Inilah 6 Oleh Oleh Khas Sibolga yang Wajib Kamu Bawa Pulang


Fida  November 14, 2022  0 Comment

Sibolga merupakan sebutan dari salah satu daerah yang terletak di Sumatera Utara. Daerah yang satu ini dikenal menawarkan Banyaknya pilihan destinasi wisata. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk datang dan berkunjung ke Sibolga saat hari libur tiba.

Selain menawarkan banyaknya pilihan destinasi wisata, Sibolga juga memiliki beberapa pilihan oleh-oleh yang menarik untuk kamu bawa pulang. Setelah berlibur, berburu oleh-oleh sebelum pulang tentu menjadi hal seru yang bisa kamu lakukan. Tidak perlu bingung, inilah daftar 6 rekomendasi oleh-oleh khas Sibolga yang sayang untuk kamu lewatkan.

1. Sambal Andaliman Sibolga

sambal andaliman sibolga
sumut.antaranews.com

Bagi kamu pecinta pedas, lezatnya oleh-oleh khas Sibolga berupa sambal tentu menjadi pilihan tepat untuk kamu bawa pulang. Sambal Andaliman Sibolga merupakan sebutan salah satu sambal yang populer dan banyak diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh. Sambal yang satu ini dikenal memiliki kemasan yang praktis serta harga yang terjangkau.

Berbagai bahan yang dibutuhkan untuk membuat Sambal Andaliman Sibolga diantaranya bawang putih, bawang merah, jeruk nipis, minyak goreng, garam, cabai rawit, kemiri, serta bahan utamanya yakni andaliman. Selain cocok untuk dinikmati bersama dengan nasi, lauk yang pas untuk dikonsumsi bersama Sambal Andaliman Sibolga diantaranya ikan bakar, daging panggang, dan ikan asin.

Sambal yang satu ini dapat kamu beli di berbagai toko oleh-oleh di Sibolga. Cita rasanya yang pedas dan segar karena adanya perasaan jeruk nipis menjadikan sambal ini sayang untuk tidak kamu coba.

Gotravelly

Cobain Ragam Varian Sambel Mbah Djono, Pedesnya Bikin Nyonyor!

Menjelajah Sulawesi Bagian Utara, Wajib Banget Ke Danau Linow

2. Kerupuk Sambal Spesial

kerupuk sambal spesial
sedaprasa.com

Masih bertema olahan sambal, oleh-oleh khas Sibolga berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah Kerupuk Sambal Spesial. Kerupuk yang satu ini dikenal sudah cukup populer dan banyak diburu wisatawan sebagai oleh-oleh. Saat mencobanya, kamu tidak hanya akan dimanjakan dengan rasa pedas tetapi juga perpaduan manis dan asin.

Kerupuk Sambal Spesial dibuat dengan menggunakan beberapa bahan seperti ubi, sambal, dan juga ikan teri. Kamu dapat membeli kerupuk yang satu ini di berbagai toko oleh-oleh di Sibolga. Selain kemasannya yang praktis, kerupuk ini juga memiliki beberapa ukuran kemasan yang dapat dipilih sesuai keinginan.

Tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung sebagai camilan, kerupuk yang satu ini juga kerap dipilih sebagai pelengkap saat makan. Kamu dapat dengan mudah menjumpai Kerupuk Sambal Spesial di hari besar seperti Idul Fitri. Untuk harganya, Kerupuk Sambal Spesial biasa dijual berkisar Rp 54.000,- per kilogram. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

3. Ikan Panggang Geleng

ikan panggang geleng
tribunnewswiki.com

Saat mendengar sebutan Ikan Panggang Geleng, beberapa dari kamu tentu akan mengira bahwa ikan tersebut diolah dengan cara dipanggang bukan? Oleh-oleh khas Sibolga yang satu ini dikenal unik karena memiliki sebutan ikan panggang tetapi tidak melalui proses pemanggangan sama sekali.

