10 Gunung Pendakian di Sumatera, Keindahannya Luar biasa


Fida  March 18, 2021  0 Comment

Mendaki gunung pendakian di Sumatera menjadi salah satu hal seru yang bisa Anda lakukan di sela-sela kesibukan. Sensasi lelahnya mendaki akan terbayar saat Anda tiba di puncak gunung. Keindahan luar biasa akan Anda saksikan saat mendaki gunung. Mendaki akan sangat seru jika dilakukan bersama teman maupun keluarga.Ada cukup banyak gunung di Indonesia yang menawarkan keindahan luar biasa. Sumatera juga memiliki beberapa gunung yang kalah menarik untuk aktivitas mendaki. Berikut

1. Gunung Dempo

gunung dempo
backpackerjakarta.com

Gunung Dempo menjadi salah satu gunung pendakian di Sumatera yang bisa Anda pilih untuk melakukan aktivitas mendaki. Gunung yang satu ini memiliki puncak dengan ketinggian 3159 mdpl. Anda bisa menikmati indahnya pemandangan serta suasana yang sangat mengesankan saat berada di puncak Gunung Dempo. Gunung Dempo juga menjadi gunung tertinggi di Sumatera Selatan.

Hal yang menarik dari Gunung Dempo adalah adanya kawah yang dapat berubah-ubah warna. Warna kawah di gunung yang satu ini bisa berubah-ubah menjadi warna hijau, abu-abu, hingga biru muda. Di daerah koyok e iso lantai. Ada 3 jalur pendakian yang bisa anda pilih saat ingin menaiki gunung Dempo diantaranya Jalur Jarai, Jalur Tugu Rinau, dan jalur Kampung IV.

Review wisata

Tangkahan : The Hidden Paradise

Mengulik Wisata Alam Kabupaten Langkat

2. Gunung Marapi

Gunung Marapi
langgam.id

Salah satu gunung pendakian di Sumatera yang bisa Anda datangi adalah Gunung Marapi. Gunung yang satu ini memiliki puncak dengan ketinggian mencapai 2891 mdpl. Anda bisa mendatangi gunung yang satu ini di Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, Padang Panjang. Salah satu jalur yang bisa anda pilih untuk mendaki adalah via Koto Baru.

Saat berada di puncak Gunung Marapi, Anda akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan Danau Singkarak yang terlihat dengan jelas. Gunung yang satu ini juga dikenal dengan cerita bahwa Gunung Marapi menjadi tempat asal nenek moyang orang Minangkabau.

3. Gunung Singgalang

gunung singgalang
tripadvisor.co.id

Saat mencari gunung pendakian di Sumatera, salah satu yang bisa Anda datangi adalah Gunung Singgalang. Gunung yang satu ini berlokasi di kabupaten Agam, Sumatera Barat. Anda bisa menikmati pemandangan indah dari puncak dengan tinggi 2877 mdpl.

Saat tiba di puncak Gunung Singgalang, pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya Telaga Dewi. Salah satu jalur pendakian utama adalah via Pandai Sikek. Biaya retribusi untuk pendakian hanya dibanderol Rp 15.000, – untuk wisatawan lokal dan Rp 25.000, – untuk wisatawan mancanegara.

4. Gunung Bukit Kaba

Gunung Bukit Kaba
news.okezone.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan Gunung Bukit Kaba. Gunung yang satu ini memiliki Puncak dengan ketinggian mencapai 1938 mdpl. Pemandangan indah yang bisa Anda saksikan dari ketinggian menjadikan Gunung Bukit Kaba sayang untuk Anda lewatkan.

Gunung Bukit Kaba berlokasi di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Tidak hanya ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal, gunung yang satu ini juga sering didatangi oleh wisatawan mancanegara.

5. Gunung Sago

 Gunung Sago
kompasiana.com

Gunung Sago menjadi salah satu gunung pendakian di Sumatera yang bisa Anda datangi. Gunung yang satu ini berlokasi di kecamatan Lareh Sago Halaban Luhak dan Situju Lima Nagari, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Gunung Sago menawarkan keindahan alam dengan tinggi Puncak mencapai 2271 mdpl. Ada beberapa jalur yang bisa Anda pilih untuk mendaki salah satunya adalah jalur Sikabu Kabu. Saat berada di puncak, pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan di bawah sekaligus menikmati Danau Tingga. Danau yang satu ini dikenal dengan warna hijau yang sangat indah dilihat.

