Hotel

Bukan Villa, Liburan Keluarga lebih memilih Glamping, apa itu Glamping dan berikut 10 Glamping terbaik di Indonesia

Menikmati waktu bersama orang-orang tersayang tentulah hal yang sangat menyenangkan yang diimpikan oleh semua orang. Banyak ide-ide menarik bermunculan untuk mengisi kesempatan atau moment langka ini, dan salah satu inovasi yang bisa dicoba adalah menghabiskan malam dengan cara kekinian yakni glamping (glamorous camping). Menikmati pesona alam sambil melakukan api unggun tentu bisa menambah kehangatan kekeluargaan.
Untuk bisa menciptakan momen berkemah, biasanya tentu diperlukan persiapan khusus dan merepotkan. Apalagi jika Anda membawa anak-anak, tentu pilihan berkemah membuat Anda akan berpikir dua kali melakukannya. Namun kali ini, glamping menjadi solusi terbaik dari keinginan Anda, melakukan camping tetapi tetap bisa dilakukan dengan cara praktis. Anda tidak perlu kerepotan, karena semua telah difasilitasi sehingga Anda dapat menikmatinya dengan nyaman bersama keluarga.
Untuk referensi, inilah 10 glamping Indonesia yang menarik untuk dicoba sebagai pilihan hiburan bagi Anda dan orang-orang kesayangan.

 

1. Terminal Grafika Cikole

ajagsadventure.com

Berlokasi di kaki pegunungan Lembang, Bandung, Grafika Cikole menjadi salah satu glamping pertama yang cukup menarik perhatian wisatawan. Letaknya yang juga dengan dengan salah satu objek wisata yang sudah hits sebelumnya, yakni Gunung Tangkuban Perahu, Grafika Cikole menawarkan pemandangan yang asri dari hutan pinus yang rindang.
Bagi Anda yang mendambakan ketenangan untuk melepaskan penat dari rutinitas seharian, maka Grafika Cikole menjadi pilihan tepat dengan udara yang juga sejuk dan baik untuk kesehatan paru-paru Anda dan keluarga. Fasilitas pelengkap yang bisa Anda nikmati adalah adanya kawasan outbound, rumah pondok wisata semacam rumah hobbit di farmhouse, restaurant, api unggun, serta sleeping bag dan jagung mentah yang siap menemani Anda menikmati suasana malam.
Untuk lebih tepatnya, Grafika Cikole memiliki ketinggian 1400 mdpl, dan berada di kawasan berbukit-bukit yang total luasnya mencapai 9 hektar. Alamat lengkapnya adalah Jalan Raya Tangkuban Perahu KM 8 Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

 

2. Tanakita

sabumiku.com

Tanakita terletak di kawasan Taman Nasional Gede Pangrangro. Selain glamping, di sini Anda dan keluarga pun bisa menikmati keseruan lain yang disediakan seperti tubing di sungai, high ropes, canoing di Situ Gunung, rappeling di air terjun, serta melakukan trekking malam. Tanakita sendiri sebenarnya adalah area perkemahan yang memiliki kapasitas hingga 200 orang.
Anda bisa merasakan pengalaman berkemah bersama keluarga tanpa harus kerepotan mempersiapkan tenda dan yang lebih penting lagi, tersedia toilet yang bisa digunakan untuk para pemula yang ingin back to nature. Selain itu, kamar mandinya pun dilengkapi dengan shower dingin dan panas yang bisa digunakan. Setiap tenda yang ada dapat menampung 3 hingga 5 orang.

 

3. Glamping Trizara Resort

kopertraveler.id

Glamping ini terletak di salah satu spot wisata menarik di Bandung, yakni Jalan Pasirwangi Wetan, Gudang Kahuripan. Tempatnya yang cukup eksotis kadang dimanfaatkan oleh pasangan pengantin muda untuk merasakan romantisme berdua. Perkemahan modern yang ditawarkan oleh Glamping Trizara Resort adalah beberapa fasilitas di tiap tendanya, seperti tempat tidur, kamar mandi pribadi, perlengkapan dan air panas, serta akses wifi yang tentunya dibutuhkan di zaman sekarang.

