10 Makanan Khas Sambas Ada Bubur, Sup Hingga Jajanan Enak!


Fida  November 22, 2021  0 Comment

Sambas merupakan salah satu daerah yang terletak di Kalimantan Barat. Daerah yang satu ini menawarkan banyaknya tempat wisata sekaligus kuliner lezat. Saat berkunjung ke daerah Sambas, berikut daftar 10 rekomendasi makanan khas Sambas yang sangat menarik untuk kamu coba.

1. Bubur Ambok

bubur ambok
nellasagita.blogspot.com

Salah satu rekomendasi makanan khas Sambas yang sangat menarik untuk kamu coba adalah bubur ambok. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini merupakan bubur yang memiliki tampilan tidak jauh berbeda dengan bubur pada umumnya.

Yang membedakan adalah bumbu yang digunakan pada bubur ambok. Kamu dapat menikmati lezat dan lembutnya bubur dengan berbagai topping seperti ikan teri, sayur pakis, kangkung, dan juga kacang. Saat berkunjung ke daerah Sambas, kamu tentu dapat dengan mudah menjumpai bubur yang satu ini dengan harga terjangkau yakni sekitar Rp15.000,- per porsi.

Gotravelly

De Mandailing Cafe And Eatery : Cafe Unik Dan Instagramable Di Surabaya

Kakkoii Japanese BBQ & Shabu-Shabu, Tawarkan 120++ Item Yang Siap Bikin Kamu Kalap!

2. Bubur Paddas

bubur paddas
liputan6.com

Tidak hanya bubur ambok, bubur paddas juga merupakan salah satu rekomendasi makanan khas Sambas yang sayang untuk dilewatkan. Padas memiliki arti sayuran dan rempah-rempah.

Bubur paddas dikenal sangat berbeda dengan bubur pada umumnya. Proses membuat bubur paddas adalah dengan cara menumbuk beras kemudian dioseng dan dicampur dengan beberapa sayuran. Kamu dapat menikmati lezatnya bubur yang satu ini dengan berbagai topping seperti teri atau kacang. Meskipun dikenal lezat, bubur paddas tetap dijual dengan harga terjangkau yakni sekitar Rp 10.000,- per porsi. Saat berkunjung ke daerah Sambas, tentu menjadi hal yang mudah untuk menjumpai kuliner yang satu ini.

3. Putri Mandi Singkong

putri mandi singkong
cookpad.com

Pernah mendengar sebutan makanan putri mandi singkong? Putri Mandi singkong merupakan salah satu makanan khas Sambas yang cukup populer dan tidak hanya disukai oleh warga lokal saja melainkan juga banyak diburu oleh wisatawan.

Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama singkong. Langkah pembuatan yang pertama adalah dengan cara mengupas singkong kemudian dicuci hingga bersih dan direbus. Singkong yang telah diparut kemudian dicampur dengan beberapa bahan tambahan seperti tepung ketan, pasta pandan, dan juga garam. Adanya tambahan gula merah yang telah dicampur dengan parutan kelapa tentu menghasilkan cita rasa khas dan lezat.

4. Lapis Belacan

lapis belacan
shopee.co.id

Rekomendasi makanan khas Sambas berikutnya adalah lapis belacan. Lapis belacan merupakan salah satu makanan populer yang dapat dengan mudah kamu jumpai saat berkunjung ke Sambas.

Lapis belacan memiliki warna coklat yang dikenal menyerupai sambal belacan. Meskipun dikenal khas, makanan ini memiliki cara pembuatan yang sangat mudah. Aku akan dimanjakan dengan tekstur yang legit dan lembut saat mencoba lapis belacan. Makanan yang satu ini sangat cocok dipilih sebagai camilan untuk bersantai maupun dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Sambas.

5. Lempok Durian

lempom durian
wowkeren.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan makanan lempok durian. Makanan yang satu ini sudah cukup populer tidak hanya di kalangan masyarakat Sambas tetapi juga di kalangan wisatawan.

