10 Makanan Khas NTB Paling Enak dan Oleh-Oleh Pilihan


Reni  June 13, 2018  0 Comment

Makanan khas NTB paling enak dan oleh-oleh pilihan yang sebaiknya dinikmati tentu saja harus diketahui. Untuk mengetahuinya berikut ini rekomendasi untuk Anda agar segalanya bisa dinikmati dengan baik. Referensi Makanan khas Nusa Tenggara Barat

1. Plencing kangkung

Plencing kangkung

wartantb.com

Mungkin Anda sering kali merasakan plencing kangkung yang ada di kota Anda. Akan tetapi tak lengkap rasanya apabila tak merasakan plencing kangkung dari kota asalnya. Kota asal plencing kangkung ini adalah provinsi NTB. Plencing ini sangat cocok ditambah dengan sambal mentah dan juga ikan khas kota ini.

Review kuliner

Sedapnya Sate Rembiga Hj. Sinnaseh Yang Legendaris

Mencicipi Ayam Taliwang Kania, Makanan Khas NTB Yang Harus Kamu Coba!

2. Kelaq batih

Kelaq batih

ijaah.com

Nama makanan ini terasa asing bagi Anda yang berasal dari kota lain. Namun jenis makanan ini sangat khas di NTB. Bahan utama masakan ini adalah biji sayuran buncis yang sudah dalam kondisi tua. Untuk membuatnya bisa dicampur daun singkong yang masih dalam kondisi muda. Ditambahkan dengan banyak rempah alami yang khas. Untuk menambah lezat masakan ini bisa ditambahkan dengan nasi putih yang hangat.

3. Sate bulayak

Sate bulayak

nurulfatihahekawaty.blogspot.com

Mungkin nama sate ini hampir sama dan ada di seluruh kota di Indonesia. Namun sate bulayak ini sangat khas dair NTB khususnya Lombok. Hal ini karena bentuk lontong yang dibuat dengan daun kelapa yang masih muda dan memanjang. Serta rasa khas yang menggunakan bumbu dengan campuran khusus. Anda bisa menikmatinya untuk mengisi perut kosong selama berada di NTB.

4. Ares

Ares

len-diary.com

Ares adalah sayuran yang menjadi masakan khas dari Lombok. Jenis masakan ini menggunakan pohon pisang yang masih muda sebagai bahan dasarnya. Sedangkan jenis pisang yang digunakan dalam kondisi masih muda. Apabila dahulu jenis masakan ini hanya bisa disajikan pada acara adat. Namun saat ini bisa ditemui di warung yang ada di kota NTB.

5. Kelaq sebie

Kelaq sebie

kuliner-tradisional.kampung-media.com

Jenis makanan ini memang memiliki arti dalam bahasa Lombok adalah cabe. Akan tetapi tahukah Anda bahwa untuk memasaknya dibutuhkan cabe rawit. Anda bisa memotongnya kecil-kecil dengan tujuan agar rasa pedas yang dengan mudah keluar. Untuk jenis bahan utamanya dengan ikan tongkol. Sehingga masakan ini seperti gulai dari masakan Padang.

6. Susu kuda liar

Susu kuda liar

pusatsusukudaliar.blogspot.com

Apabila Anda mendengar siaran radio yang yang menawarkan mengenai susu kuda liar. Namun tahukah Anda bahwa susu ini memang memiliki khasiat dalam menjaga stamina dari pria dewasa. Anda bisa membelinya di NTB sebagai oleh-oleh yang dibawa pulah. Ada baiknya apabila sudah sampai di rumah letakkan pada kulkas agar lebih tahan lama. Untuk harga yang diberikan pada penjual yaitu Rp 100.000 hingga Rp 600.000.

7. Dodol rumput laut

Dodol rumput laut

youtube.com/watch?v=vFySsVOdbvo

Dodol ini hampir sama dengan jenis makanan yang ada di seluruh kota di Indonesia. Akan tetapi tahukah Anda bahwa yang membedakannya adalah dodol tersebut terbuat dari rumput laut. Sehingga rasa yang lebih enak dan juga bergizi tinggi. Bisa dikonsumsi dari muda hingga tua. Dengan demikian sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Bahkan mengkonsumsi dodol ini juga bisa melancarkan buang air besar karena kandungan serat yang tinggi. Harga dodok ini perboxnya antara Rp 13.000 hingga 50.000.

