Unik Berselimut Sejarah Berikut 10 Kuil Tertua di dunia


Reni  March 5, 2019  0 Comment

Kuil Tertua di dunia – Hampir sebagian masyarakat di dunia tidak mengetahui apa saja kuil tertua yang mempunyai sejarah tersebut. Hanya warga sekitar dan para traveller yang benar – benar menyukai nuansa seperti itu yang mengetahui keberadaan kuil ini. Padahal, kuil yang penuh akan sejarah ini sangat indah dan memiliki cerita yang benar – benar unik. Nah, jika Anda penasaran kuil – kuil apa saja sih yang termasuk ke dalam kuil tertua di dunia ini.


1. Stonehenge

Stonehenge
photo via legomenon.com


Kuil pertama yang wajib kamu kunjungi yaitu kuil Stonehenge ini. Lokasi dari Stonehenge ini sendiri yaitu berada di kawasan Wiltshire, inggris. Bangunan kuil ini juga menjadi salah satu bangunan kuil yang bersejarah dan tertua di dunia. Kuil Stonehenge ini dibangun sejak tahun 3000 SM hingga 2000 SM. Anda penasaran? Silahkan datang langsung ya.

Review wisata

nom Penh Terbuat Dari Kenangan Makprang Dan Pulang

Menjelajahi Kuil Wat Rong Khun / White Temple. Beneran Serem?


2. Luxor Temple

 Luxor Temple
photo via memphistours.com


Ternyata luxor temple ini merupakan salah satu kuil tertua Mesir yang berlokasi di bagian timur sungai Nil. Ternyata bangunan kuil luxor temple ini dibangun memiliki tujuan khusus. Tujuan khusus tersebut merupakan untuk mendedikasikan kepada ketiga dewa yang suci yaitu dewa Mut, Amun, dan juga dewa Khinsu. Ketiga dewa tersebut sangat terkenal di sebuah festival keagamaan pada zaman kuno Mesir. Festival tersebut dianggap sangat penting oleh warga Mesir yang sampai di jadikan sebagai chons dan juga festival opet annuel. Kuil yang satu ini telah dibangun sejak tahun 1400 SM oleh Amenhotep III dan telah diselesaikan oleh Tutankhamun, Horemheb serta akhirnya dilanjutkan oleh Rameses II hingga rampung. Panjang dari kuil ini yaitu 850 kaki dan hampir 213 kaki di depannya.


3. Temple Of Hatshepsut

Temple Of Hatshepsut
photo via Lonely Planet


Kuil yang satu ini dibangun dengan kurun waktu 15 tahun lamanya. Kuil ini dirancang oleh kanselir serta arsitek Ratu Hatshepsut yaitu senenmut. Kuil ini dibangun pada saat masa pemerintahannya Hashepsut sejak tahun 1479 SM hingga 1458 SM. Kuil ini juga di bangun dengan memiliki satu tujuan tertentu. Tujuan tersebut merupakan untuk mengenang sebuah pencapaian dan juga sebagai bait pemakaman untuk Hatshepsut serta sebagai salah satu tempat perlindungan bagi dewa Amon Ra.


4. Hypogeum

Hypogeum
photo via uncovermalta.com


Kuil yang satu ini lokasinya benar – benar di dalam tanah dan sepenuhnya bangunan dari kuil ini berada di dalam tanah yang dianggap sebagai salah satu tempat perlindungan. Kuil ini pertama sekali ditemukan pada tahun 1920 yang tidak sengaja di kawasan Malta. Sebanyak 7000 sisa orang – orang yang ditemukan di dalam bangunan ini. Tak hanya itu saja, di dalam bangunan ini juga ditemukan berbagai macam jimat, pernak – pernik, kepala tanah liat, tembikar dan juga batu. Penemuan yang paling berharga di kuil ini dan sangat langka yaitu berupa penemuan sosok tanah liat yang merupakan Sleeping Lady yang telah dianggap sebagai salah seorang ibu dewi. UNESCO juga memberikan sebuah penghargaan serta telah menentukan bahwa kuli ini sebagai salah satu warisan dunia. Jika Anda sangat berminat untuk mengunjungi kuil ini, Anda harus memesan beberapa minggu sebelum Anda mengunjungi kuil ini. Pasalnya kuil ini hanya diizinkan masuk beberapa orang saja dalam seharinya.


5. Temple Of Seti I

Temple Of Seti I
Photo Via memphistours.co.uk


Temple of seti I ini telah dibangun sejak tahun 1279 SM pada saat Seti I memerintah dan telah ujung masa pemerintahannya. Kuil ini berada pada lokasi Abydos di bagian tepi sungai Nil. Tujuan kuil ini dibangun untuk dapat memberikan dedikasinya kepada Osiris dan telah memiliki 7 kuil masing – masing dipersembahkan kepada dewa Mesir yaitu Osiris, Isis, Horus, Ptah, Amun Ra, dan juga Ra – Horakhty. Ada hal yang paling unik dari kuil ini yaitu merupakan terdapatnya daftar Raja Abydos yang telah diukir sepanjang dinding kuil ini sendiri. Daftar – daftar tersebut merupakan nama – nama dari 76 Raja yang pernah memerintah pada kawasan tersebut.


