7 Wisata di Tabalong yang Dikenal Indah dan Menakjubkan


Fida  November 30, 2022  0 Comment

Tabalong merupakan sebutan bagi salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan. Daerah yang satu ini dikenal menyuguhkan banyaknya destinasi wisata. Oleh karena itu, tidak heran jika Tabalong kerap didatangi wisatawan dari berbagai daerah. Jika ingin menghabiskan waktu berlibur, inilah daftar 7 rekomendasi tempat wisata di Tabalong yang menarik untuk kamu datangi. 

Wisata di Tabalong :

1. Danau Cermin

danau cermin
wisato.id

Danau Cermin merupakan salah satu tempat wisata di Tabalong yang populer dan menarik untuk kamu datangi. Danau yang satu ini menyuguhkan pemandangan indah dengan suasana yang masih sangat alami. Sesuai dengan sebutannya, perairan di Danau Cermin dikenal sangat jernih hingga dapat digunakan untuk bercermin. Tidak hanya itu, Danau Cermin juga menjadi tempat tinggal bagi berbagai biota baik flora maupun fauna. 

Selain perairannya yang jernih, Danau Cermin juga dikelilingi dengan banyaknya tanaman dan penghijauan. Suasana sejuk dan asri tentu dapat membuat pengunjung betah berada di kawasan wisata ini. Bagi kamu yang ingin melepas penat maupun menenangkan diri, Danau Cermin menjadi tujuan tepat yang bisa kamu datangi. 

Jika ingin mengunjungi Danau Cermin, kamu dapat langsung menuju ke kawasan Desa Puri, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong. Lokasinya yang cukup terpencil juga menjadikan danau ini belum banyak didatangi oleh wisatawan. Bagi kamu yang hobi berkemah, menghabiskan waktu di Danau Cermin dengan mendirikan tenda juga menjadi hal menarik yang sayang untuk  kamu lewatkan. 

Islamic Centre Samarinda: Masjid Terbesar Di Asia Tenggara Ada Di Indonesia Nih!

Menikmati Olahan Kepiting Jumbo Khas Kalimantan Di Resto Kenari

Baca juga :  9 Tempat Wisata di Kamojang Panorama Alamnya Wow Banget!

2. Air Terjun Riam Mambanin

air terjun riam mambanin
haruai-wirang.blogspot.com

Tidak hanya indahnya danau, kamu juga dapat mengunjungi tempat wisata di Tabalong berupa air terjun. Salah satu air terjun yang populer dan dikenal indah adalah Air Terjun Riam Mambanin. Wisata alam dengan pemandangan menakjubkan ini dapat kamu datangi di kawasan Desa Marindi, Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong. 

Pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan indahnya aliran air terjun yang mengalirkan aliran air deras dan jernih. Tidak hanya itu, adanya tebing dan pepohonan di sekeliling air terjun juga menjadikan Air Terjun Riam Mambanin tampak semakin indah. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu pecinta alam. 

Adanya bebatuan yang membentuk riam-riam kecil juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Kamu dapat mengunjungi Air Terjun Riam Mambanin sebagai destinasi untuk berlibur bersama teman maupun keluarga. 

3. Air Terjun Tangkum

air terjun tangkum
wisato.id

Selain Air Terjun Riam Mambanin, kamu dapat mengunjungi tempat wisata di Tabalong berupa air terjun lainnya yakni Air Terjun Tangkum. Destinasi wisata yang satu ini berlokasi di Desa Panaan, Kecamatan Bintang Ara, Kabupaten Tabalong. Untuk menuju ke lokasi Air Terjun Tangkum, pengunjung harus melewati jalan setapak dengan pemandangan kebun karet di sekelilingnya. Lokasinya yang cukup terpencil menjadikan Air Terjun Tangkum belum banyak diketahui oleh wisatawan sehingga memiliki keasrian serta kealamian yang masih sangat terjaga. 

Saat tiba di lokasi air terjun, pengunjung akan dibuat takjub karena Air Terjun Tangkum mengalirkan air yang jernih. Adanya tebing dan pepohonan juga menjadikan pengunjung betah dan enggan pulang. Bagi pecinta foto, terdapat banyak spot menarik dan instagramable yang dapat kamu jumpai. Air Terjun Tangkum sangat cocok untuk dikunjungi sebagai destinasi untuk menghabiskan waktu berlibur bersama teman maupun keluarga. 

Baca juga :  7 Tempat Camping Keluarga Ternyaman di Malang

4. Goa Liang Tapah

goa liang tapah
meratusgeopark.org

Saat ingin mengunjungi tempat wisata di Tabalong, kamu tentu tidak perlu bingung karena terdapat banyak pilihan wisata yang bisa dikunjungi. Salah satu destinasi wisata yang populer adalah Goa Liang Tapah. Goa yang satu ini berlokasi di kawasan Desa Garagata, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong. 

