10 Jajanan Khas Jogja Gurihnya Menggelitik Lidah


Fida  August 30, 2021  0 Comment

Jogja dikenal sebagai salah satu daerah wisata di Indonesia. Tidak heran jika Jogja kerap didatangi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.Selain mengunjungi tempat wisata, anda juga dapat mencoba berbagai makanan atau jajanan saat berkunjung ke Jogja. Berikut daftar 10 rekomendasi jajanan khas Jogja yang bisa Anda coba.

1. Bakpia

bakpia jogja
anekawisata.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan jajanan bakpia. Bakpia dikenal sebagai salah satu jajanan khas Jogja yang menawarkan cita rasa lezat. Jajanan yang satu ini tentu sangat mudah dijumpai saat berkunjung ke Yogyakarta.

Jajanan khas Jogja yang satu ini memiliki isian khas yakni kacang hijau kemudian dibungkus dengan tepung dan dipanggang. Tidak hanya kacang hijau, Anda juga dapat mencoba bakpia dengan berbagai isian seperti coklat hingga keju. Anda dapat membeli bakpia untuk dinikmati langsung maupun sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Jajanan yang satu ini juga dijual dengan kemasan praktis serta harga yang cukup terjangkau.

Gotravelly

Agrowisata Bhumi Merapi, Tempat Edukasi Hingga Swafoto. Ada Santorini Disini!

Nongkrong Di Dasarasa Kopi Jombang Dengan Konsep Joglo Ala Jogja!

2. Geplak

geplak
tuguwisata.com

Salah satu jajanan khas Jogja yang sangat menarik untuk dicoba adalah geplak. Geplak merupakan jajanan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar kelapa, gula, serta pewarna makanan. Jajanan yang satu ini menawarkan cita rasa manis. Anda juga dapat memilih berbagai varian rasa yang ditawarkan seperti vanilla, durian, nangka, coklat, dan masih banyak lagi.

Jajanan yang satu ini memiliki proses pembuatan yang cukup rumit dan membutuhkan waktu lama. Cita rasa yang unik dan khas menjadikan geplak sayang untuk tidak dicoba saat berkunjung ke Yogyakarta. Anda dapat membeli jajanan yang satu ini di berbagai toko oleh-oleh atau toko jajanan di Yogyakarta.

3. Tasuba Tahu Susu Bakso

tasuba
megaluh.com

Ada yang suka menikmati jajanan tahu bakso? Ada jajanan khas Jogja yang unik dan menarik untuk dicoba yakni tasuba atau tahu susu bakso. Sesuai dengan namanya, jajanan yang satu ini cukup berbeda dengan tahu bakso pada umumnya karena tahu yang digunakan adalah tahu susu.

Tahu susu dikenal memiliki tekstur yang lebih lembut jika dibandingkan dengan tahu pada umumnya. Anda akan dimanjakan dengan isian bakso yang padat. Tahu susu bakso juga disajikan dengan cita rasa yang sangat gurih. Proses produksinya yang higienis serta kemasan yang praktis dan menarik menjadikan jajanan yang satu ini sayang untuk tidak dicoba.

4. Yangko

yangko
kumparan.com

Salah satu jajanan khas Jogja yang cukup populer adalah yangko. Yangko merupakan jajanan yang dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung ketan. Jajanan yang satu ini juga memiliki bentuk khas yakni persegi dengan ukuran kecil. Yangko memiliki tampilan yang sangat menarik untuk dicoba dengan berbagai warna yang ditawarkan.

Anda dapat mencoba jajanan yang satu ini dengan berbagai pilihan rasa seperti melon, durian, coklat, nangka, strawberry, dan masih banyak lagi. Jajanan yang satu ini memiliki proses pembuatan yang cukup mudah tetapi membutuhkan ketekunan dan ketelitian. Anda dapat membeli jajanan yangko di berbagai toko oleh-oleh di Yogyakarta.

5. Keripik Belut

keripik belut
travel.tribunnews.com

Saat ingin mencoba salah satu jajanan khas Jogja, Anda dapat menikmati lezatnya keripik belut. Jajanan yang satu ini dikenal menawarkan tekstur yang renyah dengan cita rasa gurih. Keripik belut untuk cocok dinikmati saat bersantai bersama keluarga maupun sahabat.

