22 Makanan Khas Papua Barat : Cita Rasa Menggugah Selera


Fida  October 11, 2023  0 Comment

Papua Barat merupakan salah satu provinsi yang terletak di Pulau Papua. Kawasan yang satu ini dikenal memiliki banyak kekayaan alam dan keindahan wisata yang populer. Namun, selain pesona alamnya, Papua Barat juga memiliki sejumlah makanan khas yang unik dan lezat yang tak boleh dilewatkan oleh siapapun yang berkunjung ke sana. Penasaran? Berikut rekomendasi makanan khas Papua Barat yang wajib kamu coba. 

22 Makanan Khas Papua Barat :

1. Ulat Sagu

ulat sagu
lifestyle.okezone.com

Beberapa dari kamu mungkin belum pernah mencoba makanan khas Papua Barat berupa olahan ulat sagu. Tidak banyak yang tahu bahwa ulat sagu bisa dimakan. Masyarakat setempat mengolahnya dengan cara menusuk dan membakarnya, lalu menaburinya dengan garam. Ulat sagu mengandung protein tinggi dan baik untuk tubuh.

2. Udang Selingkuh

udang selingkuh
travel.tribunnews.com

Salah satu makanan khas Papua Barat yang wajib dicicipi adalah udang selingkuh. Hidangan ini sangat populer di kalangan wisatawan asing yang datang ke daerah ini. Udang selingkuh biasanya dimasak dengan cara ditumis atau dibakar. Selain itu, udang selingkuh juga biasa disajikan bersama dengan tumis sayuran seperti kangkung atau bunga pepaya. Keunikan utama udang selingkuh terletak pada bentuknya yang menyerupai lobster dengan capit besar seperti kepiting. Tertarik untuk mencobanya? 

Baca juga :  10 Mie Legendaris di Singapura Rasanya Yummy Sampai ke Hati

3. Sambal Colo-Colo

sambal colo colo
cookpad.com

Pernah mendengar sebutan sambal colo-colo? Janis sambal yang satu ini bukan hanya terkenal di Maluku dan Makassar, tetapi juga dikenal sebagai salah satu makanan khas Papua Barat. Sambal ini terbuat dari tomat, bawang merah, dan cabai yang dicincang menjadi dadu kecil. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa segar, pedas, dan manis. Biasanya, sambal colo-colo disajikan dengan hidangan ikan bakar atau ikan kuah kuning.

4. Tumis Bunga Pepaya

tumis bunga pepaya
kompas.com

Makanan khas Papua Barat berikutnya yang tidak kalah menggugah selera adalah tumis bunga pepaya. Hidangan yang satu ini dikenal memiliki rasa asin dan agak pahit. Meskipun terdapat sedikit rasa pahit yang menjadi ciri khasnya, tumis bunga pepaya tetap menjadi primadona hidangan Papua Barat. Masyarakat setempat sering menyantapnya sebagai pelengkap saat menikmati hidangan ikan atau papeda.

5. Aunuve Habre : Makanan Khas Papua Barat

aunuve habre
tribunnewswiki.com

Aunuve Habre adalah hidangan unik yang memiliki kesamaan dengan steak Eropa. Hal yang membedakan adalah hidangan ini menggunakan ikan cakalang sebagai bahan utamanya. Ikan ini dibungkus dengan daun telas untuk menjaga bentuknya selama proses memasak. Unik sekali bukan? 

6. Ikan Bakar Pedas Manokwari

ikan bakar pedas manokwari
sajiansedap.grid.id

Ikan cakalang (tongkol) bakar adalah salah satu hidangan andalan dari Manokwari, Papua Barat. Hidangan ini dikenal karena rasanya yang gurih dan bumbu bakarnya yang sangat pedas. Bagi kamu pecinta makanan pedas, ikan bakar yang satu ini tentu tidak boleh kamu lewatkan. 

7. Rica-Rica Cacing Laut

rice rica cacing laut
budaya-indonesia.org

Apa yang terlintas di pikiranmu saat mendengar sebutan rica rica cacing laut? Makanan ini mungkin terdengar unik, tetapi dipercaya masyarakat setempat dapat meningkatkan kejantanan pria karena mengandung protein yang baik untuk tubuh. Cacing laut digoreng dan dibumbui dengan bumbu rica-rica pedas.

Baca juga :  8 Makanan Khas Belanda, Cocok Dilidah Indonesia!

8. Ikan Kuah Kuning

ikan kuah kuning
cookpad.com

Selain hidangan pedas, ikan kuah kuning juga terkenal di Papua Barat dan biasanya disajikan dengan papeda. Kamu dapat menemukan hidangan ini dengan mudah di restoran-restoran di wilayah ini.

