10 Oleh-oleh Khas Padang Terkenal Paling Enak + Rekomendasi Toko


Dila  May 21, 2018  0 Comment

Padang merupakan ibu kota Sumatra Baarat yang sangat terkenal tidak hanya di indonesia dengan nasi padangnya, tetapi juga masakan rendangnya yang mendunia. Bagi anda yang berplaning mengunjungi Padang dalam waktu dekat ini, tidak lupa membeli oleh oleh khas Padang. Kota yang penuh dengan wisata kuliner ini, pastinya menyuguhkan makanan yang benar-benar khas dan sangat terkenal di kalangna wisatawan. Berikut oleh-oleh yang terkenal paling enak dari Padang

1. Kripik Balado Padang

Kripik Balado Padang

KSMTour.com

Masakan padang yang sangat terkenal dan lezat yaitu sambal baladonya. Kripik Balado khas Padang ini terbuat dari singkong dan bumbu Balado yang pedas sangat ingin mencicipinya. Kripik yang terbuat dari singkong biasanya dikenal manis dan gurih, namun tidak untuk kripik satu ini. Dibaluri dengan bumbu Baladao khas Padang membuat kripik singkong ini bearoma khas. Ada satu toko yang direkomendasikan untuk membeli oleh-oleh khas Padangberupa kripik Balado ini yaitu datang ke saja ke toko Shirley. Toko Shirley beralamatkan di Jalan Gereja nomor 36 kota Padang.

Review kuliner

Nasi Padang Pariaman Jaya Tak Pernah Gagal Bikin Perut Bahagia

2. Bolu Batik

Bolu Batik

Pegipegi.com

Tidak hanya dikenal rasa makanan pedas saja, Padang juga menghadirkan oleh-oleh panganan seperti Bolu Batik. Warna Bolu ini sangat menarik perhatian wisatawan untuk segera mencicipinya. Dibalut dengan warna batik yang cantik pada permukaan Bolu ini menjadi oleh-oleh khas Padang paling unik. Ada macam-macam variasi batik yang unik pada kue bolu ini. Tidak hanya itu, rasanya yang juga lezat dan makin nikmat jika sambil disuguhkan dengan teh hangat. Bolu batik khas Padang ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk diberikan kepada tetangga anda. Toko rekomendasi untuk membeli Bolu Batik ini yaitu di sekitar kawasan Nurul Iman. Harga per bolu unik ini dibandrol sekitar 60 ribu rupiah. Sangat murah bukan?

Baca juga :  7 Makanan Halal di Bali, Bikin Ketagihan

3. Rendang Telur

Rendang Telur

cookpad.com

Rendang Talua atau yang biasa disebut juga rendang telur merupakan salah satu oleh-oleh khas Padang yang juga paling diburu. Makanan ini terbuat dari telut yang dimasak sampai kering. Biasanya orang Padang menjadikan rendang telur sebagai lauk dan dimakan dengan nasi. Tentu saja makanan satu ini hanya bisa ditemukan di Sumatra Barat. Untuk membeli rendang telut, ada satu toko oleh-oleh yang paling direkomendasikan yaitu Christine Hakim yang bisa dibeli via online. Rendang telur dihargai Rp 20.000 untuk satu kemasannya. Oleh-oleh paling simpel dan ringan untuk dimasukan kedalam tas anda.

4. Rendang Daging Basah

Rendang Daging Basah

Waktuku.com

Siapa yang tidak kenal dengan Rendang? Berterimaskasih lah pada makanan khas Padang ini yang sudah memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia. Oleh-oleh khas Padang berupa Rendang daging ini menjadi buah tangan yang harus anda bawa pulang. Rasanya tidak diragukan lagi dan dijamin sangat lezat. Jika selama ini anda makan Rendang di kota anda sendiri, coba pergi ke Padang dan bawa oleh-oleh ini untuk kerabat anda. Banyak yang mengatakan bahwa Rendang yang dibeli asli dari Padang lebih enak dan khas. Datang langsung ke kawasan Seantero Padang dan dapatkan oleh-oleh lainnya disini.

5. Rendang Suwir Ayam

Rendang Suwir Ayam

posresep.com

Bukan hanya daging sapi yang bisa direndang, tetapi juga Rendang Suwir Ayam sudah menjadi oleh-oleh khas Padang yang terkenal lezat. Rendang satu ini sungguh berbeda rasanya dari rendang telur. Citarasa yang unik berasal dari bumbu-bumbu khas Padang meresap kedalam ayam suwir ini. Keunggulan Rendang Suwir Ayam yaitu dibuat kering agar tahan lama dibandingkan dengan rendang basah. Orang Padang bisanya menyuguhkan rendang ini sembari dimakan dengan lontong dan olahan mie. Jika anda ingin membeli oleh-oleh ini, datang toko paling rekomendid yaitu Rendang Suwir Ayam Yolanda. Cukup dengan 50 ribu saja, anda sudah bisa membawa pulang oleh-oleh ini.

Baca juga :  10 Sup Khas Vietnam Yang Segar dan Sehat

6. Kerupuk Jengek

Kerupuk Jengek

travel.akurat.co

Anda mengenal kerupuk Jengek oleh-oleh khas Padang? Ini merupakan camilan yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau. Meskipun terbuat dari kulit, pastinya membutuhkan tahapan proses yang panjang hingga menjadi krupuk yang renyah dan nikmat. Olahan ini digoreng setelah dijemur dalam watu yang lama hingga benar-benar mengering baru dibuat kerepuk. Aneka rasa kerupuk Jengek juga bervariasi seperti gurih, pedas manis, dan balado pedas. Harganya juga terbilang murah dan dijamin tahan lama. Toko rekomendasi untuk membeli kerupuk Jengek datang langsung ke Seatero Padang. Karena disana merupakan pusat oleh-oleh terlengkap di kota Padang.

7. Roti Randang

Roti Randang

twitter.com/rotirandang

Kuliner khas Padang sudah banyak dimodifikasi setelah yang kita kenal terbuat dari bumbu Balado dan Rendang. Kini ada juga olahan roti oleh-oleh khas Padang bernama roti Randang sangat wajib anda bawa pulang. Dikreasikan dengan bumbu rendang yang khas, dari jauh sudah tercium bahwa ini roti Randang. Roti ini dihiasi wijen diatasnya dan berwarna kecoklatan. Hanya dengan satu gigitan, anda sudah bisa merasakan keunikan rasa rendang di dalam mulut. Ukuran roti ini kecil-kecil dan harganya juga sangat murah berkisar 60 ribu rupiah untuk satu kotaknya. Toko paling rekomended yaitu roti Randang Ninur menyediakan variasi rasa yang unik dan fresh.

8. Arai Pinang

Arai Pinang

andy4rt.blogspot.com

Pariaman Padang menyimpan oleh-oleh yang khas seperti Arai Pinang. Ini juga menjadi oleh-oleh khas Padang yang harus anda cicipi. Terbuat dari bunga Pinang memberikan kerenyahan sejati nan harum. Terbuat dari saus dan rebusan gula, bunga pinang dicetak terlebih dahulu sebelum diolesi dengan minyak. Datang ke pasar Pariaman atau toko Pesona Nusantara untuk membeli oleh-oleh satu ini. Arai Pinang juga termasuk oleh-oleh paling terjangkau dimulai dari 11 -20 ribu rupiah per 500 gram.

Baca juga :  10 Rekomendasi Sate Padang Paling Enak di Sumatera barat

9. Galamai

Galamai

makananoleholeh.com

Galamai merupakan dodol khas Minangkabau yang wajib anda beli. Galamai terbuat dari beras ketan berkualitas dengan campuran santan, gula, aren, dan kacang tanag yang sduah disangrai. Jadi anda bisa bayangkan rasa dodol ini sangat lemak. Perbedaan yang mencolok antara Galamai dan dodol Garut yaitu kacang tanah. Ini yang membuat rasas Galamai lezat, namun waktunya tidak bertahan lama sekitar 2-3 hari saja. Jadi setelah anda sampai di rumah sebaiknya dimasukan terlebih dahulu ke lemari es agar tidak cepat basi. Galamai yang paling banyak diburu yaitu berasal dari Toko Christine Hakim.

10. Dendeng Balado

Dendeng Balado

cookpad.com

Sebelumnya ada oleh-oleh khas Padang bernama rendang suwir ayam. Dendeng Balado juga menjadi oleh-leh wajib anda bawa pulang. Dendeng sebenarnya juga berasal dari daging sapi, namun yang membedakannya dengan rendang adalah tanpa dimasukan santan. Jadi Dendeng Balado ini tanpa lemak. Bagaiman dengan rasanya? Anda tidak perlu ragu untuk segera mencicipi rasa pedas yang dominan dan sedikit manis asin. Untuk membeli oleh-oleh satu ini anda cukup menyediakan uang 50 ribu saja sudah dapat oleh-oleh Balado yang dikemas rapi. Datang saja ke toko Yolanda adalah tempat pembelian oleh-oleh olahan rendang paling rekomended.



Leave a Reply