Ikan Panggang Geleng merupakan olahan makanan yang dibuat menggunakan bahan utama ikan gembung dan diolah dengan cara digoreng menggunakan minyak. Sebelum digoreng, ikan terlebih dahulu dibersihkan dari kotoran serta tulangnya. Langkah selanjutnya adalah dengan cara mengambil daging ikan kemudian ditambahkan dengan kentang goreng dan ditumbuk halus. Tidak lupa juga untuk tambahkan berbagai bumbu dan rempah sehingga Ikan Panggang Geleng memiliki cita rasa yang lezat dan menggugah selera.

Tumbukan daging ikan dan kentang yang telah selesai dibuat kemudian dimasukkan lagi ke dalam kulit ikan. Sebelum digoreng, ikan terlebih dahulu dilumuri dengan tepung. Tekstur yang garing di luar dan lembut di dalam tentu berhasil membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya. Saat berkunjung ke Sibolga, jangan lewatkan untuk berburu oleh-oleh yang satu ini sebelum pulang.

4. Lompong Sagu

lompong sagu
ksmtour.com

Lompong sagu dikenal sebagai salah satu hidangan yang dapat dengan mudah kamu jumpai saat berkunjung ke Sibolga. Tidak hanya disukai oleh masyarakat lokal, lompong sagu juga kerap diburu oleh wisatawan sebagai salah satu oleh-oleh khas Sibolga.

Sesuai dengan namanya, olahan makanan yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama sagu dan juga pisang. Lompong sagu juga memiliki tampilan yang unik yakni dibungkus menggunakan daun pisang. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa yang lezat dan khas. Karena diolah melalui proses pembakaran, maka tidak heran jika makanan ini memiliki aroma yang khas saat disantap.

Selain cocok untuk dinikmati saat berada di Sibolga, kelezatan lompong sagu juga sayang untuk kamu lewatkan sebagai oleh-oleh untuk diberikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah. Cita rasa manis yang menjadi ciri khas lompong sagu tentu berhasil membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya. Tertarik untuk mencoba lezat dan uniknya makanan yang satu ini?

5. Pale Badar

pale badar
andalastourism.com

Tidak hanya lompong sagu, kamu juga dapat menjumpai salah satu oleh-oleh khas Sibolga yang dibungkus menggunakan daun pisang yakni pale badar. Pale merupakan sebutan lain dari hidangan pepes. Dalam bahasa Sibolga, badar memiliki arti ikan teri. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pale badar merupakan olahan makanan berupa pepes ikan teri.

Selain menggunakan bahan berupa ikan teri, hidangan yang satu ini juga menggunakan berbagai bumbu dan rempah seperti bawang putih, bawang merah, lengkuas, jahe, kunyit, dan juga cabai. Adanya berbagai bumbu dan rempah tersebut tentu menghasilkan cita rasa lezat dan menggugah selera pada hidangan pale badar.

Saat berkunjung ke Sibolga, tentu tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba berburu lezatnya hidangan yang satu ini. Membawa pulang pale badar sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah juga menjadi hal menarik yang bisa kamu coba.

6. Ebi Udang Kering

ebi udang kering
bukalapak.com

Tidak kalah menarik dengan berbagai oleh-oleh khas Sibolga lainnya, ebi udang kering juga menjadi salah satu yang wajib kamu coba. Ebi udang kering dikenal mampu bertahan cukup lama sehingga tidak heran jika makanan ini banyak diburu oleh wisatawan. Selain itu, makanan yang satu ini juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau serta sangat mudah dijumpai di Sibolga.

Terdapat banyak olahan makanan yang dapat kamu buat dengan bahan ebi udang kering, diantaranya sambal ebi tomat, sambal ebi terong, dan olahan lainnya. Kamu tidak perlu khawatir karena ebi udang kering khas Sibolga sudah terjamin kualitasnya. Cita rasanya yang dikenal gurih juga menjadikan oleh-oleh yang satu ini sayang untuk kamu lewatkan.

Kamu dapat membeli ebi udang kering di berbagai toko oleh-oleh, khususnya di daerah pesisir pantai. Bagaimana, tertarik dengan oleh-oleh khas Sibolga yang satu ini?

Nah itulah daftar 6 rekomendasi oleh-oleh khas Sibolga yang tidak boleh kamu lewatkan. Dari beberapa rekomendasi di atas, oleh-oleh manakah yang paling ingin kamu bawa pulang setelah berlibur ke Sibolga?



Leave a Reply