11 Makanan Khas Pemalang yang Wajib Dicoba


sisil angelin  February 18, 2019  2 Comments

Makanan khas Pemalang rasanya wajib untuk diketahui. Hal ini penting mengingat wisata kuliner menjadi hal wajib ketika mengunjungi suatu daerah. Meskipun Pemalang tak sepopuler Tegal dan Pekalongan, dua daerah yang mengapitnya namun Pemalang juga menyimpan beragam keunikan terutama dalam hal makanannya.

Berplesiran ke suatu daerah memang menjadi hal yang menyenangkan karena bisa membuat kita belajar tentang banyak hal dari daerah yang kita kunjungi tersebut. Tradisi, budaya, sejarah, tempat wisata dan bahkan kuliner dari setiap daerah tentu memiliki keunikan masing – masing yang mana membuat siapapun yang berkunjung akan langsung teringat pada daerah tersebut.

Diantara sekian banyak hal yang ada dalam setiap daerah, kuliner merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tak sedikit wisatawan yang memutuskan kembali lagi ke suatu daerah hanya demi menikmati kulinernya yang khas. Pemalang juga menjadi salah satu daerah yang memiliki banyak sekali kuliner lezat.

Meskipun nama daerah ini tidak terlalu terkenal dibandingkan dengan kota – kota lain, namun Pemalang juga sama dengan yang lainnya dimana memiliki segudang keunikan yang membuatnya menjadi khas dan wajib untuk dikunjungi. Mungkin terlalu banyak jika harus dijabarkan satu per satu. Namun salah satu hal sederhana namun penting untuk disampaikan adalah tentang kulinernya.

Rekomendasi Makanan Khas Pemalang

1. Apem Comal

11 makanan khas Pemalang yang pertama adalah Apem Comal. Makanan khas Pemalang ini dibuat dari tepung beras dan juga gula merah. Teksturnya basah sama seperti kue apem pada umumnya. Untuk rasanya manis dan ada rasa gurihnya. Kue khas Pemalang ini masih diproses dengan cara yang tradisional sehingga cita rasanya masih sangat unik dan khas.

Baca juga :  Berikut 30 Makanan Khas Meksiko yang Mendunia
Review Gotravelly

Sop Buntut Bu Leman, Sop Buntut Andalan Dari Pekalongan!

Santai Di Cafe Kekinian Di Frut’s 99

Republik Cafe Dendy , Cafe Baru Dengan Beragam Menu Dijamin Maknyuz

2. Kamir

Kamir

WisatadiPemalang.com

Camilan yang termasuk ke dalam 11 makanan khas Pemalang yang kedua adalah Kamir. berasal dari Arab namun di Pemalang juga bisa anda temukan dengan mudah. Kamir berasal dari kata “ Khamir “ yang berarti ragi. Kamir ini terbuat dari tepung beras dan tepung terigu yang dicampur dengan telur, mentega atau bisa juga dicampur dengan tape.

3. Tahu Pletok

Tahu Pletok
resepnusantara.id

Sesuai dengan namanya, Tahu Pletok merupakan 11 makanan khas Pemalang yang terbuat dari tahu. Tahu ini dibelah atau dipecah kemudian digoreng sampai kering. Untuk menyajikannya biasanya disajikan dengan lalapan lombok ataupun kecap pedas. Jajanan ini sangat cocok untuk camilan saat bersantai.

4. Grombyang

Dari sekian banyaknya kuliner yang ada di Pemalang, Grombyang merupakan satu dari 11 makanan khas Pemalang yang sangat populer. Di Pemalang sendiri terdapat banyak sekali penjual yang menjajakan kuliner yang satu ini.

Grombyang sendiri merupakan daging sapi dan daging kerbau yang dimasak empuk kemudian dimakan dengan kuah manis dan taburan bawang goreng serta daun bawang di atasnya. Sekilas kuliner yang satu ini mirip sekali dengan rawon, namun bisa juga dijadikan sebagai sate babat.

5. Bakso Balungan

Bakso Balungan
kulinerpemalang-willygaluh.blogspot.com

Mendengar bakso pasti anda sudah familiar, namun bagaimana dengan Bakso Balungan? Bakso Balungan merupakan salah satu 11 makanan khas Pemalang yang wajib anda cicipi. Bakso yang satu ini sudah sangat populer di Pemalang.

Sebenarnya Bakso Balungan sama dengan bakso pada umumnya yaitu menggunakan bahan baku daging sapi sebagai bahan untuk baksonya. Namun yang membedakannya dengan bakso lain adalah dimana bakso ini terdapat potongan tulang sapi yang ikut tersaji dalam mangkok. Cita rasa bakso ini pedas dan enak. Berkunjung ke Pemalang, wajib cicipi Bakso Balungan ini.

