7 Kuliner Khas Bulungan Lezatnya Nggak Ketulungan


Fida  December 1, 2021  0 Comment

Mengunjungi tempat wisata serta mencoba berbagai kuliner lezat saat mengunjungi suatu daerah tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Bulungan merupakan nama salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Kalimantan Utara. Tidak hanya dikenal menawarkan berbagai tempat wisata indah, Bulungan juga memiliki berbagai yang sangat menggugah selera.Ada banyak sekali pilihan kuliner khas Bulungan yang menarik untuk kamu coba. Tidak hanya menawarkan cita rasa yang lezat, beberapa kuliner khas tersebut juga dikenal memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Tidak perlu bingung, berikut daftar 7 rekomendasi kuliner khas puluhan yang sayang untuk kamu lewatkan.

1. Ikan Asin Rica

ikan asin rica
selerasa.com

Salah satu rekomendasi kuliner khas Bulungan yang menarik untuk kamu coba adalah ikan asin rica. Sesuai dengan namanya, kuliner yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama ikan asin. Ikan asin rica juga biasa dipilih sebagai pelengkap saat makan nasi subut.

Kuliner yang satu ini diolah dengan cara menumis ikan asin bersama dengan sayur singkong dan juga saus. Aroma serta tampilan yang menggugah selera membuat siapa pun tertarik untuk mencoba kuliner yang satu ini.

Tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung, ikan asin rica juga biasa dipilih sebagai lauk dan dikonsumsi bersama dengan satu porsi nasi hangat. Salah satu kuliner khas Bulungan yang satu ini Tentu sayang untuk tidak kamu coba.

Gotravelly

Menikmati Lezatnya Berbagai Olahan Seafood Di Seafood 88 

JI Gelato: Restoran Gelato Pertama Di Tanah Buton

2. Tudai

tudai
kompas.com

Dari banyaknya pilihan kuliner khas Bulungan, tudai menjadi salah satu yang menarik untuk kamu coba. Hidangan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama tudai. Tudai merupakan salah satu jenis kerang yang dikenal dengan dagingnya yang tebal. Tudai juga memiliki ciri khas yakni cangkangnya yang berwarna kehitaman serta jingga. Kerang jenis tersebut memang sangat mudah dijumpai khususnya di daerah Bulungan.

Tudai biasa diolah oleh masyarakat setempat menjadi berbagai hidangan lezat. Selain diolah dengan cara direbus untuk dinikmati langsung, yang satu ini juga biasa dipilih sebagai bahan untuk pembuatan sambal goreng.

Karena dikenal menawarkan cita rasa yang lezat, olahan tudai tidak hanya disukai oleh masyarakat lokal saja melainkan juga membuat banyak wisatawan penasaran dan ingin mencobanya. Kamu dapat dengan mudah menjumpai kuliner yang satu ini di beberapa tempat makan atau restoran di Bulungan.

Olahan tudai juga biasa dipilih untuk dihidangkan dalam acara besar seperti pernikahan atau pesta adat. Bagi pecinta kuliner pedas, olahan tudai juga sayang untuk kamu lewatkan saat berkunjung ke Bulungan.

3. Sate Ikan Pari

sate ikan pari
cookpad.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan olahan sate ikan pari? Jika biasanya sate dibuat dengan menggunakan bahan utama daging ayam atau daging sapi, namun sedikit berbeda dengan salah satu kuliner khas Bulungan yang satu ini. Sate ikan pari dipilih sebagai salah satu rekomendasi kuliner khas Bulungan yang sayang untuk tidak kamu coba.

Daging ikan pari dikenal memiliki tekstur yang unik serta aroma yang khas. Adanya tambahan bumbu dan berbagai rempah-rempah juga menghasilkan cita rasa yang lezat pada kuliner yang satu ini. Selain menggunakan bumbu dan rempah-rempah pilihan, pada saat proses pembakaran daging ikan pari juga menggunakan tambahan madu dan kecap manis.

