10 Kuliner Legendaris di Bogor, Kelezatannya Bikin Ngiler


Reni  August 27, 2019  0 Comment

Wisata kuliner yang ada di suatu daerah atau kota, menjadi salah satu hal yang mendorong seseorang untuk mengunjungi suatu wilayah tertentu. Apalagi ketika kuliner tersebut termasuk kulliner legendaris yang memang sudah dikenal dan diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Salah satu nya adalah kuliner legendaris di Bogor.
Kota Bogor juga menyimpan beragam menu andalan legendaris yang cita rasanya masih terjaga hingga kini walaupun sudah bertahun-tahun dan sudah diturunkan dari generasi ke generasi. Kelezatan makanan legendaris di Bogor bisa menjadi alasan yang kuat bagi Anda untuk mengunjungi kota ini selain dari panorama alam kota ini yang juga bagus.


Jika Anda mengunjungi Kota Bogor, maka daftar 10 makanan legendaris di Bogor ini tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Anda harus mampir dan mencicipi berbagai macam olahan khas Bogor yang nikmat dan juga lezat. Berikut ini merupakan daftar kuliner legendaris di Bogor untuk kamu.

Rekomendasi Kuliner Legendaris di Bogor


1. Martabak Encek Suryakencana

Martabak Encek Suryakencana
image credit : @bogoreatery


Kuliner legendaris di Bogor yang pertama adalah martabak encek suryakencana. Martabak manis yang satu ini memang sudah dikenal karena keunikan pembuatannya yang masih tradisional dan juga rasanya yang masih sangat otentik. Bahkan, martabak manis yang satu ini masih mengggunakan arang sebagai bahan bakar proses pemasakannya. Walaupun memakan waktu yang lama akan tetapi kualitas rasa yang diberikan memang tidak main-main.
Anda bisa menemukan martabak manis yang satu ini di Daerah Perempatan Gang Aut Suryakencana, Kota Bogor, Jawa Barat. Martabak encek suryakencana ini mulai buka pukul 14.00 WIB hingga habis.

Baca juga :  7 Kuliner Khas Bangkalan Madura, Lezat menggoyang lidah
Gotravelly

Menyantap Gurihnya Bubur Roomo Salah Satu Kuliner Khas Gresik

Berlibur Ke Bali 


2. Sop Buah Pak Ewok

Sop Buah Pak Ewok
image credit : @kuliner_bgr


Rekomendasi Kuliner legendaris di Bogor yang kedua adalah sop buah Pak Ewok yang sudah berdiri sejak tahun 1980-an. Sop buah yang satu ini juga menyediakan sop durian yang menjadi promadona dari kedai es ini. Kedai sop buah yang satu ini juga selalu ramai menjadi tujuan para pengunjung untuk mencari kesegaran di siang hari.
Anda bisa mengunjungi kedai soop buah ini di Jalan Prof. Andi Hakim Nasoetion No. 15 Bogor atau di Jalan Haur Jaya No. 2, Air Mancur, Bogor. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 15.000 hingga Rp. 37.000 untuk menu sop buahnya.


3. Lumpia Basah Suryakencana

Lumpia Basah Suryakencana
image credit : @bogoreatery


Di Bogor juga terdapat olahan lumpia yang sangat legendaris yaitu adalah lumpia basah Suryakencana. Perpaduan isi dari lumpia ini yang terdiri dari tahu goreng, tauge, telur, dan juga bengkoang dengan bumbu yang mantap memang membuat lumpia ini berbeda dengan jenis lumpia basah lainnya. Tidak salah jika lumpia basah ini selalu ramai dikunjungi pembeli.
Anda bisa mendatangi kedai lumpia basah ini di Jalan Suryakencana No.89, Kota Bogor.


4. Soto Kuning Pak Yusuf

Soto Kuning Pak Yusuf
image credit : @shintaprahesty


Salah satu ciri khas dari Kota Bogor adalah Soto Kuning. Dan jika Anda ingin mengincipi rasa soto kuning yang otentik, Anda bsia mendatangi jalan Suryakencana No. 244, Bogor. Karena disini terdapat soto kuning Pak Yusuf yang sidah terkenal karena cita rasa soto kuningnya yang sangat lezat.


