Gunung Tertinggi Di Sumatera : Jelajahi Keindahan Luar Biasa


Rio Handika  October 7, 2023  0 Comment

Ada banyak gunung tertinggi di Sumatera yang memiliki pesona luar biasa. Seperti kita ketahui Bersama bahwa setiap daerah di Indonesia memiliki berbagai kenampakan alam yang indah. Keindahan tersebut pun tak luput di daerah Sumatera dengan berbagai hal menarik seperti gunung, perbukitan, hutan, danau, Sungai, dan masih banyak lagi. 

Gugusan pulau besar Sumatera ini masih masuk dalam ring of fire, yang mana memiliki banyak jajaran gunung aktif. Lantas, apa saja gunung yang ada di pulau Sumatera ini? Jika penasaran yuk Simak gunung-gunung di Sumatera yang berikut. 

Gunung Tertinggi di Sumatera :

1. Gunung Bandahara 

gunung bandahara
kompas.com

Ketinggian: 3.030 MDPL

Lokasi: Aceh

Gunung Bandahara, gunung tertinggi di Sumatera, menghadirkan pesona alam yang luar biasa. Dengan puncaknya yang mencapai 3.030 meter di atas permukaan laut, gunung ini menjadi destinasi idaman para pendaki. Pemandangan spektakuler dari puncak Gunung Bandahara akan memukau mata dengan panorama alam yang memukau. 

Pendakian melalui rute yang menantang membawa melintasi hutan lebat, sungai-sungai kecil, dan padang rumput yang luas. Gunung Bandahara juga dikenal karena keanekaragaman flora dan fauna di sekitarnya, termasuk tumbuhan endemik dan hewan langka. Jika sedang mencari petualangan luar biasa di Sumatera, Gunung Bandahara adalah pilihan yang sempurna.

2. Gunung Leuser

gunung leuser
medan.kompas.com

Ketinggian: 3.445 MDPL

Lokasi: Sumatera Barat dan Aceh

Gunung Leuser, gunung tertinggi di Sumatera, adalah surga bagi para pencinta alam dan pendaki. Dengan ketinggian mencapai 3.445 meter di atas permukaan laut, gunung ini menawarkan pengalaman mendaki yang menantang serta pemandangan alam yang luar biasa. 

Rute pendakian melintasi hutan hujan tropis yang lebat, sungai-sungai yang mengalir deras, dan flora serta fauna yang beragam. Gunung Leuser juga merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser yang terkenal dengan keindahan alamnya. Keunikan gunung ini terletak pada ekosistem yang kaya, termasuk harimau Sumatera dan orangutan. 

3. Gunung Talamau 

gunung talamau
regional.kompas.com

Ketinggian: 2.917

Lokasi: Sumatera Barat

Gunung Talamau, adalah destinasi impian para petualang alam. Dengan puncaknya yang mencapai ketinggian 2.912 meter di atas permukaan laut, gunung ini menawarkan pengalaman mendaki yang mengesankan dan pemandangan alam yang menakjubkan. 

Rute pendakian melibatkan perjalanan melalui hutan hujan yang lebat, sungai-sungai alami yang jernih, serta padang rumput yang indah. Keunikan Gunung Talamau terletak pada kekayaan flora dan fauna di sekitarnya, termasuk spesies-spesies langka yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar alam.

Baca juga :  10 Air Terjun di Sulawesi Selalu Ramai Didatangi Wisatawan

4. Gunung Masurai

gunung masurai
id.wikipedia.org

Ketinggian: 2.980 MDPL 

Lokasi: Jambi 

Gunung Masurai, yang merupakan surga bagi para penggemar alam dan pendaki. Dengan ketinggian mencapai 2.980 meter di atas permukaan laut, gunung ini mengundang petualangan yang mengesankan dan pemandangan alam yang menakjubkan. 

Rute pendakian Gunung Masurai membawa kamu melalui hutan lebat, sungai-sungai yang mengalir alami, dan pemandangan padang rumput yang luas. Keindahan alam Gunung Masurai juga mencakup keberagaman flora dan fauna di sekitarnya, menjadikannya tempat yang menarik bagi para pencinta alam. 

5. Gunung Dempo – Gunung Tertinggi di Sumatera

gunung dempo
sumeks.disway.id

Ketinggian: 3.173 mdpl

Lokasi: Sumatera Selatan

Gunung Dempo, yang terletak hanya tujuh jam perjalanan dari Palembang, ibukota Sumatera Selatan, adalah gunung tertinggi di Sumatera yang menjadi daya tarik utama di kawasan tersebut. Kota Pagaralam, yang terletak di lereng Bukit Barisan, menjadi titik awal petualangan. 

Pengunjung dapat menjelajahi kebun teh Gunung Dempo, mendaki puncak gunung, dan menikmati pesona alam di sekitar gunung. Daerah sekitar gunung ini menawarkan air jernih dan kecantikan hutan tropis yang menawan. 

Selain para wisatawan, para pendaki juga bisa menaklukkan puncaknya dan mendirikan tenda di kamp pendakian untuk pengalaman luar biasa di salah satu gunung tertinggi di Sumatera.

6. Gunung Kerinci – Gunung Tertinggi di Sumatera

gunung kerinci
regional.kompas.com

Ketinggian: 3.805 MDPL

Lokasi: Sumatera Barat

Gunung Kerinci, berlokasi strategis di perbatasan Provinsi Sumatera Barat dan Jambi, adalah sebuah permata alam yang menakjubkan. Sekitar gunung ini terhampar hutan tropis yang memukau dengan pesona alamnya. 

Taman Nasional Gunung Kerinci menjadi rumah bagi Harimau Sumatera, yang saat ini tergolong dalam kategori status kritis dan dianggap sebagai hewan yang harus dilindungi. Selain itu, Gunung Kerinci juga menduduki peringkat sebagai gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara. 

Gunung Kerinci memiliki kawah berukuran mencengangkan sekitar 48.000 meter persegi di puncaknya, yang memiliki kedalaman mencapai sekitar 600 meter. Meskipun masih aktif, Gunung Kerinci, gunung tertinggi di Pulau Sumatera, terakhir meletus pada tahun 2009.

7. Gunung Marapi 

gunung marapi
gosumatra.com

Ketinggian: 2.891 MDPL 

Lokasi: Sumatera Barat 

Gunung Marapi, salah satu gunung yang menawarkan pengalaman petualangan yang tak terlupakan. Dengan ketinggian mencapai 2.891 meter di atas permukaan laut, gunung ini menjadi tujuan favorit para pendaki. 

Terletak di Provinsi Sumatera Barat, Gunung Marapi menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan lereng yang hijau dan hutan hujan tropis yang memikat. Rute pendakian mengajak kamu melewati jalan berliku melalui hutan yang lebat hingga mencapai puncak yang spektakuler. 

Selain itu, Gunung Marapi juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang kaya, dengan legenda-legenda yang melingkupi gunung ini. Jika kamu mencari petualangan mendaki gunung tertinggi di Sumatera, Gunung Marapi adalah pilihan yang sempurna.

Baca juga :  Uji Nyali di 10 Benteng Paling Horor di Indonesia, Berani Nggak?

8. Gunung Sinabung 

gunung sinabung
nasional.tempo.co

Ketinggian: 2.460 MDPL.

Lokasi: Sumatera Utara. 

Gunung Sinabung, terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, adalah salah satu gunung tertinggi di Sumatera yang menarik perhatian banyak orang. Dengan ketinggian mencapai sekitar 2.475 meter di atas permukaan laut, gunung ini juga termasuk dalam kategori gunung berapi aktif. 

Pada tahun 2018, Gunung Sinabung memunculkan aktivitas vulkanik yang signifikan, melepaskan abu vulkanik setinggi 5.000 meter. Kejadian ini mencerminkan potensi alam yang kuat di wilayah ini. 

