7 Makanan Khas Tanjung Balai Karimun, Menggugah Selera!


Fida  January 30, 2023  0 Comment

Tidak hanya dikenal menyuguhkan banyaknya destinasi wisata, Tanjung Balai Karimun juga menawarkan berbagai makanan khas yang lezat dan menggugah selera. Makanan khas yang disajikan juga terbilang cukup beragam. Kamu dapat mencoba jajanan hingga makanan berat. Penasaran? Inilah daftar 7 rekomendasi makanan khas Tanjung Balai Karimun yang tidak boleh kamu lewatkan.

Makanan Khas Tanjung Balai Karimun :

1. Lendot

lendot khas tanjung balai karimun
cookpad.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan lendot? Lendot merupakan salah satu makanan khas Tanjung Balai Karimun yang populer dan menarik untuk kamu coba. Makanan yang termasuk kuliner legendaris ini tidak hanya disukai oleh masyarakat lokal tetapi juga berhasil membuat wisatawan penasaran dan ingin mencobanya.

Menurut masyarakat setempat, lendot dulunya hanya dapat dinikmati oleh kalangan raja. Tetapi seiring berjalannya waktu, hidangan yang satu ini kini dapat dinikmati oleh semua kalangan. Cita rasanya yang khas serta tampilannya yang menggugah selera menjadikan kuliner ini sayang untuk tidak kamu coba. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat lendot diantaranya sagu, sayur kangkung, daun katuk, serta pakis. Selain itu, hidangan ini juga dibuat menggunakan aneka seafood seperti kerang, sotong, dan juga udang. 

Meskipun tergolong makanan berkuah, lendot tidak memiliki kuah yang cair melainkan bertekstur seperti lendir. Kuah lendir tersebut berasal dari olahanan sagu. Unik dan khas sekali bukan?

2. Pisang Kopit

pisang kopit
gacasshop.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing bahwa buah pisang dapat dibuat menjadi berbagai olahan makanan. Pisang goreng dan keripik pisang menjadi olahan buah pisang yang paling banyak dijumpai, tetapi pernahkah kamu mendengar sebutan olahan pisang kopit? Pisang kopit merupakan makanan khas Tanjung Balai Karimun yang populer dan dikenal dengan kelezatannya.

Baca juga :  Yuk! Cicipi 10 Makanan Khas Korea Dari Olahan Babi

Jika biasanya olahan pisang disajikan dalam keadaan kering, tetapi tidak dengan pisang kopit. Pisang yang satu ini disajikan bersama dengan kuah yang lezat. Cara membuatnya adalah dengan cara menggoreng pisang dengan adonan tepung. Jika berada di kawasan Tanjung Balai Kaimun, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk mencoba lezatnya pisang kopit. Makanan yang satu ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni berkisar Rp 5.000,- per porsi. 

3. Ikan Asin Mayung

ikan asin manyung
gacasshop.com

Ada cukup banyak pilihan makanan khas Tanjung Balai Karimun yang menarik untuk kamu coba, salah satunya adalah Ikan Asin Mayung. Sesuai dengan sebutannya, olahan makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama berupa ikan asin manyung khas Tanjung Balai Karimun. Jenis ikan yang satu ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan ikan patin, tetapi ikan manyung hidup di laut. 

Ikan asin manyun dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat diantaranya dipotong dadu dan dibuat menjadi sambal goreng hingga diolah menjadi gulai dengan campuran daun labu lemak atau daun ubi tumbuk. Cita rasanya yang khas dan lezat menjadikan siapapun ketagihan setelah mencobanya. 

Saat berkunjung ke kawasan Tanjung Balai Karimun, kamu tentu dapat dengan mudah menjumpai olahan ikan asin manyun. Kamu dapat membelinya di berbagai tempat makan maupun membuatnya sendiri di rumah. 

4. Kerang Serundeng

kerang serundeng
gacasshop.com

Beberapa dari kamu mungkin sudah tidak asing dengan sebutan hidangan serundeng, tetapi pernahkah kamu mencoba kerang serundeng? Sesuai dengan sebutannya, makanan yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama berupa kerang serta kelapa parut. 

Untuk menghasilkan cita rasa lezat dan menggugah selera, kerang serundeng juga dibuat menggunakan tambahan berbagai bumbu dan rempah. Beberapa pilihan bumbu yang digunakan diantaranya bawang merah, bawang putih, lada, garam, ketumbar, lengkuas, serta gula merah. 

