8 Makanan Khas Tuban, Unik dan Menggugah Selera!


Fida  November 19, 2023  0 Comment

Makanan khas Tuban yang beragam dan lezat menjadi daya tarik utama bagi para pencinta kuliner yang berkunjung ke Kabupaten Tuban. Dengan 20 kecamatan dan lebih dari 1,3 juta jiwa penduduk, Tuban menawarkan ragam menu kuliner yang mencakup makanan dan minuman. Keunikan Tuban tidak hanya terletak pada pemandangan alamnya yang menakjubkan, tetapi juga pada citarasa khas kuliner yang disajikan.

Ciri khas makanan di Tuban adalah rasa pedas yang menggugah selera. Maka, tak heran jika setiap sajian di Tuban memberikan pengalaman rasa yang menggetarkan lidah. Berikut adalah rekomendasi makanan khas Tuban yang patut dicoba.

8 Makanan Khas Tuban, Unik dan Menggugah Selera :

1. Belut Pedas

belut pedas
kompas.com

Makanan khas Tuban yang unik dan menarik untuk dicoba adalah Belut Pedas, sebuah hidangan yang mungkin terlihat sedikit menggelikan pada pandangan pertama, namun memiliki keunikan dan kelezatan tersendiri. Belut Pedas menjadi salah satu ikon kuliner Tuban yang menarik perhatian pecinta kuliner petualang. Meskipun tampak mencolok, jangan ragu untuk mencobanya, karena kelezatan Belut Pedas ini bisa menjadi pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Belut Pedas dapat ditemukan dengan mudah di berbagai warung kuliner di Tuban, yang menawarkan beragam cara penyajian sesuai dengan selera dan keinginan pengunjung. Salah satu tempat yang terkenal dengan sajian Belut Pedas-nya adalah Warung Cemplon, yang berlokasi di Kecamatan Merakurak. Di warung ini, kamu dapat menikmati Belut Pedas dengan harga Rp17.000 per porsi.

Baca juga :  10 Makanan Khas Slovenia Gurihnya Nempel di Lidah

Keunikan dari Belut Pedas Tuban tidak hanya terletak pada rasa pedasnya yang menggoda, tetapi juga pada keharmonisan sajian ini ketika disantap bersama nasi jagung. Pengalaman kuliner ini menjadi lebih lengkap dengan menikmati minuman air legen/nira, menciptakan kombinasi rasa yang unik dan memuaskan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba Belut Pedas saat kamu berada di Tuban. Nikmati sensasi kuliner yang berbeda dan eksplorasi cita rasa yang menggugah selera di setiap gigitannya.

2. Becek Mentok Khas Tuban

becek mentok
detik.com

Salah satu kuliner istimewa yang memikat lidah di Tuban adalah Becek Mentok. Meskipun dikenal karena tingkat kepedasannya, hidangan ini telah menjadi favorit banyak orang yang terpesona oleh rasa nikmatnya yang unik. Becek Mentok tidak hanya sekadar hidangan pedas, tetapi juga merupakan kombinasi harmonis dari bumbu-bumbu pilihan yang meliputi jintan, merica, bawang merah, bawang putih, mesoyi, dan berbagai rempah-rempah lainnya.

Proses peracikan bumbu yang cermat dan teliti menghasilkan cita rasa khas Becek Mentok yang sulit untuk dilupakan. Kelezatan hidangan ini terletak pada keberagaman rasa yang muncul setiap kali kamu menggigitnya. Rasa pedas yang hangat dan menggigit bersatu dengan keharuman bumbu-bumbu tradisional, menciptakan pengalaman kuliner yang memanjakan selera.

Kamu dapat menikmati Becek Mentok ini di beberapa tempat kuliner terkenal di Tuban, seperti Warung Jangkar, Bagong, dan Lokarasa. Hidangan ini biasanya tersedia dengan harga berkisar antara Rp20.000 hingga Rp30.000 per porsi, memberikan nilai yang sepadan dengan kelezatan dan pengalaman kuliner yang unik. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi Becek Mentok ketika berkunjung ke Tuban.

3. Es Bubur Sumsum

es bubur sumsum
yummy.co.id

Bubur Sumsum Tuban tidak hanya dianggap sebagai makanan, melainkan juga minuman yang menyegarkan. Tekstur halus bubur sumsum ini menjadikannya mudah untuk dinikmati, terutama di cuaca panas. Nikmati kelezatannya di Kuliner Andalan Kota Tuban dengan harga Rp10.000 per mangkok.

