10 Makanan Khas Tahun Baru di Jepang Sarat Akan Makna


Jehan  November 22, 2022  0 Comment

Makanan Khas Tahun Baru Jepang – Tahun baru memang menjadi salah satu momen yang seringkali dirayakan dengan meriah dan dengan beragam cara. Tak khayal, banyak negara yang merayakan tahun baru dengan berbagai jenis perayaan unik bahkan di antara negara-negara di penjuru dunia memiliki tradisi unik tersendiri.

Salah satu negara yang kental dengan sebuah tradisi adalah Jepang. Negara Sakura ini tidak hanya dikenal sebagai destinasi wisata yang mengesankan saja, melainkan Jepang juga telah banyak menarik perhatian mata penduduk dunia dengan kekayaan budayanya.

Bagi orang Jepang, tahun baru merupakan sebuah momen terpenting. Tahun baru menjadi kesempatan istimewa untuk seseorang berkumpul dengan orang tersayang mereka. Oleh karena itu, tahun baru di sana menjadi salah satu momen yang dirayakan dengan serius.

Satu hal yang dapat kita temui ketika perayaan tahun baru di negeri ini adalah suguhan makanan tradisional yang hanya dikeluarkan pada hari perayaan istimewa saja. Orang Jepang mengenalnya dengan nama Osechi Ryori yang berarti makanan yang dinikmati pada saat malam perayaan tahun baru. Penasaran apa saja menu makanan tahun baru di Jepang? yuk, simak terus di bawah ini.

Berikut 10 Makanan Tahun Baru Jepang:

1. Kuri Kinton

Kuri Kinton
justonecookbook.com

Makanan khas tahun baru di Jepang yang pertama ialah Kuri kinton. Bagi sobat GoTravelly pecinta kacang-kacangan dan ubi, cobain deh menu makanan Jepang yang satu ini. Kuri Kinton sebuah makanan dengan rasa manis dengan bahan dasar kacang kastanya atau sering kita kenal dengan sebutan chestnut.

Kacang ini akan diolah dengan cara direbus lalu langkah penyajian selanjutnya adalah menyelimuri kacang dengan ubi jalar yang telah dilembutkan seperti bubur. Sebagai sentuhan rasa manis terakhir, akan ditambahkan siraman sirup manis untuk membuat rasa Kuri Kinton semakin sempurna.

Sebagai variasi lain, orang Jepang juga seringkali menambahkan pasta kacang merah ke dalam adonan ubi jalar. Menu sajian makanan tahun baru Jepang ini memiliki warna kuning keemasan yang dipercaya sebagai simbol dari harapan serta keinginan untuk kemakmuran dan kesejahteraan pada tahun mendatang. Apa kamu bisa membayangkan bagaimana rasa lezat dari Kuri Kinton yang menjadi sebuah makanan khas Jepang ini?

Jalan-Jalan & Kulineran Di Gion Shirakawa: Mulai Dari Bangunan Tua Hingga Sushi

Baca juga :  Jalan Jalan Ke Korea? Cobain 10 Brand Ayam Goreng Korea Paling Enak

Yoshinoya Osaka: Mencicipi Langsung Rice Bowl Hits Di Negara Asalnya

2. Kamaboko

 kamaboko makanan tahun baru jepang
food.detik.com

Selanjutnya ada menu makanan dengan nama Kamaboko. Jika melihat tampilannya sekilas, terlihat cantik seperti puding, bukan? tapi makanan dengan warna dasar putih dan paduan merah muda ini merupakan kue ikan loh.

Sebenarnya penamaan Kamaboko secara umum merujuk pada segala jenis kue ikan terlepas dari bentuk yang seperti apa. Namun, warna putih dan merah muda yang kamu lihat di atas tersebut, merupakan sebuah tanda yang menyimbolkan tahun baru telah tiba.

Kamaboko sebuah makanan berbahan dasar ikan surimi atau ikan air laut putih di Jepang. Daging ikan pilihan tersebut kemudian dihaluskan selembut mungkin hingga menjadi bubur. Setelah memiliki tekstur lembut, tahap selanjutnya adalah meletakkan adonan ke sebuah papan kayu untuk dicetak dan dikukus hingga matang.

Jika adonan Kamaboko telah matang, maka sebelum disajikan adonan yang telah berbentuk padat tersebut akan dipotong dengan ukuran yang disesuaikan dengan selera. Kamaboko seringkali dipotong dalam ukuran tipis untuk memudahkannya ketika dinikmati bersama kudapan atau topping dalam mie dan sup berkuah.

Apa sobat GoTravelly pernah mencoba Kamaboko? jika penasaran bagaimana rasanya, sebenarnya kue ikan ini cukup sering kita jumpai di sajian ramen atau udon ala Jepang loh. Ketika menikmati salah satu menu makanan tersebut, biasanya akan ditambahkan sebuah topping menyerupai irisan bakso dengan bentuk spiral mirip dengan bunga berwarna merah muda dan putih.

Nah, apabila kamu pernah menemukan Kamaboko tersebut di dalam sajian makananmu itu dikenal dengan sebutan narutomaki. Jadi, apakah sobat GoTravelly pernah mencicipi Kamaboko?    

3. Datemaki

datemaki makanan tahun baru jepang
worldfood.guide

Makanan tahun baru Osechi Ryori Jepang selanjutnya adalah Datemaki. Hidangan ini merupakan sebuah omelet manis khas negeri Sakura. Apabila kamu pernah mencicipi tamagoyaki, Datemaki juga memiliki rasa manis yang serupa.

Meski memiliki taste mirip, Datemaki dibuat dengan cara berbeda dari tamagoyaki. Telur dadar manis ala Jepang ini dibuat dengan mencampurkan daging ikan dan udang lembut ke dalam adonan telor. Kedua bahan tersebut adalah salah satu kunci tekstur lembut dari Datemaki.

Trivia menarik mengenai Datemaki adalah makanan berwarna kuning dengan bentuk menyerupai gerigi bunga tersebut mengandung filosofi masa lalu Jepang yang penuh sejarah loh. Bentuk Datemaki yang menyerupai gulungan tersebut, merujuk pada bagaimana orang Jepang menyimpan dokumen atau lukisan berharga mereka dengan cara menggulungnya.

Dari bentuk penyimpanan dokumen tersebut, makanan Datemaki menjadi sebuah pengharapan untuk kebudayaan serta pembelajaran yang dimiliki oleh masyarakat Jepang menjadi semakin berkembang. wow, keren ya!

Baca juga :  10 Makanan Halal di Changi Airport Yang Enak dan Terkenal

4. Tai Sea Bream

tai makanan tahun baru jepang
traveling.bisnis.com

Jangan gagal paham dengan nama makanan khas tahun baru  di Jepang yang satu ini yah. Meski namanya kurang estetik ditelinga orang Indonesia, namun makanan yang satu menjadi salah satu menu hidangan yang dicintai oleh masyarakat Jepang loh.

Tai adalah sebuah nama untuk ikan tawar Jepang yang sangat popular. Daging ikan yang berwarna putih tersebut dikenal memiliki rasa umami ketika diolah menjadi sajian. Makanan yang menjadi menu tahun baru di Jepang ini biasanya diolah dengan cara dipanggang, sashimi, atau direbus.

Ikan Tai Sea Bream memiliki warna sisik merah cerah vermilon yang menurut kepercayaan orang Jepang merupakan warna keberuntungan. Ketika makananan Tai ini disuguhkan saat perayaan tahun baru, maka pengharapan yang dipanjatkan oleh orang Jepang adalah tahun baru yang penuh keberuntungan. Apa kamu tertarik mencicipi ikan keberuntungan ini?

5. Toshikoshi Soba

toshikoshi soba makanan tahun baru jepang
we-xpats.com

Makanan khas tahun baru di Jepang selanjutnya telah ada sejak abad ke-17, yakni sebuah hidangan mie soba yang dikenal dengan nama Toshikoshi Soba. Bagi orang jepang, menikmati mie sobat di malam pergantian tahun baru ini menjadi salah satu tradisi mereka yang hingga saat ini masih dipertahankan.

Mie yang mengulur panjang ini menjadi simbol untuk pengharapan dari umur panjang. Tidak hanya itu saja, masyarakat Jepang juga meletakkan kepercayaan bahwa siapa saja yang memakan Toshikoshi Soba ketika malam tahun baru maka segala urusan mereka akan mendapatkan kelancaran.

6. Kazunoko

Kazunoko
justonecookbook.com

Menu berikutnya yang menjadi makanan tahun baru Jepang adalah Kazunoko. Dilansir dari Taste Atlas penamaan makanan yang satu ini merujuk ke pada sebuah ikan haring asing yang telah diproses dalam perendaman kaldu dashi.

Selain direndam dalam kaldu dashi, ikan ini juga dibumbui dengan kecap, rumput laut atau serpihan bonito. Apakah sobat GoTravelly tahu mengapa Kazunoko dinikmati sebagai salah satu hidangan tahun baru di Jepang?

Jika diterjemahkan nama dari menu makanan ini merujuk pada kata Kazu (angka) dan Ko (anak). Sehingga apabila menikmati Kazuko di tahun baru, maka hidangan ini menjadi simbol untuk sebuah masa depan yang sejahtera serta kesuburuan.

Selain itu, Kazunoko juga sering diartikan sebagai sebuah simbol harapan panen yang melimpah. Hidangan ikan ini bisa dinikmati dalam berbagai macam sajian menu, salah satunya seperti sushi.

Baca juga :  8 Tempat Makan di Central Park Harga dan Rasa Rekomended

7. Ozoni

Ozoni makanan tahun baru jepang
japanesestation.com

Menu-menu makanan tahun baru Jepang sebelumnya, menjadi makanan yang sering dinikmati saat menantikan malam pergantian tahun. Namun hidangan kali ini sedikit berbeda, karena Ozoni yang merupakan sebuah sup dengan berbagai varian isi ini akan dinikmati ketika hari pertama di tahun baru telah tiba.

Ozoni merupakan sebuah sup yang biasanya diisi dengan berbagai macam mochi, irisan wortel, lobak putih, serta daun bawang. Bahan-bahan tersebut dipadukan dengan kuah kecap yang dicampur dengan miso.

Mochi yang ada di dalam Ozoni ini menjadi sebuah lambang keberuntungan. Hingga saat ini menikmati semangkuk Ozoni masih menjadi tradisi tahun baru yang banyak dilakukan dan dinikmati oleh orang Jepang. Terlihat sangat lezat, bukan?

8. Kobumaki

Kobumaki
commons.wikimedia.org

Jika sebelumnya beberapa makanan khas Jepang di atas tersebut menjadi simbol untuk pengharapan keberuntungan atau rezeki berlimbah, kali ini adalah sajian yang menyimbolkan kegembiraan. Menu makanan tahun baru Osechi Ryori Jepang ini bernama Kobumaki.

Kobu berarti rumput laut dan maki berarti roti gulung. Sesuai dengan namanya, makanan ini adalah sebuah sajian roti gulung dengan isian. Di dalam isian gulungan biasanya ditambahkan salmon lalu sebagai sentuhan terakhir akan diikat dengan kanpyo atau labu kering.

Tampilana makanan yang satu ini terlihat cantik dan sederhana. Setelah diikat dengan rapat, Kobumaki akan direbus dengan berbagai racikan bumbu, seperti saus kedelai, mirin, sake, dan gula. Makanan yang satu ini juga bisa kamu temukan pada beberapa varian bento tradisional Jepang loh.

9. Kinpira Gobo

 Kinpira Gobo
getrecipecart.com

Makanan selanjutnya adalah Kinpira Gibo yag terbuat dari umbi burdock yang diolah. Sebenarnya menu ini menjadi hidangan pelengkap yang bisa dinikmati setiap saat. Maka, kamu tidak perlu kaget jika menemukan Kinpira Gobo dalam bento pesananmu.

Kinpiro Gibo dibuat dari umbi burdock yang telah dibersihkan dan diiris tipis-tipis seperti batang korek api, lalu ditumis dan dibumbui dengan minyak wijen dan bumbu pelengkap lainnya. Sobat GoTravelly apakah kamu tertarik mencicipi Kinpiro Gibo yang penuh kandungan menyehatkan ini?

10. Tazukuri

Tazukuri
japanesestation.com

Tazukuri adalah teri khas Jepang yang biasa dinikmati ketika perayaan Osechi Ryori. Ikan teri ini diolah dengan cara dipanggang dan dibumbui dengan biji wijen serta ditambahkan dengan saus kecap. Menu ini biasa menjadi sajian pelengkap untuk menikmati berbagai menu yang disajikan saat tahun baru. Makanan yang menjadi kudapan ini sering dinikmati oleh orang Jepang dengan bir dingin.

source: https://www.youtube.com/@LifeWhereImFrom

Nah, sobat GoTravelly itulah beberapa jenis makanan tahun baru yang biasa dinikmati oleh masyarakat Jepang. Biasanya apa aja sih, yang kamu lakukan untuk berkegiatan di akhir tahun? yuk, bagikan cerita menarikmu bareng GoTravelly dengan klik di sini.



Leave a Reply