Untuk tiba di lokasi goa, pengunjung harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak. Selama perjalanan, kamu akan dimanjakan dengan hamparan penghijauan serta udara yang segar. Pengunjung juga dapat melihat langsung adanya latar perbukitan yang menjulang. Rasa lelah selama perjalanan akan terbayar lunas saat tiba di lokasi Goa Liang Tapah. 

Indahnya stalakmit dan stalaktit akan menyambut kedatangan pengunjung di goa ini. Tidak hanya indah, pemandangan alam juga tampak instagramable dan menakjubkan. Goa Liang Tapah menawarkan banyak spot menarik dan instagramable bagi kamu yang hobi berfoto. 

Menurut masyarakat setempat, Goa Liang Tapah merupakan tempat tinggal bagi ikan tapah yang dikenal berbahaya. Oleh karena itu, wisatawan hanya disarankan untuk berkunjung pada pagi hingga siang hari saja. Keindahan serta kealamian Goa Liang Tapah berhasil menjadikan banyak wisatawan penasaran dan ingin mengunjunginya. 

5. Masjid Pusaka Banua Lawas

masjid pusaka banua lawas
kebudayaan.kemdikbud.go.id

Selain mengunjungi tempat wisata alam, kamu juga dapat datang ke tempat wisata religi di Tabalong. Masjid Pusaka Banua Lawas menjadi masjid tertua yang sekaligus banyak dikunjungi sebagai salah satu tempat wisata di Tabalong. Kamu dapat mengunjungi Masjid Pusaka Banua Lawas di kawasan Sei Anyar, Habau, Kecamatan Banua Lawas, Kabupaten Tabalong.

Pengunjung sangat disarankan untuk datang di hari Rabu karena lebih ramai pengunjung atau peziarah. Oleh karena itu, masjid ini disebut dengan sebutan Masjid Pasr Arba. Di masjid ini, pengunjung juga dapat melihat langsung adanya peninggalan berupa guci yang sudah berusia 400 tahun. Guci tersebut masih awet dan tidak berubah warna hingga saat ini. Peziarah biasa mengambil air dari dalam guci untuk dibawa pulang. 

Baca juga :  10 Danau Garam di Dunia, Fenomena Unik Menjadi Destinasi Menarik

Tidak hanya itu, di sekitar masjid juga terdapat makam pekuburan warga setempat. Salah satu yang populer adalah bangunan kubah yang merupakan makam Penghuku Rasyid, makam pejuang Banjar. 

6. Taman Bunga Poska

taman bunga poska
banjarmasin.tribunnews.com

Rekomendasi tempat wisata di Tabalong berikutnya yang sayang untuk kamu lewatkan adalah Taman Bunga Poska. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini menyuguhkan indahnya taman bunga yang dapat dikunjungi di Jalan Desa Pematang, Kecamatan Banua Lawas, Kabupaten Tabalong. 

Melihat indahnya bunga bermekaran di Taman Bunga Poska tentu menjadikan liburanmu semakin berkesan. Pengunjung yang datang juga akan dimanjakan dengan banyaknya pilihan spot menarik dan instagramable yang dapat dimanfaatkan untuk berfoto. 

Salah satu daya tarik bagi pengunjung adalah adanya menara pandang di Taman Bunga Poska. Pengunjung dapat menariki menara dan melihat indahnya pemandangan dari ketinggian. Untuk menyusuri kawasan wisata ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 3.000,- per orang. Cukup terjangkau bukan?

7. Tanjung Bersinar Park

tanjung bersinar park
banjarmasin.tribunnews.com

Satu lagi rekomendasi tempat wisata di Tabalong yang tidak boleh kamu lewatkan yakni Tanjung Bersinar Park. Wisata yang satu ini merupakan ruang terbuka hijau yang banyak didatangi wisatawan sebagai tempat bersantai atau untuk menghabiskan waktu berlibur. 

Saat datang ke Tanjung Bersinar Park, pengunjung akan dimanjakan dengan suasana yang sejuk dan rindang. Pemandangan yang asri dan hamparan penghijauan tentu sangat memanjakan mata. Jika penasaran dan ingin mengunjungi Tanjung Bersinar Park, kamu dapat langsung menuju ke daerah Mabuun, Kecamatan Murung Pundak, Kabupaten Tabalong. 

Ng, itulah daftar 7 rekomendasi wisata di Tabalong yang populer dan bisa kamu kunjungi. Saat berkesempatan datang ke Tabalong, wisata manakah yang paling ingin kamu datangi? 



Leave a Reply