Baca juga :  10 Bolu Paling Enak Dengan Berbagai Rasa

4. Serabi Selong – Makanan Khas Tuban

serabi selong
kulinear.hops.id

Serabi Selong, mirip dengan serabi Bandung namun dengan sentuhan khas Tuban, disajikan dengan santan kelapa yang kental, memberikan rasa gurih yang luar biasa. Warung Serabi Selong Tuban, yang berlokasi di Jalan Lukman Hakim, menawarkan serabi ini dengan harga Rp1.000 per biji.

5. Kari Rajungan

kari rajungan
kompas.com

Makanan khas Tuban yang patut dicoba adalah Kari Rajungan, hidangan lezat yang menghadirkan cita rasa kebahagiaan dari bahan dasar rajungan, sejenis binatang laut yang mirip dengan kepiting. Keidentikannya dengan seafood menjadikan Kari Rajungan sebagai pilihan favorit bagi para pencinta kuliner laut.

Rajungan, dengan bentuk yang hampir serupa dengan kepiting, memberikan pengalaman berbeda dalam menyantap hidangan laut. Kari Rajungan menjadi populer karena tidak hanya memuaskan selera, tetapi juga karena kegurihan rasa yang dihadirkannya. Rasa kelezatan seafood yang khas menjadikan Kari Rajungan sebagai salah satu menu yang sangat dihargai, terutama oleh mereka yang menyukai keanekaragaman hidangan laut.

Untuk menikmati Kari Rajungan yang enak dan lezat, salah satu tempat yang direkomendasikan adalah RM Rajungan Manunggal Raya Tuban. Di tempat ini, kamu dapat merasakan cita rasa seafood yang autentik dengan harga Rp100.000 per porsi. Kelezatan Kari Rajungan yang disajikan di sini menjadi bukti nyata kekayaan kuliner Tuban, menggoda lidah para pengunjung dan meninggalkan kenangan kuliner yang tak terlupakan. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan Kari Rajungan saat berkunjung ke Tuban!

6. Dumbek – Makanan Khas Tuban

dumbleg

Jajanan mirip terompet, bernama dumbek, dengan rasa legit dari campuran tepung, gula merah, dan parutan kelapa, dapat ditemukan di Desa Kesamben, Kecamatan Plumpang, Tuban, atau di Pasar Baru Tuban dengan harga Rp1000-1.500 per biji.

Baca juga :  10 Kuliner di Kawasan UGM Terkenal Lezat Rekomendasi Mahasiswa

7. Garang Asem – Makanan Khas Tuban

garang asem
sajiansedap.grid.id

Garang asem Tuban hadir dalam dua varian, yaitu berbahan dasar ayam dan ikan manyung. Diproses dengan bumbu pilihan dan dimasak dengan balutan daun pisang, Garang Asem dapat dinikmati di Warung Garang Asem Kepala Manyung di Bogorejo, Jalan Soekarno-Hatta Tuban, dengan harga Rp15.000 per porsi.

8. Ampo – Makanan Khas Tuban

ampo
food.detik.com

Ampo, makanan khas Tuban yang unik dan ekstrem, menawarkan pengalaman kuliner yang luar biasa dengan bahan dasar tanah liat pilihan. Keistimewaan Ampo bukan hanya pada rasa yang unik, tetapi juga pada cara penyajiannya yang sangat berbeda. Direkomendasikan untuk dinikmati sambil menyeruput kopi hitam, Ampo memberikan sensasi yang tidak hanya terbatas pada lidah, tetapi juga pada tekstur dan kelekatannya yang akan melekat di sela-sela gigi setelahnya.

Meskipun tergolong sebagai jajanan ekstrem, Ampo tetap menjadi favorit dan banyak diminati oleh masyarakat Tuban. Dengan sentra produksi Ampo berlokasi di Dusun Trowulan, Desa Bektiharjo, Tuban, masyarakat dapat dengan mudah membelinya di Pasar Baru Tuban dengan harga yang terjangkau, yaitu Rp16.000 per kilogram.

Proses pembuatan Ampo melibatkan pemilihan tanah liat berkualitas tinggi untuk memastikan keamanan dan kelezatan hidangan ini. Keunikan rasa dan tekstur Ampo menjadikannya pilihan yang menarik bagi mereka yang mencari pengalaman kuliner yang di luar kebiasaan. Bagi pengunjung atau wisatawan yang berkunjung ke Tuban, Ampo bisa menjadi oleh-oleh yang unik dan menarik untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan dari perjalanan kuliner mereka. Selamat menikmati dan merasakan keunikannya!

source : https://www.youtube.com/@bottv6563

Inilah delapan kuliner khas Tuban yang direkomendasikan untuk dicoba. Selamat menikmati dan jadikanlah sebagai oleh-oleh untuk keluarga saat liburan ke Tuban!



Leave a Reply