7 Pemandian Air Panas di Garut yang Cocok Untuk Relaksasi


Rio Handika  August 12, 2023  0 Comment

Garut menjadi daerah yang memiliki banyak Kawasan wisata dengan pemandangan alam terbaik. Salah satunya ada banyak pemandian air panas di Garut dengan panorama keindahan alam yang mempesona. Bahkan Garut ini memiliki nama lain Swiss van java.

Di samping itu, Garut sangat populer dengan titik-titik pemandian air panas. Hal ini karena Garut memiliki beberapa gunung berapi yang masih aktif sehingga banyak sumber air panas. Mau tahu apa saja pemandian air panas yang ada di Garut? Yuk Simak yang berikut dengan seksama.

Wisata Pemandian Air Panas di Garut

1. Darajat Pass

darajat pass pemandian air panas di garut
travelspromo.com

Bagi warga Garut dan sekitarnya tentu tak asing lagi dengan pemandian air panas bernama Darajat Pass, bahkan sudah cukup terkenal. Memiliki jarak sekitar 56 menit dari pusat kota Garut, Darajat Pass menjadi pemandian yang kerap menjadi tujuan. Kawasan wisata pemandian ini cukup lengkap fasilitasnya.

Mulai dari beberapa tempat pemandian air panas, area outbound dengan berbagai wahana, serta alamnya yang memanjakan mata. Jika ini rekreasi sambil relaksasi, maka Darajat Pass merupakan tempat yang recommended. Darajat Pass memiliki 4 kolam renang yang masing-masing menggunakan air hangat.

Salah satu kolam renang air panas tersebut juga ada yang mengandung belerang. Dimana, belerang ini memiliki zat yang baik untuk kulit. Ada banyak keseruan yang bisa didapatkan seperti waterboom, flying fox, motor ATV, trampoline, kulineran, hingga staycation. Untuk harga tiketnya yakni 30 ribu rupiah.

Baca juga :  10 Minuman Terfavorit di Dunia, Hilangkan Dahagamu yuk!

2. Pemandian Air Panas di Garut Talaga Bodas

pemandian air panas talaga bodas
bisnis.com

Jika bandung memiliki Kawah Putih Ciwidey, maka Garut juga punya wisata serupa yang tidak kalah indah yakni Kawah telaga Bodas. Memiliki jarak sekitar 1 jam dari pusat kota Garut, wisata tersebut berada di ketinggian 1.512 mdpl yang merupakan bagian dari gunung Telaga Bodas. Mengenai keindahan alamnya, tentu tidak perlu diragukan lagi.

Untuk pemandian air panas sendiri kamu bisa menemukannya di samping kawah persis. Di Kolam tersebutlah pengunjung dapat berendam air hangat yang nyaman. Pengalaman yang didapatkan tidak hanya soal berendam saja, melainkan menyaksikan bagaimana keindahan alam.

Untuk berendam di kolam talaga bodas, pengunjung tidak perlu membayar lagi sebab sudah sudah jadi satu dengan tiket masuk. Adapun tiket masuknya yakni sebesar 7.500 rupiah. Disana juga terdapat camping ground jika ingin berkemah.

3. Kolam Renang Cipanas Indah

Perlu diketahui bahwa Garut memiliki banyak Kawasan dengan wisatanya pemandian air panas. Salah satunya ada Cipanas dengan wisata bernama Kolam Renang Cipanas Indah. Kabarnya, aliran air panas di wisata tersebut bersumber dari Gunung Guntur. Lokasinya ada di rancabango, tarogong Kaler, Garut yang jika di tempuh dari pusat kota Garut berjarak 22 menit.

Kolam renang air panas di Cipanas Indah memiliki 2 kolam renang untuk dewasa dan anak-anak. Di kolam renang anak terdapat beberapa fasilitas yang menambah keseruan anak seperti giant bucket dan lainnya. Cipanas Indah juga menyediakan bilik-biliki yang berisi bak mandi untuk berendam bagi yang menginginkan privasi.

Cukup menarik bukan? di tambah lagi dengan alamnya yang indah membuat kehangatan air panas semakin nyaman. Untuk tiket masuknya sendiri yakni sekitar 15 ribu hingga 20 ribu rupiah.

Baca juga :  8 Hotel Dekat Stasiun Tanah Abang, Murah dan Nyaman

4. Kolam Air Panas Gunung Papandayan

pemandian air panas papandayan
travel.kompas.com

Bagi pecinta gunung mungkin tidak asing lagi dengan Gunung Papandayan yang terkenal cantik di Jawa Barat. Mulai dari hutan mati, tegal alun, hingga pemandian air panas yang terletak di kaki gunung berhasil menarik perhatian. Menikmati keindahan alam dan berendam di air panas Gunung Papandayan menjadi salah satu kegiatan recommended.

