Tips

Mau Hemat Dengan Menginap di Dorm? Berikut Tipsnya Biar Tetap Aman dan Nyaman

Apakah Anda seorang backpacker dan ingin berliburan seorang diri atau juga dengan mengajak beberapa orang teman Anda? Tentu saja banyak hal yang bisa Anda lakukan jika ingin menikmati liburan dengan nyaman, aman dan dengan budget yang rendah. Salah satu cara agar biaya liburan Anda bisa tetap hemat yaitu dengan cara menginap di dorm. Bagi Anda yang pemula, maka berikut beberapa cara atau tips yang harus Anda ketahui menginap di dorm.

Gunakan Gembok Kecil Untuk Mengunci Tas Anda

MerahPutih.com

Hal yang pertama yang harus Anda ketahui jika Anda ingin menginap di dorm saat Anda pergi berlibur keluar negeri yaitu dengan membeli gembok kecil dan juga menggunakannya untuk mengunci tas, ransel atau backpack yang Anda miliki. Tidak ada salahnya jika Anda membeli beberapa gembok kecil, sehingga Anda bisa menyimpan semua barang berharga yang Anda miliki. Pastikan jika Anda menyimpan barang berharga mulai dari uang, ktp, kk, hingga paspor dan visa jika Anda berlibur ke luar negeri.Gembok kecil yang Anda gunakan nantinya akan sangat penting jika Anda menginap di dorm dalam waktu yang lama. Misalnya bagi Anda yang pergi berlibur ke luar negeri, jadi Anda tidak akan curiga dengan teman sekamar lainnya jika barang Anda kehilangan.

Ramahlah Dengan Roomate

tips menginap di dorm

hostelaccra.com

Tips menginap di dorm lainnya yang harus Anda ketahui adalah dengan berlaku ramah kepada semua penduduk atau orang yang menginap di dorm yang sama dengan Anda. Meskipun Anda tidak mengenalnya, atau Anda terbatas dengan bahasa karena Anda pergi berlibur keluar negeri, namun menyapa dan mengenal roommate menjadi hal yang penting. Hal ini untuk meminimalisir tindakan-tindakan yang tidak diinginkan. Selain itu mengenal teman sesama dorm ini juga nantinya akan memudahkan Anda jika ingin bertanya mengenai hal-hal yang bisa dan tidak bisa dilakukan selama Anda berlibur di negara orang. Tidak ada salahnya juga jika Anda menanyakan asalnya, hingga tujuan wisatanya. Siapa tahu Anda juga bisa pergi bersama dan hal ini juga pasti akan sangat membantu liburan Anda.

Hindari Pertanyaan Yang Sensitif

Hipwee.com

Bagi Anda yang masih pemula, hal ini wajib Anda ketahui jika Anda ingin nyaman dan betah tinggal dan menginap di dorm selama liburan Anda. Meskipun Anda harus bersikap ramah dengan sesama roommate lainya yang tinggal di dorm yang sama, namun pastikan jika Anda tidak sok akrab. Apalagi jika Anda sampai menanyakan hal-hal yang sensitif dan bersifat privasi. Kebanyakan orang di luar negeri tidak menyukai tentang pertanyaan yang terlalu pribadi. Anda bisa menanyakan mengenai hal yang umum saja, seperti pengalaman mereka selama berlibur di tempat tersebut dan juga tujuan destinasi wisata mereka selanjutnya. Agar akrab dan obrolannya seru tidak ada salahnya jika Anda menanyakan saran atau tips berliburan kepada mereka.

Perhatikan Tata Tertib Yang Ada di Dorm

tips menginap di dorm

hres.princeton.edu

Jika Anda menginap di dorm, biasanya Anda akan melihat ada beberapa peraturan atau tata tertib yang diterapkan. Sehingga ada baiknya jika Anda terlebih dahulu haruslah membaca tata tertib tersebut dan juga mematuhinya. Hal ini agar Anda tidak mengganggu kenyamanan teman yang tinggal di dorm tersebut. Jika Anda tidak mengerti dengan bahasa yang ada pada tata tertib tersebut, maka Anda tidak perlu sungkan untuk menanyakannya kepada orang yang sudah terlebih dahulu tinggal di dorm tersebut dengan.

