7 Cara Mencegah Mabuk Perjalanan


Jehan  January 14, 2023  0 Comment

Tips Mencegah Mabuk Perjalanan – Apa kamu seorang yang sangat menyukai petualangan, namun seringkali dibuat kewalahan dengan kebiasaan mabuk perjalanan? Tentu sebelum memulai perjalanan, akan lebih baik untuk mencegah mabuk perjalanan agar tak mengusik perjalananmu, bukan?

Nah, kali ini GoTravelly akan memberimu tips yang dapat membantumu untuk mengatasi mabuk. Yuk, simak sedikit ulasan tentang mabuk perjalanan dan tips mencegahnya di bawah ini.

Mabuk perjalanan merupakan kondisi otak yang tidak bisa memahami informasi yang dikirim melalui mata, telinga serta tubuh manusia. Terlalu banyak gerakan entah itu terjadi di dalam kendaraan yang melaju dalam perjalanan darat, perjalanan udara maupun perjalanan laut. Gerakan yang terjadi akan membuat reaksi mual, berkeringat dingin atau perut melilit.

Biasanya, mabuk perjalanan dapat terjadi pada siapa saja dalam rentang waktu usia tak terbatas. Singkatnya, mabuk akan terjadi saat sinyal otak merasa bingung dengan berbagai informasi penginderaan gerak tubuh seseorang.

Namun sebenarnya mabuk tidak hanya menyerang saat seseorang sedang dalam perjalanan saja, melainkan banyak hal yang dapat memicu terjadinya mabuk. Hal itu bisa terjadi ketika seorang membaca sambal bergerak, bermain video game atau bahkan menonton film juga bisa menjadi pemicu dari mabuk.

Beberapa gejala yang dapat dirasakan saat mabuk perjalanan terjadi adalah keringat dingin, pusing, kelelahan, sakit kepala, mual, perut melilit hingga muntah. Tentu suasana seperti itu bukanlah hal yang nyaman saat dalam perjalanan.

Tips Mencegah Mabuk Perjalanan:

1. Mengonsumsi Herba

tanaman herbal cara mencegah mabuk perjalanan
unsplash.com

Dilansir dari jurnal alternatif dan terapi Mary Ann, jenis tumbuhan herba mampu mengatasi sekaligus cara mencegah mabuk perjalanan. Aroma seperti mint, jahe atau lavender adalah varian herba yang mampu membuat tenang tubuh. Sehingga, dapat memberi efek samping yang baik saat mabuk menyerang.

Baca juga :  Jomblo hingga Superhero, Berikut 10 Taman di Bandung untuk bersantai

Selain aroma terapi, permen dengan rasa herba seperti jahe dan peppermint juga dapat menjadi pilihan lain untuk mengatasi atau mencegah mabuk. Selain mencoba mengonsumsi herba, biasanya makanan ringan seperti kripik atau buah dengan rasa manis bisa membantu seseorang untuk tidak merasakan dan menghindari mabuk perjalanan.

2. Menjaga Pola Makan dan Minum

makanan sehat
unsplash.com

Sebaiknya sebelum kamu melakukan perjalanan, ada baiknya kamu mulai memperhatikan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuhmu. Hindari makanan yang memiliki banyak kandungan minyak.

Selain itu, makanan dengan lapisan tepung juga lebih baik dihindari karena dapat membuat pencernaan bergerak lamban dan memicu mual lebih cepat. Tidak hanya itu saja, makanan pedas atau asam juga bisa memicu permasalahan perut lainnya.

Cobalah untuk meminum banyak air putih untuk menetralkan tubuhmu. Selain itu, kamu juga harus menghindari minuman beralkohol dan rokok terlebih dahulu agar perjalananmu berjalan dengan lancar.

Jika sudah memperhatikan kandungan yang masuk dalam tubuh melalui makan dan minum, kamu bisa memperhatikan porsi makanan dan minum yang cukup dan tidak berlebihan. Tentunya itu akan membantu perutmu mencerna lebih baik. Apa kamu sudah menjaga pola makan dan minum sebagai salah satu cara mencegah mabuk perjalanan?

3. Hirup Udara Segar                        

udara segar
unsplash.com

Coba bayangkan, saat sedang dalam perjalanan dan tiba-tiba tubuhmu merasakan sesuatu yang tidak nyaman atau adanya gejala mabuk yang muncul. Tentu kamu akan berusaha bernafas dengan lebih dalam sebagai upaya agar lebih tenang, bukan? Ya, menghirup udara segar adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah mabuk perjalanan. Beri waktu bernafas dengan sirkulasi udara yang baik. Udara segar disinyalir mampu membantu orang yang sedang mual merasa jauh lebih baik.