8. Kalung mutiara

Kalung mutiara

jengaryani.com

Jenis kalung mutiara juga bisa menjadi salah satu pernak pernik untuk menambah cantik penampilan Anda. Tahukah Anda bahwa kalung ini dihasilkan oleh hasil laut yang dicari liar atau pun sengaja dibudidayakan. Untuk warnanya pun menjadi lebih menarik tak hanya putih saja namun sudah bermacam-macam. Harga yang dibandrol dari satu kalung antara Rp 15.000 hingga 500.000 .

9. Minyak gosok Sumbawa

Minyak gosok Sumbawa

minyaksumbawa.wordpress.com

Bagi Anda yang suka untuk pijat bisa menggunakan minyak gosok Sumbawa untuk menjadi oleh-oleh khas dari kota ini. Dengan minyak ini bisa membantu dalam menghilangkan pegal saat masuk angin atau lelah saat bekerja. Sehingga apabila orang tua akan sangat menyukai jenis minyak ini. Harga perbotol dari minyak ini yaitu Rp 30.000.

10. Madu Sumbawa

Madu Sumbawa

indonesiakuindah.com

Untuk makanan khas dari NTB yang bisa dibawa pulang dan dapat bertahan lama adalah madu Sumbawa. Jenis madu ini sangat unik karena memiliki warna putih. Hal ini karena sarang atau tempat tinggal lebah penghasil madu ini adalah di karang yang berwarna putih. Sedangkan khasiaynya dalah menjadi metode pengobatan yang aman dan alami. Selain itu juga bisa dikonsumsi pada saat sehat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk harganya antara Rp 30.000 hingga Rp 250.000 perbotolnya.

Setelah segala informasi mengenai oleh-oleh telah Anda ketahui. Maka tentu saja saat berlibur hendaknya mengetahui mengenai apa saja yang harus diperhatikan dalam membeli oleh-oleh. Beberapa hal yang sebaiknya Anda ketahui dalam membeli oleh-oleh antara lain yaitu :

• Usahakan untuk menghindari membeli barang yang ada di Bandara. Hal ini karena harga yang tidak wajar dan sangat mahal. Sehingga usahakan segala keperluan telah dibeli sebelum masuk ke bandara. Dengan demikian akan membantu dalam menghemat dana yang digunakan untuk liburan.

• Jika Anda membawa anak kecil ajarkan padanya agar tidak membeli mainan dengan jenis yang bisa ditiup. Hal ini karena umumnya jenis mainan ini akan ditiup oleh banyak orang mulai penjual untuk mencoba apakah bisa berbunyi hingga pembeli yang sebelum Anda. Tentu saja hal ini menjadi sesuatu yang mudah untuk menularkan penyakit tertentu.

• Usahakan untuk menghindari membeli barang yang tidak perlu. Saat Anda akan berangkat bisa mengecek berapa uang yang dimiliki dan berapa orang yang ingin diberikan oleh-oleh. Catat dan pastikan saat membeli Anda keluarkan. Sehingga menghindari kemungkinan membeli barang yang tidak ada dalam catatan. Untuk mengetahui mengenai barang yang ingin dibeli jauh-jauh hari bisa mencari tahunya lewat internet.

• Hindari untuk memberikan oleh-oleh dengan nama pemain olahraga apapun yang memiliki nama. Kecuali Anda mengetahui dengan benar bahwa nama tersebut menjadi pemain favoridnya.

• Jika Anda ingin membeli miniatur usahakan dalam bentuk gantungan kunci saja. Hindari jenis yang hanya menjadi miniatur. Hal ini karena kemungkinan Anda tidak akan memajangnya atau membersihkan. Tentu saja hal ini hanya pemborosan dan membuat dana Anda keluar tanpa ada gunanya.

• Mulailah untuk memisahkan antara barang yang sebaiknya dibeli dan tidak. Jangan menghamburkan uang hanya untuk membeli sesuatu yang tidak disukai. Baik saat diberikan kepada orang lain atau pun untuk diri sendiri. Sehingga akan membantu Anda menjadi lebih selektif dalam membeli sesuatu sebagai oleh-oleh.

• Apabila ingin menjadikan makanan sebagai oleh-oleh usahakan untuk melihat mengenai tanggal kadaluarsa dan juga rasanya. Dengan demikian akan membantu untuk menghindari kemungkinan makanan tersebut dibuang dengan sia-sia. Selain itu tanggal kadaluarsa akan memastikan mengenai keamanan saat membeli makanan tersebut. Jika Anda membeli makanan melebihi tanggal kadaluarsa dan terlanjut dikonsumsi akan menyebabkan keracunan.



Leave a Reply