9 Wisata Kuliner Enak di Solo yang Jarang Diketahui Orang


Reni  June 29, 2018  0 Comment

Wisata Kuliner enak Solo- Bagi kamu yang berlibur ke solo kamu harus menikmati kuliner khas daerah ini yang sangat menggugah selera. Ada begitu banyak tempat yang menjual makanan yang enak harus kamu cicipi, mulai dari warung yang terkenal di tempat ini maupun warung yang jarang diketahui oleh orang. Selain menikmati wisata alamnya kamu juga bisa memanjakan lidah dengan menikmati kuliner khas solo tersebut.

Selain tempatnya yang sangat nyaman, makanan yang ada di tempat ini mempunyai rasa yang khas yang sangat istimewa. Di sini kami akan memberikan beberapa rekomendasi beberapa tempat yang menyediakan kuliner enak dan pastinya kamu akan ketagihan.

1. Serabi Notosuman

befira.blogspot.com

Jajanan tradisional yang satu ini sudah menjadi favorit para wisatawan yang berkunjung ke solo. Seperti makanan yang satu ini yaitu serabi makanan yang satu ini sangat terkenal ini terutama serabi notosuman, yang mana biasanya berbentuk bulat, dan digulung dan daun pisang dijadikan sebagai bungkusannya.

Kuliner legit yang mana memiliki teksturnya unik sehingga rasanya menjadi sangat nikmat. Apalagi jika kamu menikmatinya saat masih hangat-hangatnya. Untuk bisa menikmati makanan yang satu, kamu bisa langsung saja datang ke tempatnya.

Memang sebenarnya di kota ini sangat banyak sekali para penjual serabi tapi serabi yang terkenal adalah serabi notosuman. Namanya sendiri di ambil dari nama jalan notosuman, yang sekarang diganti menjadi jalan M. Yamin.

review wisata

Serabi Solo Rahayu Di Gresik, Sajikan Serabi Dengan Rasa Otentik

Lezatnya Serabi Ngampin Ambarawa

2. Selat Solo

solowonder.wordpress.com

Selat solo adalah makanan khas solo, makanan ini hampir sama seperti salad. Penggunaan istilah nama makanan ini pada dasarnya di ambil dari kata selat yang mana maknanya salad dalam bahana Belanda. Di daerah ini salat yang terkenal karena memiliki rasa yang unik yaitu selat Mbak Lies.

Selat yang satu ini sudah lama berdiri, yaitu sejak tahun 1987 yang terletak di gang perumahan. Warung selat ini sebenarnya rumah mbak lies yang sekarang sudah menjadi warung sehingga warung ini pun penuh dengan perabotan rumah tangga.

Kuliner warung ini memiliki dua jenis, yang satu itu bistik dan yang satu lagi glatin. Untuk yang bistik sendiri itu berisikan irisan daging sapi yang memiliki tekstur empuk, kemudian ditambah dengan kentang yang sudah dipotong-potong, ada juga telur serta sayur buncis.

Untuk menambah kenikmatannya, salat ini juga ditambah dengan acar bawang lalu disiram dengan kuahnya.

3. Soto Gading

veeone120184.wordpress.com

Soto ini sendiri adalah kuliner khas Solo yang harus kamu cicipi jika sedang berada di Solo. Untuk soto ini sendiri, berisikan nasi, ada juga sohum, ada ayam, ditambah dengan kentang dan terakhir kuah bening yang rasanya gurih. Agar lebih nikmat lagi, kamu bisa menambahkan lauk, misalnya saj sate, sosis, tempe, atau bisa juga tahu serta perkedel.

Kenapa di katakan soto gading? Istilah Gading sendiri itu diambil dari nama tempat kuliner ini sendiri yaitu kawasan Gading Kidul. Jika kamu tertarik ingin mencicipi soto ini, kamu bisa langsung datang ke tempatnya yang ada Di Jl. Brigjen Sudiarto.

4. Timio Sastro

madangwae.com

Selain beberapa wisata kuliner enak di Solo di atas, timio adalah salah satu diantara kuliner khas daerah ini yang bisa kamu santap saat sarapan pagi. Makanan yang satu ini merupakan makanan sejenis sup yang ada kuahnya yang berwarna bening dengan isisan daging ayam. Selain itu, ada juga suwri, telur pindang yang sudah dipotong, hati, sosis dan juga lainnya menjadi pelengkap isian timio ini.