Baca juga :  7 Daftar Tempat Wisata Keluarga di Banyuwangi

4. Hindari Jarak Pandang Dekat

perjalanan
unsplash.com

Mungkin ini tidak berlaku untuk semua orang, namun beberapa hal yang harus diperhatikan saat berada dalam perjalanan adalah  mencoba untuk tidak terlalu fokus dengan jarak pandang yang terlalu dekat.

Kamu bisa menghindari kegiatan seperti bermain ponsel atau membaca buku untuk sementara waktu. Alih-alih menghabiskan waktu dengan sudut pandang dekat, cobalah untuk melepas arah pandangmu ke objek yang memiliki jarak lebih jauh. Misalnya, melihat pemandangan atau panorama lain yang terlewati selama perjalanan.

5. Cobalah Berbaring

berbaring cara mencegah mabuk perjalanan
unsplash.com

Saat tubuh sedang merasakan mabuk, jika situasi memungkinkan cobalah untuk berbaring sebentar sampai dirasa tubuhmu pulih kembali. Saat membaringkan tubuh, tutuplah matamu sejenak. Buat pikiranmu setenang mungkin agar tubuhmu menjadi lebih rileks juga.

Berbaring dapat membantu sistem sensorik menjadi lebih seimbang. Pastikan tatapanmu berfokus ke satu arah yang tidak banyak pergerakan.

6. Minum Obat Mabuk

obat antihistamin cara mencegah mabuk perjalanan
unsplash.com

Biasanya obat dengan kandung antihistamin adalah obat yang dapat mengatasi alergi. Namun tak jarang obat dengan kandungan antihistamin ini menjadi pilihan medis yang banyak dipilih sebagai salah satu cara mencegah mabuk perjalanan.

Selain itu, formula dari kandungan antihistamin juga dapat menyebabkan kantuk. Sehingga, mabuk perjalanan dapat berhenti dan fokus tubuh teralihkan untuk sementara waktu. Perlu diperhatikan, jika kamu mengonsumsi obat mabuk jangan mengemudi kendaraan agar perjalananmu aman.

Tidak hanya obat, saat ini plaster anti mabuk juga sudah mulai dijual di pasaran dan mudah di dapatkan. Biasanya plaster mabuk ini ditempelkan di belakang telinga sebelum perjalanan traveling dimulai. Tentu saja plaster yang satu ini hanya dianjurkan penggunaanya untuk orang dewasa saja.

Baca Juga:

Tips Hemat Backpacker untukmu!

Baca juga :  Berada di Ujung Timur Pulau Jawa 10 Pantai Keren di Banyuwangi

Tips Liburan saat High Season yang Wajib Kamu Tahu!

7. Istirahat yang Cukup Sebelum Memulai Perjalanan

istirahat
unsplash.com

Istirahat yang cukup tentu adalah hal yang sangat penting untuk kamu perhatikan sebelum melakukan perjalanan travelingmu. Tubuh yang fit tentu saja akan menjadi salah satu bekal utama yang akan menunjang perjalananmu. Jadi pastikan untuk beristirahat dengan baik sebelum memulai travelingmu ya!

Selain tips mengatasi mabuk perjalanan di atas, ada hal lain yang juga bisa kamu coba lakukan untuk mencegah mabuk. Biasanya mabuk perjalanan bisa dipicu karena posisi duduk dalam berkendara.

Berikut posisi duduk yang bisa kamu coba untuk menghindari mabuk perjalanan:

  • Kereta: Pilih kursi yang searah dengan gerak kereta, duduk di dekat jendela.
  • Mobil: Duduk di kursi penumpang pada sisi depan agar mendapat pandangan yang meluas.
  • Bus: Pilih tempat duduk yang dekat dengan jendela.
  • Perahu: Pilihlah tempat duduk yang berada di bagian tengah perahu.
  • Pesawat: Kursi di sisi sayap pesawat adalah pilihan terbaik
  • Kapal: Pilihlah posisi duduk yang lebih dekat dengan air, kamu bisa duduk di bagian depan atau di bagian tengah kapal.

Bagaimana, dari tips di atas apakah ada yang pernah kamu coba untuk mengatasi mabuk perjalanan? Coba tuliskan pengalamanmu di bawah atau mungkin kamu memiliki pengalaman lain yang ampuh sebagai salah satu cara mencegah mabuk perjalanan.

Jangan lupa untuk melihat tips perjalanan lainnya di GoTravelly ya. Semoga travellingmu selalu menyenangkan dan sehat selalu sobat GoTravelly!



Leave a Reply