5. Soto Bogor Pak Salam

Soto Bogor Pak Salam
image credit : @mrshelgaindra


Selain soto kuning, soto bogor juga menjadi khas dari Kota Bogor. Kedai Stoto Bogor Pak Salam merupakan salah satu kedai soto bogor tertua yang bisa Anda cicipi ketika berkunjung ke Kota Bogor. Kedai soto ini menawarkan olahan soto bogor dengan tambahan daging sapi, jeroan sapi, kikil, usus, babat, dan juga paru yang lezat.
Anda bisa mendatangi kedai soto bogor ini yang beralamat di Jalan Siliwangi No. 298, Sukasari, Kota Bogor.

Baca juga :  10 Makanan Khas Malta Rasanya Menggoda Lidah


6. Cungkring Pak Jumat

Cungkring Pak Jumat
image credit : @separuhakulemak


Telah beridiri sejak tahun 1975, cungkring menjadi salah satu makanan legendaris di Bogor yang wajib Anda cicipi karena makanan ini termasuk makanan tradisional dari tanah Sunda. Cungkring ini sendiri sebenarnya memiliki arti sebagai kikil sapi. Kedai Cungkring Pak Jumat menawarkan olahan cungkring yang nikmat dengan bumbu kacangnya yang tidak ada duanya.
Anda bisa mencicipi olahan yang satu ini dengan datang ke Jalan Suryakencana No. 285, Bogor.


7. Sate Sumsum Pak OO

Sate Sumsum Pak OO
image credit : @separuhakulemak


Makanan legendaris di Bogor yang satu ini telah berdiri sejak tahun 1965. Ini merupakan olahan sate sumsum dan juga sate ginjal yang sudah terkenal di Bogor karena citarasanya yang menggoda. Untuk mencicipi kuliner yang satu ini Anda bisa mendatangi daerah Jalan Suryakencana No. 193, Kota Bogor, Jawa Barat.


8. Bubur Ayam Kabita

Bubur Ayam Kabita
image credit : @foodeatology


Kedai bubur ayam yang satu ini telah berdiri sejak tahun 1971 dan menjadi salah satu makanan legendaris di Bogor yang wajib untuk Anda datangi. Yang menjadi keunggulan dari bubur ayam yang satu ini adalah kuah kaldunya yang banyak mengandung rempah dan juga daging ayamnya yang melimpah. Anda bisa mencicipi bubur ayam yang satu ini dengan mendatangi Jalan Raya Gunung Batu No. 67, Kota Bogor, Jawa Barat.


9. Warung Laksa Pak Inin

Warung Laksa Pak Inin
image credit : @silvana.crysdian


Makanan legendaris di Bogor salah satunya adalah olahan laksa. Akan tetapi jika Anda ingin mencoba rasa laksa yang benar-benar mantap, Anda bisa mendatangi Warung Laksa Pak Inin yang telah buka sejak tahun 1965. Olahan laksa di warung ini benar0benar otentik dengan bumbu rempah yang sangat kaya. Tambahan seperti oncom, tauge, tahu kuning, dan juga telur rebus menambah nikmatnya laksa yang ada di warung ini.
Alamat dari laksa Pak Inin ini ada di Jalan Raya Cihideung, Desa Palasari, Cijeruk, Kota Bogor.

Baca juga :  10 Minuman Berbahan Susu di India, Segar Menyehatkan


10. Sop Buntut Mak Emun

Sop Buntut Mak Emun
image credit : @eatineraryid


Dan rekomendasi makanan legendaris di Bogor yang terakhir adalah sop buntut Mak Emun. Sop buntut yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an, dan menjadi salah satu kuliner legendaris yang ada di Bogor karena cita rasa sop buntutnya yang lezat sekali.
Buntut yang diolah di kedai ini juga sangat empuk dan kaya akan bumbu rempah. Pokoknya tidak boleh Anda lewatkan ketika mengunjungi Kota Bogor. Alamat dari Sop Buntut ini adalah di Jalan Jenderal Sudirman No. 48, Bogor Tengah, Bogor.

Ciri Khas Lain Kota Bogor
Kota Bogor dikenal sebagai kota hujan menyimpan banyak sekali destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi ketika berkunjung ke kota ini. Hawa dari Kota Bogor yang sejuk sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan bersama keluarga, rekan, ataupun pasangan. Selain kulinernya, Bogor juga terdapat destinasi wisata menarik yang harus Anda kunjungi ketika pergi ke kota ini.
Selain destinasi wisata dan kelezatan berbagai olahan kuliner, Bogor juga menyimpan keanekaragaman budaya yang sangat kaya. Tidak salah, jika kota yang satu ini menjadi salah satu destinasi favorit saat musim liburan tiba.



Leave a Reply