7 Spot Snorkling Dan Diving di Karimun Jawa Bikin Betah


Reni  August 4, 2022  0 Comment

Karimun Jawa adalah sebuah kepulauan laut Jawa yang berada di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Ada sekitar 27 pulau di sini. Diantara pulau pulau tersebut terdapat spot snorkling dan diving di Karimun Jawa  tak hanya menjadi favorit wisatawan lokal tapi juga menjadi spot favorit wisatawan mancanegara.

Selain Keaneragaman hayati bawah laut, hal unik lain tentang Karimun Jawa yaitu sebagai rumah dari 3 fauna langka. Yaitu elang laut dada putih, penyu hijau dan penyu bersisik. Jika kamu suka jelajah alam, Karimun Jawa adalah tempat yang pas karena selain hutan mangrove kamu juga bisa menyaksikan berbagai macam burung di alam liar.

Kawasan Karimun Jawa oleh organisasi PBB ditetapkan sebagai cagar biosfer untuk meningkatkan berbagai upaya pelestarian keaneragaman hayati di daerah tersebut. Sejak tahun 1999 Karimun Jawa menyandang status sebagai taman Nasional. Sedangan pada tahun 2001, sebagian wilayah Karimun Jawa dikenal sebagai kawasan pelestarian alam perairan (KPA).

Karimun Jawa dikenal sebagai surga wisata bawah laut karena memiliki keaneragaman hayati biota laut. itulah yang menjadi sebab banyak wisatan datang ke Karimun Jawa untuk snorkling atau diving untuk menyelami keindahahan bawah laut. Terumbu karangnya masih rimbun dan mengayomi berbagai macam ikan dan biota laut. Nah, untuk spot menyelam sebenarnya ada sekitar 30 spot, tapi hanya 7 yang banyak dikunjungi wisatawan

1. Pulau Menjangan kecil

Pulau Menjangan Kecil
karimunjawakita.com

Pulau Menjangan Letaknya agak jauh sehingga menempuh perjalanan yang sedikit lebih lama. Di sini terdapat pantai dengan pasir putih yang lembut. Pantai biru yang jernih. Desiran angin yang menyejukkan. Dan juga ombak yang menenangkan.

Spot diving ini menjadi spot favorit para penyelam. Aneka terumbu karang yang masih rimbun, dikerumuni berbagai macam ikan warna warni, serta berbagai macam biota laut yang membuat kamu betah berlama lama di sini.

Gotravelly

Pantai Amed Surga Snorklingnya Para Traveller

Keindahan Surga Bahari Pulau Gili Noko Di Bawean

2. Tanjung Gelam

Tanjung Gelam
inibaru.id

Sampai di pulau ini kamu bakalan disambut air yang super bening dengan hamparan pantai dengan pasir putih bersih. Seperti halnya tempat diving lainnya disini kamu juga disambut ikan nemo menari nari, asyik kan?

Sebagai saran, datang ke sini di akhir hari menjelang sore, karena Tanjung gelam menawarkan tempat menikmati matahari terbenam terbaik seantero Karimun Jawa. Romantis abis!

3. Cemara

Cemara
pesisir.net

Ada pulau Cemara besar dan ada pula Pulau Cemara Kecil. Sesuai dengan namaya pulau ini dibedakan berdasarkan luas pulau saja. Letaknya juga sangat bedekatan. Suasana di sini sangat tenang, cocok untuk kamu yang menyukai ketenangan.

Meski Pulau cemara letaknya lumayan jauh dari pulau utama, tapi waktu kesini kamu nggak rugi semua terbayar dengan keindahan yang ada. Laut yang tenang, air sebening kaca dan pasir laut yang bersih dan alami. Setelah diving kamu bisa bersantai menikmati angin spoi-spoi yang membuatmu ingin rebahan dan menenangkan pikiran.

4. Pulau Tengah

Pulau Tengah
pantainesia.com

Pulau tengah menjadi salah satu spot diving favorit. Disini terdapat hard coral dan sea anemone. Ditambah lagi dengan berbagai macam ikan warna warni yang menggemaskan.

5. Pulau Cilik

Pulau Cilik
manusialembah.com

Tak jauh dari pulau tengah terdapat pulau cilik. Berjarak sekitar 30 menit dari pulau tengah. Meskipun disebut “cilik” dalam bahasa jawa yang berarti kecil tapi disini justru mendapatkan kejutan keindahan bawah laut yang bikin kamu betah menyelam. Terumbu karangnya besar besar dan warna warni.

