7 Tempat Sahur di Solo Ini Buka Sampai Waktu Imsak


Fida  April 7, 2023  0 Comment

Selain dikenal kaya akan budaya, Solo juga menjadi salah satu daerah dengan berbagai sajian kuliner lezat. Terdapat beberapa pilihan tempat makan di Solo yang cocok kamu datangi sebagai tempat sahur saat bulan Ramadhan. Beberapa tempat tersebut buka hingga larut malam bahkan menjelang pagi. Tidak tanggung-tanggung, menu yang dihidangkan juga dikenal memiliki cita rasa lezat dan menggugah selera. Penasaran apa saja? Inilah daftar 6 rekomendasi tempat sahur di Solo yang populer dan sayang untuk kamu lewatkan.

Tempat Sahur di Solo :

1. Soto Seger Mbak Ronggeng

soto seger mbak ronggeng
surakata.go.id

Pernah mendengar sebutan kuliner Soto Seger Mbak Ronggeng? Kuliner yang satu ini menjadi salah satu yang paling populer dan banyak diburu, baik oleh masyarakat lokal maupun wisatawan yang datang ke Solo. Saat memasuki bulan puasa, Soto Seger Mbak Ronggeng cocok kamu datangi sebagai tempat sahur di Solo karena buka dari malam hingga menjelang pagi. 

Sesuai dengan namanya, Soto Seger Mbak Ronggeng menyajikan lezatnya soto yang segar dengan kuah bening dan ringan. Dalam satu porsi soto seger, kamu bisa menikmati beberapa isian seperti tauge, soun, daun bawang, nasi, potongan daging sapi, serta kuahnya khas dan mampu membuatmu ketagihan setelah mencobanya. Selain itu, kamu juga dapat memilih lauk tambahan yang ditawarkan seperti paru, babat, perkedel, ati ampela, hingga mendoan. 

Selain cita rasanya yang lezat, Soto Seger Mbak Ronggeng juga dikenal menawarkan harga yang terjangkau untuk setiap menunya. Tempatnya yang cukup luas juga menjadikan warung soto ini sebagai tempat sahur yang cocok kamu datangi bersama teman maupun keluarga. Untuk mencoba lezatnya Soto Seger Mbak Ronggeng, kamu dapat langsung menuju ke Jalan Letjen S. Parman, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta.

Baca juga :  9 Sup Khas Thailand Tawarkan Rasa Masam Segar Nan Menggoda

2. Nasi Liwet Bu Wongso Lemu

nasi liwet bu wongso lemu
idntimes.com

Nasi Liwet Bu Wongso Lemu merupakan salah satu kuliner legendaris Solo yang tidak boleh kamu lewatkan. Kuliner yang sangat populer di kalangan wisatawan ini dapat kamu datangi di Jalan Teuku Umar, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Karena buka hingga larut malam bahkan menjelang pagi, Nasi Liwet Bu Wongso Lemu dapat menjadi tujuan tempat sahur di Solo saat bulan puasa. 

Selain dikenal sangat legendaris, sajian nasi liwet khas Solo juga memiliki cita rasa lezat dengan tampilan yang menggugah selera. Kamu dapat memilih untuk memesan nasi liwet dengan berbagai tambahan lauk seperti telur, suwiran ayam, ati ampela, kepala ayam, dan lain lain. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan area lesehan yang cukup luas. Sembari menikmati hidangan Nasi Liwet Bu Wongso Lemu, kamu juga akan dimanjakan dengan alunan musik tradisional. 

3. Gudeg Ceker Bu Kasno

gudeg ceker bu kasno
travel.kompas.com

Pecinta olahan kuliner gudeg? Gudeg Ceker Bu Kasno menjadi salah satu yang wajib kamu coba saat berada di Solo. Warung gudeg yang satu ini dikenal sangat legendaris karena sudah ada sejak tahun 1950-an. Saat memasuki bulan puasa, Gudeg Ceker Bu Kasno juga cocok kamu tuju sebagai salah satu tempat sahur di Solo. Karena dikenal sangat populer dan legendaris, pengunjung harus rela mengantri untuk mencoba lezatnya sajian khas yang ditawarkan.

