8 Wisata Kuliner Tulungagung, Sedap dan Nagih!


Jehan  October 9, 2023  0 Comment

Wisata Kuliner Tulungagung – Salah satu kabupaten di Jawa Timur berikut ini akan menjadi destinasi yang menarik untuk dijelajahi terlebih untuk para pecinta kuliner. Tentu saja, beragam cita rasa aromatik dari dapur kuliner Tulungagung yang ada di sana tidak dapat kamu temukan dari kota-kota lainnya.

Kuliner Tulungagung lekat dengan rasa kuat rempah dan ramuan bumbu dapur lainnya,  dengan sensasi pedas yang seringkali menjadi pelengkap yang tak terpisahkan. Penasaran dengan kulineran apa saja yang dapat kamu nikmati di sana?  yuk, cek rekomendasi GoTravelly berikut ini!

Rekomendasi Wisata Kuliner di Tulungagung

1. Sate Kambing & Gulai Pak Nyoto

sate kambing pak nyoto tulungagung kuliner
instagram.com

Apabila kamu datang ke Tulungagung, rekomendasi pertama yang dapat menjadi referensi untuk kulineranmu di sana adalah Sate Kambing & Gulai Pak Nyoto. Daging kambing yang diolah menjadi makanan favorit para foodies dari dapur pak Nyoto tersebut, dijamin tidak akan bau prengus atau bau amis khas dari kambing.

Sate dibumbui dengan racikan bumbu dapur yang legendaris dan menjadi semakin spesial karena menggunakan kecap lokal Tulungagung yang tidak diragukan kenikmatannya. Selain menu sate kambing, kamu juga dapat memesan gulai kambing yang juga terkenal enak dan nagih.

Baca juga :  11 Resto Romantis di Bandung Suasananya Sendu Banget dan Nyaman!

Lokasi Restoran

Jalan W.R. Supratman, Kutoanyar, Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66219, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 09:00 – 15:00 | 16:00 – 22:00 WIB.

2. Sate Kambing Pak Kuwat

sate kambing pak kuwat wisata kuliner tulungagung
instagram.com

Wisata kuliner Tulungagung berikutnya masih seputar bebakaran kambing yang tidak boleh terlewatkan begitu saja. Rumah makan berikut ini, memiliki beberapa cabang tetapi pusat utamanya berada di lokasi yang tidak jauh dari Stasiun Tulungagung.

Sate Kambing Pak Kuwat memiliki olahan hidangan yang banyak dicari para pecinta kuliner baik dari dalam atau pun luar kota. Selain menu satenya yang empuk, terdapat juga menu favorit lainnya, seperti sate goreng dan gule yang cocok untuk dinikmati dan disantap saat lapar.

Lokasi Restoran

Jalan M. Husni Thamrin No. 4, Kenayan, Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66212, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 08:00 – 22:00 WIB | kecuali hari Jumat, pukul 14:00 – 22:00 WIB.

3. Ayam Lodho Pak Yusuf

ayam lodho pak yusuf
instagram.com

Rekomendasi berikut ini tentu saja harus masuk ke dalam daftar wisata kulineranmu saat berada di Tulungagung. Ayam Lodho menjadi salah satu makanan khas daerah setempat yang akan memberimu cita rasa penuh aromatik yang luar biasa.

Ayam Lodho Pak Yusuf menjadi salah satu rumah makan terkenal di Tulungagung yang dapat kamu pilih. Jika masih tersedia, cobalah memesan hidangan tersebut dengan pelengkap nasi gurihnya yang lezat.

Namun, karena nasi gurih banyak disukai oleh orang-orang jangan terlalu kecewa saat kamu datang ke sana telah kehabisan. Nasi putih pun, bisa menjadi teman bersantap ayam lodho yang tidak kalah nikmat.

Lokasi Restoran

Jalan KH. R. Abdul Fattah No. 88, Botoran, Ngemplak, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66213, Indonesia.

Baca juga :  7 Mall Mewah di Jakarta Tempat Nongkrong Para Sultan

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 08:30 – 21:00 WIB.

4. Botok Iwak Kali Mas Ardi

botok iwak kali mas ardi
instagram.com

Ingin makan dengan suasana nyaman dan beragam menu sajian pilihan yang lezat-lezat? cobain deh wisata kuliner di Botok Iwak Kali Mas Ardi Tulungagung. Rumah makan berikut ini akan menyambutmu dengan suasana dipinggir sawah yang memberi nuansa sejuk untuk bersantai sembari bersantap.

Ada berbagai macam lauk ikan yang diolah dengan resep bumbu dapur terbaik di sana. Selain ikan di masak botok, mereka juga menyediakan menu ikan masak mangut, dan menu gorengan.

Lokasi Restoran

Jalan Ki Mangun Sarkoro No. 23A, Ngreco, Jepun, Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66235, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari kecuali Jumat, pukul 09:00 – 16:00 WIB.

5. Soto Ayam Pak Kasidi

soto ayam pak kasidi
google.com

Salah satu kuliner legendaris dari Tulungagung berikut ini bisa menjadi referensi wisata rasa untukmu bersama keluarga. Soto Ayam Pak Kasidi telah ada sejak tahun 1931, dengan ciri khasnya yang menyajikan semangkuk nasi soto berukuran mungil.

Meski mangkuk berukuran kecil, namun porsi yang akan kamu dapatkan cukup padat dan bisa mengisi perut lapar dengan pas untukmu. Soto yang tersedia di rumah makan sederhana ini, jenis soto bening dengan kuah kaldu yang sedap, gurih, dan umami.

Apabila kamu datang ke wisata kuliner berikut ini, kamu akan disuguhkan beragam menu tambahan yang tersedia di atas meja, seperti perkedel kentang, sate telor puyuh, kacang goreng, usus goreng, dan jeroan ayam.

Lokasi Restoran

Jalan KH. Hasyim Asyari No. 16, Kecamtan Kauman, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, 66261, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 08:00 – 21:00 WIB.

6. Nasi Pecel Bu Kitun

nasi pecel bu kitun
instagram.com

Salah satu pilihan wisata kulineran berikut ini dapat kamu temukan di malam hari Nasi Pecel Bu Kitun Tulungagung. Sebuah rumah makan sederhana tersebut selalu ramai dan tidak pernah sepi pengunjung.

Baca juga :  Pasti Nggak Bisa Nolak Diajakin Ke 10 Steak Enak di Surabaya

Di sana kamu dapat menikmati menu andalan nasi pecel dengan harga super murah dengan porsi banyak yang bisa mengisi penuh perutmu. Ada berbagai macam pilihan lauk yang dapat kamu pilih sebagai pelengkap santapanmu yang tentu saja tidak akan membuat jebol kantongmu.

Lokasi Restoran

Jepun, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66218, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 19:00 – Tutup.

7. Warung Pecel Pojok

warung pecel pojok
instagram.com

Rumah makan yang satu ini juga dikenal dengan julukan Pecel Klenteng. Lokasi Warung Pecel Pojok tepat bersebelahan di samping klenteng Tulungagung. Tempat makan ini merupakan salah satu warung legendaris yang masih melayani dengan setia para tamu.

Satu porsi nasi pecel dapat kamu nikmati dengan harga murah Rp5000. Selain nasi pecel, ada juga nasi lodeh yang tidak kalah nikmatnya. Suasana rumah makan pun nyaman dengan gaya sederhana yang membuat santapanmu semakin terasa lezat.

Lokasi Restoran

Jalan WR. Supratman No. 105, Kenayan, Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66212, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 06:15 – 14:00 WIB.

8. Sompil Mbah Yem

sompil mbah yem
google.com

Rekomendasi wisata kuliner Tulungagung selanjutnya berikut ini akan menyambutmu dengan hidangan khas berkuah yang rasanya lezat dan memikat. Sompil merupakan penamaan untuk sajian lontong sayur.

Sompil Mbah Yem menjadi sebuah tempat kuliner dengan resep keluarga yang masih terjaga cita rasanya. Kuah sayur dimasak dengan resep dapur andalan menghasilkan rasa gurih dengan sensasi sedikit pedas yang nagih untuk dinikmati bersama lontong.

Uniknya, jika kamu datang ke tempat kuliner tersebut kamu akan mendapatkan pengalaman bersantap dengan suasana ala pawon (dapur) rumahan desa yang tidak dapat kamu temukan di perkotaan.

Lokasi Restoran

Kalirejo Nol, Ngunggahan, Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66274, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 16:00 – 22:00 WIB.

source: https://www.youtube.com/@bottv6563

Sobat GoTravelly, itulah beberapa tempat yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja untuk berwisata kulineran selama di Tulunagung. Penasaran dengan hal menarik lainnya dari suatu daerah di Nusantara? yuk, intip GoTravelly!



Leave a Reply