6. Hagar Qim and Mnajdra

Hagar Qim and Mnajdra
Photo Via Julie A Dexter – WordPress.com


Kuil hagar qim and mnajdra ini terletak di sebuah lokasi yaitu berada di bagian ujung selatan dari pulau Malta tersebut. Kuil ini sendiri telah berdiri sejak tahun 3600 SM hingga 3200 SM yang lalu. Oleh UNESCO, komplek megalitik ini telah dianggap sebagai salah satu warisan yang dimiliki oleh dunia. Banyak yang mengatakan bahwa kuil ini dibangun sebagai tujuan keagamaan, karena tidak ditemukan apapun bahkan tidak ditemukan juga ukiran maupun hal lainnya yang berkaitan dengan masa lampau.


7. The Ggantija Temples

The Ggantija Temples
photo via visitgozo.com


Kuil ini ternyata merupakan kuil tertua jika dibandingkan dengan kuil Stonehenge dan juga piramida terbesar yang berada di Mesir. Di pulau Malta terdapat dua kuil yang sangat indah yaitu Ggantija di Xaghra dan juga Gozo. Kuil ini juga termasuk ke dalam salah satu warisan dunia yang diakui oleh UNESCO. Bangunan kuil ini terdapat di bagian ujung yang terdapat dataran tinggi Xaghra menghadap ke bagian tenggara yang tertutup dengan dinding – dinding panjang di sekelilingnya. Kuil tertua di dunia ini telah dibangun sejak tahun 3600 SM hingga tahun 3000 SM lamanya. Arti dari Ggant ini sendiri merupakan raksasa yang dibangun oleh seorang raksasa untuk dapat menyusui anaknya. Kuil ini dibangun untuk dapat didedikasikan kepada Ibu Pertiwi Agung sebagai bukti untuk dapat menunjukkan bahwa adanya Oracle terdapat disana.


8. The Amada Temples

The Amada Temples
photo via travel-tour-guide.com


Kuil ini telah di bangun sejak abad Dinasti ke – 18 di Nubia. Kuil yang sengaja dibangun untuk mendedikasikan kepada dewa Amun Ra serta Re – Horakthy oleh Thutmose III. Setelah itu, Amenhotep II melanjutkan pembangunan struktur dekorasi dari kuil ini dan dilanjutkan untuk pembangunan atap oleh Thutmose IV. Kemudian, Akhenaten telah memiliki nama dari Amun tersebut yang dihancurkan kembali lalu dipugar oleh Seti I dari Dinasti ke – 19 yang lalu. Ada dua prasasti yang menjelaskan mengenai kuil ini. Prasasti tersebut menjelaskan mengenai kekejaman yang terjadi di kuil tersebut dengan berbagai peristiwanya.


9. Gobekli Tepe

Gobekli Tepe
photo via allthatsinteresting.com


Gobekli Tepe ini merupakan kuil yang terdapat di puncak bukit di bagian Turki Tenggara. Usia kuil ini yaitu sekitar 11.000 tahun yang berasal dari milenium ke delapan hingga kesepuluh. Kuil ini dibangun untuk digunakan sebagai salah satu ritual keagamaan yang sering dilakukan pada masa itu. Di kuil ini juga terdapat banyaknya ukiran – ukiran yang bergambar singa, babi hutan, rubah, ular, bebek liar, bangau dan berbagai adegan – adegan lainnya yang diukir di sekitar dinding kuil tersebut.


10. Palace Of Knossos

Palace Of Knossos
photo via touropia.com


Bangunan kuil ini dibangun di bagian tenggara Heraklion yang telah dihuni selama beberapa ribu tahun lamanya. Awalnya sejak tahun ketujuh millenium yang lalu hingga setelah penghancuran ditinggalkan begitu saja pada tahun 1375 SM. Palace of knossos ini merupakan kuil pertama sekali yang dibangun sejak tahun 1900 SM yang lalu. Masih banyaknya pendapat mengenai fungsi bangunan ini. Ada yang berpendapat bahwa bangunan kuil ini digunakan sebagai salah satu pusat pemerintahan dan ada pula yang beranggapan bahwa bangunan ini digunakan sebagai tempat keagamaan bahkan ada yang berpendapat bahwa bangunan ini diperuntukan untuk pusat pemerintahan dan juga keagamaan. Kuil ini telah ditinggal sejak tahun 1380 hingga 1100 SM pada zaman perunggu dengan tujuan untuk menghindari bencana alam yang sering terjadi di daerah atau kawasan sekitar kuil tersebut.
Nah, kuil – kuil tertua di dunia ini memiliki sejarah yang cukup menarik ya!



Leave a Reply