Timio ini disajikan dengan nasi, agar lebih nikmat juga disajikan dengan sambal dan perasan jeruk nipis tentunya sehingga saat menyantap makanan ini kamu akan merasa ketagihan dan tidak bosan-bosannya.

5. Gudeg Ceker

ngopibareng.id

Ternyata selain di Yogyakarta kamu juga dapat menikmati gudeg di solo. Dan gudeg yang terkenal di solo ini terkenal dengan rasanya yang khas. Salah satu yang yang terkenal yaitu gudegnya Bu Kasno. Gudeg di tempat ini hanya buka di malam hari walaupun begitu jika kamu pertama kali ke sini kamu akan melihat orang dengan antrian panjang untuk dapat menikmatinya.

Untuk dapat menikmati kuliner yang satu ini, kamu bisa datang ke alamtanya yang ada di Jl. Monginsidi.

6. Nasi Gudeg

gudegyudjumpusat.com

Selain gudeg ceker di atas, ada juga nasi gudeg yang rasanya juga sangat enak dilidah. Tidak banyak orang yang tahu tempat ini dan kamu berbagi informasi untuk kamu yang pecinta kuliner yang sedang berada di Solo. Di tempat ini memiliki menu andalan sendiri yaitu nasi gudeg, dan ada juga bubur gudeg.

Nasi gudeg dilengkapi dengan ayam, tahu, telur dan sebagainya sehingga rasanya enak dan lebih bervariasi. Untuk buburnya sendiri hanya ada lauk yang tidak ada bedanya dengan nasi tadi. Bedanya hanya nasi lalu ditukar dengan bubur.

Untuk rasanya kamu tidak perlu ragu lagi karena isian seperti dagingnya teksturnya sangat-sangat empuk sehingga pas di lidah. Sama juga dengan telur pundang serta nangkanya. Jangan lupa untuk menambahkan sambal agar makanan kamu bertambah kenikmatannya yang pastinya sambal terasi.

Salah satu nasi gudeg yang terkenal di Solo yaitu gudegnya mbak yus lokasinya berada di jalan R.A. Kartini. Jika kamu tidak ingin mengantri untuk datang ke tempat ini sebaiknya kamu datang pada pukul 9 malam.

7. Angkringan dan Wedangan Omah Lawas

food.detik.com

Angkringan adalah salah satu kuliner yang kami rekomendasikan untuk kamu yang ada di Solo. Memang kuliner ini dapat kita temukan di mana saja di Indonesia, namun tetap saja setiap daerah memiliki khas sendiri dari rasanya. Begitu juga dengan daerah Solo yang memiliki rasa tersendiri. Kamu tidak akan menyesal mencicipi makanan ini, karena menawarkan rasa yang istimewa ala darahnya sendiri.

Angkringan di sini berbeda dengan angkringan yang biasanya menggunakan gerobak untuk digunakan menjual khsusunya yang ada di warung kaki lima. Untuk omah lawas sendiri yang ada di daerah ini lebih modern tentunya.

8. Sate Kambing Hj. Bejo

wisataindonesia.xyz

Sate kambing Hj. Bejo ini beralamatkan Jl. Sungai Sebakung No. 1. Di tempat ini pastinya sudah menyajikan makanan berbahan dasar daging yaitu daging kambing.

Warung sate Hj. Bejo ini memiliki menu andalan yang sudah terkenal yaitu sate kambingnya. Sate ini memiliki daging yang empuk tentunya rasanya sangat khas. Selain sate kambing ada juga menu andalan lainnya yaitu sate buntel. Sate ini berbahan dasar daging kambing yang sebelumnya sudah dicincang, lemak kaming sendiri dijadikan sebagai bungkusnya lalu dilipat di lidi dan terakhir dibakar.

9. Tahu Kupat Solihin

cekatceket.wordpress.com

Wisata kuliner enak di Solo Tahu kupat adalah kuliner yang berasal dari daerah Bandung. Walaupun demikian, tahu ini juga ada di Solo yang sudah pasti berbeda dari daerah asalnya. Tahu kupat ini mempunyai isian seperti tahu goreng yang sudah dipotong-potong, ketupat, ada juga bakwan, mie dan terakhir ada kol serta kacang yang sudah digoreng.

Agar rasanya lebih nikmat lagi tahu kupat ini ditambah dengan kuah kacang pake kecap tentunya. Dan yang pasti sangat nikmat jika disantap dengan kerupuk gendar.

Itulah beberapa wisata kuliner Solo, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mampir.



Leave a Reply