10 Tempat Wisata di Tabalong Biki Mata Berbinar


Fida  November 28, 2021  0 Comment

Tabalong dikenal sebagai salah satu daerah yang terletak di provinsi Kalimantan Selatan. Daerah yang satu ini dikenal memiliki cukup banyak tempat wisata dengan pemandangan yang menakjubkan. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, berikut daftar 10 rekomendasi tempat wisata di Tabalong yang sayang untuk dilewatkan.

1. Goa Liang Tapah

goa liang tapah
kumparan.com

Salah satu rekomendasi tempat wisata di Tabalong yang menarik untuk kamu kunjungi adalah Goa Liang Tapah. Tempat yang satu ini merupakan gua dengan nuansa yang masih sangat alami. Kamu dapat mengunjungi Goa Liang Tapah di Desa Garagata, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong.

Salah satu yang menjadi daya tarik tersendiri adalah gua ini memiliki mata air yang indah. Saat pagi hari, mata air yang terpapar sinar matahari akan tampak berwarna biru atau hijau. Tempat wisata alam yang satu ini juga menawarkan banyak sekali spot menarik dan instagramable sangat cocok dikunjungi bagi kamu pecinta foto.

Gotravelly

Islamic Centre Samarinda: Masjid Terbesar Di Asia Tenggara Ada Di Indonesia Nih!

Aiola Canteen MERR : Nyobain Mie Pitik Hingga Bubur Ayam Mang Dudung Yang Super Lezat!

2. Danau Cermin

danau labuan cermin
idntimes.com

Tidak kalah indah dengan Goa Liang Tapah, Danau Cermin juga menjadi rekomendasi tempat wisata di Tabalong yang menarik untuk kamu kunjungi. Danau ini dikenal memiliki perairan yang sangat jernih. Tidak hanya itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan perbukitan karet di sekeliling danau.

Danau Cermin berlokasi di Desa Puri, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong. Tempat wisata alam yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran maupun menenangkan diri. Waktu terbaik untuk datang ke danau adalah pagi sampai sore hari dan sangat tidak disarankan untuk datang sendirian. Danau Cermin menawarkan pemandangan yang indah sekali bukan?

3. Air Terjun Riam Mambanin

air terjun riam mambanin
visittabalong.blogspot.com

Tempat wisata di Tabalong berikutnya yang direkomendasikan untuk kamu kunjungi adalah Air Terjun Riam Mambanin. Air terjun yang satu ini dikenal menawarkan keindahan alam yang sangat luar biasa. Oleh karena itu, tidak heran jika air terjun ini banyak didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Air Terjun Riam Mambanin berlokasi di kawasan Desa Marindi, Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong. Pengunjung akan dimanjakan dengan suasana yang sejuk dan masih sangat alami. Selain menawarkan aliran air yang jernih, Air Terjun Riam Mambanin juga menawarkan indahnya tebing dan pepohonan di sekelilingnya.

4. Danau Biru Pugaan

danau biru pugaan
muhammadharispauzan.blogspot.com

Rekomendasi tempat wisata di Tabalong berikutnya yang sayang untuk dilewatkan adalah Danau Biru Pugaan. Sesuai dengan namanya, danau yang satu ini memang dikenal memiliki warna biru. Berikut merupakan objek wisata buatan, tetapi keindahan danau ini sangatlah menakjubkan. Di sekeliling danau, pengunjung akan dimanjakan dengan adanya pepohonan siang membuat pemandangan tampak semakin menakjubkan.

Danau Biru Pugaan ini bisa kamu kunjungi di desa Tayur, Kecamatan Amuntai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Utara. Saat berencana untuk datang ke danau ini, kamu perlu menyiapkan perbekalan makanan karena di kawasan danau belum terdapat tempat makan. Saat ingin mengunjungi salah satu tempat wisata untuk menghabiskan waktu berlibur, tidak ada salahnya untuk datang dan menikmati pemandangan yang ditawarkan di Danau Biru Pugaan.

5. Air Terjun Tangkum

air terjun tangkum
borneo24.com

Ada cukup banyak pilihan tempat wisata di Tabalong yang dikenal indah dan populer di kalangan wisatawan. Salah satu tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Air Terjun Tangkum. Air terjun yang satu ini bisa kamu datangi di Desa Panaan, Kecamatan Bintang Ara, Kabupaten Tabalong. Untuk tiba di lokasi air terjun, pengunjung harus melewati jalan setapak yang terdapat hutan bambu dan kebun karet di sekelilingnya.

Air Terjun Tangkum tidak jarang disebut sebagai salah satu air terjun primadona di kawasan Bintang Ara. Air terjun yang satu ini juga menawarkan suasana yang masih sangat alami dan belum terlalu ramai pengunjung jika dibandingkan dengan air terjun lainnya.

6. Masjid Pusaka Banua Lawas

masjid pusaka banua lawas
kebudayaan.kemdikbud.go.id

Masjid Pusaka Banua Lawas juga dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Tabalong yang sayang untuk dilewatkan. Masjid yang satu ini merupakan masjid tertua yang kerap didatangi wisatawan sebagai tempat wisata religi.

Yang unik dari masjid ini adalah terdapat dua peninggalan berupa guci yang memiliki usia mencapai 400 tahun. Guci tersebut masih bagus dan tidak berubah warna meskipun sudah memiliki usia ratusan tahun. Para peziarah atau pengunjung yang datang biasa menyempatkan untuk mengambil air dalam guci sebelum pulang. Masjid Pusaka Banua Lawas bisa kamu kunjungi di daerah Sei Anyar, Habau, Kecamatan Benua Lawas, Kabupaten Tabalong.

7. Taman Bunga Poska

taman bunga poska
banjamasin.tribunnews.com

Salah satu dari banyaknya tempat wisata di Tabalong yang bisa kamu kunjungi, Taman Bunga Poska menjadi rekomendasi tujuan yang tepat untuk didatangi. Sesuai dengan namanya, tempat yang satu ini merupakan taman bunga yang memiliki banyak koleksi bunga di dalamnya. Beberapa bunga yang dapat dinikmati oleh pengunjung diantaranya bunga celosia, bunga matahari, dan masih banyak lagi. Bagi pecinta foto, kamu juga akan dimanjakan dengan banyaknya spot menarik dan instagramable yang ditawarkan.

Untuk masuk dan menyusuri kawasan ini, pengunjung hanya perlu menyiapkan biaya tiket masuk sebesar Rp 3.000,- per orang. Kamu dapat mengunjungi Taman Bunga Poska di Jalan Desa Pematang, Kecamatan Banua Lawas, Kabupaten Tabalong.

8. Tanjung Bersinar Park

tanjung besinar park
banjarmasin.tribunnews.com

Tanjung Bersinar Park menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata di Tabalong yang sayang untuk dilewatkan. Tanjung Bersinar Park merupakan ruang terbuka hijau yang cukup populer dan bisa dikunjungi di daerah Mabuun, Kecamatan Murung Pundak, Kabupaten Tabalong.

Saat datang ke tempat wisata yang satu ini, pengunjung akan dimanjakan dengan suasana yang sejuk dan masih sangat alami. Terdapat banyak pepohonan dan tanaman serta beberapa wahana bermain untuk anak-anak. Tanjung Bersinar Park sangat cocok dipilih untuk bersantai bersama teman maupun keluarga.

9. Tugu Obor Api

tugu obor api
wisato.id

Tidak hanya indahnya tempat wisata alam, Tugu Obor Api juga menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata di Tabalong yang sayang untuk dilewatkan. Sesuai dengan namanya, tempat wisata yang satu ini merupakan tugu dengan bentuk obor api. kamu dapat mengunjungi Tugu Obor Api di daerah Mabuun, Kecamatan Murung Pundak, Kabupaten Tabalong.

Tidak hanya menikmati uniknya bangunan tugu, tidak jarang pengunjung yang datang menyempatkan untuk berfoto. Saat berkunjung ke Tabalong, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mampir ke Tugu Obor Api.

10. Museum Lewu Hante

Tempat Wisata di Tabalong
commons.wikimedia.org

Museum Lewu Hante juga menjadi salah satu rekomendasi wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Tempat wisata yang satu ini biasa didatangi sebagai sarana edukasi. Terdapat benda-benda bersejarah yang ada di dalam museum seperti guci, gong, tombak, dan masih banyak lagi. Museum ini juga kerap dipilih sebagai tempat diselenggarakannya acara.



Leave a Reply