9 Oleh Oleh Khas Rumania, Mulai Souvenir Dracula Hingga Kosmetik


Fida  December 19, 2021  0 Comment

Rumania dikenal sebagai salah satu negara yang terletak di bagian Eropa Tengah dan Tenggara. Negara yang satu ini dikenal indah dan memiliki banyak tempat wisata sehingga tidak heran jika Rumania dipilih sebagai tujuan wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Puas mengunjungi tempat wisata, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk membeli salah satu oleh-oleh khas Rumania untuk dibawa pulang. Tidak perlu bingung, berikut 9 rekomendasi oleh-oleh khas Rumania yang menarik untuk kamu coba.

1. Souvenir Dracula

souvenir dracula
deliciously.ru

Saat mendengar Rumania, beberapa dari kamu tentu akan teringat dengan drakula atau hantu penghisap darah. Cerita mengenai hantu drakula menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Rumania.

Tidak hanya ceritanya yang menarik bagi para wisatawan, di Rumania kamu juga bisa menjumpai berbagai souvenir dengan tema drakula. Souvenir-souvenir tersebut diantaranya berupa lukisan, patung, hingga magnet kulkas. Meskipun memiliki karakter yang mengerikan, tetapi souvenir dengan tema drakula ini tentu sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Rumania. Kalian dapat membelinya sebagai oleh-oleh untuk keluarga maupun kerabat di rumah.

Gotravelly

Berburu Oleh-Oleh Khas Thailand Di Chiang Rai Night Bazaar

Explore Kuala Lumpur: Central Market, Pasar Seni, Kasturi Walk, Petaling Street

2. Sendok Kayu

sendok kayu
epiloglaser.id

Tidak hanya souvenir dengan tema drakula, sendok kayu juga kerap dipilih oleh wisatawan sebagai salah satu oleh-oleh khas Rumahnia yang menarik untuk dibeli. Pada zaman dahulu, masyarakat Rumania menggunakan sendok kayu sebagai alat makan. Karena memiliki bahan yang unik serta yang menarik, kini sendok kayu dipilih sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung ke Rumania.

Karena kini dialihfungsikan sebagai souvenir dan hiasan, tidak heran jika sendok kayu dibuat dengan ukuran yang sangat beragam. Kamu dapat membeli sendok kayu mulai ukuran normal hingga ukuran besar. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau sesuai dengan ukuran, bahan, serta tingkat kesulitan pembuatan sendok kayu.

3. Keramik Horezu

keramik horezu
istockphoto.com

Salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Rumania berikutnya yang cukup populer adalah keramik horezu. Bagi kamu pecinta pajangan keramik atau pot pot unik, keramik ini tentu sayang untuk kamu lewatkan. Keramik horezu dikenal sebagai hasil karya seni tradisional di Rumania.

Kamu dapat membeli keramik ini dengan berbagai macam bentuk seperti pot, piring, dan bentuk lainnya. Proses pembuatannya yang masih menggunakan cara tradisional tentu menjadi daya tarik tersendiri. Keramik ini juga dikenal memiliki berbagai warna seperti hijau, biru, merah, dan coklat, sehingga tampak menarik. Tidak perlu diragukan lagi karena keramik horezu sudah masuk ke dalam kategori Warisan Budaya Takbenda UNESCO.

4. Kosmetik

kosmetik rumania
sibukliburan.id

Tidak hanya makanan dan juga benda-benda unik, kosmetik juga dapat menjadi pilihan tepat bagi kamu yang sedang mencari rekomendasi oleh-oleh khas Rumania. Beberapa merk kosmetik yang sangat populer di Rumania dan sayang untuk dilewatkan adalah Gerovital dan Aslavital. Kedua produk tersebut dikenal sudah ada sejak lama dan tidak hanya menarik perhatian masyarakat lokal melainkan juga wisatawan yang datang ke Rumania.

Pada sekitar tahun 1920, pelopor ahli biologi dan dokter Rumania Ana Aslan menemukan sifat anti penuaan prokain. Selanjutnya kedua merek kosmetik tersebut dibuat berdasarkan penemuannya. Rumania juga dikenal menjual berbagai produk kosmetik yang mengandung zat aktif dari gunung berapi lumpur berca. Menarik sekali bukan?

5. Produk Lebah

produk lebah
merdeka.com

Produk lebah dikenal sebagai salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Rumania yang banyak diburu oleh wisatawan. Jika Indonesia memiliki salah satu produk yakni minyak tawon, juga memiliki produk lebah yang tidak kalah menarik untuk dibeli. Salah satu produk lebah yang populer di Rumania adalah krim racun lebah.

