Gunung Tertinggi Di Jawa Timur : Keindahan yang Mempesona 


Rio Handika  October 7, 2023  0 Comment

Daftar gunung tertinggi di Jawa Timur memang kerap menarik perhatian. Memiliki pesona alamnya yang luar biasa membuat banyak orang terkagum-kagum. Jawa Timur sendiri menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak gunung. 

Dimana, setiap gunung tersebut memiliki karakter, keunikan dan pesonanya masing-masing. Lalu, apa saja gunung-gunung yang ada di Jawa Timur? Nah berikut ada deretan gunung yang ada di provinsi Jawa Timur yang perlu diketahui. 

Gunung Tertinggi di Jawa Timur :

1. Gunung Semeru (3.676 m)

gunung semeru
id.wikipedia.org

Gunung Semeru, juga dikenal sebagai Puncak Abadi Para Dewa, adalah gunung tertinggi di Jawa Timur dan bahkan di seluruh Pulau Jawa. Dengan ketinggian mencapai 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl), Gunung Semeru juga menduduki peringkat ketiga sebagai gunung berapi tertinggi di Indonesia. 

etelah Gunung Kerinci di Sumatra dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat. Keunikan lainnya, Gunung Semeru adalah satu-satunya gunung dari Pulau Jawa yang masuk dalam daftar The Seven Summits of Indonesia, tujuh puncak tertinggi di tujuh pulau terbesar di Indonesia. Panorama indah gunung ini mencakup bukit hijau yang mengelilingi dan Danau Ranu Kumbolo, yang terkenal sebagai tempat persinggahan bagi para pendaki.

2. Gunung Tertinggi di Jawa Timur – Gunung Arjuno (3.339 m) 

gunung arjuno
manusialembah.com

Gunung Arjuno, dengan ketinggian mencapai 3.339 meter di atas permukaan laut (mdpl), adalah gunung tertinggi kedua di Jawa Timur, menjadikannya gunung tertinggi keempat di seluruh Pulau Jawa. 

Baca juga :  Mendaki 10 Gunung Api Tertinggi di Dunia Sensinya Beda!

Sebagai stratovolcano, Gunung Arjuno masih aktif dan berlokasi di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan, termasuk dalam Taman Hutan Raya Raden Soerjo yang melindungi keindahan alamnya. Selain menawarkan panorama alam dari puncaknya yang menakjubkan.

Gunung Arjuno juga memiliki sejumlah candi dan arca Hindu, mengingat peran sejarahnya sebagai tempat bertapa. Di antaranya, terdapat Candi Lesung, Candi Makutoromo, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, hingga Sendang Dewi Kunti yang menambah pesona gunung ini.

3. Gunung Raung (3.332 m)

gunung raung
portalbanyuwangi.laros.id

Gunung Raung, dengan ketinggian mencapai 3.332 meter di atas permukaan laut, merupakan gunung ketiga tertinggi di Jawa Timur dan menduduki peringkat kelima sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung ini terletak di wilayah Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Jember. 

Sebagai gunung berapi aktif, Gunung Raung memiliki kaldera kering terbesar di Pulau Jawa, dengan lebar mencapai 2 kilometer dan kedalaman hingga 500 meter. Gunung Raung dikenal dengan jalur pendakiannya yang menantang dan ekstrem, dengan jalur yang hanya selebar setapak dan jurang terjal di kedua sisi. 

Pendaki juga harus membawa air minum sendiri karena gunung ini tidak memiliki sumber air. Bagi para petualang, mendaki Gunung Raung adalah pengalaman yang menguji keberanian dan ketahanan fisik.

4. Gunung Tertinggi di Jawa Timur – Gunung Lawu (3.265 m)

gunung lawu
travel.kompas.com

Gunung Lawu, dengan ketinggian mencapai 3.265 meter di atas permukaan laut. Hal itu membuatnya menempati peringkat keempat sebagai gunung tertinggi di Jawa Timur dan keenam di Pulau Jawa, setelah Gunung Raung. 

Lokasinya melintasi tiga kabupaten, yaitu Karanganyar, Ngawi, dan Magetan. Meskipun terakhir meletus pada 28 November 1885, Gunung Lawu memiliki status gunung api dalam kondisi “istirahat”. Pesona alam Gunung Lawu sangat memukau, dengan jalur pendakian yang melewati hutan yang masih alami dan beragam tumbuhan. 

Baca juga :  10 Gunung Tertinggi di Asia Tenggara, Panorama Alam Menakjubkan

Selain keindahan alam, pendaki juga dapat menikmati objek wisata di sekitarnya, termasuk Telaga Sarangan, Kawah Telaga Kuning, Candi Sukuh, Candi Cetho, dan banyak lagi. Gunung Lawu adalah destinasi pendakian yang memadukan petualangan dengan kecantikan alam yang luar biasa.

