9 Oleh Oleh khas Serang Bikin Semua Senang


Fida  April 27, 2022  0 Comment

Serang dikenal sebagai salah satu kota yang terletak di provinsi Banten. Tidak hanya dikenal menawarkan beberapa tempat wisata, daerah yang satu ini juga menawarkan berbagai kuliner lezat serta oleh-oleh khas. Tidak perlu bingung menentukan pilihan, inilah daftar 9 rekomendasi oleh-oleh khas Serang yang cocok untuk membawa pulang setelah berlibur.

1. Pasung Merah

pasung merah
cookpad.com

Pasung merah dikenal sebagai salah satu jajanan yang dapat kamu jumpai di Serang. Jajanan yang satu ini termasuk kue basah yang dibuat dengan menggunakan beberapa bahan seperti tepung sagu, santan, gula merah, dan juga tepung beras. Selain dapat dinikmati langsung, kue basah yang satu ini juga biasa diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh khas Serang untuk dibawa pulang.

Jajanan yang satu ini memiliki bentuk khas yakni dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Pasung merah yang diolah dengan cara dikukus ini menawarkan cita rasa manis dan legit saat dicoba. Saat datang ke Serang, tidak ada salahnya bagi kamu untuk menyempatkan berburu pasung merah.

GoTravelly

Surga Tersembunyi “Gili Labak”

Akhirnya.. Nemu Tempat Ngopi Dekat Kampus Yang Murah Bangeet!

2. Sambel Burog

sambal burog
cookpad.com

Rekomendasi oleh-oleh khas Serang berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah sambal burog. Berbeda dengan sambal pada umumnya, sambal yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan khas yakni kulit melinjo. Tidak hanya tampilannya yang menggugah selera, sambal ini juga menawarkan cita rasa lezat dan membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya.

Sambel burog sangat cocok dinikmati bersama kuliner lainnya. Pecinta pedas, tidak ada salahnya jika kamu mencoba sambal yang satu ini saat datang ke daerah Serang. Cita rasanya yang menggugah selera tidak hanya menjadikan sambal ini banyak diminati oleh masyarakat lokal saja, tetapi juga kerap diburu oleh para wisatawan.

3. Gipang

gipang
bukalapak.com

Gipang menjadi rekomendasi oleh-oleh khas serang selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba. Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan tampilan jajanan ini bukan? Gipang merupakan makanan ringan yang dibuat dengan menggunakan bahan utama ketan. Jajanan ini disajikan dengan tekstur yang renyah dan sedikit lengket. Soal rasa, tidak perlu ditanya. Gipang mendengarkan cita rasa yang manis dan enak yang membuat siapapun ketagihan.

Jajanan yang satu ini dapat kamu jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Serang. Biasanya, gipang dijual dengan kemasan praktis serta memiliki harga yang terjangkau. Tertarik untuk mencobanya?

4. Sate Bandeng

sate bandeng
travel.kompas.com

Sate bandeng menjadi salah satu pilihan yang pas saat mencari oleh-oleh khas Serang. Tidak hanya dikenal unik, sate yang satu ini juga menawarkan cita rasa yang lezat dan khas. Ada dua pilihan sate bandeng yang dapat kamu coba, diantaranya adalah sate bandeng asap yang memiliki tekstur kering dan juga sate bandeng kukus dengan tekstur yang lembut.

Diminati oleh masyarakat lokal, tidak jarang sate bandeng juga diburu oleh para wisatawan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Sate bandeng juga dapat dikreasikan dengan ditambahkan bumbu sesuai selera. Dilihat dari tampilannya saja, sudah sangat menggugah selera bukan?

5. Ceplis

ceplis
m.istyle.id

Rekomendasi oleh-oleh khas Serang berikutnya yang banyak diminati oleh wisatawan adalah ceplis. Cuplis merupakan jajanan yang dibuat dengan menggunakan bahan utama melinjo. Sebelum diolah, melinjo terlebih dahulu dipipihkan kemudian digoreng. Ada berbagai pilihan rasa ceplis yang dapat kamu coba, salah satunya adalah rasa pedas manis.

