Wisata Sejarah 7 Napak Tilas Perjuangan Bung Karno


Fida  August 14, 2020  0 Comment

Dr. Ir. H. Soekarno atau yang dikenal dengan Bung Karno merupakan presiden pertama Republik Indonesia. Bapak Proklamator Kemerdekaan Indonesia ini memiliki peran penting dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Napak Tilas Perjuangan Bung Karno banyak dikunjungi wisatawan.

Meskipun sudah berpulang sejak 21 Juni 1970, perjuangan Bung Karno tetap dikenang khususnya oleh masyarakat Indonesia. Ada beberapa tempat yang memiliki rekam jejak Bung Karno dan kini digunakan sebagai tempat wisata atau tempat yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Berikut wisata bersejarah napak tilas Bung Karno yang bisa Anda datangi

1. Makam Bung Karno, Blitar

makam bung karno
penginapan.net

Berbicara tentang wisata bersejarah napak tilas Bung Karno, Anda tentu tidak asing dengan lokasi makam Bung Karno yang kini menjadi tempat yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Lokasi makam yang sekaligus menjadi lokasi perpustakaan dan museum memiliki daya tarik tersendiri.

Perpustakaan yang berada di wilayah makam Bung Karno memiliki koleksi yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Salah satu koleksi yang menarik yakni buku-buku yang menceritakan tentang kisah hidup Bung Karno serta karyanya. Tidak ada itu, di kawasan museum pengunjung bisa menikmati berbagai koleksi lukisan, barang, hingga patung Bung Karno. Perpustakaan serta museum ini diresmikan pada tahun 2004 dan beralamat di Jalan Ir Soekarno No. 152, Kota Blitar. Saat ingin mengunjungi tempat wisata bersejarah, lokasi ini bisa menjadi salah satu pilihan tepat.

Gotravelly

Jelajah Monumen Tugu Pahlawan & Museum 10 November Surabaya

Menelusuri Sejarah Madura Di Museum Cakraningrat, Tapi Kok Begini?

2. Goa Soekarno, Madura

goa soekarno
ngadem.com

Pernah mendengar sebutan lokasi bersejarah yang satu ini? Goa Soekarno menjadi salah satu wisata bersejarah napak tilas Bung Karno yang terletak di Dusun Benteng Utara, Desa Panaongan, Pasongsongan, Kabupaten Sumenep, Madura. Dulunya di lokasi Goa Soekarno ditemukan banyak foto-foto Bung Karno yang setelah ditelusuri ternyata merupakan koleksi pribadi dari Kyai Sukardi, yakni seorang musafir yang menetap di dalam goa serta menjadi pengagum ir Soekarno.

Di tahun 2019, Goa Soekarno sempat ramai dikunjungi oleh wisatawan karena selain bersejarah juga dikenal indah dengan stalaktit dan stalakmit yang ada di dalamnya. Selain keindahan yang alami, adanya tambahan lampu warna-warni juga menjadikan goa yang satu ini semakin terlihat menarik untuk didatangi. Saat mencari tempat wisata bersejarah di Madura, goa Soekarno bisa menjadi tujuan yang tepat untuk Anda datangi.

3. Taman Renungan Bung Karno, Ende

Taman Renungan Bung Karno
triptrus.com

Wisata bersejarah napak tilas Bung Karno selanjutnya adalah Taman Renungan Bung Karno yang terletak di Ende, Nusa Tenggara Timur. Sesuai dengan namanya, tempat yang satu ini dulunya merupakan tempat merenung bagi Bung Karno. Saat ini, di Taman Renungan Bung Karno terdapat patung Bung Karno yang sedang duduk seperti merenung.

Dulunya, di taman ini terdapat pohon sukun bercabang lima yang dikenal sebagai inspirasi dari konsep lahirnya Pancasila. Namun pohon tersebut telah tumbang pada tahun 1981 karena tertiup angin. Wisata napak tilas yang satu ini masih sangat terawat. Di kawasan tersebut dibangun bangku dengan panjang 17 meter dan kolam air berukuran 8 meter x 45 meter. Hal tersebut dibuat bukan tanpa tujuan, melainkan sesuai dengan hari kemerdekaan RI yaitu 17 Agustus 1945. Saat berlibur ke Ende Nusa Tenggara Timur, Taman Renungan Bung Karno sayang untuk Anda lewatkan.

4. Istana Tampak Siring, Bali

istana tampak siring
kintamani.id

Istana Tampak Siring menjadi salah satu wisata bersejarah napak tilas Bung Karno. Lokasi wisata yang satu ini menjadi satu-satunya istana yang dibangun oleh pemerintah Indonesia setelah merdeka. Bung Karno turut andil sebagai pemberi banyak masukan dalam masa perancangan bangunan Istana Tampak Siring.

