pritagizela | Traveler
Bangkalan, Jawa Timur, Indonesia | Museum
23 Mar 2020


Menelusuri Sejarah Madura di Museum Cakraningrat, Tapi Kok Begini?
Liburan ke Madura bukan hanya bisa ke pantai, kalian yang suka wisata sejarah bisa mampir ke Museum Cakraningrat ini. Selayaknya museum pada umumnya, museum ini juga menyimpan berbagai benda penting.

How to Get There

Dalam kunjungan ke Bangkalan kemarin, selain aku mencicipi kulinernya yaitu Nasi Serpang dan mengunjungi sejuknya Taman Paseban, selanjutnya aku berkunjung ke wisata sejarahnya yaitu Museum Cakraningrat.

Museum Cakraningrat ini berada di Jalan Soekarno Hatta no 35, Bangkalan. Lokasinya masih ada di sekitaran tengah kota Bangkalan kok guys dan berada satu kawasan dengan kantor Disbudpar Kota Bangkalan.

What to Do

 

Saat pertama kali sampe disana, suasana museum ini sepi banget guys. Hanya ada dua orang penjaga yang duduk di depan museumnya sedang asyik berbincang. Museum Cakraningrat ini ngga terlalu gede ukurannya, cuma satu lantai aja tapi isinya cukup bikin aku terkejut.

museum cakraningratMuseum Cakraningrat dari depan

Aku tipikal orang yang suka banget berkunjung ke museum, menurutku berkunjung ke museum bisa nambah wawasan kita tentang sejarah suatu daerah ataupun kota. Nah, hal ini tentu aku ngga bisa dapet saat berkunjung ke museum ini. Kondisi Museum Cakraningrat ini bisa dibilang cukup memprihatinkan guys. Selain karena sepi, museum ini seperti tak terurus dan kurang tertata rapi.

Dari depan kalian bisa melihat ada dua buah Meriam yang akan menyambut pengunjung. Masuk ke dalam museum ini, terasa sekali hawanya yang lembab dan agak gelap untuk ukuran sebuah museum. Banyak sekali koleksi benda-benda bersejarah peninggalan Bangsawan Bangkalan disini, misalnya seperti kain batik Madura, peralatan membatik, alas membatik, bokor, tombak, penggel, gamelan ratna gumila, paeduwan, cucuk sisir, kereta kuda dan masih banyak lagi lainnya.

museum cakraningratMeriam di depan museum

 

Beberapa koleksi di Museum Cakraningrat

museum cakraningrat
museum cakraningrat
museum cakraningrat
museum cakraningrat
museum cakraningrat
museum cakraningrat
museum cakraningrat

Museum ini menjadi tempat bagi barang-barang peninggalan sejarah dan benda-benda kuno yang berada di Rumah Dinas Bupati Bangkalan. Karena saat itu dinilai kurang sesuai dengan tuntutan fasilitas public yang bernilai informative bagi warga, maka Bupati Bangkalan saat itu memindahkan museum ini ke tempat yang terbuka seperti saat ini. Museum ini diberi nama Cakraningrat agar museum ini mampu merefleksikan dan menanamkan nilai-nilai monumental sejarah Bangkalan bagi siapapun. Cakraningrat sendiri adalah sebuah gelar bagi raja-raja yang dulunya memerintah Bangkalan di tahun 1648 hingga 1918.

museum cakraningrat

Ratusan benda bersejarah tersimpan didalam museum yang berdiri di tahun 2008 ini namun masih minim penjelasannya. Padahal kalo biasanya aku pergi ke sebuah museum, aku bisa menemukan brosur yang sedikit memberikan penjelasan tentang museumnya dan benda-benda apa saja yang tersimpan didalamnya. Tapi aku ngga menemukannya saat berkunjung ke Museum Cakraningrat ini.

Kondisi museum ini pun terasa sangat memprihatinkan. Lantainya kotor dan ada di beberapa yang basah karena tetesan air hujan dari atas genteng. Bahkan genteng yang bocor pun lepas dari perhatian lho guys. Tak heran jika pengunjung jarang sekali datang kesini untuk melihat sejarah tentang Madura di museum ini.

Aku berharap pemerintah setempat bisa membenahi Museum Cakraningrat ini menjadi lebih menarik agar semakin banyak pengunjung yang berdatangan ke museum ini. Kan sayang banget guys kalo benda-benda bersejarah yang ada disini ngga bisa dinikmati oleh generasi selanjutnya.

Video by Gotravelly

 

Tips and Trick
  • Jangan lupa bawa kamera.
  • Jaga kebersihan tempat ini dengan ngga membuang sampah sembarangan.
  • Museum ini bisa dikunjungi setiap hari Senin-Jumat mulai jam 8 pagi – 4 sore.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY