11 Makanan Khas Ternate Maluku Utara Menggetarkan Lidah


sisil angelin  October 24, 2018  7 Comments

Makanan khas Ternate Maluku Utara yang dapat dinikmati ketika ada disana sangat bervariasi. Mencoba makanan yang berbeda membuat Anda sangat tertarik bukan? Karena rasa masakannya pasti juga berbeda tidak seperti makanan yang Anda makan setiap harinya.
Oleh karena itu jika Anda liburan atau hanya sekedar berkunjung ke Ternate Maluku Utara, sebaiknya mencoba makanan khas Ternate Maluku Utara.

Siapa sangka kalau makanan khas Ternate Maluku Utara sangat disukai oleh wisatawan yang berkunjung kesana. Memang rasa masakannya berkualitas sekali, sampai membuat orang lupa dalam menyantap makanannya. Sekali makan disana Anda bisa menghabiskan porsi besar, karena terlalu enaknya menyantap Makanan khas Ternate Maluku Utara. Berikut ini merupakan makanan khas Ternate yang wajib Anda coba

1. Ikan kuah pala banda

Ikan kuah pala banda

abdulromli.it.student.pens.ac.id

Makanan khas Ternate Maluku Utara yang pertama ada ikan kuah pala banda. Makanan ini sangat terkenal dengan bumbu rempah yang digunakan. Bumbunya sangat lezat karena terbuat dari bahan pala, rempah-rempah, merica, dan cabe.
Anda bisa memakannya dengan nasi putih selagi hangat. Biasanya masakan ikan ini dinikmati dengan lainnya seperti sambal bekasang dan ulang-ulang. Anda sangat beruntung jika bisa memakan ikan kuah pala banda, karena dulunya masakan ini disajikan khusus sebagai hidangan paling istimewa untuk makanan perjabat Belanda.

review kuliner

Pause Coffee, Pilihan Coffee Shop Kekinian Yang Nyaman Untuk Nugas Di Surabaya

The Rooster Coffee, Cafe Asik Dan Instagramable Di Sidoarjo

2. Ikan asap

Ikan asap

travellingaddict.com

Selanjutnya makanan khas Ternate Maluku Utara ada ikan asap. Sesuai dengan namanya ikan ini diolah dengan cara diasapi. Ikan yang digunakan biasanya ikan tuna dan cakalang. Masyarakat lebih memilih jenis ikan tersebut karena dagingnya tahan lama ketika diasap. Makanan ini sangat sederhana namun cita rasanya sangat mewah. Tidak bisa dipungkiri bahwa rasanya begitu enak.
Biasanya ikan asap disantap dengan nasi, sambal colo-colo, dan kerupuk. Sensasi rasanya lebih enak sekali, kalau dimakan dengan sambal. Makanan ini awet bisa tahan selama 7 hari, bila Anda ingin membawa ikan asap untuk dibawa pulang maka bisa saja. Asalkan Anda menyimpannya ditempat box khusus ikan agar baunya tidak mengganggu orang sekitar Anda.

Baca juga :  5 Kuliner Enak di Pasar Klewer Favorit Warga Lokal

3. Gatang kenari

Gatang kenari

zharfan.it.student.pens.ac.id

Makanan gatang kenari sangat lezat, bahan utamanya yaitu kepiting. Gatang kenari merupakan makanan khas Ternate Maluku Utara yang sampai saat ini dipertahankan. Pasalnya penggunaan hewan kepiting untuk dimasak sudah dilarang oleh pemerintah karena populasinya makin sedikit namun, pihak restaurant mengurus perizinan untuk memasak hewan tersebut agar makanan khas Maluku tetap ada.

4. Papeda

Papeda

Wikipedia.org

Papeda merupakan makanan yang terbuat dari bahan tepung sagu. Bentuk papeda kental, lengket seperti lem namun, banyak yang menyukainya. Papeda tidak dimakan langsung, biasanya dimakan dengan ikan tongkol dan kuah mubara.
Keunikan yang dimiliki oleh makanan papeda yaitu tentang cara makannya. Caranya dengan menyeruputnya langsung dari mangkuk atau piring. Bila Anda kesulitan, Anda bisa menggunakan sumpit dan sendok saja.

5. Nasi lapola

Nasi lapola

makanajib.com

Makanan pokok nasi lapola dikonsumsi setiap hari. Nasi lapola sangat digemari oleh masyarakat Maluku sehingga Anda wajib merasakannya juga. Bahan yang digunakan untuk membuat nasi lapola yaitu ada parutan kelapa muda, kacang tolo, dan beras.
Nasi lapola disajikan ketika hangat dengan olahan ikan teri, tongkol basah, lalapan mentah dan lauk lainnya. Nikmat sekali makan nasi lapola tersebut, segera nikmati makanannya di Maluku.

6. Kasbi komplet

Kasbi komplet

GoTravelly.com

Kasbi adalah sebutan lain dari singkong. Masyarakat Maluku memanfaatkan kasbi untuk dijadikan makanan pokok, karena singkong mengandung karbohidrat yang tinggi. Selama ini memakan singkong saja kurang nikmat, oleh karena itu singkong diolah menjadi makanan kasbi komplet.
Cara membuat kasbi komplet yaitu direbus terlebih dahulu. Bila sudah matang maka ditambahkan dengan berbagai sayur jantung pisang, tumisan kangkong, tumisan bunga papaya, kohu-kohu ikan puri, dan ikan bakar rica. Bila ingin menikmati kasbi secara langsung maka, dapat dicocolkan langsung ke sambal colo-colo.