Tersedia beberapa pilihan menu yang dapat kamu coba diantaranya Nasi Gudeg Tahu, Nasi Gudeg Ayam, Nasi Gudeg Ayam Tahu, dan masih banyak lagi. Salah satu menu unik dan paling banyak diburu adalah Gudeg Cakar. Bumbu dan rempah yang digunakan menjadikan hidangan ini sangat lezat dan memanjakan lidah. 

Baca juga :  Mengintip 10 Sajian Khusus Musim Semi Dari Berbagai Belahan Dunia

Untuk mengunjungi Gudeg Ceker Bu Kasno, kamu dapat langsung menuju ke Jalan Wolter Monginsidi No 41 – 43, Setabelan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Meskipun menyuguhkan tempat yang terbilang sederhana, tetapi kamu akan dibuat ketagihan dengan lezatnya gudeg yang dihidangkan. 

4. Nasi Liwet Mbok Mami

nasi liwet mbok mami
menukuliner.net

Ada cukup banyak pilihan tempat sahur di Solo yang bisa kamu datangi, salah satunya adalah Nasi Liwet Mbok Mami. Warung Nasi Liwet yang satu ini berlokasi di Jalan Dr. Radjiman No. 580, Sondakan, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta. 

Saat memasuki bulan puasa, Nasi Liwet Mbok Mami kerap dikunjungi sebagai tempat sahur di Solo. Disini, kamu akan dimanjakan dengan lezatnya nasi liwet yang memiliki tampilan menggugah selera. Satu porsi nasi liwet akan disajikan dengan tempat khas yakni daun pisang. Nasi gurih yang disiram menggunakan kuah tentu menjadi perpaduan yang pas dan tidak boleh dilewatkan saat datang ke Solo. 

Selain nasi liwet, disini kamu juga dapat mencoba beberapa sajian lainnya seperti Nasi Tumpang, Bubur Tumpang, Ketan Bubuk Juruh, serta Garang Asem Telur. Tertarik untuk datang ke salah satu tempat sahur di Solo berikut ini? 

5. Soto Ayam Kampung Pak Timbul

soto ayam kampung pak timbul
tribunnews.com

Saat berburu tempat sahur di Solo, tidak ada salahnya jika kamu datang ke Soto Ayam Kampung Pak Timbul. Tempat makan yang satu ini buka hingga tengah malam sehingga lezatnya soto ayam kampung dapat kamu nikmati sebagai pilihan menu sahur. Untuk mencoba lezatnya Soto Ayam Kampung Pak Timbul, kamu dapat datang langsung ke Jalan Honggowongso nomor 107 B, Jayengan, Kecamatan Serengan, Kota Solo.

Karena dikenal menawarkan soto dengan cita rasa yang lezat dan khas, maka tidak heran jika Soto Ayam Kampung Pak Timbul memiliki banyak pelanggan. Dapat mencoba sahur dengan menikmati lezatnya soto yang satu ini.

Baca juga :  10 Jajanan Khas Tangerang Gurih Legitnya Bikin Lidah Belingsatan

6. Gudeg Bu Mari

gudeg solo bu mari
travel.kompas.com

Satu lagi rekomendasi tempat sahur di Solo yang tidak boleh kamu lewatkan yakni Gudeg Bu Mari. Warung gudeg yang satu ini dikenal sangat populer dan legendaris karena sudah ada sejak tahun 1959. Karena memiliki keunikan tersendiri, maka tidak heran jika Gudeg Bu Mari memiliki banyak peminat.

Salah satu keunikan yang ditawarkan adalah gudegnya yang memiliki rasa pedas. Jika biasanya gudeg memiliki dominan rasa manis, tetapi tidak dengan hidangan gudeg yang satu ini. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan rasa sayur nangka yang tidak terlalu manis, serta krecek yang pedas. Hidangan ini justru cocok dinikmati bagi kamu pecinta olahan kuliner pedas. 

Meskipun menawarkan cita rasa lezat, kamu tidak perlu khawatir karena Gudeg Bu Mari menawarkan harga yang terjangkau untuk setiap menunya. Untuk mencoba lezatnya hidangan legendaris yang satu ini, kamu dapat langsung menuju ke Jalan Gatot Subroto, Kemlatan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta. 

https://www.youtube.com/@10bestid

Nah, itulah daftar 6 rekomendasi tempat sahur di Solo yang populer dan bisa kamu datangi. Dari rekomendasi di atas, tempat manakah yang paling ingin kamu tuju saat memasuki waktu sahur? 



Leave a Reply