Dari persitiwa tersebut juga menunjukkan betapa pentingnya pemantauan dan mitigasi bencana guna menjaga keamanan masyarakat setempat. Gunung Sinabung adalah contoh menakjubkan tentang betapa dinamisnya lingkungan alam di Sumatera.

9. Gunung Singgalang 

gunung singgalang
oerban.com

Ketinggian: 2.877 MDPL 

Lokasi: Sumatera Barat. 

Gunung Singgalang, dengan ketinggian mencapai 2.877 meter di atas permukaan laut, adalah salah satu gunung tertinggi di Sumatera yang menakjubkan. Terletak di wilayah Sumatera Barat, gunung berapi ini menjadi bagian dari jalur Bukit Barisan. Letaknya berdekatan dengan Gunung Tandikat, serta dengan Gunung Marapi yang terletak di arah barat. 

Gunung Singgalang terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, dan menawarkan pengalaman mendaki yang menantang. Keindahan alam sekitar dengan hutan lebatnya menjadi daya tarik utama. Bagi pecinta petualangan, Gunung Singgalang adalah salah satu destinasi terbaik untuk menaklukkan gunung tertinggi di Sumatera.

10. Gunung Perkison – Gunung Tertinggi di Sumatera

gunung perkison
triptrus.com

Ketinggian: 2.828 MDPL.

Lokasi: Aceh. 

Gunung Perkison, yang terletak di Aceh Tenggara, menawarkan pesona alam yang menakjubkan dengan ketinggian mencapai 2.828 meter di atas permukaan laut. Meskipun dulunya adalah gunung berapi, kini gunung ini telah menjadi tenang. Lokasinya berjarak sekitar 30 kilometer ke arah barat laut dari Kota Kutacane, Kabupaten Aceh Tenggara. 

Gunung Perkison adalah salah satu destinasi pendakian populer di Sumatera, menawarkan pengalaman mendaki yang menantang serta pemandangan alam yang memukau. Dengan lingkungan yang tenang dan berubah menjadi alam liar, Gunung Perkison adalah pilihan ideal bagi pecinta alam yang mencari petualangan mendaki gunung tertinggi di Sumatera.

11. Gunung Talang 

gunung talang
solokkab.go.id

Ketinggian: 2.572 MDPL. 

Lokasi: Sumatera Barat.

Gunung Talang, dengan ketinggian mencapai 2.597 meter di atas permukaan laut, adalah salah satu gunung yang menawan. Gunung ini adalah tipe stratovolcano yang masih aktif, dan kawasan sekitarnya menghadirkan kecantikan alam yang menakjubkan, terutama Danau Talang, kawah cantik yang terletak di dalamnya. 

Sejarah mencatat bahwa Gunung Talang telah meletus beberapa kali sejak tahun 1833, dengan letusan terakhir tercatat pada tahun 2017. Gunung Talang berada di kawasan yang berdampingan dengan empat kecamatan, yang mencakup sepertiga dari Kabupaten Solok. 

Bagi para pencinta alam dan petualangan, Gunung Talang adalah destinasi unik untuk menjelajahi gunung tertinggi di Sumatera dan menyaksikan pesonanya yang menakjubkan.

Baca juga :  Mendaki 10 Gunung Api Tertinggi di Dunia Sensinya Beda!

12. Gunung Talamau – Gunung tertinggi di Sumatera

gunung talamau
padek.jawapos.com

Ketinggian: 2.912 MDPL.

Lokasi: Sumatera Barat. 

Gunung Talamau, salah satu gunung di Pulau Sumatera, menawarkan pengalaman mendaki yang mengasyikkan dengan ketinggian mencapai 2.912 meter di atas permukaan laut, menduduki peringkat kelima tertinggi di Sumatera. 

