Kelezatan 7 Makanan Khas Trenggalek Bikin Merem Melek


sisil angelin  February 14, 2019  0 Comment

Makanan Khas Trenggalek – Berbagai citarasa kuliner pastinya bisa memanjakan setiap wisatawan asing maupun lokal yang berkunjung ke suatu daerah tertentu. Salah satunya adalah dengan berkunjung ke Kota Trenggalek dimana di sana terdapat 7 makanan khas Trenggalek bikin merem melek. Apabila anda berada di Kota Trenggalek, sekarang tidak usah bingung karena kami akan memberikan beberapa referensi makanan khas dari Kota Trenggalek yang memiliki sebuah karakteristik khusus. Akan pentingnya hal tersebut, Berikut adalah makanan yang khas dari Kota Trenggalek yang bisa anda coba nikmati

1. Nasi Goreng Anglo

Nasi Goreng Anglo

Travelingyuk.com

Nasi goreng anglo merupakan salah satu makanan khas asal Kota Trenggalek yang hampir mirip komposisinya dengan sebuah nasi goreng yang berasal dari daerah Jawa. Nasi goreng yang ada di daerah Jawa sendiri salah satunya biasanya dikenal dengan nasi goreng mawud. Nasi goreng trenggalek memang sekilas hampir mirip dengan nasi goreng mawud, akan tetapi memiliki sebuah keunikan tersendiri yang pastinya berbeda.

Perbedaan dari nasi goreng anglo bila dibandingkan dengan nasi goreng mawud adalah terletak pada peralatan masaknya saja. Sesuatu hal yang pastinya memberi kesan eksotis dan khas karena nasi goreng anglo dimasak tidak menggunakan kompor, akan tetapi menggunakan arang. Maka dari itu nasi goreng anglo memiliki sebuah rasa yang unik dan pastinya membuat penikmat kuliner bisa merem melek.

Review kuliner

Pasir Putih Karanggongso Dan Mangrove Pancer Cengkrong

Rekomendasi Liburan Akhir Pekan Di Kota Trenggalek

2. Nasi Gegog

Nasi Gegog

jatimnow.com

Nasi Gegog merupakan makanan khas Trenggalek yang berasal dari nasi dengan sebuah citarasa pedas yang khas. Apabila anda merupakan pecinta pedas dan sedang berada di Kota Trenggalek, maka dengan memilih menu nasi gegog tentunya adalah pilihan yang pas. Nasi gegog atau sego gegog bisa anda nikmati dengan mengunjungi Kota Trenggalek tepatnya ada pada daerah Kecamatan Bendungan.

Karakteristik lain dari nasi gegog selain rasa pedasnya yang khas adalah dengan sebuah racikan komposisi dari taburan sambal teri, adanya parutan kelapa yang dibungkus oleh daun pisang yang telah dikukus. Masyarakat Trenggalek sendiri pada umumnya tentu menjadikan nasi ini sebagai santapan yang selalu tidak terlewatkan. Oleh karena itu, Apabila anda sedang berwisata ke Kota Trenggalek, maka mencoba nasi gegog sangat direkomendasikan untuk dicicipi bersama keluarga.

3. Sego Tiwul

 Sego Tiwul

youtube.com

Sego Tiwul merupakan salah satu makanan khas dari Kota trenggalek yang paling banyak diminati. Sego tiwul atau nasi tiwul telah hadir dan dijaga kekhasan nya secara turun- temurun oleh masyarakat setempat di kota Trenggalek. Karakteristik dari nasi tiwul itu sendiri adalah di buat dari bahan dasar singkong yang tentunya telah dikeringkan terlebih dahulu, setelah benar-benar kering selanjutnya dimasak sebagai mana menanak nasi dengan cara tradisional.

Masalah citarasa nasi tiwul jangan diragukan lagi, karena bisa membuat pecinta kuliner bisa merem melek dibuatnya. Nasi tiwul sangat cocok bila dicampur dengan berbagai lauk pauk yang lainnya, yang bisa membuat kenikmatan bisa bertambah. Biasanya dihidangkan dengan lauk yang sederhana akan tetapi memiliki kekhasan tersendiri seperti ikan asin, tempe dan sambal. Dengan sebuah rasa gurih yang di hasilkan dari nasi tiwul khas trenggalek yang satu ini. Mak rasanya tepat bila anda mencoba salah satu dari 7 makanan khas Trenggalek bikin merem melek seperti halnya dengan nasi tiwul. 