Baca juga :  Suka Klayapan Malam? Nih 10 Kuliner malam di Bali

7. Waku Komo-komo

Waku Komo-komo

Gulalives.com

Anda pasti kaget kalau walu komo-komo terbuat dari tepung dan batang rumbia. Bumbu yang digunakan untuk memasak makanan tersebut yaitu serai, jahe, bawang putih, bawang merah, garam, merica, dan santan kental. Dari bumbunya saja Anda pasti sudah bisa membayangkan kelezatan dari waku komo-komo. Makanan ini bisa dibeli pada setiap rumah makan di Ternate Maluku Utara.

8. Lapis palaro

Lapis palaro

sajiansedap.grid.id

Anda pasti mengira bahwa lapis palaro adalah nama kue. Padahal lapis palaro merupakan makanan yang terbuat dari bahan utama daging sapi. Rasa lezat yang dimiliki oleh lapis palaro disebabkan oleh bumbu rempah yang diracik secara khusus. Kuliner makanan ini sangat terkenal di Maluku, oleh karena itu Anda wajib mencobanya. Meski makanan terbuat dari daging, harganya dibanderol sangat terjangkau dan bersahabat dengan kantong anda.

9. Sambal colo-colo

Sambal colo-colo

kuliner.ilmci.com

Daritadi Anda pasti sangat penasaran dengan sambal colo-colo, karena setiap masakan dihidangkan dengan sambal tersebut. Sambal colo-colo merupakan khas makanan khas Ternate Maluku Utara yang disantap setiap hari oleh masyarakat disana. Pasalnya sambal ini memiliki cita rasa yang khas dan mampu membuat makanan lebih nikmat ketika dimakan.
Cara membuat sambal colo-colo sangat mudah, Anda tinggal mempersiapkan bahan seperti tomat, cabe rawit, bawang merah, perasan jeruk nipis, gula dan garam. Anda bisa mencampur semua bahan lalu dihaluskan. Tambahkan daun kemangi segar agar aroma sambal lebih enak.

10. Halua Kenari

Halua Kenari

onweekend.com

Makanan khas Ternate Maluku Utara selanjutnya ada halua kenari. Makanan ini palung terkenal, setiap hari pasti wisatawan menyantap makanan ini sebagai camilan. Produksi kenari yang banyak, membuat masyarakat semakin kreatif dalam membuat berbagai olahan makanan. Salah satunya yaitu halua kenari itu, makanan ini terbuat dari campuran kenari dan gula merah. Warnanya cokelat dan bentuknya tidak beraturan.
Camilan halua kenari sangat cocok untuk orang yang sedang melakukan diet, karena didalamnya kaya protein dan rendah lemak. Pokoknya Anda harus mencoba halua kenari agar mengetahui rasanya yang manis dan nikmat.

Baca juga :  10 Camilan Khas Minang Yang Cocok Buat Oleh Oleh

11. Kohu-kohu

Kohu-kohu

resepnusantara.id

Bila Anda melihat kohu-kohu maka, langsung teringat dengan makanan urap. Memang bentuknya seperti urap namun isinya berbeda. Sayuran yang digunakan untuk membuat kohu-kohu yaitu kacang panjang, tauge, dan daun kemangi. Semua sayuran dibiarkan mentah lalu dikasih bumbu khusus.
Selesai diberi bumbu khusus selanjunya ditambahkan parutan kelapa, suwir ikan cakalang yang diasap, bawang merah mentah dan perasan lemon Cina. Rasanya nikmat sekali, biasanya kohu-kohu disantap dengan menggunakan nasi, ubi, dan lainnya.
Membaca tentang makanan khas Ternate Maluku Utara sudah membuat perut Anda lapar, bagaimana kalau dihadapkan langsung dengan makanan khas tersebut? Pasti Anda langsung memakannya, karena penasaran dari kelezatan makanan khas Ternate Maluku Utara. Dalam membeli semua makanan khas Ternate tepatnya di Maluku Utara, Anda tidak perlu khawatir dengan harganya. Semua makanan dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau.



Leave a Reply

7 Comments
  1. Anisa AE says:

    Wah kalau yang di atas itu, makanan kesukaan saya semua.

  2. obat susut lemak says:

    makanannya asing semua yaa, hehe baru denger.. tapi dari gambar nya aja udah keliatan enak banget

  3. Yurike says:

    Untuk sambal colo-colo itu, bukan nama asli nama aslinya dabu-dabu atau colo-colo karena di Maluku Utara biasanya disebut dabu-dabu bukan sambal. Dan makanan diaatas ada beberapa yg bisa ditemukan di daerah lain selain Maluku Utara

    • Zulfa says:

      Terima kasih atas Informasinya. Iya, waktu kita ke Ke ternate dan Tidore kita disuguhin Dabu dabu, seperti salad dari potongan tomat, bawang dan cabai dihujani jeruk cui dan minyak kelapa.