Kue Khas Pekanbaru yang Kekinian, Wajib Beli!


Fida  September 25, 2023  0 Comment

Mengunjungi Pekanbaru tentu menjadi hal menyenangkan yang bisa kamu coba untuk mengisi waktu berlibur. Ada banyak tempat wisata menarik yang menawarkan keindahan alam, budaya, dan juga sejarah untuk kamu kunjungi. Selain mengunjungi tempat wisata, kamu juga dapat mencoba dan berburu berbagai oleh-oleh, makanan, hingga jajanan khas Pekanbaru yang tersedia. Lezatnya kue khas Pekanbaru juga tidak kalah menggugah selera dan wajib kamu coba.

Kue Khas Pekanbaru :

1. Pancake Durian

pancake durian
tripadvisor.co.id

Durian termasuk salah satu buah yang bisa kamu temukan dengan mudah di Pekanbaru. Begitu pula dengan berbagai olahannya seperti pancake durian. Meski bernama sama, pancake ini berbeda dengan pancake durian yang menjadi oleh-oleh khas Medan. Buah durian yang menjadi bahan baku merupakan produk asli Pekanbaru yang memiliki rasa yang khas. Jajanan ini kerap diburu bagi pecinta olahan kue khas Pekanbaru.

Kemasannya yang cantik dan unik juga tidak mengurangi rasa dari durian tersebut. Justru hal itu membuat jajanan ini berbeda dan menjadi favorit banyak orang. Siapapun yang datang ke Pekanbaru selalu mencari panganan satu ini. Rasa lezat pancake ini pun akan semakin terasa saat dalam keadaan dingin.

Jika kamu tertarik, bisa membeli panganan ini saat akan berjalan pulang agar kesegaran buahnya masih terjaga. Untuk mendapatkannya pun cukup mudah sebab banyak tersedia di toko oleh-oleh sekitaran Pekanbaru. Kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp10.000,00 hingga Rp150.000,00 per kotak tergantung jumlah dan jenis durian. Salah satu tempat terkenal untuk membeli pancake ini adalah Toko Kembang Sari.

2. Roti Jala

roti jala
ranahriau.com

Jajanan satu ini sudah sangat terkenal di Pekanbaru. Roti jala menjadi salah satu kue khas Pekanbaru yang disukai oleh semua kalangan. Bentuknya yang unik menyerupai jala ikan dan rasanya yang khas jadi alasan utama. Banyak yang menyebut roti jala merupakan hasil adaptasi dari kuliner India. Namun seiring waktu cita rasanya pun telah sesuai dengan lidah orang Indonesia terutama lidah melayu.

Baca juga :  10 Oleh-oleh Khas Pekanbaru Riau Paling Rekomended

Kamu bisa menikmati roti unik ini dengan dua cara. Pertama langsung tanpa kuah dan yang kedua dengan kuah kari atau kuah durian. Tekstur roti yang kenyal karena terbuat dari telur, tepung, dan minyak terasa nikmat saat digigit. Ditambah lagi lubang-lubang yang terbentuk seperti menjadi sendok untuk kuahnya sehingga rasanya semakin nikmat.

Untuk mendapatkan makanan ini kamu bisa mengunjungi toko kue tradisional atau pusat oleh-oleh khas Pekanbaru terdekat yang ada. Harga dari roti ini pun bervariasi. Untuk kamu yang ingin membeli rotinya saja siapkan uang sekitar Rp2.000,00 per biji hingga Rp70.000,00 per kg.

Sedangkan paket lengkap dengan kuah bisa kamu dapatkan dengan harga Rp30.000,00. Setibanya di rumah, roti ini bisa kamu hangatkan kembali agar semakin nikmat.

3. Kue Bangkit

kue bangkit
potretnews.com

Kue khas Pekanbaru yang dikenal lezat berikutnya adalah kue bangkit. Nama bangkit berasal dari proses memasak kue ini dimana adonan bangkit dan mengembang saat di oven. Bahan utamanya terbuat dari sagu sehingga teksturnya sangat renyah. Rasa manis juga bisa kamu rasakan dari campuran gula merahnya.

Jajanan ini biasa tersaji saat cara lebaran dan sekarang bisa kamu dapatkan dengan mudah di sejumlah toko. Salah satu toko dan merek terkenal kue bangkit ini adalah Kue Bangkit Kembang. Satu kemasannya biasa dijual dengan harga sekitar Rp15.000,00 hingga Rp85.000,00 tergantung isinya. Ukurannya yang kecil dan rasanya yang nikmat sangat cocok jadi teman di perjalanan atau saat bersantai.

4. Bolu Kemojo

bolu kemojo
bertuahpos.com

Kue khas Pekanbaru satu ini sangat mirip dengan Bolu Kojo yang menjadi oleh-oleh khas Palembang. Arti dari namanya pun sama, yakni bolu kamboja. Hal yang membedakan antara kedua bolu ini adalah variasi pilihan rasanya. Bolu kemojo memiliki varian rasa durian, pandan, jagung, dan juga cokelat yang membuatnya semakin menarik.

Baca juga :  13 Tempat Makan Keluarga di Pekanbaru Enak dan Populer

Tekstur lembut serta rasa manis yang khas menjadi alasan kue ini termasuk favorit banyak orang. Salah satu gerai yang sangat terkenal dengan kualitas kuenya adalah Gerai Al Mahdi di Jl. Rajawali, Sukajadi. Cukup merogoh kocek sekitar Rp1.500,00 hingga Rp3.000,00 kamu sudah bisa mendapatkan kemasan kecil kue ini. Namun jika ingin berbagi ke sanak saudara, ukuran besarnya dibanderol sekitar Rp15.000,00 sampai Rp25.000,00 per kotaknya.

