Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

Berpetualang di 10 Taman Nasional Terbaik di Australia Bikin Males Pulang


sisil angelin  February 14, 2020  0 Comment

Australia merupakan salah satu negara yang menarik untuk jadikan tempat berpetualang dan menikmati keindahan alam. Karena pemandangan alamnya sungguh luar biasa indah dan memiliki sekitar 500 taman nasional yang tersebar di seluruh negara yang menguasai satu benua ini. bagi Anda yang menyukai petualangan alam Anda harus mengunjungi taman nasional terbaik di Australia.

Australia memang sangat terkenal dengan taman nasionalnya yang indah dan sangat terawat. Setiap taman nasional di negeri Kanguru ini juga memiliki daya tarik tersendiri. Maka dari itu Anda harus mengunjungi 10 taman nasional terbaik di bawah ini untuk menikmati petualangan yang luar biasa.

Daftar Taman Nasional Terbaik di Australia

1. Royal National Park

taman nasional terbaik Australia
theculturetrip.com

Taman Nasional pertama yang sudah sangat di kenal oleh penduduk dunia adalah Royal National Park yang berada di New South Wales. Selain sangat terkenal di dunia, Royal National Park juga merupakan taman nasional paling tua di Australia karena menjadi taman nasional yang pertama kali di dirikan di Australia dan menjadi tertua di dunia juga.

Di dalam Royal National Park terdapat ribuan bahkan jutaan jenis tanaman yang sangat beragam, sebab taman nasional ini terdiri dari daerah hutan hujan, hutan euccalpytus dan lahan padang rumput yang luas. Di taman ini Anda bisa melakukan berbagai hal berupa, jalan-jalan santai di antara semak-semak, bersepeda atau menghabiskan waktu dengan piknik atau surfing.

Hal menakjubkan yang dapat Anda saksikan secara langsung di taman nasional ini adalah migrasi paus yang terjadi setiap tahunnya, diantara bulan Juni dan November. Selain itu Anda juga dapat menyaksikan beberapa binatang langka seperti Tiger Qoull jika Anda beruntung.

2. Parnululu National Park

taman nasional terbaik Australia
whc.unesco.org

Beralih ke Australia bagian barat, di bagian barat juga terdapat taman nasional yang juga merupakan salah satu situs warisan dunia yang sangat populer di dunia yaitu Parnululu. Taman nasional ini memiliki daya tari tersendiri bagi pengunjung, daya tarik tersebut berupa bebatuannya yang berbentuk seperti sarang lebah.

Batu-batuan yang terdapat di taman nasional ini terbentuk dari gundukan dan erosi, hal tersebut sudah terjadi selama 20 juta tahun lalu. Area yang sekarang menjadi taman nasional Parnalulu ini duluny merupakan sebuah lokasiyang dijadikan perburuan bagi suku Aborigin. Sehingga Anda akan menemukan banyak karya seni dan situs peninggalan suku tersebut jika berkunjung.

3. Flinders Ranger National Park

taman nasional terbaik Australia
commons.wikimedia.org

Di Australia bagian selatan juga terdapat taman nasional yang tidak boleh terlewatkan, yaitu Flinders Ranger National Park. Di taman nasional ini Anda bisa menemukan tanaman khas yang telah beradaptasi dengan lingkungan semi gersang, sebab taman nasional ini merupakan rumah bagi tanaman tersebut. Anda bisa menemukan tanaman cemara, malle, dan oak hitam.

Selain itu Anda juga bisa menikmati petualangan dengan terbang di atas kolam Wilpena yang tentu akan sangat mengasyikkan. Jika Anda tidak ingin terbang, Anda juga bisa mencoba untuk menjelajahi taman nasional ini dengan berjalan kaki di jalur semak-semak atau berkendara untuk menikmati pemandangan alam yang menakjubkan meliputi gunung, ngarai dan sungai.

4. Kakadu National Park

taman nasional terbaik Australia
northernterritory.com

Jika Anda berkunjung ke Australia bagian Utara, Anda bisa berpetualang untuk menikmati keindahan alam di Kakadu National Park. Taman nasional tersebut memiliki luas hingga 20.000 kilometer persegi dan menjadi habitat alami ribuan tanaman dan hewan endemik serta langka di Australia.

