10 Oleh Oleh Khas Kupang Wajib Bawa Pulang


Fida  July 9, 2022  0 Comment

Kupang dikenal sebagai salah satu daerah di Indonesia yang menawarkan banyaknya tempat wisata serta berbagai kuliner lezat. Oleh karena itu, tidak heran jika Kupang banyak didatangi oleh wisatawan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu berlibur. Menghabiskan waktu berlibur di Kupang tentu sayang rasanya jika kamu pulang tidak membawa oleh-oleh. Tidak perlu bingung menentukan pilihan, inilah daftar 10 rekomendasi oleh oleh khas Kupang yang sayang untuk kamu lewatkan.

1. Keripik Paru Sapi Kering

keripik paru
tokopedia.com

Salah satu rekomendasi oleh oleh khas Kupang yang sayang untuk tidak kamu coba adalah keripik paru sapi kering. Jika biasanya paru diolah sebagai lauk atau masakan, tetapi tidak dengan olahan paru yang satu ini. Sesuai dengan namanya, paru sapi diolah sebagai keripik yang memiliki tekstur renyah serta cita rasa yang gurih.

Keripik paru sapi kering khas Kupang tentu dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko oleh-oleh. Tidak hanya menawarkan cita rasa serta tekstur yang khas, keripik yang satu ini juga dikenal kaya akan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Satu kemasan keripik paru biasa dijual dengan harga kurang dari Rp 50.000,-. Cukup terjangkau bukan?

Gotravelly

Kuta Mandalika, Wisata Yang Harus Ada Di List Kamu Saat Di Lombok

Sedapnya Sate Rembiga Hj. Sinnaseh Yang Legendaris

2. Jagung Titi

jagung titi
tabloidsinartani.com

Selain keripik paru, kamu juga dapat membeli jagung titi sebagai oleh oleh khas Kupang yang menarik untuk dibawa pulang. Beberapa dari kamu tentu masih asing dengan sebutan jagung titi, bukan? Jagung titi merupakan olahan makanan yang dibuat menggunakan bahan utama jagung yang pipihkan. Jagung yang telah dipipihkan kemudian diolah menggunakan berbagai bumbu dan rempah sehingga menghasilkan cita rasa lezat.

Rasa dari olahan jagung titi ini hampir mirip dengan brondong jagung. Selain dijual dengan harga yang terjangkau, yang satu ini juga biasa dikemas menggunakan kemasan yang praktis dan dapat kamu jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Kupang.

3. Kue Jawada

kue jawada
kupang.tribunnews.com

Pernah mendengar sebutan olahan makanan kue Jawada? Kue Jawada merupakan salah satu makanan yang dikenal sebagai oleh oleh khas Kupang. Kue ini juga dikenal dengan sebutan lain yakni kue rambut segitiga.

Sesuai dengan namanya, kue jawada atau kue rambut segitiga memang memiliki bentuk segitiga dengan tampilan menyerupai rambut. Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat olahan makanan yang satu ini adalah tepung beras santan, air nira, gula aren, dan beberapa bumbu lainnya. Karena dikenal memiliki bentuk serta rasa yang unik, maka tidak heran jika kue ini banyak diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Kue ini juga sangat cocok kamu pilih sebagai oleh-oleh karena mampu bertahan lama.

4. Kain Tenun khas Kupang

kain tenun
travel.kompas.com

Tidak hanya makanan, kamu juga dapat membeli oleh oleh khas Kupang berupa kain tenun. Kain tenun khas Kupang tentu sudah tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Proses pembuatan kain dengan teknik tenun juga menjadikan kain ini memiliki nilai jual yang tinggi.

Kain tenun khas Kupang dapat kamu jumpai di beberapa pengrajin di berbagai daerah di Kupang. Harga yang dibanderol untuk satu kain tenun juga sangat beragam, mulai dari yang paling terjangkau hingga yang paling tinggi.

5. Tas Tenun

tas tenun
tokopedia.com

Tas tenun juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Kupang yang tidak boleh kamu lewatkan. Sesuai dengan namanya, tas tenun menggunakan kain tenun sebagai variasi atau bagian dari bahan pembuatan tas. Tas tenun khas Kupang dikenal memiliki motif yang unik serta sangat cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibagikan kepada keluarga di rumah.