Baca juga :  Kelezatan 10 Makanan Khas Skotlandia, Seporsi Mana Cukup!

Selain cocok untuk dinikmati langsung, kerang serundeng juga cocok dipilih sebagai lauk saat makan. Hidangan yang satu ini juga sangat cocok dinikmati oleh semua kalangan mulai dari anak anak hingga orang dewasa. 

5. Bakso Kelapa Kepiting

bakso kelapa kepiting
owntalk.co.id

Diantara banyaknya pilihan makanan khas Tanjung Balai Karimun yang lezat dan menggugah selera, bakso kelapa kepiting menjadi salah satu yang tidak boleh kamu lewatkan. Sesuai dengan namanya, hidangan yang satu ini merupakan bakso yang disajikan di dalam tempurung kelapa dengan adanya tambahan kepiting, unik sekali ya? 

Baca Juga :

10 Minuman Khas Kepulauan Riau Yang Unik Dan Segar

Makanan yang sempat viral di kawasan Tanjung Balai Karimun ini akhirnya membuat banyak wisatawan penasaran dan ingin mencobanya. Harga satu porsi bakso kelapa kepiting dibandrol sekitar Rp 30.000,-. Dengan begitu, kamu sudah dapat menikmati bakso lezat dengan tampilan menggugah selera. 

Tekstur bakso yang kenyal dengan aroma daging yang khas, ditambah lezat dan gurihnya daging kepiting tentu menjadi perpaduan nikmat yang wajib kamu coba saat datang ke Tanjung Balai Karimun.  

6. Roti Klatak

roti klatak
gacasshop.com

Selain makanan berat, kamu juga dapat menikmati lezatnya makanan khas Tanjung Balai Karimun berupa jajanan atau snack. Roti klatak merupakan jajanan yang dikenal legendaris dan wajib kamu coba. Jajanan yang satu ini sudah ada sejak tahun 1990-an. Meskipun sudah cukup lama ada, tetapi kamu tidak perlu khawatir karena roti klatak dibuat dengan menggunakan resep turun temurun hingga saat ini. Proses memasaknya yang masih tradisional juga menjadi daya tarik tersendiri. 

Baca Juga :

Menikmati Hidangan Asli dari Pulau Tarempa di RM Mie Tarempa Batam

Bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat roti klatak diantaranya tepung terigu, gula, garam, pengembang, serta mentega. Jika adonan telah selesai dibuat, maka langkah selanjutnya adalah dengan cara membentuk adonan menjadi bulat kecil. Adonan yang telah dibentuk kemudian melalui proses pemanggangan. Proses inilah yang memakan waktu cukup lama yakni sekitar 4 jam dengan menggunakan tungku tradisional. Menarik sekali bukan? 

Baca juga :  10 Sup Khas Rusia Kelezatannya Mengetarkan Jiwa

Di Tanjung Balai Karimun, kamu dapat membeli roti klatak dengan harga yang cukup terjangkau. Biasanya, satu bungkus roti klatak dijual dengan harga Rp 1.000,-. Kamu juga dapat membelinya dengan kemasan lebih besar sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang. Rasanya yang lezat dan khas menjadikan jajanan ini disukai oleh semua kalangan, mulai dari anak anak hingga orang dewasa. 

7. Pisang Tajopit

pisang tajopit
cookpad.com

Satu lagi rekomendasi makanan khas Tanjung Balai Karimun yang wajib kamu coba yakni pisang tajopit. Makanan yang satu ini dikenal sangat khas sehingga tidak dapat dijumpai di daerah lainnya. Makanan ini terbilang sangat khas karena dikenal menyajikan pisang bakar yang disiram dengan kuah nangka. 

Baca Juga :

Candi Muara Takus, Candi Peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang Misterius

Cara membuatnya adalah dengan terlebih dahulu menjepit pisang menggunakan kayu, kemudian membakarnya di atas arang. Jika sudah, pisang bakar kemudian disajikan dengan kuah kolak nangka yang lezat. Saat berada di Tanjung Balai Karimun, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu lezatnya pisang tajopit ini. Tidak perlu khawatir soal harga, hidangan ini biasa dijual dengan harga yang terjangkau yakni berkisar Rp 5.000,- per porsi. 

Nah, itulah daftar 7 rekomendasi makanan khas Tanjung Balai Karimun yang dikenal lezat dan menggugah selera. Dari rekomendasi di atas, makanan manakah yang paling ingin kamu coba? 



Leave a Reply