4. Rujak Cingur Sumber Gedong

Rujak Cingur Sumber Gedong
warung-rujak-bu-jiyah.business.site

Rujak Cingur Sumber Gedong merupakan makanan khas yang berasal dari Trenggalek yang pastinya sangat direkomendasikan karena memiliki kekhasan yang berbeda dari rujak cingur pada umumnya. Meskipun secara umum terlihat sama dengan kebanyakan rujak cingur di daerah lain, akan tepi anda bisa merasakan sensasi yang luar biasa berbeda dengan menikmatinya di Kota Trenggalek.

Karakteristik yang menonjol bila dibandingkan dengan rujak cingur di daerah lain adalah dari sebuah racikan bumbu yang khas, terlebih lagi dengan dekatnya pesisir petis membuat kenikmatan tidak bisa dirasakan di daerah lain, Apabila anda baru pertama kali mencicipinya maka bisa membuat merem melek dan terbuai akan rasanya yang berbeda.

5. Tahu Lontong Khas Trenggalek

Tahu Lontong Khas Trenggalek
putratravel.net

Tahu ontong yang menjadi salah satu makanan khas di Kota Trenggalek tentunya sekilas sama dengan kebanyakan tahu dan lontong di daerah lainya. Akan tetapi sebuah racikan sempurna dari komposisi yang khas dan menggugah selera, membuat tahu lontong khas Trenggalek banyak diburu oleh para wisatawan. Karakteristik yang dihadirkan dalam sajian tahu lontong di Kota Trenggalek adalah dengan menghadirkan balutan telur dadar dengan adanya tambahan racikan bumbu yang aduhai. Bumbu tersebut dikemas dengan sinkronisasi sambal kecap petis, dengan adanya sebuah rasa pedas yang bisa bikin merem melek membuat penikmatnya ketagihan.  

Untuk bisa menikmati sajian khas dari lontong khas Kota trenggalek, anda bisa menuju langsung ke lokasinya yang berada tidak jauh dari Alun-alun Kota Trenggalek tepatnya di sebelah baratnya. Dengan paduan racikan bumbu yang sempurna membuat pengunjung selalu banyak mengerumuni warung yang menyajikan hidangan khas ala Kota Trenggalek yang satu ini.

6. Soto Ayam Jarakan

Soto Ayam Jarakan
idntimes.com

Soto ayam Jarakan merupakan salah satu makanan khas dari Kota Trenggalek memiliki kekhasan tersendiri bila dibandingkan dengan soto yang ada di daerah yang lainnya di Indonesia. Apalagi bila anda merupakan sebuah pengunjung baru di Kota trenggalek, Soto ayam jarakan adalah santapan yang tepat untuk anda temukan sesegera mungkin. Masalah rasa Soto ayam jarakan memiliki ke  khasan yang bisa membuat penikmat kuliner bisa merem melek.

Karakteristik yang sangat kental dituangkan dalam sebuah kuah soto ayam jarakan bisa menghadirkan kelezatan bisa di tambah dengan nasi dan juga perkedel yang disediakan. Soto ini bisa anda temukan tepatnya di Desa Kedung Lurah, Kota Trenggalek. Tempat tersebut sangat direkomendasikan bila anda berkunjung ke Kota Trenggalek dan mencari Soto Ayam Jarakan yang fenomenal.

7. Alen-alen

 Alen-alen

Travelingyuk.com

Alen-alen merupakan makanan khas Kota Trenggalek yang sanga cocok bila dijadikan teman ngemil. Alen-alen sendiri tentunya adalah makanan ringan dengan sebuah rasa gurih yang pastinya bisa membuat para penikmat dibuat merem melek. Kekhasan makanan ini sudah tidak bisa diragukan lagi karena makanan ini sendiri memiliki sebuah julukan khusus dan sangat terkenal bagi  Kota Trenggalek sendiri yakni sering juga disebut dengan Kota Alen-alen.

Karakteristik dari makanan ini adalah dengan dibuat dari bahan dasar tepung tapioka, adanya bawang putih, adanya telur, dan racikan lainnya. Dengan bahan tersebut maka bisa dipastikan bahwa Alen-alen memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang tinggi yang sangat cocok bagi anda pecinta kuliner.

Rasanya kurang pas bila and mengunjungi Kota Trenggalek dengan tanpa membawa alen-alen, keran makanan khas ini merupakan salah satu oleh-oleh yang paling banyak dibawa ketika sudah mengunjungi Kota Trenggalek. Berbagai rasanya pun bisa anda temukan dan menambah kekhasan nya seperti dengan rasa original, rasa balado, ada rasa bawang selain itu juga anda bisa mendapatkan sensi lain dengan hadirnya rasa jagung bakar. Akan hal tersebut maka Alen-alen termasuk dalam 7 makanan khas Trenggalek bikin merem melek yang wajib anda cicipi.



Leave a Reply