10 Oleh-oleh Khas Balikpapan Paling Rekomended Dibawa Pulang


Dila  May 9, 2018  0 Comment

Jalan-jalan ke Kalimantan tidak lupa berkunjung ke kota paling ramai, salah satunya adalah Balikpapan. Kemanapun destinasi anda selama berkunjung kesini, tidak lupa membawa oleh-oleh khas Balikpapan. Berbicara tentang oleh-oleh tidak terlepas dari makanan, minuman, pakaian, dan souvenir dari setiap kota atau provinsi di Indonesia. Bepergian ke Kalimantan untuk pertama kalinta, pasti membuat anda kurang familiar tentang apa yang khas dari Kalimantan.

1. Kaos

toko oleh-oleh terdekat

bukalapak.com

Kaos sudah menjadi oleh-oleh langganan wisatawan untuk dibawa pulang. Di Balikpapan anda bisa membeli kaos yang benar-benar khas Kalimantan. Jika anda pergi ke Jogjakarta, motif kaos pasti batik, potrait malioboro, becak dan sebagaianya. Ini dia kaos khas Balikpapan yang juga tidak kalah saing mendesain motif khas suku Dayak. Harga setiap kaos memang berbeda-beda, dan biasanya disesuaikan dengan ukuran dan bahannya. Namun, kaos oleh-oleh khas Balikpapan ini bisa dibandrol dengan harga yang cukup murah berkisaran 80-120 ribu rupiah. Silahkan pilih motif kaos yang paling srek di hati.

Review kuliner

Wisata Air Ramah Anak, Mustiko Toyaning

Lezatnya Sajian Chicken Katsu Cheese Di Platter Surabaya

2. Tas Manik

Tas Manik

dwbckalbagtim.blogspot.co.id

Anda pernah melihat tas yang terbuat dari manik-manik? Yah tentu saja tas juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Balikpapan yang wajib anda bawa pulang. Tas asli buatan industri lokal di Balikpapan sangat istimewa dengan motifnya yang bervariasi. Tas manik-manik ini sangat cocok diberikan kepada teman wanita anda. Ada banyak butik yang bisa anda datangi untuk membeli khas unik ini. Cukup mengeluarkan budget 100 ribu, anda sudah bisa membeli satu tas manik-manik dengan motif yang cantik.

3. Songket

Songket

laurentiadewi.com

Songket adalah oleh-oleh khas Balikpapan yang sangat digemari oleh wisatwan lokal maupun asing. Kain khas Balikpapan ini sudah diproduksi sejak puluhan tahun dan hingga kini terus dikembangkan demi memperkenalkan budaya Kalimantan. Kain songket khas Sumatra Utara dan Kalimantan sangat berbeda dengan motif nya sama-sma khas. Oleh-oleh ini bisa dibeli di pasar Inpres daerah Kebun Sayur Balikpapan. Sebagai bocoran saja bahwa kain songket Balikpapan disini lebih murah dibandingkan dengan pasar lainnya. Tentu saja anda harus menyiapkan budget lebih untuk membeli sepasangan kain songket.

4. Onde-onde Ubi Ungu

Onde-onde Ubi Ungu

cookpad.com

Bergeser ke oleh-oleh khas Balikpapan yaitu makanan yang terbuat dari Ubi Ungu. Biasanya ubi-ubian sering direbus dan dibuat panganan hingga ice cream pun juga bisa dibuat dari ubi ungu. Berbeda dengan Balikpapan yang mengolah ubi ungu menjadi Onde-onde. Panganan khas Balikpapan satu ini memiliki variasi rasa yang berbeda-beda. Sebut saja onde-onde yang berisi kacang hijau, rasanya begitu manis dan lemak. Rasa coklat dan keju menjadi oleh-oleh yang paling rekomended dibawa pulang. Namun anda harus cermat memperhatikan expirednya. Onde-onde hanya bisa bertahan 1 hari saja.

5. Keripik Iron

Keripik Iron

portalbalikpapan.com

Walaupun namanya mirip dengan salah satu film Holywood, keripik Iron adalah oleh-oleh khas Kalimantan yang bisa anda bawa pulang. Disebut-sebut sebagai kripik yang paling enak
dan rasanya juga khas terbuat dari singkong khusus yang didatangkan langsung dari Samarinda. Makanan yang terbuat dari singkong memang memberikan rasa yang sangat gurih nan renyah pada saat dikunyah di mulut. Jika anda ingin oleh-oleh yang simple dan tidak berat, kripik singkong khas Balikpapan ini sangat pas. Anda bisa memilih beberapa varisi rasa kripik singkong seperti pedas manis, pedas asin, gurih dan original.

