Kruma

cafe kruma

Alif | Tourist
Jombang, Jawa Timur, Indonesia | halal
08 Apr 2018


Kruma
mampir kruma

Kruma, salah satu spot ngopi yang homies banget di Kota Jombang. Sudah pernah ke Jombang apa malah belum pernah. Sedikit informasi buat temen-temen yang mungkin biasanya hanya melewati kota ini, sekarang di Kota yang terkenal dengan jargon kota beriman tersebut memiliki beberapa tempat kuliner yang tidak kalah dengan kota-kota lainnya. Di beberapa wilayah apalagi pusat kota Jombang sudah bermunculan tempat kulineran sampai tempat hangout baru. Saat singgah di Jombang saya sempat browsing tempat kulineran, and sudah mulai banyak ternyata lokasi yang kece di negeri kelahiran Gus Dur, salah satunya Kruma. Sebelum cerita lebih lanjut alangkah baiknya tau lokasinya dimana. Kedai Kopi lokal ini berada di Jl. Patimura Gang III E/ No 28 Jombang , atau lebih simplenya bisa lihat di maps atas.

Saat mampir di Kota Jombang, saya mampir di kedai kopi yang cukup membuat pikiran saya heran. Kedai kopi Kruma ini bisa dikatakan salah satu spot yang benar-benar unik. Lokasinya di dalam area perumahan yang mungkin jarang terpikirkan oleh orang awam. Untuk sekelas Jombang saya rasa kedai satu ini hebat. Kalau di Kota besar memang sudah banyak kedai yang menawarkan konsep suasana ngopi di Rumah, Tapi kini di Jombang sudah ada. Kalau dipikir lebih jauh apakah tipe tempat hangout semacam kruma bisa diterimah orang-orang jombang ?. Ternyata bisa loh. Kruma memiliki menu speciality kopi single origin yang top abis. Sesuai info yang saya terima, kalok mampir di Kruma harus ketemu sama brewers + ownernya, dan beneran pas kesana bisa sharing dan ngobrol sama si mpu-nya kruma.

Debby Amelia Yuanda, akrabnya dipanggil Debby. Masih muda, cantik dan ekstrim, beliaulah mpunya kruma. Saat sharing dengan beliau, banyak hal yang dibahas tentang perkopian di negeri yang terkenal dengan islamicnya tersebut. Sharingnya asik dan seru, duduk di teras rumah sore hari, ngopi dan bercerita dengan gadis kopi asal Jombang tersebut. Gimana kebayang gak ?, yang lebih istimewah lagi Debby adalah salah satu brewers perempuan terbaik yang dimiliki Jawa Timur. Pengetahuan serta keahliannya adalah power yang membuat kopi bisa diterima di kalangan Jombang. Oh ya ngomongin kopi ni, Debby mengenalkan segala hal tentang kopi bukan hanya ke masyarakat itu-itu saja, tapi juga mengajak lapisan pelajar untuk paham dengan kopi. Ini terbukti saat saya di kruma, banyak adik-adik SMA yang kini sudah paham dengan kopi asli yang sesungguhnya. Bekerja sama dengan beberapa kedai lainnya, kini orang-orang di Kota Jombang sudah mulai paham tentang kopi.

Buat temen-temen yang cari suasana ngopi asik layaknya di rumah, bisa mampir di kruma. Mau ngopi di teras depan bisa, di teras samping bisa, atau di dalam ruang tamu juga bisa. Oh ya untuk harga yang dipatok kruma masih bisa dikatakan terlalu murah. Jadi buat temen-temen khususnya yang berstatus anak kost jangan kuwatir karena tidak membuat kantong bolong. Gimana bro sist ?, #ehayokngopi mampir kruma aja.

Opening Hours
Buka Setiap Hari Senin - Minggu 10.00 - 23.00 WIB
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY