Makanan Khas Trenggalek: Menggoda Selera Wisatawan


Fida  November 1, 2023  0 Comment

Trenggalek merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Bukan hanya terkenal karena keindahan alamnya, tetapi juga karena kekayaan kuliner tradisionalnya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi ragam makanan khas Trenggalek yang telah menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang mengunjungi daerah ini. Dari camilan kering yang renyah hingga hidangan lezat berbahan dasar nasi, Trenggalek menawarkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Mari kita menjelajahi lebih dalam makanan khas Trenggalek yang menggoda selera.

9 Makanan Khas Trenggalek :

1. Ikan Asap

ikan asap
bola.net

Ketika berbicara tentang makanan khas Trenggalek, salah satu hidangan yang menonjol adalah ikan asap. Ikan asap khas Trenggalek sering kali terbuat dari berbagai jenis ikan laut, seperti tuna, tongkol, layur, dan jenis ikan lain yang dapat dengan mudah ditemui di wilayah Prigi yang terkenal. Hidangan ini menggambarkan kekayaan hasil laut yang melimpah di daerah ini.

Mengapa ikan asap Trenggalek begitu spesial? Selain dari rasanya yang lezat, ikan asap juga memiliki daya tahan yang baik sehingga cocok dijadikan oleh-oleh. Wisatawan yang mengunjungi daerah ini sering kali tidak melewatkan kesempatan untuk membawa pulang hidangan laut yang otentik ini.

Untuk mendapatkan ikan asap Trenggalek, kamu dapat menjelajahi daerah sekitar pantai, di mana banyak penjual menawarkan ikan asap segar. Selain ikan, kamu juga akan menemukan berbagai hidangan seafood bakar lainnya, seperti cumi-cumi yang segar dan menggugah selera. Dengan begitu, kamu dapat menikmati beragam hidangan laut yang disajikan dengan berbagai varian rasa.

Baca juga :  7 Boba Enak Di Surabaya, legitnya Pas dan Kenyalnya Menggoda

Bagi kamu yang ingin mendalami seluk-beluk produksi ikan asap, kamu dapat berkunjung ke Krandekan, Kecamatan Gandusari, di mana kamu bisa melihat secara langsung proses pembuatan ikan asap. Asik sekali bukan?

2. Geti WIjen

geti wijen
cookpad.com

Geti wijen adalah salah satu camilan khas Trenggalek yang menggoda selera. Camilan ini terbuat dari biji wijen yang dicampur dengan gula merah, dan ditambah dengan kacang tanah cincang. Hasilnya adalah kombinasi rasa yang unik dan memikat.

Kelezatan Geti wijen terletak pada perpaduan rasa manis dari gula merah dengan cita rasa gurih yang diberikan oleh biji wijen. Kacang tanah cincang menambahkan sentuhan renyah yang sempurna, membuat camilan ini benar-benar istimewa.

Salah satu hal yang membuat Geti wijen menarik adalah ukurannya yang pas untuk camilan ringan. Biasanya, camilan ini dikemas dalam bungkusan kecil yang ideal untuk dinikmati di sela-sela aktivitas. Kamu bisa membawanya sebagai teman setia saat bepergian, untuk mengisi perut kamu dengan camilan lezat yang tidak hanya memuaskan lapar, tetapi juga menjadikan perjalanan semakin berkesan. Dengan Geti wijen, kamu akan merasakan sentuhan kelezatan lokal yang autentik, sementara juga mendukung warisan kuliner Trenggalek yang kaya.

3. Sego Gegok

sego gegok
idntimes.com

Sego Gegok, salah satu kuliner khas Trenggalek, adalah hidangan yang memikat dengan dasar bahan utama yang tak tergantikan. Nama “sego” dalam bahasa Jawa berarti nasi, dan Sego Gegok adalah representasi nyata dari kecintaan masyarakat Trenggalek terhadap makanan pokok ini.

Hidangan Sego Gegok terdiri dari nasi setengah matang yang dibungkus dengan daun pisang. Namun, keunikan sejati terletak pada penggunaan sambal teri yang melengkapi hidangan ini. Sambal teri ini memberikan sentuhan pedas dan gurih yang membedakan Sego Gegok dari hidangan nasi lainnya. Proses selanjutnya adalah penciptaan citarasa yang lezat, di mana nasi yang telah dibungkus dengan cermat dalam daun pisang dikukus hingga matang sempurna.

Baca juga :  11+ Kue Khas Jawa Barat, Dijamin Ketagihan

Porsi Sego Gegok biasanya kecil-kecil, mirip dengan konsep nasi kucing yang terkenal di Yogyakarta. Hidangan ini cocok untuk dinikmati sebagai camilan ringan atau sebagai tambahan dalam hidangan utama.

Segera setelah kamu memasuki Kecamatan Bendungan di Trenggalek, kamu akan menemukan sejumlah warung yang menjajakan Sego Gegok di pinggir jalan. Inilah pusat hidangan yang akan memanjakan lidah dengan cita rasa autentik Trenggalek. Salah satu hal yang menjadikan Sego Gegok sebagai oleh-oleh yang sempurna adalah daya tahannya yang baik. Dalam perjalanan jauh, kamu dapat dengan percaya diri membawa Sego Gegok sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman. Begitu tiba di tempat tujuan, kamu bisa dengan mudah mengukus Sego Gegok ini di rumah dan menikmati kelezatannya seolah-olah kamu sedang berada di Trenggalek.

Dengan Sego Gegok, kamu akan merasakan sentuhan khusus dari kuliner Trenggalek yang tidak hanya lezat, tetapi juga praktis dibawa ke mana pun kamu pergi. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi hidangan nasi berbalut daun pisang yang memikat ini saat berkunjung ke kota indah Trenggalek.

4. Alen Alen

alen alen
jember.inews.id

Alen-alen, sebuah kudapan ringan yang menggoda, adalah salah satu camilan kering berbentuk bulat menyerupai cincin dengan warna kuning yang mencolok. Keunikan rasa Alen-alen berasal dari bahan utamanya, yaitu pati singkong, yang dicampur dengan beragam bumbu dan rempah seperti kunyit, ketumbar, dan bawang putih. Kombinasi bahan-bahan ini menciptakan cita rasa yang menggoda, memadukan rasa gurih dengan tekstur renyah yang memikat. Tidak hanya itu, Alen-alen juga telah menjadi ikon oleh-oleh khas Trenggalek, sehingga saat berkunjung ke daerah ini, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan camilan kering yang satu ini. Dengan Alen-alen, kamu akan menemukan harmoni sempurna antara rasa dan tekstur yang akan memanjakan lidah.

Baca juga :  Kelezatan 7 Makanan Khas Trenggalek Bikin Merem Melek

5. Manco

manco
timesindonesia.co.id

Manco merupakan kue kering yang hadir dalam berbagai bentuk seperti balok-balok kecil, segitiga, atau bulat, dengan hiasan wijen di luar. Kue ini memiliki rasa renyah, lengket, dan legit. Ada dua jenis manco di Trenggalek, yaitu manco wijen dan manco ketan, yang dibuat dari tepung ketan.

6. Keripik Tempe – Makanan Khas Trenggalek

keripik tempe
tribunnews.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan keripik tempe bukan? Keripik Tempe merupakan ikon oleh-oleh sekaligus makanan khas Trenggalek. Terbuat dari tempe yang diiris tipis, dilapisi dengan adonan tepung, dan disajikan dengan irisan daun jeruk. Keripik tempe ini biasanya dikemas dalam wadah bambu dan tersedia dalam dua varian rasa: original dan pedas.

7. Sale Pisang – Makanan Khas Trenggalek

sale pisang
timesindonesia.co.id

Olahan pisang yang dikeringkan dengan cara diasap hingga terkaramelisasi. Sale pisang memiliki rasa manis karamel dengan sentuhan aroma asap yang lezat, dan bisa ditemukan dalam berbagai bentuk, seperti gulungan atau memanjang.

8. Keripik Tempe Sagu – Makanan Khas Trenggalek

makanan khas trenggalek
tokopedia.com

Makanan khas Trenggalek berikutnya adalah keripik tempe sagu. Variasi dari keripik tempe khas Trenggalek, dengan tambahan sagu dalam adonan tempe. Hasilnya adalah keripik tempe yang memiliki tekstur seperti busa, dengan rasa yang sama enak seperti keripik tempe biasa.

9. Semprong

semprong
idntimes.com

Makanan khas Trenggalek yang satu ii memiliki tampilan berupa kue kering dengan bahan dasar adonan tepung beras yang memiliki rasa manis dan gurih. Semprong Trenggalek biasanya memiliki bentuk gulungan memanjang yang khas.

source : https://www.youtube.com/@DOYANWISATA

Nah, itulah deretan makanan khas Trenggalek yang dikenal lezat dan menggugah selera. Dari daftar di atas, makanan manakah yang paling ingin kamu coba?



Leave a Reply