Di taman nasional ini Anda juga dapat menjumpai beberapa tanaman endemik langka. Tanaman tersebut hanya dapat ditemukan di sini, salah satunya adalah Eucaltyptus koolpinensis. Selain itu juga terdapat berbagai jenis tanaman lily air yang berwarna-warni dari warna biru hingga warna putri salju yang akan membuat para pengunjung terpukau.

5. Kosciuszko National Park

taman nasional terbaik Australia
blog.campermate.com.au

Di New South Wales terdapat taman nasional selain Royal National Park yang telah dibahas di atas. Di sana juga ada Kosciuszko National Park yang merupakan taman nasional terbesar di New South Wales. Di taman nasional ini pula Anda bisa menyaksikan gunung tertinggi di Australia yaitu Gunung Kosciuszko.

Jika Anda berencana berpetualang di taman nasional terbaik di Australia ini, Anda akan dipertemukan dengan salah satu tanaman unik yaitu Alpine Bog Plants yang juga merupakan salah satu tanaman langka. Selain itu Anda juga dapat menemukan spesies langka lainnya seperti Katak Corroboree dan Mountain Pygmy Possum yang sudah sangat sulit ditemukan.

Berkunjung ke taman nasional ini di musim dingin akan membuat Anda bisa bermain permainan yang hanya bisa dilakukan di salju yaitu ski atau snowboard. Tetapi jika Anda berkunjung pada saat musim panas, Anda tidak perlu khawatir karena di taman nasional ini udara akan sangat bersih dan segar walau pada musim panas.

6. Flinders Chase National Park

taman nasional terbaik Australia
www.in-australien.com

Berlibur ke Australia bagian Selatan yang terkenal akan anggurnya yang nikmat dan pemandangan kotanya yang amat ramai. Tetapi di kawasan berbatu di Australia bagian Selatan ini terdapat taman nasional yang unik yaitu Flinders Chase National Park. Taman nasional ini memiliki pantai tersembunyi yang indah, sungai yang mengalir deras hingga mercusuar bersejarah.

7. Ikara-Flinders Rangers National Park

taman nasional terbaik Australia
environment.sa.gov.au

Hanya dengan waktu kurang dari 6 jam, Anda dapat sampai ke Ikara-Flinders Rangers National Park dari Adelaide. Taman nasional ini menyediakan pemandangan menakjubkan dari ngaraiberpegar pohon dan pegunungan kuno. Salah satu pemandangan yang tidak akan terlupakan ketika Anda berkunjung ke sini adalah Wilpenda Pound.

8. Daintree National Park

taman nasional terbaik Australia
lonelyplanet.com

Taman nasional yang berlokasi sekitar 2,5 jam dari daerah Cairn yaitu Daintree National Park merupakan salah satu rumah bagi hutan hujan tropis tertua yang ada di dunia. Di dalam taman ini Anda dapat melihat buaya air asin jika sedang beruntung. Selain itu Anda juga dapat mempelajari lebih dalam tentang budaya suku Aborigin di Dreamtime Walks.

9. Namadgi National Park

taman nasional terbaik Australia
lesterlost.com

Berkunjung ke Canberra tidak lengkap jika Anda belum mampir ke Namadgi National Park. Dari pusat kota Canberra Anda hanya memerlukan 45 menit dengan berkendara menggunakan kendaraan pribadi. Di taman nasional ini Anda dapat menikmati pemandangan dengan melintasi lintas hutan semak, margasatwa dan banyak tempat lainnya yang terhubung dengan alam terbuka.

10. Grampians National Park

taman nasional terbaik Australia
grampiansguide.com.au

Menikmati alam yang indah sambil makan anggur bisa Anda lakukan saat mengunjungi Grampians National Park yang berlokasi hanya 2,5 jam dari Melbourne. Taman nasional ini menawarkan pemandangan kebun anggur yang indah dan juga air terjun yang sangat mempesona. Waktu yang tepat untuk menjelajahi taman ini adalah saat pagi hari, Anda harus mencoba dan membuktikannya.

Semua taman nasional di atas merupakan taman nasional terbaik di Australia yang dapat Anda kunjungi saat berlibur ke Australia. Anda akan benar-benar merasakan petualangan yang sebenarnya saat mengunjungi taman-taman nasional di atas. Selamat mencoba dan membuktikan keindahan dari setiap taman nasional di atas.



Leave a Reply