Karena keindahannya, lokasi yang satu ini sangat digemari oleh wisatawan yang datang ke Bali. Kolam Tirta Empul serta area persawahan menjadi lokasi yang paling banyak diminati oleh pengunjung. Tidak hanya wisatawan lokal atau mancanegara, beberapa kepala negara juga pernah mengunjungi lokasi yang satu ini seperti Presiden Obama, Presiden Josip Broz Tito, dan lain-lain. Saat berada di Bali, Anda bisa mengunjungi lokasi Istana yang satu ini di jalan Ir Soekarno, Manukaya, Tampaksiring, Gianyar, Bali.

5. Danau Kelimutu, Ende

Danau Kelimutu
liputan6.com

Selain dikenal sebagai tempat wisata alam yang indah, Danau Kelimutu juga dikenal sebagai wisata bersejarah napak tilas Bung Karno yang sayang untuk dilewatkan. Di tempat yang satu ini, bung Karno telah menemukan banyak inspirasi dan melahirkan sebuah karya “Rahasia Kalimutu”.

Lokasi Danau Kelimutu yang berada di kawasan Ende juga dipercaya oleh warga sebagai tempat di mana bung Karno melahirkan konsep atau ide awal Pancasila. Selain memiliki sejarah yang luar biasa, keindahan alam di kawasan Danau Kelimutu sudah tidak perlu dilakukan lagi.

6. Rumah Pengasingan Bung Karno, Ende

 Rumah Pengasingan Bung Karno
travel.kompas.com

Berwisata merupakan kegiatan yang sangat dinantikan ketika hari libur tiba. Mulai dari wisata alam hingga wisata bersejarah dapat Anda kunjungi bersama keluarga. Bagi Anda yang suka berkunjung ke tempat wisata bersejarah, Rumah Pengasingan Bung Karno yang berlokasi di Ende menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Wisata yang satu ini merupakan wisata bersejarah napak tilas Bung Karno yang menjadi favorit banyak orang. Pada zaman dahulu, Bung Karno diasingkan di tempat ini selama 4 tahun 9 bulan. Saat berada di situlah Bung Karno merenungkan tentang Pancasila yang hingga saat ini menjadi dasar negara Indonesia.

Di sini lah Presiden pertama Indonesia hidup bersama istri, mertua dan anak angkatnya untuk menghabiskan waktu selama pengasingan. Ketika berada di sana, Anda akan melihat patung Bung Karno berdiri tegak. Berbagai perabot milik Bung Karno masih terawat dan tersimpan rapi. Mulai dari lukisan hingga akta nikah dengan Ibu Inggit. Terdapat pula kamar mertua dan anak angkat Bung Karno. Bagi Anda yang ingin mengetahui sejarah tentang Ende, Ir Soekarno dan kemerdekaan Indonesia Anda dapat membaca buku yang tersedia di sini.

7. Rumah Pengasingan Bung Karno, Bangka

Rumah Pengasingan Bung Karno
kumparan.com

Ketika Anda berada di Pulau Bangka, kurang lengkap rasanya jika Anda tidak mengunjungi  salah satu wisata bersejarah napak tilas Bung Karno.  Wisata yang dimaksud adalah rumah pengasingan Bung Karno. Bagi Anda pecinta sejarah, pasti Anda akan merasa sangat senang ketika mengunjungi wisata yang satu ini. Tempat dimana Bung Karno diasingkan berpuluh-puluh tahun yang lalu. Rumah pengasingan Bung Karno masih kental akan arsitektur Belanda dan masih dilestarikan hingga saat ini dijadikan museum. Di sana, Anda akan melihat kamar serta berbagai perabotan Bung Karno yang masih tersimpan dengan rapi. Warna kamar serta ruangan-ruangannya masih seperti dulu yang menggunakan nuansa putih.

Setelah Anda puas melihat ruangan serta perabotan milik Bung Karno, Anda bisa menuju ke atas untuk menikmati keindahan alam yang luar biasa. Anda akan menyaksikan keindahan Bukit Menumbing dengan ketinggian 445 mdpl. Suasana tenang, sejuk dan asri dapat Anda rasakan ketika Anda berada di sana. Tak heran jika wisata yang satu ini menjadi favorit banyak orang.

Nah, di atas merupakan 7 wisata bersejarah napak tilas Bung Karno. Pernah mengunjungi salah satunya?



Leave a Reply