9. Ikan Bungkus Daun Talas

ikan bungkus daun talas
budaya-indonesia.org

Hidangan ikan bungkus daun talas menggunakan ikan laut yang dibumbui dengan bumbu kuning dan dikukus. Keunikan hidangan ini terletak pada penggunaan daun talas sebagai pembungkusnya, yang memberikan citarasa yang lebih khas.

10. Kapurung – Makanan Khas Papua Barat

kapurung
papua.inews.id

Kapurung adalah hidangan berkuah yang mirip dengan sop ikan, tetapi menggunakan ikan peda atau ikan kembung sebagai bahan utama. Kuah ikan ini juga dicampur dengan papeda.

11. Telur Balado Super Pedas

telur balado
idntimes.com

Papua Barat terkenal dengan hidangan pedas, dan telur balado pedas adalah salah satunya. Bumbu pedas yang terbuat dari bawang-bawangan, kemiri, dan cabai membuat hidangan ini sangat populer di kalangan wisatawan.

12. Aunu Senebre – Makanan Khas Papua Barat

aunu senebre
lifestyle.okezone.com

Aunu Senebre adalah hidangan khas yang terbuat dari teri nasi yang dicampur dengan parutan kelapa dan taburan daun talas. Rasanya gurih dan renyah, dan sering digunakan sebagai pelengkap hidangan sagu.

13. Sagu Lempeng

sagu lempeng
bangunpapua.com

Papua Barat terkenal dengan berbagai hidangan yang menggunakan sagu sebagai bahan utamanya. Sagu lempeng adalah salah satu contohnya, yang mirip dengan pembuatan roti tawar pada umumnya.

14. Roti Abon Gulung

roti abon gulung
kompas.com

Makanan khas Papua Barat yang tidak boleh kamu lewatkan salah satunya adalah roti abon gulung. Roti abon gulung adalah hidangan khas Papua Barat yang memiliki kesamaan dengan roti gulung pada umumnya. Hidangan ini tidak menggunakan pengawet, sehingga harus dimakan dalam waktu singkat.

15. Kue Eurimoo

kue eurimoo
cantik.tempo.co

Pernah mendengar sebutan kue eurimoo? Kue basah ini terbuat dari tepung dan gula merah, dan sering disebut sebagai “kelpon Papua” karena bentuknya menyerupai kelepon dari Pulau Jawa.

Baca juga :  10 Keju Paling Enak di Dunia Hadirkan Rasa Gurih Asin Yang Khas

16. Bubur Papeda

bubur papeda
merdeka.com

beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan hidangan bubur papeda. Bubur papeda adalah hidangan yang sangat umum di Papua Barat dan sering digunakan sebagai pengganti nasi. Rasanya yang tawar sangat cocok dipadukan dengan berbagai jenis hidangan.

17. Petatas – Makanan Khas Papua Barat

petatas
nabire.net

Petatas adalah nama lain untuk ubi jalar. Masyarakat lokal menggunakan petatas sebagai sumber karbohidrat utama sehari-hari, biasanya dikukus dan disajikan bersama ikan bakar atau ikan kuah kuning. Tertarik untuk mencobanya?

18. Martabak Sagu

martabak sagu
inews.id

Martabak sagu adalah hidangan manis yang terbuat dari sagu lempeng yang diisi dengan gula merah dan digoreng. Rasanya sangat lezat ketika masih panas.

19. Es Matoa

es matoa
thr.kompasiana.com

Buah matoa yang tumbuh subur di Papua Barat digunakan untuk membuat es buah matoa. Kombinasi rasanya yang manis dengan buah-buahan segar lainnya sangat menyegarkan pada hari yang panas.

20. Keripik Keladi – Makanan Khas Papua Barat

keripik keladi
budaya-indonesia.org

Keladi adalah jenis umbi-umbian yang diolah menjadi camilan keripik gurih, asin, dan renyah oleh masyarakat setempat.

21. Kue Lontar – Makanan Khas Papua Barat

kue lontar
travel.okezone.com

Kue lontar adalah kue yang terbuat dari campuran telur dan tepung terigu. Bentuknya mirip dengan pai susu, tetapi jauh lebih besar.

22. Sarang Semut Papua

sarang semut papua
papua.tribunnews.com

Sarang semut Papua Barat terkenal karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Ini adalah salah satu makanan yang sangat dicari oleh wisatawan yang mengunjungi daerah ini.

source : https://www.youtube.com/@yennitravelling1850

Itulah beberapa makanan khas Papua Barat yang patut dicoba. Dengan beragam hidangan yang menggoda selera ini, tidak heran jika Papua Barat menjadi destinasi wisata yang diminati oleh banyak orang. Selamat menjelajahi kekayaan kuliner daerah ini saat kamu berkunjung!



Leave a Reply