10 Oleh-Oleh Makanan Khas Malang Untuk Yang Tersayang


prita  October 17, 2021  0 Comment

Malang merupakan salah satu kota yang terkenal dengan ragam destinasi wisata yang sangat indah. Selain karena pemandangannya yang indah, kota Malang juga terkenal memiliki udara yang sejuk karena lokasinya yang dikelilingi oleh pegunungan. Tak hanya itu, Malang juga terkenal dengan ragam kulinernya yang nikmat. Nah, jika kamu berkunjung ke Malang, tentu kamu wajib untuk membawa oleh oleh bagi keluarga, kerabat ataupun rekan kerja. Saat berlibur kesana, ada banyak sekali oleh oleh yang bisa kamu bawa pulang, khususnya oleh oleh berupa makanan khas. Berikut ini adalah 10 oleh-oleh makanan khas Malang yang wajib untuk kamu beli.

1. Apel

Oleh Oleh Makanan Khas Malang
worldofghibli.id

Dikenal dengan julukan Kota Apel, oleh oleh makanan khas Malang yang pertama wajib kamu bawa pulang adalah buah Apel. Jenis buah Apel yang bisa kamu temukan di kota Malang pun cukup beragam, namun dua jenis Apel yang paling terkenal adalah Apel Manalagi yang bentuknya bulat dengan warna hijau dan memiliki rasa manis dan Apel Ana yang memiliki bentuk sedikit lonjong berwana merah dengan rasa sedikit asam. Buah Apel memang sangat mudah ditemui di kota Malang. Selain di pasar, kamu juga bisa menemukan penjual Apel di pinggir jalan di kawasan agroswisata dan pusat oleh oleh khas Malang.

Gotravelly

Alpia Pia Istimewa : Pia Khas Malang Yang Bikin Ketagihan!

Makan Malam Romantis Anti Mahal Di Bukit Delight Malang

2. Sari Apel

sari apel malang
tokodimas.com

Oleh oleh makanan khas Malang yang selanjutnya wajib untuk kamu beli adalah Sari Apel. Buah Apel memang bisa dijadikan sebagai berbagai olahan lezat, salah satunya adalah minuman sari apel ini.

Sari Apel ini terbuat dari buah Apel pilihan yang segar kemudian dicuci dan dibuang bijinya, barulah dimasukkan dalam mesin peras untuk memisahkan Antara sari buah dan ampasnya. Di Malang sendiri kamu bisa menemukan banyak sekali produsen yang menghasilkan sari buah Apel ini, untuk itu kamu bisa memilih mana yang tidak menggunakan pengawet dan pemanis buatan. Kamu bisa menemukan minuman ini di banyak toko oleh oleh atau di sekitar kawasan agrowisata.

3. Pia Mangkok

pia mangkok malang
piamangkok.com

Pia Mangkok menjadi salah satu pilihan oleh oleh makanan khas Malang yang juga banyak diburu. Pia Mangkok ini bisa dibilang sebagai salah satu oleh oleh khas Malang yang cukup legendaris karena sudah ada sejak tahun 1959 dan sampai saat ini tak pernah luput dari wisatawan yang belribur ke Malang.

Menariknya, Pia Mangkok ini memiliki ragam rasa yang lezat, seperti keju, cokelat, green tea, tangkwe hingga durian. Pia Mangkok juga bisa bertahan sampai dua minggu sehingga sangat cocok dibawa untuk oleh oleh.

4. Keripik Tempe

kripik tempe malang
lifestyle.okezone.com

Oleh oleh makanan khas Malang yang tak boleh kamu lewatkan selanjutnya adalah keripik tempe. Keripik tempe di Malang memang cukup populer, kamu bahkan bisa menemukan sebuah kampung yang menjadi sentra pembuatan keripik tempe di kota Malang.

Keripik tempe khas kota Malang ini dibuat dengan ragam bumbu rampah sehingga rasanya lebih gurih dan teksturnya lebih renyah. Kamu bahkan bisa menemukan ragam varian rasa dari keripik tempe khas Malang ini, mulai dari original, pedas, balado hingga keju. Untuk membeli keripik tempe kamu bisa berkunjung ke Kampung Sanan yang dikenal sebagai sentra keripik tempe. Selain disana, kamu juga bisa menemukannya di banyak pusat oleh oleh khas Malang yang tersebar di seluruh kota.

5. Keripik Buah

kripik buah khas malang
myeatandtravelstory.wordpress.com

Selain keripik tempe, oleh oleh makanan khas Malang yang wajib kamu buru selanjutnya adalah keripik buah. Malang memang terkenal memiliki tanah yang subur sehingga menghasilkan budidaya ragam buah-buahan dan keripik buah ini menjadi salah satu hasil olahan khas yang cukup populer sebagai oleh oleh.

Keripik buah yang ditawarkan pun cukup beragam, mulai dari keripik buah apel, keripik buah nangka, keripik buah kelengkeng, keripik buah salak dan masih banyak lagi lainnya. Sama dengan oleh oleh khas Malang lainnya, aneka keripik buah ini bisa ditemukan di pusat oleh oleh khas Malang yang ada di seluruh kota Malang.

6. Keripik Ceker

Oleh Oleh Khas Malang
medium.com

Tak hanya keripik buah dan keripik tempe, keripik ceker juga menjadi salah satu oleh oleh makanan khas Malang yang tak boleh dilewatkan. Keripik ceker khas Malang memang terkenal memiliki rasa yang lezat.

Keripik ceker ini dipercaya memiliki banyak kebaikan bagi tubuh seperti asam amino, kalsium dan kolagen. Berbagai ukuran kemasan keripik ini bisa kamu temukan, mulai dari ukuran kecil sampai ukuran besar. Keripik ceker ini juga bisa kamu temukan di banyak pusat oleh oleh khas Malang.

7. Bakpao Telo

bakpao telo malang
m.merdeka.com

Oleh oleh makanan khas Malang yang wajib untuk kamu bawa pulang selanjutnya adalah Bakpao Telo. Sesuai dengan namanya, oleh oleh makanan yang satu ini merupakan bakpao yang terbuat dari telo (ubi) ungu.

Jika umumnya bakpao terbuat dari tepung terigu, maka bakpao yang satu ini dibuat dari bahan dasar telo ungu. Meskipun begitu, rasa yang dihasilkan pun berbeda dan tak kalah nikmat. Selain bakpo telo, kamu juga bisa menemukan berbagai olahan makanan yang juga terbuat dari bahan dasar telo ungu, seperti ice cream, brownies hingga pizza. Untuk menemukan bakpao telo ini kamu bisa bekunjung ke Repoeblik Telo yang menawarkan raga oleh oleh khas terbuat dari telo ungu.

8. Bakpao Sayang

Oleh Oleh Makanan Khas Malang
food.detik.com

Selain Bakpao Telo, oleh oleh makanan khas Malang yang populer selanjutnya adalah Bakpao Sayang. Mendengar namanya saja pasti bisa membuat siapapun tertarik karena namanya unik.

Bakpao Sayang ini dibuat dari bahan yang aman dan tidak menggunakan pengawet juga pemutih sehingga menghasilkan cita rasa bakpao yang lezat dan nikmat. Terlebih lagi, bakpao yang satu ini hadir dalam beragam varian rasa, tepatnya sekitar 30 rasa yang pastinya membuat siapapun tertarik untuk mencobanya.

9. Malang Strudel

malang strudel
malang.merdeka.com

Malang Strudel juga menjadi salah satu oleh oleh makanan khas Malang yang belakangan ini cukup populer. Oleh oleh khas Malang yang satu ini berupa pastry dengan isian yang rasanya sangat nikmat.

Malang Strudel memang dikenal sebagai salah satu oleh oleh khas Malang yang paling populer dan paling banyak diburu. Sajian ini merupakan lapisan pastry yang berbentuk kue kemudian diisi dengan berbagai buah segar khas Malang sehingga menghasilkan cita rasa yang unik, segar namun juga gurih. Beragam pilihan isi dari Malang Strudel ini yang bisa kamu pilih, mulai dari nanas, apel, strawberry, pisang hingga mix fruit.

10. Jenang Apel

jenang malang
kulinerkota.com

Oleh oleh makanan khas Malang yang terakhir juga masih berupa olahan Apel, yaitu Jenang Apel. Jenang Apel ini merupakan jajanan khas Malang yang populer karena memiliki rasa yang legit.

Jenang Apel ini terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan sari apel dan gula merah sehingga rasa dari jajanan ini menjadi manis dan lezat. Jajanan ini juga sering disebut dengan dodol, namun memiliki tekstur yang lebih padat. Jenang apel ini juga bisa kamu temui di banyak toko oleh oleh di seluruh kota Malang dengan harga yang cukup terjangkau.



Leave a Reply