Kuliner sate ikan pari tidak hanya mampu menarik perhatian masyarakat lokal saja, tetapi juga berhasil membuat wisatawan penasaran. Saat berkunjung ke daerah Bulungan, tentu sangat mudah bagi kamu untuk menjumpai kuliner sate ikan pari. Tidak perlu khawatir, kuliner yang satu ini tidak berbau amis dan sangat menggugah selera. Sate ikan pari juga dijual dengan harga yang terjangkau sehingga sayang untuk kamu lewatkan.

4. Tumis Kapah

tumis kapah
voinews.id

Tumis kapah dikenal sebagai salah satu rekomendasi kuliner khas Bulungan yang sayang untuk dilewatkan. Kapah merupakan kerang yang dipilih sebagai bahan dasar pembuatan kuliner yang satu ini. Beberapa bahan lain yang dibutuhkan untuk membuat tumis kapah diantaranya bawang putih, bawang merah, cabai hijau, cabai merah, asam jawa, penyedap rasa, perasan air jeruk nipis, gula, dan juga garam.

Kuliner khas Bulungan yang satu ini tidak hanya dikenal menawarkan cita rasa yang lezat, tetapi juga kaya akan manfaat bagi tubuh. Tumis kapah mengandung banyak protein yang baik untuk dikonsumsi. Hidangan ini tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung, tetapi juga biasa dipilih sebagai pendamping satu porsi nasi hangat. Menikmati lezatnya tumis kapah tentu kurang lengkap jika tidak disandingkan dengan air kelapa muda sebagai minumannya. Saat berkesempatan datang ke kawasan Bulungan, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba lezatnya kuliner yang satu ini.

5. Nasi Subut

nasi subut
food.detik.com

Rekomendasi kuliner khas Bulungan berikutnya adalah nasi subut. Pernahkah kamu mendengar sebutan kuliner nasi subut sebelumnya? Kuliner yang satu ini dikenal memiliki tampilan yang unik yakni berwarna keunguan. Warna ungu yang ada pada nasi subut berasal dari ubi ungu.

Nasi subut biasa disajikan bersama dengan jagung di atasnya. Selain itu, adanya tambahan sambal serta lalapan tentu menjadikan kuliner yang satu ini semakin menggugah selera.

Nasi subut tidak hanya dikenal dengan warnanya yang menarik tetapi juga cita rasanya yang gurih. Karena memiliki tampilan yang unik, tidak heran jika nasi subut mampu menarik perhatian wisatawan yang datang ke Bulungan. Kuliner yang satu ini sangat mudah dijumpai khususnya di beberapa tempat makan atau restoran di Bulungan.

6. Lawa

lawa
genpi.co

Rekomendasi kuliner khas Bulungan yang menarik untuk dicoba berikutnya adalah lawa. Kuliner yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama rumput laut dan juga timun. Kedua bahan tersebut Kemudian ditambahkan dengan kelapa yang telah disangrai. Tidak hanya itu, lawa juga memiliki isian tambahan seperti udang dan juga kerang-kerangan.

Saat mencoba kuliner yang satu ini, kamu akan dibacakan dengan sensasi segar cita rasa yang lezat. Oleh karena itu, tidak heran jika lawa kerap dipilih sebagai makanan pembuka sebelum menikmati hidangan utama. Sensasi segarnya kuliner ini mampu menaikkan nafsu makan.

7. Kepiting Soka

Kuliner Khas Bulungan
lifestyle.okezone.com

Tidak perlu bingung menentukan pilihan saat ingin menikmati kuliner khas Bulungan, kamu dapat menikmati lezatnya olahan kepiting soka. Kuliner yang satu ini tentu sangat cocok dinikmati khususnya bagi kamu pecinta olahan seafood.

Kepiting soka khas Bulungan biasa diolah menjadi berbagai macam masakan dengan cita rasa yang lezat. Selain dikenal nikmat, benar yang satu ini juga kaya akan manfaat baik bagi tubuh. Olahan kepiting soka mengandung vitamin, protein, dan juga mineral. Saat berkunjung ke Bulungan, tidak ada salahnya untuk memutuskan mencoba kuliner yang satu ini.



Leave a Reply