Senyum dan Berilah Sapaan Hangat

Klikdokter.com

Bisa dikatakan jika teman sesama dorm yang Anda tempati adalah orang pertama yang akan mengetahui kondisi Anda jika Anda mengalami hal yang tidak diinginkan selama berada di dorm. Seperti ketika Anda sedang sakit tiba-tiba ditengah malam. Jadi pastikan jika Anda tidak menjadi orang yang sombong. Biasakan untuk menyapa dan juga tersenyum ramah kepada teman atau orang yang menginap di dorm yang sama dengan Anda.

Pilihlah Female Dorm

tips menginap di dorm

YouTube.com

Jika Anda seorang wanita dan juga bepergian seorang diri, maka pastikan jika Anda menginap di dorm yang khusus wanita. Ini adalah hal yang sangat penting sehingga Anda nantinya bisa merasa aman dan juga nyaman selama Anda beristirahat di dorm tersebut. Meskipun biasanya harga untuk mixed dorm yang isinya campuran antara laki-laki dan wanita lebih murah jika dibandingkan dengan female dorm, namun dari segi keamanan dan juga kenyamanan akan lebih terjamin bagi Anda yang wanita.

Cek Lokasi dan Fasilitas Yang Anda Dapatkan

usfca.edu

Setiap orang tentu saja ingin mendapatkan penginapan dengan harga yang murah dan juga terjangkau. Namun meskipun demikian, Anda juga haruslah memperhatikan beberapa hal ketika memilih menginap di dorm. Salah satu yang harus Anda perhatikan yaitu mengenai lokasi dorm yang akan Anda tempati nantinya. Anda bisa memilih lokasi dorm yang dekat dengan tujuan wisata Anda, sehingga Anda tidak perlu menghabiskan biaya yang banyak untuk menaiki kendaraan ke tempat tujuan Anda. Anda juga bisa mengecek ulasan atau rating dorm tersebut di beberapa website.

Pastikan jika Anda tidak memilih dan tidak menginap di dorm yang berada terlalu jauh dari keramaian dan juga jauh dari sarana transportasi umum. Hal ini selain untuk menghemat biaya transportasi maka Anda juga akan merasa nyaman dan juga aman ketika pulang malam hari. Anda akan mendapati dan juga melewati jalan yang masih ramai. Tidak ada salahnya juga jika Anda mengecek fasilitas yang bisa Anda dapatkan selama Anda menginap di dorm tersebut. Mulai dari kamar mandi, kasur hingga fasilitas mendasar lainnya.

Gunakan Locker Yang Tersedia

tips menginap di dorm

emperorscrown.com.au

Setiap dorm biasanya akan menyediakan fasilitas berupa locker yang bisa Anda gunakan ketika Anda menginap di dorm. Locker ini juga umumnya diberikan kepada masing-masing orang. Jadi pastikan jika Anda menggunakan locker tersebut secara cermat. Anda bisa menyimpan semua barang-barang yang Anda miliki tersebut kedalam locker selama Anda makan diruang makan, atau juga ketika Anda sedang berada dikamar mandi. Pastikan jika locker Anda tersebut terkunci dan Anda tidak meninggalkan secara sembarangan kuncinya. Tidak ada salahnya juga jika Anda membawa kunci locker tersebut ke kamar mandi. Ini adalah salah satu cara agar Anda tidak curiga kepada teman sekamar Anda jika terjadi kehilangan barang.

Pilih Tempat Tidur Pada Bagian Bawah

errantecolodge.com

Biasanya setiap dorm memiliki tempat tidur bunk bed atas dan juga bawah dengan dilengkapi dengan tangga yang ada disamping tempat tidur tersebut. Jika kondisi memungkinkan, maka pastikan jika Anda memilih tempat tidur yang ada di posisi bawah. Tahukah Anda jika ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika memilih bunk bed bawah. Seperti Anda akan bisa bergerak lebih leluasa, ini baik bagi Anda yang tidurnya banyak gerak. Selain itu jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti gempa bumi atau kebakaran, maka Anda bisa menyelamatkan diri dan lari dengan mudah dan cepat. Nah ini dia beberapa tips yang bisa Anda ketahui jika Anda ingin pergi berlibur dan memilih untuk menginap di dorm.

Join The Discussion