Kripik yang satu ini dibuat dengan proses yang cukup mudah yakni dengan cara membersihkan belut dan membuang tulangnya. Belut yang telah dibersihkan kemudian diberi berbagai bumbu dan rempah. Setelah itu, belut dibalut dengan tepung kanji, tepung beras, dan juga santan. Keripik belut untuk sangat mudah dijumpai di berbagai toko jajanan atau toko oleh-oleh di Jogja. Kemasannya yang praktis juga menjadikan jajanan yang satu ini cocok dipilih sebagai oleh-oleh.

6. Coklat Monggo

cokelat monggo
outingjogja.com

Pernah mendengar sebutan jajanan coklat monggo? Coklat monggo merupakan salah satu jajanan khas Jogja yang populer dan menarik untuk dicoba. Coklat yang satu ini dikenal menawarkan cita rasa yang khas dan sayang untuk dilewatkan.

Coklat yang satu ini juga memiliki unsur budaya Jawa. Monggo dalam bahasa Jawa memiliki arti silahkan. Coklat ini juga dibungkus dengan kemasan yang ramah lingkungan. Kemasan coklat monggo dibuat dengan kertas daur ulang. Gambar kemasan yang unik menjadikan coklat ini sangat menarik untuk dinikmati maupun dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Jogja.

7. Belalang Goreng

belalang goreng
indozone.id

Pernahkah Anda mengkonsumsi jajanan berupa belalang goreng? Jika belum, mencobanya saat berkunjung ke Yogyakarta. Belalang goreng dikenal sebagai salah satu jajanan khas Jogja yang mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh. Sesuai dengan namanya, jajanan yang satu ini merupakan belalang yang diolah dengan cara digoreng.

Belalang goreng biasa dijual dengan kemasan praktis dan menarik serta menawarkan harga yang cukup terjangkau. Harga yang ditawarkan cukup beragam berkisar Rp 6.000,- hingga Rp 12.000,-. Belalang goreng juga menawarkan tekstur yang sangat renyah dan cita rasa yang gurih. Salah satu belalang goreng yang populer di Jogja adalah Belalang Goreng Pak Gareng.

8. Geblek Jajanan Khas Jogja

geblek Jajanan Khas Jogja
haibunda.com

Geblek dikenal sebagai salah satu jajanan khas Jogja yang populer dan unik. Jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung tapioka. Tepung tapioka yang diolah dengan tambahan bumbu diproses dengan cara digoreng. Jajanan ini memiliki warna putih bersih dan berbentuk bulat seperti angka 8.

Saat mencobanya, Anda akan dimanjakan dengan tekstur yang kenyal. Jajanan yang satu ini tentu sangat cocok dinikmati dalam keadaan hangat. Geblek biasa disajikan bersama dengan saus atau sambal kacang. Anda juga dapat membeli jajanan yang satu ini dengan harga yang sangat terjangkau.

9. Jangkrik Krispi

Jajanan Khas Jogja
rajajangkrik.com

Saat ingin mencoba salah satu jajanan khas Jogja yang populer, Anda dapat membeli olahan Jangkrik Krispi. Sesuai dengan namanya, jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama hewan jangkrik. Anda akan dimanjakan dengan tekstur yang renyah karena diproses dengan cara digoreng.

Jangkrik Krispi sangat mudah dijumpai di pedagang di pinggir jalan maupun di toko oleh-oleh di Jogja. Jajanan yang satu ini juga biasa dijual dengan kemasan praktis serta harga yang terjangkau. Selain cocok dipilih sebagai jajanan atau camilan, jangkrik krispi juga cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

10. Jadah Tempe

jadah tempe
travel.kompas.com

Saat ingin mencoba salah satu jajanan khas Jogja, Anda dapat membeli jadah tempe yang unik dan populer. Jajanan yang satu ini merupakan gabungan dua makanan yakni jadah dan tempe. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa yang lezat dan sayang untuk dilewatkan.

Dadah tempe biasa dijual dengan harga yang terjangkau yakni berkisar Rp 10.000,- hingga Rp 20.000,-. Saat berkunjung ke Jogja, tidak ada salahnya untuk mencoba lezatnya jadah tempe.



Leave a Reply