Tas tenun dijual dengan ukuran yang cukup beragam mulai dari yang berukuran kecil hingga tas yang cukup besar. Harga yang ditawarkan juga tentu sangat beragam tergantung ukuran, motif, serta tingkat kerumitan pembuatan. Oleh-oleh yang satu ini tentu sangat menarik untuk kamu kalau pulang setelah berlibur di Kupang.

6. Kopi Flores

kopi flores
shopee.co.id

Bagi kamu pecinta kopi, salah satu oleh-oleh khas Kupang yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Kopi Flores. Kopi Flores dikenal memiliki aroma serta rasanya yang khas sehingga mampu menarik perhatian para pecinta kopi. Kamu akan dimanjakan dengan cita rasa yang cenderung manis saat mencobanya. Hal itu dikarenakan kopi Flores menggunakan hazelnut dan juga karamel dalam proses pembuatannya.

Kamu tidak perlu khawatir karena kopi Flores biasa dijual dengan kemasan yang praktis dan menarik sehingga cocok dipilih sebagai oleh-oleh. Kopi ini juga dijual dengan ukuran kemasan yang beragam. Kamu dapat membeli kopi Flores di berbagai toko oleh-oleh di Kupang.

7. Kacang Sembunyi

kacang sembunyi
libur.co

Rekomendasi oleh-oleh khas Flores berikutnya yang sayang untuk kamu lewatkan adalah kacang sembunyi. Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan jajanan yang satu ini bukan? Sesuai dengan namanya, olahan yang satu ini menggunakan kacang yang dibalut dengan adonan sehingga disebut kacang sembunyi.

Selain memiliki tekstur yang renyah, jajanan yang satu ini juga memiliki cita rasa yang khas dan membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya. Jajanan kacang sembunyi biasanya dijual dengan kemasan yang praktis dan menarik dan dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko oleh-oleh. Tertarik untuk mencoba uniknya kacang sembunyi?

8. Sambal Lu’at

sambal luat
masakandapurku.com

Selain jajanan dan juga kain tenun, kamu juga dapat membeli olahan sambal sebagai salah satu oleh oleh khas Kupang. Sambal lu’at menjadi salah satu sambal favorit dan banyak diburu oleh masyarakat lokal maupun wisatawan. Olahan sambal yang satu ini tentu sayang untuk dilewatkan, khususnya bagi kamu pecinta pedas.

Sambal lu’at menawarkan perpaduan rasa pedas dan segar. Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal lu’at diantaranya bawang merah, bawang putih, cabai, daun kemangi, daun bawang, tomat, dan tidak lupa menggunakan air perasan jeruk nipis. Saat berkunjung ke Kupang, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk membeli sambal lu’at untuk dibawa pulang.

9. Produk Kerajinan Cendana

produk kerajinan kupang
bp-guide.id

Produk kerajinan cendana juga menjadi salah satu rekomendasi oleh oleh khas Kupang yang menarik untuk kamu bawa pulang. Sesuai dengan namanya, oleh-oleh yang satu ini dibuat menggunakan kayu cendana sebagai bahan utamanya. Kayu cendana dikenal memiliki aroma yang khas dan tampilan yang bagus.

Kayu cendana biasanya dibentuk menjadi berbagai souvenir atau kerajinan seperti jepit rambut, tasbih, gelang, dan masih banyak lagi. Saat berkunjung ke Kupang, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu oleh-oleh berupa kerajinan dari kayu cendana.

10. Abon Sapi Kupang

abon sapi kupang
bukalapak.com

Satu lagi rekomendasi oleh-oleh khas Kupang yang sayang untuk dilewatkan yakni abon sapi. Lezatnya abon sapi khas Kupang dapat kamu beli di berbagai toko oleh-oleh dan biasa dijual dengan kemasan praktis dan menarik. Selain cocok untuk dinikmati langsung, abon sapi khas Kupang juga cocok untuk dinikmati bersama dengan nasi hangat sebagai lauk. Saat datang ke Kupang, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu lezatnya abon sapi.



Leave a Reply