Tidak jauh berbeda dengan namanya, makanan ini memang dibuat dengan menggunakan bahan utama buah durian. Lempok durian sangat cocok dicoba bagi kamu yang suka buah durian. Kamu dapat membeli lempok durian dengan harga yang sangat bervariasi. Harga 1 kg lempok durian bisa mencapai Rp 150.000,-. Makanan yang satu ini tentu akan membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya. Lempok durian sangat cocok dipilih untuk bersantai maupun dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Sambas.

6. Bingke Berendam

bingke berendam
kulinear.hops.id

Makanan khas Sambas berikutnya adalah bingke berendam. Makanan yang satu ini sekilas memang tampak seperti kue bingka pada umumnya. Namun sebenarnya cara pembuatan kue bingka dan bingke berendam sangatlah berbeda.

Jika biasanya bingka dibuat dengan cara dipanggang, tetapi bingke berendam dibuat dengan cara dikukus. Kamu akan dimanjakan dengan cita rasa manis serta tekstur yang lembut saat mencoba bingke berendam. Makanan yang satu ini memang disukai oleh banyak kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kamu dapat mencoba lezatnya bingke berendam dengan harga terjangkau yakni sekitar Rp 20.000,- saja. Makanan yang satu ini sangat cocok dinikmati saat pagi maupun sore hari bersama dengan 1 gelas teh atau kopi.

7. Pengkang

pengkang
tribunnewswiki.com

Salah satu rekomendasi makanan khas Sambas yang bisa kamu coba adalah pengkang. Sebenarnya pengkang merupakan makanan khas Pontianak. Tapi karena sangat mudah dijumpai di daerah Sambas, maka makanan yang satu ini juga kerap dikenal sebagai kuliner khas Sambas.

Bengkel merupakan makanan tradisional yang dapat dikatakan mirip dengan lemper. Saat mencoba lezatnya lontong khas Sambas yang satu ini, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa gurih. Makanan yang satu ini dijual dengan harga yang cukup bervariasi yakni mulai dari Rp 15.000,-. Terdapat beberapa isian yang ditawarkan dan dapat kamu pilih.

8. Terong Santan Manis

terong santan manis
cookpad.com

Makanan khas Sambas yang sangat menarik untuk kamu coba adalah terong santan manis. Makanan yang dibuat dengan bahan utama terong ini menawarkan cita rasa serta tampilan yang sangat menggugah selera.

Terong yang telah dibubuhi dengan berbagai rempah dan diberi campuran santan sebagai kuah menghasilkan cita rasa yang sangat lezat dan membuat siapapun ketagihan. Makanan ini sangat cocok dinikmati bersama dengan satu porsi nasi hangat. Bagi pecinta makanan dengan bahan dasar terong, terong santan manis khas Sambas menjadi salah satu rekomendasi kuliner yang sayang untuk tidak kamu coba.

9. Juadah Bakar

juadah bakar
reseprumah.my.id

Juadah bakar dikenal sebagai salah satu rekomendasi makanan khas Sambas yang sangat menarik untuk kamu coba. Makanan yang satu ini memiliki tampilan menyerupai bolu pada umumnya. Yang membedakan adalah juadah bakar diolah dengan cara dibakar.

Bolu yang satu ini biasa diberi pewarna makanan agar lebih menggugah selera. Kamu tentu dapat menikmati juadah bakar saat berkunjung ke daerah Sambas. Tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung, juadah bakar juga sangat direkomendasikan untuk dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

10. Sup Daging Geringan

Kuliner Khas Sambas
idntimes.com

Pernah mendengar sebutan makanan sup daging geringan? Makanan yang satu ini dikenal sebagai salah satu makanan khas Sambas yang populer dan banyak diburu oleh masyarakat lokal maupun wisatawan.

Hidangan yang satu ini memiliki beberapa isian seperti daging sapi, cabai utuh, dan juga irisan tomat. Banyak yang mengatakan bahwa sup daging geringan mirip dengan sayur asem iga khas Jakarta. Cita rasa gurih yang ditawarkan mampu membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya. Sup yang satu ini biasa dijual dengan harga sekitar Rp 15.000,- hingga Rp 20.000,- per porsi.



Leave a Reply