5. Talam Durian

talam durian
tribunpekanbarutravel.tribunnews.com

Selain menjadi tempoyak atau dodol, durian juga bisa diolah menjadi talam. Namun berbeda dengan kue talam pada umumnya, talam durian ini memakai ketan sebagai lapisan tambahan. Rasanya pun jadi lebih gurih dan manis berkat perpaduan antara durian dan ketan. Bagi kamu penyuka durian dan makanan manis, kue khas Pekanbaru yang satu ini wajib kamu coba.

Tempat paling recommended untuk mendapatkan kue manis ini adalah Rumah Kue Viera yang ada di Jl. Melati, Kota Pekanbaru. Toko kue Viera juga menjadi pelopor tenarnya talam durian khas Pekanbaru. Harganya pun lebih murah dibanding tempat lain yakni sekitar Rp50.000,00 per kotaknya.

6. Kacang Pukul

kacang pukul
riau.suara.com

Sekilas makanan ini mirip dengan teng teng yang ada di Jawa Tengah. Namun dengan bentuk dan tekstur kacang yang lebih halus, kue khas Pekanbaru yang satu ini berhasil menarik minat masyarakat maupun wisatawan. Seperti namanya bahan utama kudapan ini berasal dari campuran kacang dan gula yang dipukul hingga menyatu. Rasa manis serta gurih dari kacang membuat kacang pukul cocok menjadi teman bersantai.

Salah satu merek terkenal di Pekanbaru dari jananan ini adalah Kacang Pukul HH. Satu kemasannya sangat murah karena hanya Rp25.000,00 per kotak dengan isi yang cukup banyak.

7. Lempuk Durian

lempuk durian
tjokrohotel.com

Kota bertuah juga terkenal sebagai penghasil durian beserta olahannya. Salah satu yang cukup populer adalah lempuk durian atau dodol durian. Namun berbeda dengan lempok durian yang menjadi oleh-oleh khas Palembang, lempuk ini lebih kering dan padat. Teksturnya tetap kenyal dan punya rasa legit yang manis.

Baca juga :  7 Oleh-oleh Khas Riau Paling Mantap + Rekomendasi Toko

Uniknya lagi lempok durian ini biasa dibungkus dengan daun lontar. Kamu bisa mendapatkan jajanan manis ini di setiap pusat oleh-oleh yang ada di Pekanbaru. Untuk harganya tidak terlalu mahal. Kemasan 400 gram bisa kamu dapatkan mulai harga Rp60.000,00 sedangkan ukuran yang lebih besar sering dijual dengan harga Rp120.000,00.

8. Kue Khas Pekanbaru : Mr. Cream Puff

mr cream puff
brosispku.com

Ingin mencoba olahan kue khas Pekanbaru? Mr. Cream Puff salah satunya. Kue sus yang biasanya berukuran kecil, di tempat ini lebih besar dengan isian yang padat.Pilihan rasanya pun bervariasi tidak hanya ada rasa susu. Ada juga rasa cokelat, vanila, durian, cappuccino, tiramisu, hingga greentea.

Harganya juga tidak terlalu mahal, karena berkisar antara Rp7.000,00 hingga Rp110.000,00 per kemasan. Outlet Mr. Cream Puff bisa kamu temukan di Jl. Rajawali daerah Kota atau di pusat oleh-oleh khas Pekanbaru yang tahan lama yang ada.

9. Kue Khas Pekanbaru : Lopek Bugi

lopek bugi
lemper.inews.id

Kue khas Pekanbaru dari ketan ini bisa jadi bawaan kamu ketika pulang. Selain ketan, agar rasanya semakin nikmat lopek ini ditambahkan dengan santan, air pandan, dan garam. Ada dua varian lopek yang bisa kamu coba yakni lopek pulut hitam, dan lopek pulut putih. Lopek bugi ini dikenal juga dengan nama lepat bugi oleh sebagian besar masyarakat.

Salah satu rekomendasi lopek terkenal adalah Lopek Bugi Bu Elis yang ada di Jl. Arifin Achmad. Kamu bisa mendapatkan jajanan ini dengan harga Rp12.000,00 per kemasan.

10. Kue Khas Pekanbaru : Roti Siak

roti siak
tripadvisor.com

Nama lain roti ini adalah roti bagelen dan termasuk jenis roti panggang. Ukurannya kecil dan pas di mulut sehingga sering menjadi camilan saat santai. Rasanya manis gurih berkat taburan gula serta olesan mentega di atas roti. Teksturnya yang renyah pas untuk kamu nikmati bersama susu, teh, atau kopi.

Kamu bisa mendapatkan roti kering ini di sejumlah toko roti atau jajanan khas Pekanbaru. Tidak perlu merogoh kocek dalam, cukup dengan Rp8.000,00 kamu sudah bisa mendapatkan sepotong roti ini.

source : https://www.youtube.com/@inikonten

Itulah daftar kue khas Pekanbaru yang dikenal lezat dan bisa kamu coba. Dari daftar di atas, kue manakah yang tampak paling menggugah selera dan ingin kamu coba?



Leave a Reply