5. Iyang Argapura (3.088 m)

iyang argapura
id.wikipedia.org

Gunung Argopuro, yang terletak di Kabupaten Situbondo, memiliki ketinggian mencapai 3.088 meter di atas permukaan laut. Hal tersebut menjadikannya salah satu gunung tertinggi di Jawa Timur. Gunung ini tidak hanya mengagumkan dari segi alam, tetapi juga menyimpan sejarah nasional dan legenda Dewi Rengganis yang kaya. 

Dikenal sebagai jalur pendakian terpanjang di Jawa, Gunung Argopuro memiliki sisa-sisa sejarah yang dapat ditemukan di puncaknya. Trek pendakian Gunung Argopuro mempersembahkan pemandangan yang indah, termasuk savana luas dan Danau Taman Hidup yang menakjubkan. 

Gunung ini memiliki dua puncak utama, yaitu Puncak Rengganis dan Puncak Argopuro. Meskipun penuh dengan sejarah dan legenda, Gunung Argopuro juga dikenal angker di kalangan pendaki dan masyarakat sekitar.

6. Gunung Suket (2.950 m)

gunung suket
ijenindonesia.com

Gunung Suket, dengan ketinggian mencapai 2.950 meter di atas permukaan laut, adalah salah satu puncak yang menghiasi Kawasan Pegunungan Ijen di Jawa Timur. Terletak berdekatan dengan Gunung Raung, Gunung Suket bisa dijangkau melalui jalur Sumber Wringin. 

Namun, perlu diperhatikan bahwa saat ini belum ada jalur pendakian resmi yang ditetapkan untuk Gunung Suket. Oleh karena itu, para pendaki yang ingin menjelajahi keindahan Gunung Suket harus mengandalkan bantuan dan penunjuk jalan dari warga sekitar. 

Meski tantangannya tinggi, Gunung tertinggi ini menawarkan pengalaman mendaki yang unik dengan pemandangan alam yang menakjubkan di sekitarnya. Bagi pecinta petualangan sejati, Gunung Suket bisa menjadi tujuan yang menarik di Jawa Timur.

7. Gunung Butak (2.868 m)

gunung butak
idntimes.com

Gunung Butak, dengan ketinggian mencapai 2.868 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggiannya, Gunung Tertinggi di Jawa Timur ini menjadi puncak tertinggi dalam gugusan Pegurangan Putri Tidur. Letaknya ada di perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar, Jawa Timur. 

Baca juga :  10 Obyek Wisata Banjarnegara ini Curi Perhatian Wisatawan

Gunung ini mungkin tidak sepopuler beberapa gunung lainnya, tetapi menawarkan keindahan alam yang unik. Gunung Butak dikenal dengan savana indahnya dan panorama alam yang memukau. 

Meskipun tidak sepopuler gunung-gunung lainnya di Jawa Timur, Gunung Butak menantang para pendaki dengan trek pendakian yang tidak mudah untuk mencapai puncaknya. Bagi mereka yang mencari petualangan baru di Jawa Timur, Gunung Butak adalah destinasi yang menarik.

8. Gunung Tertinggi di Jawa Timur – Gunung Ijen (2.799 m)

gunung ijen
surabaya.kompas.com

Gunung Ijen, dengan ketinggian mencapai 2.799 meter di atas permukaan laut. Gunung Ijen menjadi salah satu keajaiban alam yang terletak di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Dikenal memiliki kawah belerang yang sangat terkenal di kalangan wisatawan. 

Memiliki fenomena langka api biru alami yang hanya ada di dua tempat di dunia, salah satunya adalah Kawah Ijen. Fenomena api biru ini dapat disaksikan saat dini hari, menciptakan pemandangan yang luar biasa. 

Selain itu, pemandangan alam di sekitar Kawah Ijen juga memikat, terutama ketika air kawah berwarna tosca. Hal tersebut kontras dengan lereng gunung yang berwarna putih, ditambah sinar jingga matahari yang mulai muncul. Keindahan alam Gunung Ijen adalah pengalaman yang mengagumkan bagi para pengunjung.

9. Gunung Merapi (2.799 m)

gunung merapi
kompas.com

Jawa Timur juga memiliki Gunung Merapi, tetapi perlu diingat bahwa ini adalah Gunung Merapi yang berbeda dari yang terkenal di Jawa Tengah. Gunung Merapi ini memiliki ketinggian 2.799 meter di atas permukaan laut dan bersebelahan dengan Gunung Ijen. 

Namun, perlu ditekankan bahwa Gunung Tertinggi di Jawa Timur  ini tidak boleh didaki oleh para pendaki. Keputusan ini diambil untuk menjaga ekosistem yang ada di dalamnya. Meskipun tidak dapat didaki, Gunung Merapi tetap menjadi bagian penting dari keindahan alam Jawa Timur dan menyumbangkan pesona alam yang unik di wilayah ini.

source : https://www.youtube.com/@RepublikWisata

Itulah tadi deretan gunung tertinggi di Jawa Timur dengan pesona alamnya yang luar biasa. Jawa Timur memang terkenal dengan berbagai keindahan alamnya yang memukau seperti gunung-gunung diatas. Seringkali menarik perhatian, hingga banyak pendaki yang mengunjunginya. 



Leave a Reply