 

4. Baliwoso Camp

TripAdvisor.com

Siapa bilang Bali hanya terkenal dengan Pantainya saja? Maka kali ini, Anda perlu mencoba alternatif liburan lain yang ada, seperti sensasi glamping di Baliwoso Camp. Baliwoso Camp terletak di daerah Pengotan, di utara Denpasar. Dengan berkunjung ke sini, Anda juga akan semakin mengenal budaya masyarakat asli Pengotan.
Tidak hanya sekedar berkemah, di sini Anda pun dapat menikmati hiburan lain, dan melakukan aktivitas seru seperti trekking, bermain bersama sapi atau kerbau, menanam atau memanen hasil kebun, dan juga bersantai di Bale Bengong, sesuai namanya, yang memang dibangun khusus untuk Anda menikmati waktu bersama keluarga, menjernihkan pikiran.

 

5. Dusun Bambu Leisure Park

agoda.com

Destinasi wisata glamping Indonesia yang mudah Anda jangkau selanjutnya adalah Eagle Camp Ground yang terdapat di Dusun Bambu Leisure Park. Terletak di kaki pegunungan Burangrang, glamping ini menawarkan pemandangan alami serta udara sejuk yang menyegarkan. Sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan refreshing bersama keluarga.
Untuk fasilitas yang dapat dinikmati, antara lain ada sleeping bag, kamar mandi yang dilengkapi dengan water heater, serta disediakan juga perapian untuk bisa Anda gunakan BBQ bersama keluarga. Area yang cukup luas ini pun juga menyediakan akses internet yang bisa Anda gunakan.

 

6. Jeeva Beloam Beach Camp

ampersandtravel.com

Untuk Anda yang menginginkan sensasi berkemah yang berbeda, maka Anda harus mencoba untuk mengunjungi salah satu glamping Indonesia yang terbaik, yakni Jeeva Beloam Beach Camp. Jika kebanyakan tempat glamping lain menawarkan pemandangan hutan ataupun pegunungan, maka glamping ini mencoba menghadirkan sensasi berkemah dengan menghadap pantai yang pemandangannya tidak kalah cantiknya. Untuk bisa menikmati sensasi tersebut, maka Anda harus terbang ke pulau sebelah, yakni Lombok.
Fasilitas pelengkap yang ditawarkan Jeeva Beloam Beach Camp adalah tempat menginap yang menyerupai rumah tradisional suku Sasak, yakni menggunakan alang-alang sebagai atapnya, dan kayu daur ulang yang terjamin kekokohannya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena sisi modern pun telah diadopsi untuk menjaga kenyamanan Anda, seperti tempat tidur yang besar, dan kamar mandi dengan nuansa modern.

 

7. Ciwidey Valley

candraina.blogspot.com

Meskipun termasuk destinasi wisata yang baru, tetapi Ciwidey Valley mampu menarik hati para wisatawan untuk merasakan sensasi glamping di sana. Dengan menampilkan keunikan karena tenda dan suasana di Ciwidey Valley dibuat mirip suku Indian, maka tempat ini menjadi favorit bagi beberapa orang untuk menikmati akhir pekan. Tersedia dua macam pilihan glamping yang bisa digunakan, yakni tipe standar ataupun family.

 

8. Sandat Glamping Tents

Booking.com

Salah satu luxury glamping di Bali yang konsisten menawarkan kenyamanan tingkat tinggi adalah Sandat Glamping Tents. Bayangkan saja, setiap tenda di kawasan ini dilengkapi dengan kolam renang yang bisa Anda gunakan. Tak hanya itu, berada di kawasan persawahan, Sandat Glamping Tents benar-benar mengusung camping glamour dengan total. Ada tiga lumbung yang tersedia di sini, yang memiliki dua lantai. Lantai pertama untuk bersantai dan lantai kedua untuk ruang tidur.

 

9. Watukaka Resort, Sumba

indonesiaentusmanos.com

Merasakan sensasi camping di atas tebing tentu adalah suatu kenikmatan tersendiri bagi Anda. Untuk itulah, Anda perlu mencoba berkunjung ke Watukaka Resort, yang menawarkan sensasi camping tetapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang ada, seperti air conditioner, WI-Fi, dan bahkan ranjang besar yang Anda gunakan untuk tidur nanti.

 

10. Indosafari Tent Batu Mentas, Belitung

batumentas.wordpress.com

Terletak di kawasan wisata, yakni hutan lindung di Dusun Kelekak Datuk, Batu Mentas juga menyediakan rumah tenda mewah yang menampilkan pemandangan sungai sebagai daya tariknya. Tidak hanya itu, kesan alami di sini sangat terasa, bahkan jika Anda beruntung, Anda bisa menjumpai monyet atau tupai liar yang berkunjung di pohon depan rumah tenda yang Anda tempati. Menarik bukan?

2 Comments

  1. herva yulyanti October 12, 2018
    • Zulfa October 15, 2018

Join The Discussion