6. Karang Torpedo

Karang Torpedo
review.bukalapak.com

Disebut demikian karena di sini terdapat torpedo bekas bahan peledak peninggalan perang dunia II. Kamu bisa melihat bekas torpedo tersebut diselimuti terumbu karang di sepanjang dasar bawah laut. Variasi ikan juga bermacam macam di sini.

Karang torpedo letaknya sangat terpencil, jauh dari pulau utama yang merupakan tempat tinggal penduduk. Meski demikin jika kamu pecinta diving, jangan lewatkan spot ini karena sayang untuk dilewatkan karena pesona yang ditawarkan sangat berbeda dengan pulau lainnya.

7. Pulau Menyawakan

Pulau Menyawakan
proyek-jupiter.com

Tak hanya penyelam profesional, penyelam pemulapun sangat menyukai diving di Pulau Menyawakan. Diantara aktifitas menyelam kamu akan ditemani berbagai macam ikan warna warni yang lucu. Juga terdapat kerumunan terumbu karang yang masih alami.

Itu tadi 7 spot snorkling dan diving di Karimun jawa. Setiap spot menawarkan kerumunan terumbu karang dan berbagai macam ikan yang berbeda pula. Semua bikin betah berlama lama.

Naik apa Ke Karimun Jawa?

Untuk menuju karimun jawa ada 4 pilihan Transportasi, 3 Transportasi laut dan tranportasi udara.

Untuk menuju karimun Jawa bisa menyeberang menggunakan kapal laut dari Pelabuhan  Kartini, Jepara atau bisa juga dari Pelabuhan Semarang.

Untuk kapal cepat membutuhkan waktu sekitar 2  hingga 3 jam an. Sedangkan untuk kapal Pelni yang lebih besar membutuhkan waktu sekitar 7-8 Jam. Dengan Kapal Pelni kamu bisa membawa kendaraan baik sepeda motor maupun mobil. Meski membutuhkan waktu yang lama dijamin nggak bikin bosen. Kamu bisa melihat keindahan birunya laut. Atau bercengkrama dengan penduduk asli karimun Jawa selama perjalanan karena mereka dikenal sangat ramah.

Sedangkan untuk pesawat, saat ini hanya bisa diakses melalui Bandara internasional Ahmad Yani, Semarang. Sebelum berangkat ke Karimun Jawa ada baiknya cek masing masing jadwal, baik keberangkatan dari dan menuju Karimun Jawa. Nah, berikut beberapa transportasi menuju Karimun Jawa

  1. Kapal KMC Kartini
  2. Kapal Pelni
  3. Kapal express Bahari
  4. Pesawat dari Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang

Kapan waktu terbaik ke Karimun Jawa

Di karimun Jawa ada sebuah fenomena yang dikenal oleh penduduk setempat sebagai Laut Kaca. Fenomena ini dikenal karena pada saat ini laut begitu bening dan tenang. Jadi ketika diving dengan kedalaman yang pendek atau cukup snorkling saja kamu bisa melihat keindahan hayati bawah laut hanya dengan mata telanjang

Fenomena Laut kaca adalah waktu yang tepat mengunjungi Karimun Jawa. Fenomena biasanya terjadi saat musim kemarau. Bulan Maret- Mei atau Oktober. Dengan situasi saat ini yang tidak tentu , ada baiknya sebelum ke karimun Jawa, cek kondisi cuaca saat ini.

Tips saat Snorkling di Karimun Jawa

– Gunakan Snorkle yang pas di wajah

– Gunakan Live jacket jika kamu memang tidak mahir berenang

– Gunakan sunscreen yang ramah lingkungan

– Jangan menyentuh koral

– Jangan memberi makan ikan

– Jangan menggangu berbagai macam ikan atau binatang laut lainnya

– Bawa pulang sampah dan letakkan ditempatnya

Itu tadi deretan spot snorkling dan diving di Karimun Jawa, tips snorkling, tranportasi menuju karimun Jawa serta waktu yang tepat berkunjung ke Karimun jawa. Kamu akan disuguhi berbagai macam terumbu karang dengan kerumunan ikan yang menarik mata. Laut yang bening dan pasir putih lembut dalam ayoman laut yang biru. Selama snorkling atau berwisata di Karimun Jawa tetap jaga kelestarian lingkungan dengan mematuhi aturan yang ada.



Leave a Reply