Krim racun lebah dikenal memiliki beberapa manfaat salah satunya adalah pereda gejala penyakit sendi. Tidak hanya itu, Rumania juga memiliki beberapa produk lebah lainnya seperti royal jelly. Royal jelly dikenal memiliki manfaat sebagai suplemen makanan serta kosmetik.

6. Telur Yang Dicat

telur yang dicat
foto.tempo.co

Rekomendasi oleh-oleh khas Rumania berikutnya yang sayang untuk dilewatkan adalah telur. Bukan telur biasa, telur khas Rumania dikenal sangat menarik karena dicat di bagian luarnya. Telur khas Rumania biasa dicat oleh wanita-wanita Rumania dengan motif tradisional yang unik dan menarik.

Telur yang satu ini merupakan telur souvenir yang mirip dengan telur Paskah. Tetapi meskipun sama-sama dicat, tetapi kedua telur tersebut sebenarnya berbeda. Souvenir yang satu ini dibuat dengan proses panjang dan cukup melelahkan. Sebelum dicat dan dikreasikan, telur terlebih dahulu dikosongkan. Saat datang ke Rumania, tidak ada salahnya untuk berburu souvenir unik yang satu ini.

7. Bahan Makanan Tradisional

bahan makanan tradisional
reservasiku.com

Kamu dapat memilih berbagai oleh-oleh khas Rumania yang menarik untuk dibawa pulang, salah satunya adalah bahan makanan tradisional. Negara yang satu ini dikenal memiliki berbagai olahan berbahan daging yang biasa dipanggang atau diasap. Salah satu yang populer dari Rumania adalah sosis asap. Makanan yang satu ini tentu cocok dipilih sebagai oleh-oleh bagi pecinta olahan daging.

Bahan daging berbentuk lonjong ini memang banyak sekali menarik minat wisatawan yang datang ke Rumania. Sosis biasa dijual dengan kemasan praktis sehingga sangat cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Tertarik untuk mencoba lezatnya olahan sosis khas Rumania?

8. Tuica

tuica
rove.me

Pernah mendengar sebutan minuman Tuica? Tuica dikenal sebagai salah satu minuman khas Rumania yang mengandung 24% hingga 65% alkohol.

Minuman yang satu ini biasa menjadi minuman pribadi atau dijual. Pada zaman dahulu, minuman ini dianggap ilegal. Tetapi karena memiliki unsur tradisional, kini Tuica ditoleransi dan dapat dijual. Beberapa tempat juga memiliki lisensi yang menyatakan bahwa minuman ini legal. Minuman yang dibuat dengan bahan dasar buah plum ini menjadi rekomendasi yang tepat untuk dibawa pulang dari Rumania.

Tuica biasa dikonsumsi oleh masyarakat Rumania saat sebelum makan dan dengan takaran tertentu. Hal itu bertujuan karena minuman ini dapat meningkatkan nafsu makan. Menarik sekali bukan?

9. Ie

Oleh Oleh Khas Rumania
sibukliburan.id

Jika beberapa negara lain memiliki baju tradisional yang populer, maka begitu pula dengan negara Rumania. Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan pakaian tradisional khas Jepang yakni kimono dan pakaian tradisional khas Indonesia yakni kebaya. Pakaian tradisional khas Rumania juga tidak kalah menarik dan biasa disebut dengan ie.

Ie merupakan pakaian berbentuk blouse yang dikenal unik karena lengannya dihiasi dengan motif kuno. Tidak hanya memiliki motif yang menarik, bentuk lengannya juga dikenal unik yakni berbentuk lengan lebar. Bentuk lengan lebar tersebut biasa disebut dengan lengan lonceng. Tidak hanya itu, pakaian yang satu ini juga dikenal dengan hiasan yakni renda-renda cantik. Seperti pakaian tradisional pada umumnya, ie hanya biasa digunakan pada perayaan Hari Internasional Blus Rumania di tanggal 24 Juni. Karena bentuknya yang sangat menarik, tidak heran jika pakaian tradisional yang satu ini berhasil membuat wisatawan penasaran dan ingin membelinya.

Nah, itulah daftar 9 rekomendasi oleh-oleh khas Rumania. Saat berkesempatan berkunjung ke Rumania, oleh-oleh manakah yang paling ingin kamu bawa pulang?



Leave a Reply