Kolam Air panas Gunung Papandayan ini terdapat dua kolam renang berukuran besar dengan suhu antara 30 hingga 40 derajat celcius. Air hangat yang mengalir tersebut berasal dari sumber alami rekahan Gunung Papandayan yang kemudian di alirkan lewat Pipa-pipa.

Pemandangan yang disuguhkan di sekitar kolam tidak diragukan lagi akan keindahannya. Untuk fasilitasnya pun lengkap ada kamar mandi, tempat ganti, dan lainnya. Lokasinya sendiri sekitar 1 jam perjalanan berkendara dari pusat Kota Garut. Tiket masuknya sekitar 30 ribu rupiah.

5. Sabda Alam Waterpark – Pemandian Air Panas di Garut

sabda alam waterpark garut
sabdaalam-garut.com

Wisata Sabda Alam watermark merupakan salah satu fasilitas umum yang disediakan oleh Sabda Alam Hotel & Resort. Berlokasi di rancabango, Tarogong, Garut atau jika ditempuh dari pusat kota garut yakni sekitar 21 menit. Pemandian air panas ini dialiri dari sumber mata air Gunung Guntur.

Kolam renang pemandian air panas untuk dewasa, di sini juga tersedia untuk anak-anak dengan kedalaman berkisar 30 cm. Ada banyak wahana yang bisa dimainkan seperti perosotan, giant bucket, dan lainnya. Sabda alam waterpark juga menyediakan kolam ombak yang memiliki 6 level ombak.

Sangat menarik bukan? aka nada banyak keseruan yang didapatkan. Ditambah lagi dengan suguhan pemandangan alam yang menarik dan indah. Untuk bisa menikmatinya, kamu perlu merogoh kocek sebesar 45 ribu hingga 60 ribu rupiah untuk tiket masuknya.

Baca juga :  Kenali 9 Tipe Traveller Berikut, Kamu Termasuk yang Mana?

6. Pemandian Air Panas Ciengang

Berikutnya, pemandian air panas di Garut yang cukup banyak di datangi pengunjung dan tidak kalah menarik yakni Pemandian air panas Ciengang. Kolam Ciengang ini berada di Cipanas, Garut. Untuk suhunya sendiri sedikit lebih panas dari pada kolam renang yang sebelum-sebelumnya.

Tentunya akan lebih hangat, jadi akan lebih terasa akan kenyamanannya. Meskipun pemandian air panas ciengang ini memiliki tempat lebih sederhana, namun pemandangan dan fasilitasnya tidak kaleng-kaleng. Bahkan, kolam di tempat ini berbentuk kamar-kamar layaknya bilik toilet.

Dengan begitu, akan lebih privasi dan tidak canggung dengan orang sekitar. Biasanya, orang yang berkunjung ke pemandian air panas ciengang ini bertujuan untuk terapi penyakit kulit, pegal linu, rematik, dan lainnya. Hal ini karena suhunya yang cocok untuk berbagai pengobatan.

7. Kolam Renang Lembur Luring – Pemandian Air Panas di Garut

kolam renang lembur luring garut
twitter.com

Tidak jauh dari tempat kolam renang Cipanas Indah terdapat kolam renang lembur luring. Dimana, kolam renang ini juga menyediakan pemandian air panas dengan berbagai fasilitas yang mendukung. Untuk alamatnya ada di jalan raya Cipanas nomor 16, Tarogong kaler, Garut.

Pemandian air panas di garut yang satu ini memiliki kedalaman yang bervariasi mulai dari 50 hingga 140 centimeter. Terdapat beberapa kolam renang yang disediakan untuk dewasa dan anak-anak.

Pada kolma renang anak sendiri terdapat beberapa wahana permainan yang menambah keseruan seperti perosotan dan lainnya. Untuk fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap tempat dudukan, kamar mandi, kamar bilas, serta kamar ganti. Untuk tiket masuknya sendiri cukup terjangkau yakni 10 ribu hingga 20 ribu rupiah.

source: https://www.youtube.com/@ShantyDenny

Itulah tadi beberapa pemandian air panas di garut yang cukup recommended. Melakukan pemandian dengan air hangat memang memiliki banyak manfaat untuk kebaikan tubuh. Tentunya, dengan mengunjungi tempat-tempat pemandian air panas diatas akan membantu pengunjung dalam menyegarkan dan menyehatkan badan



Leave a Reply