Terletak di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, gunung ini menarik pendaki dari berbagai penjuru. Jalur pendakian dimulai dari Desa Pinaga dan mengarah hingga ke posko di puncak Gunung Talamau. 

Selain pendakian, Gunung Talamau juga menawarkan pesona alam lainnya, seperti air terjun yang indah dan telaga yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Bagi pecinta petualangan dan keindahan alam, Gunung Talamau adalah destinasi yang tidak boleh dilewatkan di Pulau Sumatera.

13. Gunung Geureudong 

gunung geureudong
gayo.tribunnews.com

Ketinggian: 2.885 MDPL. 

Lokasi: Aceh. 

Gunung Geureudong, dengan ketinggian mencapai 2.885 meter di atas permukaan laut, adalah salah satu gunung tertinggi di Pulau Sumatera dan termasuk dalam tujuh gunung tertinggi di pulau ini. Terletak di Kabupaten Bener Meriah, Aceh, gunung ini menarik perhatian para pendaki petualangan. 

Jalur pendakian yang populer mengarah melalui Desa Bukit Mulie, dengan jarak sekitar 6-7 kilometer dari Gunung Geureudong. Mendaki Gunung Geureudong memberikan pengalaman luar biasa dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

Gunung Geureudong juga memiliki hutan yang rimbun. Bagi pecinta alam dan petualangan, Gunung Geureudong adalah salah satu destinasi terbaik untuk mengeksplorasi gunung yang ada di Pulau Sumatera.

14. Gunung Bumi Telong – Gunung tertinggi di Sumatera

gunung burni telong
readers.id

Ketinggian: 2.600 MDPL 

Lokasi: Aceh. 

Bumi Telong adalah salah satu gunung tertinggi di Sumatera yang menawarkan pesona alam yang memukau. Dengan ketinggian mencapai 2.829 meter di atas permukaan laut, gunung ini menjadi destinasi idaman para pendaki. 

Terletak di Provinsi Sumatera Barat, Bumi Telong menghadirkan pengalaman mendaki yang menantang dan mempesona. Rute pendakian melewati hutan lebat, sungai-sungai yang jernih, dan pemandangan alam yang memesona. Keunikan Bumi Telong terletak pada keberagaman flora dan fauna di sekitarnya.

Hal ini menjadikannya destinasi yang tak terlupakan bagi para pecinta alam. Jika kamu mencari petualangan di alam terbuka dan ingin menaklukkan salah satu gunung tertinggi, Bumi Telong adalah pilihan yang sempurna.

15. Gunung Tandakat – Gunung Tertinggi di Sumatera 

gunung tandakat
ksmtour.com

Ketinggian: 2.438 MDPL.

Lokasi: Sumatera Barat.  

Gunung Tandikat, yang terletak di Dataran Tinggi Minangkabau, Sumatera Barat, adalah salah satu gunung aktif yang memikat para pencinta alam. Gunung ini termasuk dalam tipe stratovolcano dan memiliki tiga kawah bernama kawah A, B, dan K. 

Ketinggian Gunung Tandikat mencapai 2.438 meter di atas permukaan laut. Meskipun memiliki status gunung aktif, Gunung Tandikat menjadi pilihan favorit para pendaki. 

Hal ini karena menawarkan jalur pendakian yang menantang serta keindahan alam yang masih alami. Meski ada kawasan pemukiman di sekitar gunung, terutama di bagian selatan puncaknya, para petualang masih tertarik untuk menjelajahi pesona Gunung Tandikat yang memukau.

source : https://www.youtube.com/@busadventure1003

Itulah tadi 15 gunung tertinggi di Sumatera yang memiliki pesona keindahan alam luar biasa. Pulau Sumatera menjadi pulau terbesar keenam di dunia, jadi tak heran jika memiliki kenampakan alam yang beragam seperti jajaran gunung. Penasaran bagaimana indahnya gunung-gunung diatas? Kamu bisa langsung mengunjunginya. 



Leave a Reply