10 Makanan Khas Tahun Baru di Jepang Sarat Akan Makna


Altesa  November 22, 2022  0 Comment

Tahun baru memang menjadi satu momen yang seringkali dirayakan dengan meriah dan dengan berbagai cara dan tradisi unik. Seperti di Indonesia, kita menemui ada berbagai kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat untuk merayakan atau memperingati hari kemerdekaan, salah satunya dengan mengadakan berbagai lomba dan upacara bendera.  Selain dengan kegiatan-kegiatan dan tradisi yang semarak, salah satu yang menjadi ciri khas dari perayaan tahun baru adalah makanan-makanan tertentu. Lain tempat lain pula makanan khas tahun baru yang disantap. Masing-masing negara memiliki makanan yang identik dengan momen tahun baru. Seperti halnya Polandia yang memiliki ikan herring, Filipina dengan buah-buahan berbentuk bulat, dan Spanyol dengan buah anggur. Namun tahukah kamu bahwa ada negara dengan makanan khas tahun baru yang tidak hanya satu, namun ada belasan, dan negara tersebut ialah Jepang. Nah, buat kamu yang penasaran, yuk simak, i nilah 10 makanan khas tahun baru di Jepang.

1. Kuri Kinton

Kuri Kinton
justonecookbook.com

Makanan khas tahun baru di Jepang yang pertama ialah Kuri kinton. Bagi pecinta kacang-kacangan dan pecinta ubi mungkin akan menyukai makanan asal Jepang berikut ini. Kuri Kinton merupakan makanan sejenis manisan yang terbuat dari kacang kastanye atau chestnut manis yang direbus dan selanjutnya di baluri atau diselimuti dengan ubi jalar yang dihaluskan dan ditambahkan dengan sirup manis. Namun ada pula yang menambahkan pasta kacang merah kedalam adonan ubi jalar sehingga rasanya menjadi lebih nikmat.

Kuri Kinton memiliki warna kuning keemasan yang melambangkan harapan dan keinginan akan kemakmuran dan kesejahteraan pada tahun yang akan datang.

Gotravelly

Jalan-Jalan & Kulineran Di Gion Shirakawa: Mulai Dari Bangunan Tua Hingga Sushi

Yoshinoya Osaka: Mencicipi Langsung Rice Bowl Hits Di Negara Asalnya

2. Kamaboko

 Kamaboko
food.detik.com

Makanan khas tahun baru di Jepang yang kedua ialah Kamaboko. Kamaboko sendiri adalah kue ikan yang memiliki warna merah dan putih, dimana dua warna ini merupakan warna tahun baru bagi Jepang. Kue ikan ini dibuat dari ikan surimi atau ikan air laut putih. Ikan ini kemudian di halurkan hingga menyerupai bubur dan kemudian di bentuk memanjang pada sebuah papan kayu dan lalu di kukus. Setelah selesai dikukus dan adonan memadat, Kamaboko dapat dipotong-potong sesuai selera, biasanya menipis. Kue ikan ini biasanya dihidangkan dengan dilengkapi saos untuk bahan celupan atau digunakan sebagai topping makanan berkuah seperti sup atau mie. Jika kamu pernah memakan ramen dan menjumpai satu toping dengan warna merah putih spiral itu adalah salah satu jenis Kamaboko yang disebut Narutomaki.    

3. Datemaki

Datemaki
worldfood.guide

Yang ketiga, ada makanan khas tahun bari di Jepang yang disebut Datemaki. Jika melihat penampilan dari makann ini, kamu yang tahu mungkin akan mengira makanan ini sama dengan Tamago Yaki. Namun ketika kamu mencicipinya, kamu akan tahu bahwa ini adalah makanan yang berbeda. Datemaki sendiri simplenya adalah dadar gulung dengan rasa manis. Selain rasanya yang manis, perbedaan dari dadar gulung pada umumnya ialah dalam proses pembuatannya, adonan telur ditambahkan dengan ikan dan udang yang juga telah di haluskan. Tambahan dua bahan ini yang membuat tekstur dari Datemaki menjadi lebih lembut. Sedangkan rasa manis dihasilkan dari penambahan mirin dan gula dalam jumlah banyak.

Datemaki memiliki filosofi tersendiri sehingga dapat menjadi makanna khas tahun baru di Jepang. Pada jaman dahulu, orang-orang menyimpan dokumen atau lukisan dengan cara digulung sehingga bentuk Datemaki yang menyerupai gulungan ini diartikan sebagai keinginan agar kebudayaan dan pembelajaran semakin berkembang. Wah, harapan yang sangat bermakna ya.

