Mencicipi Ayam Taliwang Kania, Makanan Khas NTB yang Harus Kamu Coba!

ayam taliwang kania

aldilasalma | Traveler
Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia | halal
05 Sep 2018


Mencicipi Ayam Taliwang Kania, Makanan Khas NTB yang Harus Kamu Coba!
Habis explore Lombok Utara sampai Lombok Barat, saatnya isi perut dengan makanan khas disini. Namanya Ayam Taliwang.

Setelah saya explore keindahan pantai di Lombok Utara hingga Lombok Barat akhirnya kami memutuskan untuk mengisi perut sebelum pulang.
Karena ada menu yang belum saya cicipi dan katanya kalau kesini belum makan makanan ini belum sah ke Lombok, jadi baiklah saya semakin penasaran bagaimana rasa ayam taliwang yang asli dari kota asalnya. Sebenarnya saya udah sering sih lihat banyak resto yang menjual ayam taliwang tapi saya belum pernah coba dan ini akan menjadi waktu pertama saya mencoba ayam taliwang.

Buat kalian yang belum tau ayam taliwang adalah ayam kampung muda khas kampung Karang Taliwang. Menurut aku sih ukuran ayamnya sedikit lebih kecil dari ayam yang ada di Jawa. Nah ayam taliwang ini biasanya dimasak dengan cara dipanggang menggunakan bumbu cabai merah, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah dan garam. Tapi tidak hanya dipanggang, ayam taliwang ini juga bisa disajikan dengan digoreng, rasanya nggak kalah enak lo sama yang dipanggang.

Berkat rekomendasi saudara saya akhirnya kami menuju ke rumah makan Ayam Taliwang Kania yang berada di Mataram. Sebenarnya ada banyak yang jual ayam taliwang disini, tapi katanya yang paling manteb ada di Rumah Makan Kania ini. Okee semakin tergoda saya untuk segera mencicipinya.


Sekitar 15 menit dari daerah Senggigi sampailah kami ke rumah makan tersebut. Tempatnya nggak terlalu besar tapi yang makan banyak, wah sepertinya memang beneran enak deh makanan disini. Kami memilih duduk di gazebo, karena menurut saya lebih nyaman saja kalau makan lesehan. Setelah kami duduk akan disamperin sama pelayannya, dan kami mulai memilih menu. Ada banyak menu yang ditawarkan selain ayam taliwang, seperti plecing kangkung, beberuk, bebalung, dan menu lainnya. Karena menu yang saya sebutkan tadi sangat populer di rumah makan ini jadilah saya memesan semua menu itu, karena rasa lapar dan penasaran.



Gimana udah ngiler belum?


Tidak perlu menunggu lama sekitar 10 menit semua menu sudah siap di depan mata. Suara perut semakin menjadi-jadi langsung deh sikattt!
Kalau saya pribadi menu plecing kangkung dan beberuk nggak boleh ketinggalan kalau makan masakan NTB, karena gilaa deh rasanya khas bangeet. Disini saya pesan 4 ayam taliwang dengan bumbu yang berbeda, jadi 2 dipanggang dan 2 sisanya digoreng.

Tanpa basa-basi langsung deh kami mencicipi makanan ini. Dan tentu saja baru suapan pertama sudah membuat saya ingin memakan semuanya, rasanya mantab! Bumbu ayam taliwang panggang ini benar-benar merasuk ke dalam. Untuk tekstur ayamnya mirip dengan ayam kampung/ayam jawa cuman ya tadi, sedikit lebih kecil. Ayam gorengnya nggak kalah enak lo meskipun terlihat biasa saja, ternyata bumbunya juga mersuk sampai kedalam, padal saya tidak terlalu berekspektasi tinggi terhadap ayam goreng ini tapi ternyata saya salah.

Plecing kangkung disini juga enak, dan sayur yang digunakan masih terasa fresh apalagi sambelnya hadeeuhh bikin saya ngiler sampai sekarang hahaa lebay tapi memang gitu kebenarannya :D


Beberuk disini nggak kalah enak sama yang saya makan kemarin di tempat sate rembiga, sama-sama enak dan segerr. Untuk harga satu porsi ayam taliwang disini 40k tapi belum termasuk nasi ya. Buat kalian yang mau dibungkus juga bisa kok tinggal bilang aja ke pelayannya.


Ini beberuknya.

 


Ayam Taliwang Panggang.

Opening Hours
08:30 - 21:00 WIB
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY