Da atau beberapa toko souvenir di Vietnam misalnya adalah di Old Quarter, Untuk harga produk sendiri kisaran harga 35 ribu VND.

5. Produk kain sutra

Produk kain sutra

jelita-wanita.blogspot.com

Jika membicarakan produk kain sutra, maka Anda tidak boleh melewatkan kain sutra Vietnam dan terutama adalah yang ada di Hanoi. Ada satu desa sutra yang bernama Van Phuc memiliki nama lain Ha Dong yang sudah mengukir nama baik dari kerajinan sutera sejak ribuan tahun. Ini adalah salah satu desa yang terletak sekitar 8 km yang ada di pusat kota Hanoi. Dan kerap kali dikunjungi oleh beberapa pecinta sutera. Hal ini dikarenakan harganya yang jauh lebih murah, jaraknya sangat dekat, dan lokasinya sangat mudah dijangkau oleh beberapa wisatawan yang datang untuk mengikuti pelatihan. Dan bisa menjadi oleh – oleh khas Vietnam.



Leave a Reply

2 Comments