4. Tai

Tai
traveling.bisnis.com

Jangan gagal paham dengan nama makanan khas tahun baru  di Jepang yang satu ini yah. Meski namanya kurang estetik ditelinga orang Indonesia, namun makanan yang satu ini juga memiliki banyak penggemar. Tai merupakan ikan utuh yang telah dibersihkan dna kemudian dipanggang. Ikan yang digunakan sendiri ialah jenis ikan Sea Bream. Diharapkan dengan menyajikan ikan ini pada momen tahun baru, akan mendatangkan keberuntungan. Ikan panggang ini harus diletakkan ditengah-tengah hidangan atau makanan lainnya dan ditempatkan pada wadah atau piring terpisah.

5. Toshikoshi Soba

Toshikoshi Soba
we-xpats.com

Makanan khas tahun baru di Jepang selanjutnya telah ada sejak abad ke-17. Adalah Toshikoshi Soba atau mie Soba. Mie Soba yang menjuntai panjang digambarkan pada harapan untuk memiliki umur yang panjang. Selain itu, menyantap mie soba di malam menjelang pergantian tahun dipercaya dapat memperlancar segala urusan di tahun selanjutnya serta dijauhkan dari berbagai jenis halangan dalam menjalani kehidupan. Mie Soba di sajikan dalam berbagai varian, bisa kering maupun berkuah. Mie Soba dengan varian kuah biasanya dihidangkan dnegan topping bakso ikan, daun bawang cincang, telur, dan masih banyak lagi. Terdengar menggoda sekali bukan menyantap hidangan yang satu ini menjelang tengah malam.

6. Kazunoko

Kazunoko
justonecookbook.com

Berikutnya ada makanan khas tahun baru di Jepang yang bernama Kazunoko. Kazunoko sendiri adalah telur ikan Haring. Telur ikan satu ini berbentuk memanjang berwarna kuning. Telur ikan ini kemudian diasinkan dan dihidangkan menggunakan kecap jepang, rumput laut, serta serpihan bonito. Kazunoko menjadi makanan khas tahun baru dikarenakan Kazunoko melambangkan panen yang melimpah. Sehingga diharapkan di tahun yang akan datang setiap orang akan mendapatkan panen yang melimpah ruah atau rejeki yang banyak.

7. Ozoni

Ozoni
japanesestation.com

Jika makanan khas tahun baru di Jepang sebelumnya dihidangkan pada malam pergantian tahun, maka makanan yang satu ini berbeda. Bernama Ozoni, biasa di hidnagkan pada pagi hari di awal tahun atau sarapan di tanggal 1 Januari. Ozoni merupakan olahan sup yang berisi mochi dan berbagai bahan pelengkap lainnya. Ozoni di Jepang sendiri ada berbagai jenis sesuai dengan daerah masing-masing.

8. Kobumaki

Kobumaki
commons.wikimedia.org

Makanan khas tahun baru di Jepang selanjutnya bernama Kobumaki. Kobumaki yaitu makanan yang terdiri dari irisan ikan laut yang digulung menggunakan rumput laut (konbu) dan kemudian di rebus. Kobumaki ini di masak dengan bumbu yang cukup kuat dengan tujuan agar dapat bertahan beberapa hari. Makanan ini dianggap sebagai lambang kebahagiaan karena  kata “kobu” terdengar sepertti “yorokobu” yang berarti kebahagiaan.

9. Kinpira Gobo

 Kinpira Gobo
getrecipecart.com

Makanan khas tahun baru di Jepang yang ke-9 ialah Kinpira Gobo yang secara harfiah memiliki arti “burdock pipih emas”. Burdock sendiri adalah sayuran semacam akar tunggak yang kaya akan vitamin seperti B-6, Magnesium dan lainnya. Cara membuat kinpira Gobo sendiri ialah dnegan membersihkan kotoran luar dari burdock kemudian diiris tipis-tipis dan selanjutnya ditumis menggunakan minyak wijen selanjutnya diberi tambahan bumbu pelengkap lain seperti gula, kecap dan lain sebagainya. Kinpira gobo biasa disajikan dalam makanan kotak bento sebagai makanan pendamping.

10. Tazukuri

Tazukuri
japanesestation.com

Jika melihat makanan khas tahun baru di Jepang yang terakhir berikut ini, kamu akan berfikir ini adalah teri jika di Indonesia. Bernama Tazukuri, makanna ini merupakan ikan kecil yang dibumbui dengan rasaasin-manis. Pada jaman dahulu di Jepang, Tazukuri digunakan sebagai pupuk dalam pertanian, sehingga sekarang Tazukuri dianggap sebagai pembawa panen yang melimpah di tahun mendatang.



Leave a Reply