6. Peyek Kepiting

Peyek Kepiting

omiyago.com

Oleh-oleh khas Balikpapan juga ada yang terbuat dari seafood, salah satunya adalah peyek kepiting. Cemilian satu ini terbuat dari bahan dasar kepiting dan beberapa tambahan bumbu khas orang Kalimantan terutama yang tinggal di Balikpapan. Anda juga bisa menambahkan makanan khas Balikpapan ini kedalam daftar oleh-oleh yang sangat simpel dibawa. Jika anda alergi dengan kepiting, sebaiknya jangan membeli oleh-oleh ini. Dapatkan peyek Kepiting di pusat oleh-oleh Balikpapan. Tentunya harga peyek kepiting terbilang cukup mahal sesuai dengan rasanya yang nikmat dan khas.

7. Abon Kepiting

Abon Kepiting

omiyago.com

Anda suka makanan abon? Biasanya abon terbuat dari daging sapi, ayam dan ikan. Ada yang berbeda di Balikpapan yakni abonya terbuat dari kepiting. Sebelumnya peyek kepiting, dan sekarang adalah abon yang sangat lezat bisa diberikan ke tetangga anda di rumah. Abon kepiting menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diburu oleh wisatawan. Bahan pembuatan abon kepiting khas Balikpapan menjadi cita rasa tersendiri dengan tambahan bumbu dan rempah-rempah khas Kalimantan. Jika anda ingin membeli abon kepiting ini, ada tempat yang memberikan harga murah untuk per kilo abon. Datang saja ke Kepiting Kenari dan Dandito dan pilih jenis abon yang menjadi selera anda.

8. Batu Mulia

Batu Mulia

travel.detik.com

Setelah membahas oleh-oleh khas Balikpapan berupa makanan, sekrang anda juga bisa membawa souvenir yang terbuat dari batu Mulia. Batu ini ada salah satu cindramata yang paling rekomended untuk dibawa pulang dan berikan batu ini kepada ornag yang anda cintai. Batu Mulia sudah dibuat menjadi hiasan pada cincin, kalung dan anting. Batu Mulia ini juga diolah sebagai gantungan kunci yang memiliki ciri khas mengenai Balikpapan. Tidak sia-sia anda memilih batu ini sebagai cindera mata untuk teman-teman anda. Karen batu ini sangat berkualitas dan sudah menjadi oleh-oleh terbaik khas kota Balikpapan. Harga nya juga bervariasi dan semua ini tergantung pada jenis cindera mata yang diolah.

9. Roti Mantau

Roti Mantau

balikpapan-info.blogspot.co.id

Ini dia oleh-oleh khas Balikpapan yang sangat lezat yaitu roti mantau. Roti ini juga menjadi oleh-oleh yang juga tidak kalah populer dari abon kepiting. Roti mantau tidak jauh berbeda cara pembuatan dan bahan-bahan untuk membuat roti pada umumnya. Namun ada yang beda dari roti ini yaitu disajikan dengan saus dan isi daging di dalamnya. Anda bisa memilih roti mantau sesuai dengan selera antara lain daging sapi atau kambing. Ada saos yang diolesi diatas roti dan inlah yang menjadi ciri khas roti mantau sangat menggungah selera anda untuk segera mencicipinya.

10. Mandau

Mandau

balikpapanpremio.com

Apakah anda sudah pernah melihat Mandau? Mandau adalah senjata tradisional suku Dayak. Mandau menjadi souvenir yang bisa anda bawa pulang. Manda juga menjadi oleh-oleh khas Balikpapan yang diukir. Memang setiap wilayah di Kalimantan membuat Mandau dengan notif ukiran yang berbeda-beda. Anda bisa memiliki oleh-oleh ini yang dijual dipasar dan harganya juga bervariasi. Jika anda memilih Mandau berukuran besar, maka harganya juga cukup mahal. Biasanya mandau yang besar bisa dijadikan sebagai hiasan dinding. Ukiran dan warna yang khas membawa kesan tradisional dan membuat ruang tamu anda terlihat unik. Selain itu Mandau juga terkenal sebagai benda yang keramat bagi suku Dayak. Jadi sebaiknya anda tidak menyalahgunakan Mandau. Ada banyak motif Mandau Balikpapan dan pilihlah sesuai dengan kesukaan anda.



Leave a Reply