11 Oleh-oleh Khas Thailand Jangan Lupa Beli Ini Sebelum Pulang


Reni  March 22, 2018  0 Comment

Oleh oleh khas Thailand tidak boleh dilewatkan saat berpelesir ke Negeri Gajah Putih. Setelah puas menikmati keseruan di objek wisatanya, Anda bisa mampir ke toko-toko atau mall yang menjual aneka cinderamata. Jika bingung hendak membawa pulang buah tangan yang seperti apa, berikut beberapa barang yang direkomendasikan:

1. Kaos Thailand

Kaos Thailand

Kaos adalah oleh-oleh yang hampir selalu dibeli wisatawan kemana pun mereka berlibur, termasuk Thailand. Sebab, kaos yang bertuliskan “Thailand”, “I Love Bangkok” dan sejenisnya bisa menjadi bukti bahwa sang pemakai pernah berkunjung ke tempat tersebut. Kaos sendiri merupakan cinderamata yang simpel, bisa dikenakan oleh siapapun dan bersifat universal. Tapi, jika Anda hendak membelikannya untuk orang lain, perhitungkanlah ukuran mereka.

Harga per kaos untuk ukuran orang dewasa adalah 200 Baht, sementara untuk anak-anak sekitar 180 Baht. Tentu harga untuk pembelian dalam jumlah banyak alias grosir lebih murah.

Review kuliner

Indahnya Blue Temple Chiang Rai – Wat Rong Seur Ten

Mengunjungi Wat Suan Dok, Salah Satu Kuil Penting Di Chiang Mai

2. Fashion Item

Fashion Item

Berburu aksesoris, seperti gelang, kalung dan sebagainya sering dilakukan wisatawan sebelum meninggalkan destinasi liburan. Di Thailand, lokasi yang menjual aneka fashion item adalah MBK (Mahboonkrong) Mall dan Platinum Fashion Mall. Berbagai pernak-pernik dijual dengan harga mulai dari 60 Baht atau sekitar Rp24.000,-. Untuk busana seperti atasan, rok, dress dan kemeja berkisar 250 Baht, sedangkan tas beraneka motif dibanderol dengan harga 600 Baht.

Baca juga :  Ini Dia 10 Makanan Khas Brunei yang Sayang Untuk Dilewatkan

3. Celana Muay Thai

Celana Muay Thai

Bagi Anda yang suka menonton acara sport, pasti tidak asing dengan Muay Thai, yakni seni bela diri asal Thailand. Olahraga yang telah mendunia tersebut memadukan antara karate dan tinju. Selain melatih skill bela diri, Muay Thai juga cukup efektif untuk membakar lemak dan bisa membuat tubuh lebih sehat. Biasanya para atlet menggunakan celana yang dirancang secara khusus untuk mempermudah gerakan saat melakukan Muay Thai.

Celana yang sangat ringan dan nyaman dipakai tersebut banyak dibeli oleh para turis sebagai oleh oleh Thailand. Model celana Muay Thai ini sangat unik, tapi sedikit ramai. Harganya tidak terlalu mahal, yaitu 300 Baht atau sekitar Rp124.000,-.

4. Gantungan Kunci

Gantungan Kunci

Tak melulu produk fashion, benda mungil seperti gantungan kunci juga selalu masuk dalam list belanja cinderamata. Apalagi jika barang tersebut berbentuk unik dan menunjukkan identitas kota atau negara yang Anda datangi. Misalnya di Thailand, ada gantungan kunci berbentuk gajah, Wat Arun, Grand Palace dan sebagainya. Selain benda kecil itu, Anda bisa membeli magnet dengan map Thailand atau gambar tempat wisata di sana. Harganya bervariasi, tapi jika melakukan pembelian dalam jumlah banyak, Anda bisa mendapat diskon dari penjual.

5. Miniatur Tuk Tuk

Miniatur Tuk Tuk

Tuk tuk merupakan nama alat transportasi umum yang terdapat di Negeri Gajah Putih. Bentuknya seperti bajaj dan memiliki roda tiga. Bisa dibilang penggabungan antara bajaj dan becak. Tuk tuk adalah kendaraan yang menjadi kebanggaan orang Thailand. Biasanya, para turis tidak pernah melewatkan kesempatan untuk berkeliling kota demi menghindari kemacetan dengan alat transportasi ini.

Tuk tuk juga hadir dalam miniatur yang dijadikan oleh-oleh khas Thailand. Ukurannya beragam, ada yang kecil ataupun sedang. Benda ini cocok sekali dijadikan pajangan untuk memperindah hunian Anda.

Baca juga :  10 Wisata Air di Klaten, Segar dan Menyenangkan

6. Keripik Durian

Keripik Durian

Selain barang, buah tangan dari Negeri Pantai Phuket yang wajib diburu adalah keripik durian. Walaupun makanan sejenis bisa Anda temukan dimana pun, tapi durian Thailand mempunyai rasa yang berbeda. Tentu jajanan tersebut halal, jadi tidak perlu khawatir bagi yang ingin mengkonsumsinya. Untuk mendapatkan snack ini, Anda bisa pergi ke minimarket atau toko oleh-oleh yang ada di Bangkok. Selain enak, harga keripik durian juga cukup terjangkau, yakni 65-100 Baht atau sekitar Rp26.000-41.000,-.

7. Beras Melati

Beras Melati

Tidak ada salahnya untuk membeli beras melati sebagai oleh-oleh. Beras khas Thailand tersebut selain wangi juga mempunyai struktur yang berbeda dari beras-beras lainnya. Jadi, ketika dimasak teksturnya lebih lengket karena kaya akan kandungan amilopektin. Ukuran bulir beras melati pun lebih panjang dibanding beras pada umumnya. Beras yang halal ini ternyata dinobatkan sebagai beras paling harum sedunia. Ada perpaduan aroma melati dan pandan yang bisa menggugah selera.

8. Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice atau Khao Niew Ma Muang adalah dessert khas Thailand yang saat ini sedang populer di Indonesia. Sesuai dengan namanya, jajanan tersebut berbahan baku ketan putih dan disajikan bersama irisan buah mangga. Jika ingin membeli oleh-oleh ini, Anda bisa mendatangi kedai atau pedagang kaki lima yang berjejer di sekitar Kota Bangkok. Tapi, pastikan untuk membelinya sebelum take off agar ketika sampai di Tanah Air masih terjaga kesegarannya.

9. Porselen Benjarong

Porselen Benjarong

Awalnya, porselen benjarong hanya digunakan sebagai penghias kerajaan dan rumah-rumah kalangan elite di Thailand. Tapi, sekarang telah banyak dijajakan sebagai buah tangan khas Negeri Gajah Putih. Benjarong yang berarti lima warna ini bisa menjadi barang mewah untuk dipajang di rumah Anda. Bila ingin membawanya pulang, bawalah porselen benjarong dengan hati-hati. Sebab, barang tersebut terbuat dari clay yang dibakar dengan oven khusus bersuhu panas dan diberi finishing berupa lapisan emas murni yang mudah pecah.

Baca juga :  Foodies Harus Tahu 10 Bakso  Enak di Madiun Ini!

10. Miniatur Patung Gajah

Miniatur Patung Gajah

Tahukah Anda kenapa negara tetangga kita, Thailand dijuluki sebagai Negeri Gajah Putih? Alasannya, yaitu karena gajah adalah hewan yang dikeramatkan oleh masyarakat Thailand. Di samping itu, spesies gajah yang ada di sana juga berbeda, dari Indonesia sekalipun. Warna kulitnya yang putih menandakan bahwa hewan tersebut dimiliki secara khusus oleh sang raja.

Karena sebutan itu, jangan heran bila banyak souvenir yang berbentuk atau bergambar gajah di Thailand. Salah satunya adalah miniatur patung gajah yang sangat ikonik. Miniatur tersebut memang menjadi lambang negara yang sangat spesifik. Jadi, jangan ketinggalan untuk membeli oleh oleh khas Thailand ini saat berwisata ke sana.

11. Kain Sutera

Kain Sutera

Barang terakhir yang dicari wisatawan saat berburu oleh oleh khas Thailand adalah kain sutera. Seperti Indonesia yang memiliki kain ulos, kain sutera dari negara dimana Pantai Ko Samui berada ini juga memiliki ciri khas. Corak dan warnanya sangat beragam, sehingga mampu membuat para turis tertarik untuk membelinya. Selain kain, ada pula yang telah berbentuk jaket, kemeja, syal, selendang, piyama, dompet, sarung bantal dan masih banyak lagi.

Bagi yang berminat untuk membeli kain sutera Thailand, silakan datang ke Pasar Chatuchak, Amarin Plaza, Jim Thompson Houes atau Mahboonkrong Mall. Per meter kain sutera biasanya dibanderol dengan harga 300 Baht atau sekitar Rp124.000,-. Tidak perlu khawatir, sebab produk yang dijual di mall-mall tersebut 100% asli.

Rugi sekali rasanya kalau pulang berwisata dari negara tetangga, khususnya Thailand, dengan tangan kosong. Sebagai kenang-kenangan bahwa Anda pernah menginjakkan kaki di sana, setidaknya bawalah sesuatu yang khas, seperti oleh oleh Thailand.



Leave a Reply