Baca juga :  11 Makanan Khas Jember Paling Rekomended Wajib Dicoba

6. Lontong Dekem

Lontong Dekem merupakan 11 makanan khas Pemalang selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan.  Untuk penyajiannya sendiri biasanya Lontong Dekem ini disajikan bersama Sate Dekem. Pilihan satenya juga beragam yaitu sate daging ayam dan sate jeroan yang digoreng. Cara makannya disiram dengan kuah gurih serta ditaburi kerupuk diatasnya.

7. Sate Loso

Sate merupakan salah satu dari sekian banyaknya makanan khas di Indonesia. Pilihan sate sendiri juga banyak tergantung dari daging yang digunakan. Namun ada satu jenis sate dari Pemalang yang wajib dicoba yaitu Sate Loso.

Sate Loso merupakan satu dari 11 makanan khas Pemalang yang memiliki cita rasa yang khas. Daging yang digunakan untuk membuat Sate Loso ini adalah daging sapi atau kerbau. Sebelum dibakar, sate daging sapi atau kerbau tersebut dibacem terlebih dahulu. Kemudian untuk penyajiannya disajikan dengan sup berisi tauge, urat dan tulang muda serta tak lupa sambal kacang.

8. Kepiting Lemburi

Seafood merupakan makanan kesukaan banyak orang. Seafood sendiri banyak macamnya, ada ikan, cumi, udang dan juga kepiting. Salah satu makanan khas Pemalang juga ada yang berupa kepiting yaitu Kepiting Lemburi.

Salah satu dari 11 makanan khas Pemalang yang satu ini sama seperti masakan kepiting pada umumnya yaitu berupa kepiting yang dimasak sampai dagingnya lunak atau empuk dan cocok untuk lauk dengan nasi. Kuliner ini dijual di banyak tempat makan di sekitar jalan pantura di Pemalang.

9. Pecak Belut

Pecak Belut
wisataku.id

Mungkin masih banyak yang merasa geli ketika mendengar kata belut karena memang bentuk belut menyerupai ular sehingga membuat banyak orang merasa geli untuk memakannya. Pecak Belut merupakan 11 makanan khas Pemalang yang wajib dicoba.

Baca juga :  10 Oleh-Oleh Khas Bali Incaran Wisatawan Rekomended

Biasanya Pecak Belut ini disajikan secara tradisional yaitu disajikan pada cobek yang dilapisi daun pisang. Dimakan dengan nasi hangat pasti cocok untuk mengisi perut setelah seharian mengeksplor kota Pemalang.

10. Ogel – ogel

Beralih dari makanan berat, Pemalang juga memiliki makanan khas berupa snack atau makanan ringan yang disebut dengan Ogel – ogel. 11 makanan khas Pemalang yang satu ini dibuat dari bahan tepung ketan dengan campuran bahan – bahan lain seperti gula, garam, keju dan masih banyak lagi.

Ogel – ogel ini adalah snack yang gurih dan renyah. Cocok untuk dijadikan sebagai camilan ketika bersantai. Jika anda kebetulan berkunjung ke Pemalang, rasanya wajib memborong makanan ringan yang satu ini sebagai oleh – oleh dan camilan selama perjalanan.

11. Bongko Mento

Anda pasti audah pernah mendengar makanan bongko. Setiap daerah memiliki makanan bongko dengan bahan yang berbeda – beda. Pemalang ternyata juga memiliki kuliner bongko yang khas yang diberi nama Bongko Mento.

Bongko khas Pemalang dibuat dari bahan tepung terigu. Tepung terigu ini dijadikan dasar kemudian di dalamnya diisi dengan tumis pepaya dan suwiran ayam. Setelah itu bongko tersebut dibungkus dengan daun pisang, dikucuri dengan santan lalu dikukus. Cita rasa dari santan dan daun pisang inilah yang membuat rasa Bongko Mento khas Pemalang ini semakin nikmat.

Setelah melihat beberapa daftar makanan khas Pemalang diatas, tentunya anda menjadi tahu bahwa meskipun nama kota Pemalang kurang begitu populer dibandingkan dengan kota – kota lainnya, namun ternyata Pemalang memiliki banyak sekali keunikan yang sayang untuk dilewatkan.



Leave a Reply

2 Comments
  1. Abu Aqillah says:

    Kok aku cuma ngrasain yang nasi grombyang doang sama kamirnya.
    Wah, musti balik lagi nih

  2. Amelia Putri says:

    Demi apa, saya orang Pemalang tapi belum pernah makan semuanyaaaaaaaaa.