Kamu tidak perlu khawatir karena ceplis biasa dijual dengan kemasan yang praktis sehingga dapat memudahkan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Teksturnya yang renyah serta rasanya yang khas membuat jajanan ini diminati oleh banyak kalangan. Tenang saja, jajanan ini juga dijual dengan harga yang terjangkau sehingga tidak menguras kantong.

6. Emping

emping
sumut.indozone.id

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan jajanan emping. Emping merupakan salah satu jajanan sekaligus oleh-oleh khas Serang yang menarik untuk dicoba. Serang memang dikenal sebagai daerah penghasil melinjo, sehingga tidak heran jika daerah ini menjual banyak sekali olahan melinjo, salah satunya adalah emping.

Berburu emping di Serang tentu menjadi hal yang mudah. Kamu dapat membeli kegiatan ini di berbagai toko oleh-oleh di Serang. Dengan cita rasa unik serta tekstur yang renyah, jajanan ini tentu sayang untuk tidak kamu coba. Selain cocok untuk dinikmati langsung, emping juga biasa disajikan bersama hidangan lainnya sebagai pelengkap. Menggugah selera bukan?

7. Otak Otak

otak otak
tokopedia.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan olahan makanan otak-otak. Otak-otak juga dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Serang yang dapat kamu coba. Olahan makanan yang satu ini biasa dibuat dengan menggunakan bahan utama ikan tenggiri. Selain itu, cara menggunakan berbagai bahan tambahan lainnya seperti gula, santan, tepung tapioka, serta bumbu lainnya.

Otak-otak biasa dibeli untuk dinikmati langsung maupun disajikan bersama dengan nasi atau hidangan lainnya. Tidak jarang wisatawan yang datang ke Serang menyempatkan berburu makanan ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Saat datang ke Serang, tertarikkah kamu untuk mencoba lezatnya otak-otak?

8. Kue Balok

kue balok
liputan6.com

Rekomendasi oleh-oleh khas Serang yang sayang untuk dilewatkan selanjutnya adalah kue balok. Sesuai dengan namanya, kue yang satu ini memang memiliki bentuk balok. Jika dilihat sekilas, tampilan kue balok memang mirip dengan brownies. Cita rasanya yang khas dan tampilannya yang menggugah selera menjadikan kue ini sangat cocok dinikmati oleh semua kalangan.

Kamu tidak perlu khawatir karena kue balok dibuat tanpa menggunakan pewarna makanan, tanpa pemanis buatan, serta tanpa pengawet, dan bahan-bahan kimia lainnya. Kemasan yang praktis dan menarik juga membuat jajanan ini sangat cocok dipakai sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

9. Kerupuk Ikan

Oleh Oleh khas Serang
kompas.com

Tidak perlu bingung menentukan pilihan oleh-oleh khas Serang yang menarik untuk dibawa pulang, kamu dapat mencoba lezatnya kerupuk ikan. Olahan yang satu ini dapat kamu beli dalam keadaan mentah maupun siap dikonsumsi. Selain cocok untuk dinikmati langsung saat bersantai, kerupuk ikan khas Serang juga sangat nikmat apabila dinikmati bersama dengan nasi hangat.

Kemasan yang praktis beserta harganya yang terjangkau menjadikan kerupuk ini sayang untuk kamu lewatkan saya datang ke Serang. Cita rasanya yang lezat dan teksturnya yang renyah menjadikan kerupuk ini sangat cocok dinikmati oleh semua kalangan.

Nah, itulah daftar 9 rekomendasi oleh-oleh khas Serang yang sayang untuk tidak kamu coba. Berbagai rekomendasi oleh-oleh tersebut tentu sangat cocok dipilih untuk diberikan kepada keluarga atau kerabat di rumah. Kamu juga tidak perlu khawatir karena berbagai pilihan oleh-oleh tersebut sangat mudah dijumpai saat datang ke Serang.



Leave a Reply