6. Gunung Rajabasa

Gunung Rajabasa
wisatalpgselatan.wordpress.com

Gunung Rajabasa menjadi salah satu gunung pendakian di Sumatera yang sayang untuk Anda lewatkan. Gunung yang satu ini memiliki Puncak dengan ketinggian 1281 mdpl. Anda akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan selama proses pendakian maupun saat berada di puncak gunung.

Gunung Rajabasa berlokasi di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Puncak kawah Gunung Rajabasa memiliki lebar 500 x 700 meter. Salah satu gunung dengan pemandangan indah yang sayang untuk tidak Anda datangi.

7. Gunung Talamau

 Gunung Talamau
superadventure.co.id

Gunung Talamau menjadi salah satu gunung pendakian di Sumatera yang sayang untuk Anda lewatkan. Gunung yang satu ini memiliki puncak dengan ketinggian 2982 mdpl. Indahnya pemandangan bisa Anda nikmati saat tiba di puncak Gunung Talamu.

Untuk mendaki gunung yang satu ini, Anda bisa melewati berapa jalur salah satunya jalur Aia Batumbuak. Terdapat 13 telaga di kawasan gunung yang satu ini. Nama-nama telaga tersebut diambil dari cerita legenda penduduk setempat. Adanya air terjun dengan ketinggian lebih dari 100 meter juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Gunung Talamu. Salah satu gunung yang sayang untuk Anda lewatkan saat berada di Sumatera.

8. Gunung Talang

Gunung Talang
liputan6.com

Gunung Talang menjadi salah satu gunung pendakian di Sumatera yang sayang untuk Anda lewatkan. Gunung yang satu ini memiliki puncak dengan ketinggian 2597 mdpl. Terdapat beberapa jalur yang bisa Anda pilih untuk mendaki, salah satunya adalah via Ala Batumbuak, Kecamatan Gunung Talang, Solok, Sumatera Barat.

Terdapat tiga danau yang bisa Anda nikmati di antaranya Danau Di Atas, Danau Di Bawah, dan Danau Talang. Indahnya hamparan awan dan matahari terbenam bisa Anda nikmati dari puncak Gunung Talang. Salah satu tempat wisata alam yang sayang untuk Anda lewatkan saat berada di Sumatera.

9. Gunung Tandikek

 Gunung Tandikek
wisatasumbar.net

Saat Anda mencari gunung pendakian di Sumatera, Gunung Tandikek menjadi salah satu pilihan yang tepat. Gunung yang satu ini berlokasi di dataran tinggi Minangkabau, Padang Panjang, Sumatera Barat. Anda bisa menikmati indahnya pemandangan dari puncak Gunung Tandikek yang memiliki tinggi 2438 mdpl.

Perjalanan yang cukup menantang akan ada rasakan untuk mencapai puncak gunung yang satu ini. Lelahnya perjalanan akan terbayar lunas saat Anda tiba di puncak. Salah satu keindahan yang sayang untuk Anda lewatkan saat berada di Sumatera.

10. Gunung Leuser

 Gunung Leuser
travelinkmagz.com

Salah satu gunung pendakian di Sumatera yang bisa Anda datangi adalah Gunung Leuser. Gunung yang satu ini berlokasi di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan terletak tidak jauh dari Kerinci serta merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser. Terdapat tiga puncak yang bisa Anda tuju saat berada di kawasan Gunung Leuser.

Tidak sedikit yang mengatakan bahwa jalur pendakian Gunung Leuser merupakan jalur paling ekstrim di Indonesia. Hal itu dikarenakan hutan di gunung yang satu ini merupakan habitat alami bagi hewan-hewan buas. Berani untuk mendaki Gunung Leuser?

Itulah 10 gunung pendakian di Sumatera yang menawarkan keindahan alam luar biasa. Manakah gunung yang paling menakjubkan dan ingin Anda datangi?



Leave a Reply